-->

Memperbaiki Sendiri Masalah Komputer Yang Tidak Mau Menyala | Komputer Mati Total

Cara Memperbaiki Komputer Tidak Mau Hidup Ketika Tombol Power Di Tekan Pada Kasing-Berikut ini saya akan  menulis sebuah tips yang semoga saja dapat bermanfaat buat anda yang sedang mengalami masalah komputernya tidak mau hidup sama sekali.

Sekali lagi saya tekankan disini ini adalah mengatasi atau memperbaiki masalah komputer atau PC yang tidak mau menyala sama sekali ketika Tombol Power sudah kita tekan, tapi tidak mau hidup sama sekali.
Sebenarnya masalah komputer yang tidak mau hidup ketika tombol power pada kasing kita tekan hanyalah masalah yang sangat sepele sekali. Jadi untuk anda yang sedang mengalami masalah tersebut jangan lah panik dulu.

Baca juga: Cara Flash Bios PC, TV, DVD Menggunakan Eeprom Flash Bios Usb Programer CH431A Dengan Mudah Lengkap Dengan Gambar

Apa lagi bila komputer tersebut adalah komputer milik sendiri jadi lebih baik tenang dan berpikir bagaimana cara memperbaiki komputer kita yang mati tersebut tanpa harus di bawa ke teknisi PC atau Komputer.

Analisa Komputer Mati Total Satu Persatu

Masalah yang umum terjadi pada komponen perangkat elektronik ketika tidak mau hidup sama sekali ketika Tombol Power sudah kita tekan namun tidak mau hidup adalah karena tidak adanya arus listrik yang masuk.

Jadi jelas untuk mengatasi masalah Komputer mati total yang pertama cek terlebih dahulu arus listriknya, apakah terhubung ke sumber listrik atau tidak sama sekali. 

Untuk masalah Komputer tidak mau menyala pada saat tombol power di tekan, itu tidak ada hubungannya dengan layar monitor anda. Antara PC dan Layar monitor itu sudah berbeda perangkat meskipun saling berhubungan.

Intinya layar monitor tetap berfungsi meskipun Komputer/PC tersebut mengalami mati total. Kecuali memang bila layar monitor tersebut sudah tidak ada lampu Led dibawah layar yang menyala meskipun monitor terhubung ke listrik.

Itu adalah point pertama kali yang jelas dapat mengakibatkan Komputer tidak mau hidup sama sekali ketika tombol power kita tekan dan harus anda cek terlebih dahulu.

Baca juga: Trik Menghilangkan Bad Sector Pada Hard disk Menggunakan Hard disk Sentinel (Manipulasi)

Bila anda masih bingung bagaimana atau dari mana memulainya untuk pengecekan pada komputer yang mati total adakah arus listrik yang masuk atau tidak, dapat anda simak caranya dibawah ini.

Langkah Langkah:

1. Periksa Kabel Power-Tahap pertama yang harus anda cek ketika komputer tidak mau hidup sama sekali adalah mengecek kondisi pada Kabel powernya. Sesekali coba anda ganti kabel power yang kerhubung ke stop kontak listrik anda dengan menggunakan kabel power lainnya.
Memperbaiki Sendiri Masalah Komputer Yang Tidak Mau Menyala | Komputer Mati Total
Simplenya, cobalah dengan menggantinya sebentar kabel power tersebut yang menghubungkan antara Komputer dengan listrik rumah menggunakan kabel power yang serupa misalnya. 

Nah apabila komputer masih tetap tidak mau menyala cobalah langkah berikutnya untuk penelusuran perihal komputer tidak mau menyala sama sekali.

2. Periksa Power Supply-Sistem kerja Power Supply adalah komponen utama sebagai sumber listrik yang menghubungkan arus listrik ke komponen Mainboard PC. 
Memperbaiki Sendiri Masalah Komputer Yang Tidak Mau Menyala | Komputer Mati Total
Jadi langkah kedua setelah anda sudah yakin bahwa kabel power PC masih dalam keadaan baik adalah mengecek kondisi Power Supply itu sendiri, apakah masih bisa menyala Power Supplynya atau tidak sama sekali.

Untuk pengecekan kondisi Power Supply yang sudah mati atau masih hidup dengan mudah adalah dengan cara menjumper/hubungkan kabel warna Hijau dan Hitam pada susunan kabel power supplay 24 Pin. Lihat gambar berikut:
Memperbaiki Sendiri Masalah Komputer Yang Tidak Mau Menyala | Komputer Mati Total
Sebelumnya jangan lupa untuk melepas semua kabel dari Power supply yang terhubung ke Mainboard PC. Yang pasti harus anda buka kasing PC terlebih dahulu.

Nah, coba perhatikan dengan seksama jika pada kipas Power Supply tersebut berputar, berarti kondisi Power supply tersebut belum droup alias 90% masih berfungsi dengan baik.

3. Cek switch Power Dari Mainboard-Untuk yang satu ini justru merupakan tips penanganan pertama yang paling sering para teknisi untuk mengecek masalah penyebab Komputer tidak mau menyala.

Dengan menggunakan metode jumper pada Switch power yang berada di Front panel Mainboard anda dapat menghidupkan PC dengan cara Jumper menggunakan Obeng besar.

Silahkan anda cari dimana letak pin Front panel di Mainboard tersebut berada. Biasanya yang paling umum Front panel itu terletak pada bagian tepi atau sudut papan Mainboard. Contoh gambar seperti dibawah ini letaknya:
Memperbaiki Sendiri Masalah Komputer Yang Tidak Mau Menyala | Komputer Mati Total
Untuk caranya adalah silahkan anda sambungkan kabel Power PC ke sumber listrik lalu ambil Obeng dan sisipkan antara Switch Power SW dan Reset SW. Biasanya susunan letak Power SW berada pada nomor 6 dan 8. Kemudian untuk Reset SW berada persis didepannya yakni urutan nomer 5 dan 8.
Memperbaiki Sendiri Masalah Komputer Yang Tidak Mau Menyala | Komputer Mati Total
Dengan menggunakan metode jumper Switch power pada Mainboard anda dapat menganalisa lebih jelas dimana penyebab masalah PC mati total. 

Apa bila PC dapat hidup dengan cara di atas, maka sudah dipastikan penyebab komputer tidak bisa hidup adalah pada Tombol Power. Namun apabila PC tetap tidak mau hidup dengan cara di atas maka kerusakan ada pada komponen lainnya.

4.Tombol Power Pada Kasing PC Bermasalah-Sebelum anda mengecek pada Tombol powernya yang terletak pada kasing PC, masih berfungsi dengan baik atau tidaknya terlebih dahulu anda cek pada kabel yang terhubung dari tombol power ke Front Panel Mainboard.

Susunan Front Panel yang paling umum di Mainboard adalah seperti pada gambar di bawah ini:
Memperbaiki Sendiri Masalah Komputer Yang Tidak Mau Menyala | Komputer Mati Total
Cari kabel yang bertuliskan Power SW dan cobalah anda cek apakah ada yang putus atau tidak. Bila memang ada yang putus atau sudah rapuh, anda dapat menggantinya menggunakan label yang serupa. Silahkan anda berasumsi sendiri kabel yang bagaimana yang cocok dengan jabel Power SW tersebut.

Selain itu anda juga dapat mengecek pada Tombol Powernya apakah masih baik atau tidak. Tapi menurut pengalaman saya jarang sekali PC mengalami kerusakan pada Tombol powernya. Yang paling sering terjadi adalah sudah ausnya kabel Power SW ke Tombol Power.

5. Kerusakan Pada Mainboard/Motherboard-Penyebab mati total PC/Komputer paling sering terjadi juga disebabkan oleh salah satu komponen Mainboard yang mengalami Short.

Seperti yang sudah saya tekankan pertama kali dalam penulisan artikel ini, yang intinya memuat tema "Memperbaiki masalah Komputer tidak mau menyala ketika tombol power di tekan" berarti hanya tentang masalah PC mati total.

Nah, untuk masalah PC mati total yang yang di sebabkan oleh Mainboard adalah terletak pada ic regulatornya (Mosfet), biasanya ic regulator tersebut mempunyai kaki 3. Komponen itulah yang bekerja sebagai Switch utama menghidupkan Mainboard setelah Power supply.
Memperbaiki Sendiri Masalah Komputer Yang Tidak Mau Menyala | Komputer Mati Total
Untuk mengecek ic regulator tersebut sudah short dan bagian mana yang mengalami short dapat anda cek menggunaka Multitester yang dapat anda beli pada toko elektronik terdekat.

Kemudian untuk pengukurannya anda dapat googling dengan kata pencarian cara cek kondisi ic regulator mainboard menggunakan multitester, maka akan ada banyak sekali blog yang menampung artikel tersebut.

Setelah sudah didapatkan mana ic regulator yang short dan menyebabkan Mainboard tidak mau hidup, silahkan anda cari pengganti regulator tersebut dengan yang sesuai.

Anda dapat melihat kode setiap ic regulator yang terletak pada bagian body atas ic regulator tesebut. Untuk daerah saya sendiri memang sangat sulit mendapatkan komponen seperti ic regulator. 

Makanya saya lebih sering untuk mencari regulator yang sama persis pada Mainboard bekas kemudian melepasnya dengan menggunakan solder uap. Bila memang benar benar mentok tidak dapat menemukan ic regulator yang sama jalan terakhir adalah beli via Online.

Baca juga: Solusi Cara Menginstal Driver Laptop/PC Semua Merk Dengan Mudah Dan Tanpa Ribet Untuk windows 10, 8, 7

Seperti yang saya katakan tadi untuk melepas dan memasang ic regulator yang rusak tadi anda dapat menggunakan solder uap atau dapat juga menggunakan Solder biasa. Namun untuk menggunakan solder biasa harus benar benar paham dan butuh kesabaran.

Kesimpulan Mengenai Masalah Komputer Tidak Mau Hidup Sama Sekali

Bagi saya bila masalah komputer tidak mau menyala sama sekali alias mati total yang dikarenakan oleh salah satu komponen Mainboard atau bahasa umumnya Motherboard, lebih baik jalan yang paling mudah adalah mengganti Mainboard.

Kecuali bila memang PC anda harga Mainboardnya saja lebih dari 10juta, maka lebih baik untuk melakukan penggantian salah satu komponen mainboard yang menyebabkan PC tidak mau hidup sama sekali.

Harga untuk Mainboard dengan Processor core i3 (Socket 1155) rata rata adalah 900ribu-1jutaan. Untuk harga bekasnya banyak yang menjual dengan harga berkisar antar 400 sampai 500ribu Rupiah.

Jadi kalau untuk saya pribadi sih lebih baik mengganti saja langsung Mainboardnya dari pada harus melakukan penggantian komponen yang belum tentu akan awet juga.

Baca juga: Download Win 7 All in One 32-64Bit ISO 2019 Gratis Terbaru (Full Activation)

Demikian tadi artikel yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih buat yang sudah berkunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel