Cara Flash Bios Menggunakan Usb Programer CH431A

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Alhamdulillah segala puji dan syukur saya ucapkan kehadirat Allah SWT yang pertama saya tulis, dan juga salam sejahtera dan sehat selalu buat para pembaca yang budiman dimanapun anda berada.

Kembali lagi disini saya akan menulis sebuah artikel yang semoga saja bermanfaat buat para pembaca sekalian. Meskipun bukan yang pertama kali artikel dengan tema Cara Flash Bios Menggunakan USB Programer CH431A terposting diperbagai Blog, namun tidak ada salahnya akan saya kupas kembali pada Blog Bekha Tekno ini.

Flash bios menggunakan USB Programer CH431A ini tentu saja bukan pertama kali saya uji. Bukan sesuatu yang mudah juga buat saya untuk flashing bios menggunakan USB Programer CH431A ini.

Meskipun mengalami kegagalan berulang kali dalam melakukan sesuatu pekerjaan, itu bukanlah sebuah halangan yang besar bagi seorang teknisi untuk menuju keberhasilan.

Sebagai contoh, saat pertama kali saya flash ic bios TV Led Toshiba menggunakan EEPROM Flash BIOS USB Programmer CH341A 24 25 Series ini, sedikit 
mengalami kegagalan, namun pada akhirnya menuai hasil yang menggembirakan. 


Cara Flash Bios Menggunakan Usb Programer CH431A


Persiapan Flash Bios Menggunakan Eeprom USB Programer CH341A

Sebelum kita memulai flash Bios, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Antara lain yaitu:

1. EEPROM Flash BIOS USB Programmer CH341A 24 25 Series.

2. Sebuah PC maupun Laptop juga bisa kita gunakan bila tidak ada PC.

3. Driver dan Software yang biasanya sudah disediakan pada saat kita membeli EEPROM Flash BIOS USB Programmer CH341A 24 25 Series. Bila belum ada, silahkan download melalui link berikut ini >Download<

#Baca juga: Download Aplikasi Karaoke Video Gratis Untuk PC/Laptop Terbaru 2018#

Nah, untuk yang sudah memiliki semua syarat diatas langkah selanjutnya silahkan anda baca dan ikuti dengan seksama pada cara caranya dibawah ini.

Disini saya memberikan sebuah contoh yang akan saya jadikan bahan adalah Bios TV Led dengan merk Toshiba 32inc. Perlu anda ketahui, sebagian dari Bios PC juga dapat kita flashing menggunakan EEPROM Flash BIOS USB Programmer CH341A 24 25 Series ini, meskipun tidak semuanya!

Dan itu sudah saya lakukan sekitar setahun lebih yang lalu, hanya saja waktu itu saya belum mempunyai Blog jadi tidak bisa saya tuangkan kedalam artikel seperti saat ini.

Tahap Flash Bios Menggunakan EEPROM Flash BIOS USB Programmer CH341A 24 25 Series

1. Ekstrak dengan Winrar lalu Instal dahulu Driver EEPROM Flash BIOS USB Programmer CH341A 24 25 Series dan shortcut ke desktop PC file .exe nya agar mudah untuk memulai setiap kali pengeflashan bila mana dibutuhkan suatu waktu.

2. Setelah selesai pemasangan software flash Bios CH341A 24 25 Series didalam PC/Laptop anda. Sekarang mari kita mulai ketahap pemasangan ic BIOS yang akan kita Flash.

3. Studi saya adalah bios TV Led dengan merk Toshiba dengan Tipe 32PU200E yang tidak dapat menampilkan gambar namun masih bisa di On dengan baik.

4. Karena pada Bios TV Led Toshiba yang sedang saya garap ini mempunyai ukuran yang kecil, maka saya solder pada bagian yang titik titik kaki bios di USB Programmer CH341A 24 25 Series yang sudah disediakan. Seperti pada gambar dibawah ini:

pemasangan kaki bios

5. Setelah selesai penyolderan kaki bios, lanjut dengan memasangkan Pin sesuai dengan yang tertera pada pada ic Bios (25xx atau 24xx). Jangan sampai salah karena USB Programmer CH341A 24 25 Series tidak akan dapat  membaca Bios.

pemasangan pin bios

6. Tancapkan USB Programmer CH341A 24 25 Series ke Port USB PC/Laptop lalu buka aplikasi USB Programmer CH341A 24 25 Series.

7. Pastikan driver USB Programmer CH341A 24 25 Series sudah terpasang dengan baik. Untuk mengetahui terhubung atau tidaknya, anda dapat melihat pada notifikasi yang berada pada halaman aplikasinya di pojok kanan bawah.

status terkoneksi

8. Klik pada Detech agar lebih yakin untuk mengetahui apakah sudah terhubung dengan baik atau belum. 

detech

9. Bilamana sudah terbaca oleh aplikasi USB Programmer CH341A 24 25 Series, silahkan anda backup dulu firmware dari ic bios yang akan anda isi dengan file firmware yang baru dengan cara klik Read pada tab diatas untuk mambaca firmware. 

read

10. Lanjut klik pada menu Save untuk membackup file firmware yang sudah terbaca, beri nama file agar mudah dan simpan pada folder yang anda inginkan.

save

 11. Setelah kesemuanya selesai anda lakukan, sekarang saatnya memulai pengisian firmware yang baru kedalam ic Bios yang sesuai dengan firmware untuk ic bios tersebut. Buka menu Open dan cari folder tempat penyimpanan file firmware yang baru lalu klik pada tanda centang hijau seperti yang terlihat pada gambar:

open file


12. Langkah selanjutnya adalah klik pada menu Auto untuk memulai proses dari awal yaitu penghapusan data firmware yang lama dan peinginputan firmware yang baru.

menu auto

13. Tunggu hingga proses selesai sampai 100% sampai terverifykasi cocok dengan firmware dan ic Biosnya. Bila sudah selesai silahkan anda cabut USB Programmer CH341A 24 25 Series lalu lepas ic Bios dengan solder dan silahkan dicoba untuk dipasangkan kembali ke Mainboard TV atau PC anda.

Pada kasus yang terjadi dibengkel saya, Alhamdulilllah semua berjalan dengan lancar dan juga TV Led Toshiba yang saya service pun menyala dengan normal kembali. 

Dengan demikian selesai sudah artikel yang sudah saya buat, semoga apa yang saya tulis ini dapat membantu permasalahan anda yang bilamana sedang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas pengeflashan ic Bios menggunakan USB Programmer CH341A 24 25 Series. Terima kasih dan Wassalamu'alaikum Wr. Wb..

0 Response to "Cara Flash Bios Menggunakan Usb Programer CH431A"

Post a Comment