Tutorial Memperbaiki Laptop Yang Tiba Tiba Mati Total | Laptop Matot Begini Solusinya!

Tutorial Memperbaiki Laptop Yang Tiba Tiba Mati Total | Laptop Matot- Tentu kita akan kebingungan bila mana dihadapkan dengan masalah laptop yang sedang kita pakai tiba tiba mati.

Atau suatu waktu ketika kita hendak menggunakan Laptop namun tidak bisa dihidupka sama sekali, meskipun sudah berulang kali kita menekan terus tombol powernya.

Dan akan sangat menjengkelkan sekali apabila laptop yang kita punya adalah barang kesayangan satu satunya. Yang setiap hari menemani kita bekerja, bermain game, chatting dengan teman ataupun bersosial media.
Tutorial Memperbaiki Laptop Yang Tiba Tiba Mati Total (Matot) Begini Solusinya!
Buat yang paham tentang dunia komputasi pasti akan tahu apa yang pertama kali dilakukan menangani laptop yang tiba tiba mati tersebut. Tapi buat yang gaptek, tentu akan berbeda pastinya. Bukan hanya bingung dan apa yang harus diperbuat, tapi mungkin juga seperti sudah tidak ada harapan lagi.

Nah, buat anda yang sedang mengalami laptop anda yang tiba tiba mati total atau memang sudah lama mati, disini saya akan share sedikit tentang bagaimana cara mengatasinya. Kerusakan laptop mati total sebenarnya jauh lebih mudah dideteksi letak masalahnya dari pada laptop mati secara random.

Baca juga: Tips Cara Merawat Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

Maksud secara random disini adalah, kerusakan laptop yang hidup tapi layar lcd tidak menampilkan apa apa. Misalnya kipas processor berputar dan mainboard juga menandakan ada kehidupan. Justru kerusakan seperti itu yang lebih sulit dibandingkan dengan laptop yang mati total.

Tidak jauh berbeda dengan perangkat PC bila mengalami kerusakan seperti yang saya sebutkan tadi, akan lebih tinggi tingkat kesulitan bila mengalami hal yang seperti demikian.

Cek Baterai Laptop

Seperti barang elektronik lainnya, hal pertama yang kita lakukan pada saat laptop yang sedang kita gunakan tiba tiba mati, periksa dulu pada baterai laptopnya. Cek, dengan cara menyambungkan langsung Adapter (Charger) laptop ke stop kontak listrik.

Apa bila pada saat adapter dilepas dari konektor laptop atau dari stop kontak listrik laptop tiba tiba mati, berarti sudah saatnya baterai laptop yang anda gunakan itu diganti dengan yang baru. 

Namun tanpa ada bateraipun laptop akan tetap dapat digunakan seperti biasanya jika anda enggan mengganti baterai yang sudah droup tersebut atau belum ada uang untuk membelinya.

Bila laptop dalam keadaan tersambung dengan adaptor ke stop kontak masih tetap mati, mari kita menuju ke langkah selanjutnya.

Cek Adapter (Charger) Laptop

Untuk mengetahui apakah laptop atau adaptor yang mengalami kerusakan, coba anda menggunakan adapter lain yang sama persis dengan laptop yang sedang anda pakai. Dengan pengecualian, tetangga atau teman anda memiliki charger laptop yang sama dengan milik anda.

Atau meskipun beda charger laptop yang terpenting konektor charger dapat masuk dengan baik, karena pada dasarnya semua adapter laptop mempunyai tegangan listrik yang sama. Rata rata untuk tegangan laptop memiliki daya output sebesar 19Volt.

Apabila dengan menggunakan adaptor laptop milik teman atau tetangga anda laptop dapat hidup. Berarti kerusakan ada pada adaptor laptop milik anda.

Solusi apabila tetangga atau teman anda tidak memiliki adaptor yang sama persis dengan milik anda. Anda dapat mengecek kerusakan adapter menggunakan Multimeter atau Multitester dengan cara Sebagai berikut:

1. Atur posisi saklar Multimeter pada bagian DCV

2. Tempatkan pada skala dengan angka 30V(Multimeter Analog)

3. Masukkan probe merah (Positif) kedalam lobang adapter sampai benar benar menyentuh pin dan tempelkan probe hitam (Negatif) kebagian luarnya(Ground).

cek adapter laptop

4. Bila Jarum Multimeter menunjukkan angka 19-20Volt, berarti adapter dalam keadaan normal, namun bila jarum Multimeter diam atau tetap pada posisi 0 berarti adapter sudah rusak dan harus ganti.

Namun bila adapator anda dalam keadaan baik baik saja, dan laptop anda masih tetap tidak menampilkan apa apa, maka kita akan melangkah pada tahap selanjutnya.

Baca juga: Cara Memperbaiki Tombol Home iPhone Rusak Yang benar Dan Terbukti Berhasil

Memory RAM

Kerusakan pada Memory RAM tidak akan menyebabkan laptop mati total. Dengan kata lain, kipas didalam laptop tetap berputar seperti biasa serta ada indikator lampu LED yang menyala pada indikator charger. Kerusakan seperti ini bukan dinamakan laptop matot, ini yang dinamakan mati secara random.

Tapi sesuai dengan judul pada postingan kali ini, yang menyebabkan laptop tiba tiba mati memang salah satu penyebab yang sering terjadi pada laptop atau PC adalah Memory RAM ini. 

Untuk mengetahui apakah memory RAM sudah rusak atau masih baik, lepaskan memory RAM dari dudukannya dan coba pasangkan kembali dengan cara membuka cassing bagian belakang laptop yang biasanya ditandai dengan icon memory pada laptop tertentu.

Bagaimana cara melepas memoery RAM dari dudukannya? Dapat anda lihat pada artikel dengan judul >3 Cara Membongkar Laptop Acer Dengan Cepat Dan Akurat<.

Nah, apakah dengan cara melepas dan memasangnya kembali memory RAM laptop anda dapat menyala dengan normal? Bila sudah normal maka ucapkan Syukur Alhamdulillah dari sekarang! Namun bila belum juga membuahkan hasil yang menggembirakan, lanjut ketahap selanjutnya.

Chipset

Salah satu kerusakan yang paling fatal adalah matinya Chipset pada laptop. Namun kerusakan chipset juga tidak membuat laptop anda mati total, sama juga dengan kerusakan yuang dialami oleh memory RAM tadi. Yang hanya tidak menampilkan gambar pada layar namun laptop masih ada tanda kehidupan.

Untuk mengetahui apakah laptop anda yang tiba tiba mati ini disebabka oleh rusaknya chipset, coba anda sambungkan laptop anda dengan monitor atau TV LCD yang dapat digunakan sebagai monitor PC.

Cara menghubungkan laptop anda ke monitor atau ke TV LCD dapat menggunakan kabel VGA atau kabel HDMI melaui Port VGA atau Port HDMI yang ada pada bagian samping laptop anda.

Bila TV LCD dapat menampilkan Operasi Sistem laptop anda, maka sudah pasti matinya laptop anda disebabkan oleh rusaknya chipset laptop.

Untuk memperbaiki Chipset laptop, saya sarankan untuk mengganti chipset dengan yang baru. Namun tidak ada salahnya bila anda mau mencoba dengan mereballnya atau memanasi chipset dengan korek api gas pada bagian tengah chipset laptop.
Notes; Trik tersebut hanya berlaku beberapa bulan saja. Biasanya tiga bulan kemudian laptop akan kembali mengalami kerusakan yang sama yaitu pada chipset.
Apakah analisa analisa diatas sudah belum juga ada yang mebuahkan hasil sedikitpun? Dibawah ini masih ada solusi yang lain agar laptop anda dapat kembali hidup dengan normal seperti sedia kala.

IC Regulator (Mosfet)

Penyebab utama yang paling sering menyebabkan laptop mati total adalah ic regulator ini. Bukan hanya pada laptop tapi pada perankat motherboard PC pun akan mengalami mati total bila ic Regulatornya sudah short.

Untuk mengetahui short pada ic regulator, coba anda perhatikan komponen pada PCB motherboard dengan seksama, bila perlu gunakan kaca pembesar(Lup). Apakah ada yang terbakar atau biasanya sudah terjadi gosong. Seperti pada gambar berikut ini:


mosfet mati
Bila dirasa tidak ada yang gosong anda dapat dengan cara meraba mainboard laptop pada bagian primer motherboard laptop. 

Bila pada saat adapter dimasukkan ke konektor laptop yang terhubung ke listrik, tangan anda merasakan panas yang tidak normal, maka sudah dipastikan bahwa ic Regulator motherboard laptop anda mengalami short.

Cara terakhir agar dapat mengetahui bahwa ic regulator sudah mati yaitu dengan pengecekkan menggunakan alat Multimeter. Dengan cara sebagai berikut ini:

1. Lepaskan ic Regulator (Mosfet) dari PCB motherboard laptop menggunakan Blower (Mesin uap) agar akurat pengukurannya.

2. Colokkan Probe merah Multitester ke kaki D, Probe hitam ke kaki S, maka jarum akan bergerak namun tidak sampai mentok ke kanan (tidak menunjukkan angka 0), jika posisi probe dibalik maka jarum sama sekali tidak bergerak
 

3. Colokkan Probe merah ke kaki S, Probe hitam ke kaki G, maka jarum Multitester tidak bergerak sama sekali.
 

4. Colokkan Probe merah ke S, Probe hitam ke kaki D, maka jarum Multitester akan bergerak namun tidak mentok ke 0 Ohm.
 

5. Colokkan Probe merah ke G, Probe hitam ke D, maka jarum Multitester tidak bergerak sama sekali.
 

6. Colokkan Probe merah ke kaki S, Probe hitam ke kaki D, maka jarum Multitester tidak bergerak sama sekali.

mengukur mosfet
Lakukan langkah diatas secara berurutan dimulai dengan nomor 1 agar pengukuran yang dihasilkan lebih akurat. 

Baca juga: Cara mengatasi Laptop Lemot dan penyebabnya

Solusi untuk memperbaiki Laptop yang mati total dikarenakan ic Regulator yang sudah mati, tidak ada jalan lain kecuali menggantinya. Bisa dengan menggunakan ic Regulator laptop lain asalkan tegangan yang dihasilkan sama.

Demikian tadi cara memperbaiki laptop yang tiba tiba mati total beserta solusi untuk mengatasinya. Semoga laptop anda dapat hidup kembali dengan salah satu cara diatas untuk memperbaikinya. 

Namun apa bila dari sekian cara diatas yang sudah saya sampaikan tadi tidak medapatkan hasil yang memuaskan juga. Jalan terakhir adalah mengganti motherboard laptop anda. Semoga Berhasil!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Memperbaiki Laptop Yang Tiba Tiba Mati Total | Laptop Matot Begini Solusinya!"

Post a Comment