-->

√ Tutorial Cara Downgrade Dari Windows 10 Ke 7 Dengan Mudah - Update Baru

Cara Downgrade Dari Windows 10 Ke 7 Dengan Benar Dan Mudah - Windows 10 adalah sistem operasi terbaru besutan Microsoft yang menggantikan atau istilahnya update terbaru dari Windows 8.1

Untuk dapat menikmati semua fitur dari windows 10 ini, dapat dengan upgrade gratis melalui laptop/PC yang menggunakan sistem operasi windows 8.1 atau Windows 8 dan Windows 7.  

Namun tidak semua pengguna yang sudah upgrade ke Windows 10 merasa puas, ada juga yang tampak "menyesal" sudah upgrade ke Windows 10. 

Entah itu masalah driver yang tidak compatible, aplikasi yang tidak bisa digunakan atau belum terbiasa menggunakan Windows 10 dan sebagainya. 

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah bisa downgrade dari Windows 10 ke versi Windows sebelumnya yang pernah kalian gunakan? Jawabannya adalah bisa!
cara downgrade dari windows 10 ke windows 7,downgrade win 10 ke 7,cara downgrade windows 10 ke 7,tutorial windows,windows 10,windows 7Di dalam fitur windows 10 sendiri Microsoft menawarkan kesempatan kepada pengguna Windows yang sudah upgrade ke Windows 10, untuk downgrade ke versi Windows sebelumnya yang kita gunakan.

Entah itu Windows 7 ataupun Windows 8.1 dengan catatan kalian harus melakukannya 30 Hari setelah upgrade ke Windows 10. 

Artinya, jika anda upgrade dari Windows 7/ 8.1 ke Windows 10, anda hanya punya waktu 1 bulan untuk bisa balik lagi ke Windows 7 atau Win 8.1.

Baca juga: Cara Upgrade Windows 7 Ke Windows 10 Tanpa Kehilangan Data Dan Tanpa Registrasi Serial Number

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 8.1

Cara Downgrade dari Windows 10 ke Windows 8.1 sebenarnya cukup mudah, namun perlu kalian catat, anda harus memiliki folder "Windows.old" yang di dapat dari versi Windows yang sebelumnya kalian gunakan. 

Apabila folder "Windows.old" sudah anda hapus, maka anda tidak akan bisa balik lagi ke Windows sebelumnya dan satu-satunya cara adalah Clean install.
cara downgrade dari windows 10 ke windows 7,downgrade win 10 ke 7,cara downgrade windows 10 ke 7,tutorial windows,windows 10,windows 7
Baca juga: Anti virus gratis dan serial number avast


Folder Windows.old terletak pada C:\, folder ini berukuran cukup besar. Dan jika anda tidak terlalu membutuhkannya dan sudah fix memutuskan untuk tetap di Windows 10, anda bisa hapus folder Windows.old dengan mudah.

Berikut ini adalah langkah langkah cara downgrade dari Windows 1o ke Windows 7. Untuk yang belum paham benar cara caranya dapat anda simak baik baik.

Langkah Langkah:

1. Klik Start Menu Settings/Update & Security/Pilih Recovery.
cara downgrade dari windows 10 ke windows 7,downgrade win 10 ke 7,cara downgrade windows 10 ke 7,tutorial windows,windows 10,windows 7
2. Selanjutnya anda pasti akan melihat pilihan seperti Go back to Windows 7 atau Go back to Windows 8.1. Apabila anda sudah menghapus folder Windows.old atau sudah melebihi waktu 30 hari setelah upgrade ke Windows 10, maka pilihan ini akan hilang.


3. Klik pada Get Started, kemudian Microsoft akan menampilkan jendela feedback kenapa anda ingin balik ke versi Windows sebelumnya. Pada opsi tersebut, anda bebas memilih alasan apa yang ingin anda centang. 
cara downgrade dari windows 10 ke windows 7,downgrade win 10 ke 7,cara downgrade windows 10 ke 7,tutorial windows,windows 10,windows 7
4. Jika sudah selesai kalian klik Next dan tunggu hingga proses downgrade selesai.

Proses downgrade Windows 10 tergantung kecepatan PC kalian. Perlu di ingat, seluruh aplikasi akan terhapus dan kalian harus kembali menginstall aplikasi yang kalian butuhkan dari awal. 

Namun, file dan folder yang ada di My Document tidak akan dihapus, walaupun begitu saya tetap menyarankan agar kalian melakukan backup terlebih dahulu.

Baca yang lain: Membuat Bootable Windows XP/7/8/8.1/10 Dengan Flashdisk Menggunakan Rufus

Setelah Lewat Masa 30 Hari

Jika kalian sudah melewati masa 30 hari setelah upgrade dan masih ingin downgrade dari Windows 10, tidak ada cara lain selain clean install. 

Jika kalian pengguna Windows asli, pengguna Windows 7 biasanya menemukan serial number berada di bawah perangkat laptop 

Sedangkan pengguna Windows 8 / 8.1 product key-nya tertanam didalam perangkatnya, biasanya akan langsung terdeteksi dan tanpa memasukkan serial number lagi. 

Namun untuk berjaga-jaga, sebaiknya anda membackupnya terlebih dahulu product key tersebut untuk digunakan sewaktu-waktu saat install ulang. 

Lihat cara ambil product key Windows 8 / 8.1 yang ada di BIOS dan lakukan sebelum upgrade ke Windows 10. Atau baca tips saya tentang cara aktivasi win 8/8.1 all edition permanent

Windows 10 memang menawarkan berbagai macam fitur menarik seperti Modern Apps, Cortana, dan sebagainya. Namun tidak semua orang dengan fitur-fitur tersebut dan lebih memilih Windows lawas dibandingkan Windows 10. 

Oleh karena itu dari pada bolak-balik upgrade - downgrade Windows, saya lebih menyarankan kalian mencoba Windows 10 di Virtual Machine. 

Virtual Machine itu semacam VMware Player atau VirtualBox. Dan jika kalian suka dengan Windows 10, baru lakukan upgrade ke Windows 10.

Baca juga: Download File ISO Windows 10 1809 build 17763 Update 10 October 2020 Terbaru

Demikian tadi kiranya artikel yang berkaitan dengan tema cara downgrade dari windows 10 ke windows 8/7 pada kesempatan kali ini. 

Semoga apa yang saya tulis disini dapat menjadi bahan acuan untuk para pembaca sekalian. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih buat pengunjung yang sudah berkenan hadir ke blob yang sederhana ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel