Cara Mengembalikan Data Yang Hilang di Flashdisk

Cara Mengembalikan Data Yang Hilang di Flashdisk

Cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk-ini, saya menggunakan aplikasi yang bernama Easus Data Recovery Wizard Pro. Meskipun ada banyak aplikasi yang menawarkan hal tersebut, tapi ya tetap sama karena saya membutuhkan aplikasi ini hanya untuk mengembalikan data data yang hilang pada flashdisk milik isteri saya. 

Jadi melalui postingan kali ini sengaja saya mempraktekannya langsung dan segera juga tulis melalui blog ini untuk segera dipublikasikan. Semoga saja apa yang saya tulis ini, dapat bermanfaat dan berguna buat kita semua. 
Terlebih untuk anda atau teman yang kehilangan data data yang tanpa sengaja terhapus. 

Selain untuk mengembalikan data yang terhapus pada Flashdisk, dapat juga digunakan pada Memory Card (SD Card,MMC). Hanya sayangnya aplikasi ini belum dapat sepenuhnya mengembalikan data yang hilang secara utuh 100%, namun kadang ada beberapa file gambar ataupun file lainnya yang corrupt sehingga tidak bisa ditampilkan dengan sempurna.

Sebagai contoh saya ingin mengembalikan  file berupa foto yang beberapa waktu lalu terhapus secara sengaja atau tidak sengaja, kemudian saya  menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikkannya kembali. Namun file gambar yang saya dapat tidak sepenuhnya dapat ditampilkan dengan full layar, melainkan hanya setengah dari ukuran lebar atau panjang file gambar tersebut.

#Baca juga: Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus diHp Android#

Namun tingkat keberhasilan mengembalikan data yang terhapus diflashdisk sebenarnya juga ditentukan dengan bagaimana sebelumnya file itu terhapus dari flashdisk. Meskipun demikian aplikasi Data Recovery Wizard ini tentu akan sangat bermanfaat sekali bagi kita.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Data Recovery Wizard ini silahkan download saja pada situs resminya di link ini > Easus Data Recovery Wizard. 

Aplikasi Data Recovery Wizard adalah gratis alias tidak berbayar sama sekali, jadi silahkan download dan instal seperti biasa pada laptop atau komputer anda.

Tutorial Menggunakan Data Recovery Wizard

Berikut cara menggunakan aplikasi Easus Data Recovery Wizard dengan gambar dibawah ini:

1. Buka Easus Data Recovery melalui desktop pada layar komputer anda, kemudian pilih pada "Complete Recovery"

Easus Data Recovery Wizard 1

2. Setelah halaman terbuka silahkan pilih pada disk mana yang menunjukkan tempat dimana flashdisk anda berada. Dibawah ini flashdisk yang akan saya recovery datanya berada pada disk (F)


Easus Data Recovery Wizard 2

3. Setelah yakin drive mana flashdisk anda berada silahkan klik Next saja untuk menuju halaman berikutnya

Easus Data Recovery Wizard 3

4. Pada gambar diatas menunjukkan software Easus Recovery Wizard sedang memproses uuntuk scan data data keseluruhan yang telah hilang pada flasdisk anda. Tunggu sampai proses selesai dan perlu diketahui bahwa semakin besarnya kapasitas flasdisk anda maka semakin lama juga proses mengembalikan data
pada flashdisk anda. Apalagi bila flashdisk yang anda gunakan sudah berumur lama dan telah banyak data data yang sudah terhapus, jadi sabar saja.

5. Setelah proses menscan yang dilakukan Easus data recovery lalu klik Next saja


Easus Data Recovery Wizard 5

6. Silahkan buka buka dulu satu persatu pada folder hasil scan tadi untuk mengetahui mana data anda yang perlu dikembalikan. Kemudian centang seperlunya saja pada bagian kotak folder yang disediakan kemudian pilih Next. Setelah itu simpan pada Hard drive laptop yang mempunyai ruang besar bila data yan ingin dikembalikan lumayan besar.

7. Tunggu sampai proses berjalan lagi, sambil menunggu baca trik saya yang lain nih: (Update Mengatasi IDM yang terdisable pada mozilla firefox)

8. Selesai!
Note" Tips ini bukan hanya berlaku untuk mengembalikan data pada flashdisk saja tapi bisa juga untuk recovery pada hardisk,memory card(MMC) dan yang lainnya.
Recycle Bin

Pada dasarnya file atau data yang terhapus pada laptop atau komputer kita sebenarnya belum benar benar hilang, tapi masih tersimpan pada folder Recycle Bin. Namun bagi sebagian pengguna PC/Laptop jarang yang mengetahui hal ini.

Seperti yang biasa kita lihat pada desktop layar laptop kita, gambarnya seperti tempat sampah yang penuh dengan file sampah didalamnya bila anda telah menghapus dengan sengaja beberapa file dilaptop anda. Lihat pada gambar yang saya beri lingkaran merah.

 Desktop
Itu masih bisa dengan mudah untuk mengembalikan data yang terhapus dengan cara klik double icon Recycle Bin pada desktop. Setelah halaman terbuka klik kanan pada file yang kita ingin dikembalikan,kemudian pilih Restore, beres!. 

Tapi kalau untuk data diflashdisk kita yang terhapus dan laptop yang kita gunakan itu milik orang lain,nah repot kan. Pasti tidak bisa dikembalikan begitu saja kecuali dengan mencolokkannya kembali flashdisk yang kita pakai ke laptop orang lain tersebut. Maka dari itu disini saya memberikan tips bagaimana cara mengembalikan data yang terhapus pada flashdisk.

#Baca juga: Cara mengatasi komputer lemot dan penyebabnya#

Demikian tips cara mengembalikan data yang hilang pada flashdisk anda menggunakan Easus data recovery wizard. Silahkna baca tisp tips yang lain pada blog ini untuk menambah wawasan anda da semoga bermanfaat buat kita sekalian..Terima kasih.

0 Response to "Cara Mengembalikan Data Yang Hilang di Flashdisk"

Post a Comment