-->

√ Solusi Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Nyala Dengan Tuntas [Berhasil]

Tutorial Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Nyala Tapi Kipas Hidup - Permasalahan komputer atau PC dalam bahasa dunia komputasi dengan kendala kipas hidup tapi tidak mau tampil merupakan masalah yang umum terjadi.

Meskipun sudah menjadi masalah yang umum terjadi namun untuk penyelesainnya kadang berbeda beda pada tiap komputer walaupun mempunyai masalah yang sama.

Dengan kata lain komputer tidak mau hidup namun kipas pada processor dapat berputar hal tersebut harus kita analisa dengan teliti untuk mengetahui apa penyebab masalah itu terjadi.
Memperbaiki-Komputer-Tidak-Mau-Nyala-Dengan-Tuntas
PC Tidak Mau Hidup Dan Cara Mengatasinya
Maka dari itu disini saya akan berbagi tuturial seputar permasalahan komputer tidak nyala tapi kipas hidup. Perlu saya tekankan sekali lagi bahwa tutorial ini hanya berlaku untuk masalah komputer yang dapat hidup namun tidak mau tampil pada layar monitor PC.

Jadi intinya sama saja permasalahannya dengan komputer tidak mau nyala namun kipas dapat berputar atau komputer dapat hidup namun tidak mau tampil pada layar monitor komputer anda.

Baca juga: 4 Cara Aktivasi Windows 7 All Edition Terbaru & Serial Number Gratis Terbaru

1. Komputer Nyala Tapi Tidak Tampil Di Monitor (Keyboard Hidup)
Komputer-Nyala-Tapi-Tidak-Tampil-Di-Monitor-Keyboard-Hidup
Istilah Komputer Menyala Tapi Tidak Tampil Pada Layar Monitor ini bisa juga dikatakan PC tidak mau Booting alias tidak menampilkan apa apa pada layar monitor anda yang berarti menandakan ada komponen PC yang trouble.

Untuk analisa yang pertama dengan permasalahan di atas, cobalah periksa dengan baik apakah lampu Led pada keyboard komputer tersebut hidup atau ikut mati.

Sebenarnya sangat mudah sekali untuk mendeteksi apakah PC menyala dengan baik alias normal meskipun pada layar tidak menampilkan apa apa hanya dengan mendengarkan bunyi Bep ketika pertama kali PC nyala.

Jika anda yang terdengar hanya sekali saja tanpa ada bunyi bep lagi maka sudah dipastikan bahwa PC normal. Tapi sekarang ini banyak juga PC atau komputer yang tidak menyertakan speaker BIOS PC yang terdapat pada motherboard. Jadi akan susah untuk pendeteksiannya.

Lanjut untuk mengetahui apakah keyboard PC anda dapat berfungsi atau hidup meskipun pada layar monitor tidak menampilkan apa apa silahkan anda tekan pada tombol NumLock di sebelah kanan Keyboard pada saat pertama kali komputer dihidupkan.

Nah, jika ternyata tombol NumLock ketika anda tekan keyboard lampu Led pada NumLock ternyata hidup itu berarti PC dapat bekerja dengan baik hanya saja kita belum mengetahui secara pasti komponen apa yang menyebabkan PC tidak mau tampil.

Baca juga: Cara Downgrade Dari Windows 10 Ke Windows 8/7

Untuk permasalahan seperti diatas dapat di kategorikan bahwa masalah PC Komputer nyala tapi tidak tampil pada layar monitor dan keyboard hidup adalah masalah yang mudah dengan asumsi anda sudah melakukan langkah di atas.

(1). Cek Kabel VGA
Cek-Kabel-Vga
Coba periksa pada kabel VGA dari Monitor atau LCD Monitor yang terhubung ke Port VGA pada Mainboard PC dibagian belakang komputer terlebih dahulu. 

Untuk memeriksa apakah kabel VGA tersebut baik atau tidak, anda dapat meminjam dulu PC lain. Namun sebelumnya pastikan dahulu bahwa Monitor PC anda dalam keadaan sehat sehat saja.

Untuk mengetahui kondisi Monitor berfungsi dengan baik atau hidup, kita dapat melihat pada saat pertama kali monitor dihidupkan. Yaitu akan tampil nama Merk atau Product dari Monitor tersebut pada layar Monitor dan juga lampu Led yang terletak di bawah layar juga hidup.

Selanjutnya jika memang Monitor tersebut dalam kondisi yang baik, maka silahkan kita lanjutkan ke tahap berikutnya yaitu Pengecekan pada Kabel VGAnya.

Baca juga: Cara Membagikan Koneksi Internet ke Komputer/Laptop Lain

Dan jika memang ternyata Kabel VGAnya yang mengalami kerusakan anda dapat menggantinya sendiri dengan kabel VGA yang baru tanpa harus membawanya ke teknisi komputer karena harga Kabel VGA relatif murah. 

(2). Cek VGA On Board 
Cek-Vga-On-Board
Apa itu VGA On Board? VGA On Board atau di sebut juga VGA internal merupakan perangkat keras komputer yang menyatu, terintegrasi dengan motherboard yang berfungsi untuk mengolah data grafis agar bisa di tampilkan ke layar monitor.

VGA on board telah di tanamkan secara default di setiap Motherboard komputer, yang keberadaanya bisa anda lihat tepat di bagian belakang cpu dimana port outpunya di sambungkan ke monitor menggunakan kabel VGA ataupun DVI.

Setelah anda perhatikan pada gambar di atas, pasti sudah paham apa itu VGA On Board dan dimana letaknya. Namun untuk mengecek pada komponen VGA On Board itu baik atau rusaknya menurut saya memang susah juga.

Jadi jalan alternatif untuk mengecek apakah VGA On Board tersebut rusak atau tidak untuk mengakalinya adalah dengan cara menggunakan VGA Card.

Sebelumnya bila anda benar benar ingin menggunakan VGA Card pastikan terlebih dahulu bahwa semua langkah langkah di atas sudah anda lakukan dan hasilnya menunjukkan bahwa VGA On Board lah yang mengalami trouble.

Baca juga: Cara Hapus File Sampah Yang Tersisa Dan Bandel Di Laptop/PC

Untuk penggantian dan pemasangan VGA Card caranya sangat mudah sekali, baca saja pada buku petunjuk manual produsen Motherboard PC anda.

(3). Cek VGA Card
Cek-Vga-Card
Apa itu VGA Card? VGA Card adalah komponen Hardware PC yang berguna sebagai sebagai penunjang Grapick kedua yang fungsinya sama dengan VGA On Board pada Motherboard.

Fungsi VGA Card dianggap tidak penting karena memang sudah dibenamkan langsung di komputer (VGA card onboard). 

Pengguna komputer yang tidak menggunakan Vga Card atau VGA tambahan cenderung hanya memfungsikan komputernya untuk aktifitas multitasking seperti microsoft office, atau browsing saja maka tidak perlu menggunakan VGA card dengan spesifikasi tinggi.

Namun, jika anda menggunakannya untuk keperluan gaming dan grafis yang memerlukan tampilan grafis yang tinggi, maka wajib hukumnya menggunakan VGA Card ini.

Nah, apabila pada PC/Komputer anda menggunakan VGA Card dan mengalami mati pada layar monitor atau tidak tampil sama sekali namun kipas hidup dan pada Keyboard juga muncul Led pada tombol NumLock, maka wajib untuk mengecek kondisi VGA Card PC anda.

Cara Cek VGA

Untuk mengecek PC yang tidak mau tampil pada layar dan PC anda  menggunakan VGA Card ini termasuk mudah, caranya adalah coba anda lepas terlebih dahulu VGA Cardnya lalu hubungkan kabel VGA dari monitor ke VGA On Board.

Sebelumnya jangan lupa jangan lupa untuk mematikan dan mencabut kabel Power PC dari Stop kontak listrik apabila anda ingin melepas dan memasang kembali komponen VGA Card.

Baca juga: Membuat Multi Bootable Windows 10, 8/7, XP, Linux Menggunakan Yumi

Jika setelah PC dihidupkan ternyata komputer dapat tampil pada layar, maka sudah dipastikan permasalahannya terletak pada VGA Card anda.

Solusinya, cobalah anda lepas dan dan bersihkan Pin Pin pada VGA dengan menggunakan Penghapus pensil biasa lalu coba untuk pasang kembali VGA Cardnya.

Biasanya untuk masalah ini komputer VGA Card anda dapat dipergunakan kembali setelah melakukan cara cara di atas tadi. 

Atau bisa juga untuk mengecek kondisi VGA Card yang tidak mau menampilkan display pada layar monitor cobalah anda menggunakan Port HDMI yang ada pada VGA Card menggunakan kabel HDMI lalu hubungkan ke TV LCD.
Port-HDMI-Vga
Jika pada TV LCD anda dapat booting dan menampilkan menu Windows dengan baik maka sudah dipastikan Port VGA Card andalah yang mengalami kerusakan.

Masalah tersebut pernah juga saya alami ketika memperbaiki PC Karaoke di daerah saya yang akhirnya tidak perlu mengganti VGA Card tersebut karena permasalahannya hanya pada Port VGA Cardnya saja.

2. Komputer Nyala Tidak Tampil Di Monitor (Keyboard Mati)
Komputer-Nyala-Tidak-Tampil-Di-Monitor-Keyboard-Mati
Langkah kedua analisa perbaikan Komputer nyala tapi tidak mau tampil pada layar monitor dan Keyboard PC juga mati. Masalah ini terbilang cukup sulit karena berhubungan dengan perangkat keras PC khususnya Motherboard.

Meskipun ada beberapa yang dapat diselesaikan dengan mudah tapi tak jarang juga yang mengalami kesulitan dengan masalah komputer nyala namun tidak tampil pada layar monitor.

Seperti yang sudah saya sebutkan pada halaman pertama di atas untuk memperbaiki masalah tersebut, banyak yang menjadi penyebabnya. Maka harus kita teliti dengan baik Hardware apa yang menjadi penyebab masalah tersebut.

Komputer dapat hidup, kipas berputar namun tidak mau tampil pada layar monitor dengan tanda tanda lampu Keyboard juga tidak mau menyala, biasanya pada saat komputer pertama kali dinyalakan akan terdengar bunyi Bios Beepnya lebih dari satu kali.
speaker-bios-pc
Penting juga sebenarnya agar PC yang tidak memiliki speaker Bios untuk kemudian kita pasang Speaker agar dapat mengenali kerusakan kerusakan yang terjadi pada PC hanya lewat bunyi dari speakee Biosnya.

Baca juga: Tips Cara Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

Bagi anda yang ingin mengetahui berbagai jenis bunyi dari speaker Bios dengan kerusakan menurut berapa kali bunyi dimunculkan silahkan anda search saja di Google dan jangan lupa untuk cek merk dari Bios itu sendiri.

(1). Cek Kondisi Memory RAM 

Komputer tidak mau menyala dan namun kipas hidup biasanya cenderung dikarenakan Memory RAM mengalami trouble sehingga menyebabkan Komputer tidak mau menyala sama sekali.
Cek-Memory-Ram-PC
Umumnya masalah ini terjadi ketika listrik tiba tiba anjlok sehingga Bios tidak dapat membaca Memory RAM atau memang Memory Ram itu sendiri memang sudah lama dipakai. 

Untuk mengatasinya cobalah anda lepaskan dulu Memory RAM dari Mainboard atau Motherboard lalu bersihkan Pin Pin memory RAM tersebut lalu coba pasangkan kembali.

Pastikan sebelumnya anda sudah melepas kabel Power CPU dari listrik atau bila perlu cabut juga semua kabel kabel dari Power Supply yang terhubung ke Main board PC anda.

Setelah itu cobalah anda pasang Memory RAM dan hubungkan semuanya kembali kabel kabel dari Power Supply lalu hidupkan kembali PC anda.

Bila memang PC anda sudah kembali normal maka masalah tersebut selesai dan penyebab matinya PC yang tidak mau tampil dengan kondisi Keyboard menyala adalah dikarenakan trouble pada Memery RAMnya. 

Baca juga: Cara Mengembalikan Data Yang Hilang di Flashdisk Dengan Mudah Via Easus Data Recovery Wizard

Namun bila masalah di atas belum teratasi meskipun anda sudah mencoba untuk membersihkan sesuai dengan langkah langkah di atas, maka cobalah untuk meminjam Memory RAM PC lain dan pasang pada PC anda yang bermasalah.

Dan jika semua cara diatas sudah anda lakukan namun juga belum ada titik terang, silahkan anda baca kelanjutannya di bawah ini.

(2). Cek Processor
Cek-Processor
Processor merupakan otak utama dari yang namanya perangkat PC atau Komputer. Jadi apabila PC atau Komputer anda mengalami kerusakan dengan ciri ciri komputer mati namun kipas hidup dapat juga karena masalah pada Processornya.

Untuk itu cobalah anda lepaskan telebih dahulu Processor dari dudukannya lalu coba pasangkan kembali. Dan jangan lupa juga untuk sebelum melepas Processor dari Mainboard , harap lepas semua kabel dari Power Supply yang terhubung ke Mainboard.

Setelah di lepas dan didiamkan selama bebarap detik coba anda pasangkan kembali Processor pada dudukannya lalu pasang kembali semua kabel dari Power Supply dan cobalah untuk menghidupkan PC anda.

Bila PC anda sudah hidup normal kembali dengan cara melepaskan terlebih dahulu Processornya maka Processor PC andalah yang menjadi penyebab PC tidak mau menyala mesikpun kipas dapat hidup dengan normal.

(3). Cek Motherboard (Mainboard)
Cek-Motherboard-Mainboard
Kemudian untuk analisa kerusakan PC yang mengalami masalah tidak mau menyala namun kipas hidup dan pada layar monitor tidak menampilkan apa apa, selanjutnya ada cek kondisi Mainboard itu sendiri.

Nah, kerusakan dengan ciri Komputer mati tapi kipas hidup karena disebabkan oleh komponen pada mainboard ini termasuk kategori kerusakan berat. 

Meskipun tidak bisa di bilang sangat berat, karena dapat saja hanya dikarenakan oleh ada komponen seperti pada Resisitor atau dioda dan lain lain yang hanya mengalami karatan.

Maka dari itu cobalah anda periksa dengan seksama apakah ada komponen pada Mainboard yang mengalami korosi. Mungkin saja pernah ada air yang masuk atau bisa juga disebabkan oleh hewan kecil. 

Bila memang ada yang korosi atau karena suatu sebab, cobalah untuk membersihkan Mainboard atau Motherboardnya dengan menggunakan sikat gigi atau kuas.

Baca juga: Trik Baru Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak Dengan Mudah Dan Simple

Lalu masalah BIOS, itu juga dapat membuat komputer mati jadi tidak mungkin untuk dapat tampil pada layar monitor PC. Coba anda reset BIOSnya dengan cara melepas baterai Bios dari Motherboard lalu pasang kembali. 

Alternatif lain, cobalah anda bersihkan Motherboardnya dengan cara mencuci menggunakan air dan sabun detergen bubuk kemudian bersihkan dengan sikat secara hati hati.

Jangan lupa untuk melepas komponen hardware seperti Memory RAM, Processor dan Baterai Biosnya terlebih dahulu. 

Untuk hal ini saya sendiri terus terang saya juga sering melakukannya meskipun ada yang berhasil dan ada juga yang tidak berhasil namun tidak ada salahnya untuk di coba.

Setelah Motherboard sudah anda cuci dengan bersih, selanjutnya anda jemur atau gunakan Blower untuk mengeringkan Motherboard tersebut. Sebelum anda memasangkan Mainboardnya yang terpenting adalah pastikan kondisi Mainboard sudah benar benar kering!

Baca juga: Tutorial Memperbaiki Laptop Yang Tiba Tiba Mati Total | Laptop Matot Begini Solusinya!

Jika setelah Mainboard sudah di pasang kembali seperti sedia kala dan ternyata PC dapat kembali hidup dengan baik, maka penyebabnya adalah ada komponen Motherboard yang korosi atau kotor sehingga menghalangi aliran listrik yang masuk ke komponen kecil itu.

(4). Ganti Motherboard
Ganti-Motherboard
Apabila semua langkah langkah diatas sudah anda lakukan dengan baik serta sudah menjalankan instruksi seperti di atas tadi satu persatu tapi sama sekali tidak membuahkan hasil yang menggembirakan, maka jalan terakhir adalah mengganti Motherboardnya.

Buat saya mengganti Motherboard merupakan alternatif terbaik selama kita masih mampu untuk mengganti Motherboardnya. Masalahnya untuk menganalisa kerusakan pada komponen Motherboard itu sangat susah sekali bila memang kita sudah mengganti semua Hardware pendukungnya.

Meskipun sudah ganti Memory RAM, sudah ganti Procy (Processor) serta mengganti Baterai BIOS bahkan mencuci Motherboardnya pula akan tetapi PC tidak mau menyala sama sekali.

Memang sebenarnya masalah Motherboard mati itu dapat terjadi pada BIOSnya, namun sepengetahuan saya jika memang ic BIOSnya yang mati maka Motherboard pun akan mengalami mati total. Jadi untuk kipas tidak akan menyala sama sekali.

Solusi Terakhir

Seperti yang sudah saya katakan di atas solusi terakhir untuk dapat menyalakan komputer anda kembali dengan normal bila semuanya sudah anda lakukan adalah dengan cara mengganti Motherboardnya.

Itu adalah solusi terakhir buat saja jika memang semua langkah sudah saya lakukan sesuai dengan uraian di atas tadi.

Untuk penggantian Motherboard jika anda sudah mantap silahkan anda cek terlebih dahulu jenis Motherboardnya apakah menggunakan Intel atau AMD. Lalu jangan lupa untuk cek Processor dan Memory RAMnya dan sesuaikan dengan Motherboardnya.

Baca juga: Memperbaiki Sendiri Masalah Komputer Yang Tidak Mau Menyala | Komputer Mati Total

Demikian tadi artikel tentang Tutorial Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Nyala Tapi Kipas Hidup yang semoga saja dapat bermanfaat buat anda semua, terima kasih.

0 Response to "√ Solusi Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Nyala Dengan Tuntas [Berhasil]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel