-->

Memperbaiki Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian Hanya Dengan Korek Api

Cara Memperbaiki Layar Hp Tidak Bisa Disentuh Sebagian - Pernah tersirat pada benak Anda jika ternyata korek api tidak hanya berguna untuk menyalakan rokok? Ternyata ada fungsi lain yang berguna.

Pengalaman ini sungguh terjadi pada saya sendiri ketika memperbaiki ponsel android Sony Xperia Z3+ yang rusak pada Touch screen atau layar sentuhnya. 

Awal kerusakan Sony Z3+ tersebut adalah LCD blang hitam namun layar sentuh sebenarnya masih berfungsu dengan baik. Hal tersebut terbukti dengan saya mencoba untuk membuka sandi layar dan berhasil terbuka dengan adanya suara pada Sony Xperia Z3+ tersebut.
Memperbaiki-Layar-HP-Tidak-Bisa-Disentuh-Sebagian-Hanya-Dengan-Korek-Api
Layar Hp sebagian tidak berfungsi
Akan tetapi karena untuk spare part android khususnya LCD sekarang ini sudah satu paket dengan layar sentuhnya, maka sudah pasti harus ganti Layar sentuhnya juga meskipun hanay LCDnya saja yang mengalami kerusakan.

Selang beberapa hari setelah LCD baru sudah saya dapatkan maka langsung saja saya pasang LCD baru tersebut.

Setelah semuanya sudah terpasang dengan baik dan benar, saatnya saya hidupkan dan Alhamdulillah Layar Sony Z3+ dapat menyala dengan normal dan siap untuk Nota pembayaran Servis ganti LCD Sony Z3+.
Baca juga: Cara Mengembalikan Kapasitas Memory Internal Zony Xperia Docomo SO-01F Dari 16GB Menjadi 32GB Android Lollipop
Namun dalam tempo 1 hari kemudian pelanggan saya tersebut mengeluh karena ada sebagian layar sentuhnya yang tidak berfungsi sama sekali. Khususnya pada bagian bawah tepatnya di atas menu tombol Home.

Maka langsung saja saya suruh pelanggan tersebut untuk segera membawa ponsel Sony Xperia Z3+ tersebut untuk di bawa kembali ke tempat saya untuk segera di perbaiki kembali.

Layar Sentuh Hp Sebagian Tidak Berfungsi

Setelah ponsel Sony Xperia Z3+ tersebut tiba di tempat saya pun langsung saja saya cek dan ternyata memang benar bahwa ada sebagian layar sentuh yang memang tidak berfungsi sama sekali ketika di sentuh atau di Tap.

Dalam pikiran saya lemas rasanya kalau harus mengganti lagi satu paket layar sentuh Sony Xperia Z3+ tersebut karena harganya memang cukup mahal. Hampir sekitar 350an kalau di daerah saya gan.

Awal mula saya coba untuk melakukan flashing kembali dengan firmware yang sudah saya download dari sebelumnya karena memang si pelanggan meminta juga untuk di lakukan flashing karena di rasa sudah lelet.

Kemudian setelah berhasil di flash ulang ternyata layar sentuh Sony Xperia Z3+ hasilnya tetap sama yaitu layar sentuh tidak bisa disentuh pada bagian bawah.

Tidak berapa lama saya coba untuk membongkar Sony Xperia Z3+ tersebut dan membersihkan socket layar sentuhnya saja karena memang yang mengalami kerusakan hanya layar sentuhnya saja.

Nah, setelah saya pasangkan kembali socket layar sentuhnya ternyata hasilnya pun tetap sama saja. 

Kemudian saya pun mencoba untuk search di Google dengan pencarian kata kunci (Cara Memperbaiki Layar Sentuh Hp Sebagian Tidak Berfungsi Hanya Dengan Korek Api).

Dan Alhamdulillah sukses juga saya perbaiki layar sentuh rusak sebagian hanya dengan menggunakan pemantik korek api gas. Untuk langkah langkahnya dapat anda simak baik baik di bawah ini.
Baca juga: Cara Flash Sony Xperia Z5 E6653/E6683 Via Flashtool Dengan Mudah Dijamin Berhasil
Mohon untuk diperhatikan baik baik karena mungkin banyak juga yang belum paham benar bagaimana memperbaiki layar sentuh rusak sebagian dengan menggunakan pemantik korek api.

Langkah Langkah:

1. Yang pertama pastikan dulu bagian mana layar sentuhnya yang sudah tidak berfungsi dengan cara masuk ke Enginer Mode. Untuk cara masuk ke menu Enginer mode Sony Z3+ sendiri menggunakan kode *#*#7378423#*#*. Kalau untuk ponsel lainnya silahkan anda googling sendiri.

2. Setelah anda sudah pada menu Enginer Mode Sony Xperia Z3+ tersebut silahkan anda pilih pada menu Service tests.
Enginer-Mode-Sony-Xperia-Z3+
3. Selanjutnya anda pilih pada menu Touch Screen dan langsung saja anda tes bagian mana layar sentuh ponsel anda yang mengalami kerusakan.
menu-touch-screen-sony-xperia
4. Dalam hal ini layar sentuh Sony Xperia Z3+ yang kemarin saya perbaiki adalah pada bagian Bawah saja. 
cek-layar-sentuh
5. Silahkan Anda ambil korek api gas dan lepaskan pemantiknya dari badan korek api tersebut. Maka anda akan mendapati juga ada kabel tembaga pada bagian bawah pemantiknya yang dapat anda bengkokan sesuka hati anda. Contohnya seperti gambar dibawah ini:
pemantik-korek-api-gas
6. Arahkan kabel dari pemantik korek api tadi ke bagian layar sentuh yang sudah tidak berfungsi tadi agar dapat bekerja dengan normal kembali dengan cara tekan pada tutsnya sama halnya seperti anda menyalakan korek api gas.
bagian-layar-sentuh-yang-rusak
7. Lakukan dengan sekali tekan saja kemudian coba untuk sentuh pada bagian yang sudah anda pantik tadi. Bila di rasa sudah berhasil di sentuh layarnya pantik lagi di bagian lain yang rusak layarnya cekali saja dan coba sentuh atau geser lagi layarnya pada bagian itu juga.

8. Lakukan secara bertahap seperti di atas pada bagian bagian yang putus jalur arusnya agar dapat terhubung kembali dan dapat di gunakan dengan normal lagi.

9. Done.

Baca juga: Cara Bypass FRP Dan Hapus Pola kunci Layar Sony Z3 Plus (E6553) Via Flashing Tanpa Ribet | Firmware Unlock Sony Z3 plus

Saya melakukan langkah langkah di atas hanya dengan 3x pantik saja pada bagian layar yang tidak berfungsi karena memang hanya tiga garis saja dan 100% berhasil dapat berfungsi kembali.

Dengan begitu ponsel Sony Xperia Z3+ milik user pun dapat dipergunakan kembali dengan baik dan sampai sekarang si user tidak ada keluhan sama sekali ke saya pribadi perihal ponselnya tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel