Trik Jitu Melaporkan Pencurian Artikel Copy Paste Ke Google DMCA

Trik Jitu Melaporkan Pencurian Artikel Copy Paste Ke Google DMCA - Hal yang paling menjengkelkan adalah ketika kita sudah capek capek menulis artikel diblog, kemudian kita searching ke google dengan judul artikel yang kita buat, terlihat ada konten artikel yang sama persis dengan milik kita.

Dan setelah kita klik pada artikel di Blog tersebut ternyata adalah milik kita. Bahkan setelah kita cek ke semua artikel pada blog tersebut hampir semua adalah artikel yang ada pada blog tersebut adalah milik kita.

Nah, itu berarti blog kita sudah terkena AGC yaitu Auto Generate Content. Yang mana blog kita telah dicopy paste semua artikelnya dengan memanfaatkan feed blog yang terbuka penuh pada settingan blog kita.
Seperti blog saya juga akhir akhir ini banyak sekali yang telah menduplikat semua artikel milik saya, yang mengakibatkan penurunan trafffic secara drastis akibat terkena imbas dari Blog AGC tersebut.

Saya menyadari bahwa saya memang masih baru didalam dunia blogging, maka tidak heran buat mereka kalau blog saya adalah sasaran yang sangat empuk untuk mereka.

Baca juga: Cara Saya Mengatasi Masalah Peringatan Ads.txt Adsense Blog Sering Muncul Clear Dalam 1 Hari Saja

Cara Saya Mengetahui Blog Kena AGC

Yang namanya Copy Paste artikel itu memang tidak ada yang melarang, bahkan google sekalipun tidak melarang. Asalkan tidak merugikan pihak dari yang mempunyai konten tersebut. 

Misalnya kita ingin copy paste sebuah artikel untuk bahan study melakukan kegiatan yang bersifat sama pada artikel tersebut yang kita copas. 

Seperti contoh artikel tentang tutorial seputar hp android misalnya flashing. Kalau ingin hemat kuota, ya rata rata artikel tersebut akan kita copas agar lebih mudah.

Yang membuat jadi terlarang adalah ketika si pencuri artikel tersebut melakukan copy paste semua artikel tanpa izin dan menempatkannya ke Blog mereka secara borongan.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, jika ternyata ada banyak artikel milik kita yang sama persis dengan artikel blog si pencuri, maka blog kita telah dicopas dengan cara menggunakan tool Auto Generate Content (AGC) yang banyak tersedia di internet jika anda mau.

Berikut adalah cara saya mengetahui Blog yang terkena AGC, anda dapat langsung mempraktekannnya jika ingin mengecek apak blog anda juga kena pencurian konten artikel artikelnya.

Langkah Langkah:

1. Saya sendiri justru mengetahui kalau blog saya terkena AGC ini pada saat membeli sebuah Ebook tentang seputar Blogging. Yang mana di Ebook ini didalamnya terdapat tool AGC, dan juga untuk cara menggunakan tool AGC tersebut.

2. Kemudian saya mencoba untuk searching artikel dengan judul yang sama persis dengan artikel yang pernah saya buat, namun menggunakan browser yang berbeda selain browser yang biasa kita gunakan untuk berinternet.

3. Jika pencarian judul artikel kita sudah muncul semua pada browser, klik pada Penelusuran Image atau Gambar. Disitu kita akan dapat melihat lebih jelas gambar gambar artikel kita yang ada pada penelusuran google yang muncul.
4. Coba amati baik baik setiap gambar artikel anda, adakah perbedaan alamat url selain alamat url situs atau blog anda.

5. Jika ada, silahkan anda klik pada gambar tersebut dan langsung saja menuju ke link url gambarnya. Kemudian cobalah lihat semua artikel pada blog tersebut, apakah artikelnya semua sama dengan artikel milik kita.

6. Jika memang ada banyak artikel kita yang sama persis dengan artikel yang ada pada blog tersebut, maka sudah dipastikan blog anda telah terkena Auto Generate Content oleh blog tersebut.

Baca juga: Cara Mendaftarkan Blog Ke Feedburner Dan Setting Blog Agar Tidak Kena AGC

Itu adalah pengalaman saya mengetahui apa itu AGC dan dijelaskan pada ebook tersebut bagaimana membuat blog AGC agar dapat menghasilkan uang dan terhindar dari banned adsense.

Selain itu saya juga menyamarkan ip internet browser untuk menyamarkan lokasi saja. Atau bisa juga anda menggunakan Tor browser agar lebih mudah karena Tor browser sudah menyediakan langsung vpn untuk menyamarkan ip internet anda.

Cara Melaporkan Blog AGC Ke DMCA

Disini saya sengaja tidak menyebutkan blog blog AGC yang telah mencuri semua artikel pada Blog Bekha Tekno ini. Hal tersebut saya sengaja untuk menjaga privacy pemilik Blog tersebut.

Yang pasti apapun atau siapapun yang melakukan Auto Generate Content pada blog kita pasti memiliki tujuan, dan tujuan utamanya apalagi kalau bukan materi.

Maka sebaiknya kita ambil saja hikmahnya dari semua masalah yang kita hadapi didalam dunia blogging. Bukan tidak mungkin kalau setiap masalah yang datang pasti akan membuat kita lebih smart.

Meskipun begitu perlu juga kita memberi sedikit pelajaran kepada si pencuri konten agar jangan semena semena melakukan kejahatan demi keuntungan pribadinya.

Dan yang saya lakukan ketika menghadapi Blog AGC yang dengan sengaja melakukan copas secara borongan semua artikel saya adalah dengan cara klik sebanyak mungkin iklan adsense yang ada pada Blog AGC tersebut.

Jika dalam satu hari Blog AGC tersebut sudah bisa menghasilkan uang yang setara dengan cicilan motor satu bulan, selanjutnya saya laporkan Blog AGC tadi ke Google DMCA.

Baca juga: Cara Memasang Script Anti Copy Paste Pada Blog Dengan Mudah Berhasil 100%

Adapun langkah langkah untuk melaporkan pencurian artikel kita ke Google DMCA itu juga sedah banyak sekali tutorialnya di internet. Namun jika anda masih kurang paham detailnya, anda dapat melihat langkah langkahnya berikut ini.

Langkah Langkah:

1. Siapkan Notepad terlebih dahulu untuk mengcopy artikel url kita yang dicuri dan juga artikel url si pencuri dari blog AGC tersebut.

2. Silahkan anda copy paste semua link artikel dari blog kita dan juga blog AGC tadi ke dalam notepad. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.
3. Pada gambar diatas terlihat jelas perbedaan tanggal dan tahunnya, mungkin itu trik untuk mengelabui google agar Blog AGC tersebut tidak dapat diklaim setelah dilaporkan ke DMCA.

4. Makanya kita harus sedetail mungkin menjelaskan kepada Google DMCA bahwa artikel kita adalah yang original pada kolom Identify and describe the copyrighted work: * di DMCA.

5. Jika sudah paham silahkan anda masuk ke link Google DMCA melalui link berikut ini agar lebih mudah: Google DMCA

6. Untuk contoh pengisian formulir dapat anda ikuti langkahnya seperti pada gambar berikut agar lebih mudah dipahami.
7. Kemudian untuk kolom Identify and describe the copyrighted work: * dibawahnya, isi dengan materi laporan yang akurat. Dengan melihat contoh pada kasus saya diatas yang meliputi pencurian artikel serta manipulasi tanggal dan tahun, maka saya jelaskan ke DMCA seperti cara berikut:
8. Gunakan google translate untuk merubah bahasa Indonesia ke English, karena formulir dari DMCA menggunakan bahasa Internasional.

7. Pada kolom Where can we see an authorized example of the work?:, anda masukkan url link artikel anda yang asli milik anda. Dan pada Location of infringing material: *, masukkan link url artikel milik blog si pencuri tadi. Ingat harus berurutan jangan sampai ada yang keliru linknya gan. Dan ingat ini hanya contohnya saja yang sebagian, jadi hanya beberapa artikel saja yang saya simpulkan. Kalau aslinya ada sekitar 140an lebih artikel yang dicuri.
8. Setelah step diatas sudah anda lakukan tahap selanjutnya adalah, centang semua kotak yang ada. Pada kolom dibawahnya isi tanggal pelaporan tersebut dibuat, dan dibawahnya lagi isi dengan nama anda sama persis dengan nama diformulir pendaftaran diawal.
9. Yang terakhir centang pada I'm a not Robot dan klik Submit untuk konfirmasi.
10. Done.

Baca juga: Cara Memindahkan Channel Youtube Beda Email Dengan Mudah 100% Berhasil

Cara Membalas Email Dari Google DMCA Agar Diterima

Setelah semua langkah langah diatas sudah anda selesaikan dengan baik, anda akan diarahkan ke halaman daftar laporan DMCA anda yang telah anda buat. Silahkan anda tunggu beberapa hari untuk laporan dari Google DMCA ke Email anda yang telah anda daftarkan di DMCA tadi.

Dalam kasus ini saya mendapatkan notifikasi google DMCA, ada sekitar satu mingguan untuk laporan Blog AGC yang pertama. Dan untuk laporan Blog AGC yang kedua kira kira lebih dari satu minggu.

Pesan email pertama Google DMCA tidak akan mungkin langsung mau menerima laporan yang anda buat, saya sarankan untuk membalas email dari Google DMCA tersebut sesuai atau sedetail mungkin bahwa situs blog anda adalah asli milik anda.

Biasanya juga satu hari kemudian anda akan mendapatkan lagi pesan email dari Google DMCA yang kedua, menyatakan bahwa laporan ke DMCA anda masih belum bisa diklaim kebenarannya.

Saya sarankan untuk membalas email tersebut lagi dengan mengisi data anda lebih valid lagi. Anda dapat menggunakan google translate untuk memahami isi dari email tersebut.

Karena pada semua artikel yang memiliki gambar di Blog Bekha Tekno ini terdapat logo atau Copyrigtnya maka akan lebih mudah untuk dikenali oleh Google DMCA.

Namun bila pada gambar gambar diartikel anda tidak ada logo asli dari Blog anda, mungkin akan lebih susah untuk diterima oleh Google DMCA. Makanya saya sarankan untuk memberi Logo pada setiap gambar artikel agar sewaktu waktu dapat anda manfaatkan.

Setelah balasan email terakhir saya yang ketiga kalau tidak salah, satu harinya saya mencoba untuk cek ke salah satu artikel Blog AGC, ternyata artikel tersebut sudah lenyap beserta situs Blog AGC tersebut sekaligus.

Baca juga: Cara Membuat Akun Bisnis (Merk) Channel Youtube Yang Benar 100% Berhasil

Demikian tadi artikel yang tentang 2 Kali Sukses Melaporkan Pencurian Artikel Copy Paste Ke Google DMCA Dengan Langkah Tepat dan juga bagaimana cara saya melaporkan masalah tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel