-->

√ Update Cara Instal OS Endless Image File Via Flashdisk Terbaru

Update Cara Instal OS Endless Image File Via  Flashdisk Terbaru -Sebelumnya saya ucapkan Alhamdulillahi Rabbil 'alamin kepada Allah SWT yang hingga kini masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk berbagi sebuah artikel di Blog Bekha Tekno ini.

Tutorial yang akan saya bagikan adalah bagaimana cara menginstal Os. Endless pada PC/Laptop. Dulu walaupun anda sanggup secara eksklusif mengunduh dan menginstal OS Endless pada situs endlessos.com, namun tidak semuanya dapat berjalan dengan lancar. 

Namun untuk versi terbarunya sekarang ini bisa dikatakan lebih mudah menginstal OS Endless pada PC anda. Apalagi kita kini dapat mengunduh OS Endless dalam bentuk ISO, tentu kedepannya lagi pasti akan lebih gampang dalam pembuatan media Bootablenya.  
Cara-Instal-OS-Endless-Image-File-Via -Flashdisk
Bagaimana cara menginstal OS Endless memakai Image via Flashdisk yang akan saya tulis disini adalah pengalaman pribadi saya yang sekedar ingin mencoba fitur fitur yang ada pada perangkat lunak Operasi Sistem yang berbasis Linux ini.

Baca juga: Membuat Bootable Usb Windows XP/7/8/8.1/10 Dengan Flashdisk Menggunakan Rufus Terbaru

Sekilas Tentang OS. Endless 

OS Endless adalah Operasi sistem yang cukup lama hadir dikancah dunia Operasi Sistem. Yang awalnya diciptakan untuk Komputer Endless yang didirikan di San Francisco, California oleh Matthew Dalio dan Marcelo Sampaio. 


Mereka membuat perangkat hardware PC Endless dan memakai OS Endless sebagai perangkat lunaknya, kemudian dipasarkan oleh perusahaan, untuk negara negara berkembang dengan Komputer yang berbasis Linux.

Operasi Sistem Endless dapat kita gunakan dan download secara gratis, tanpa harus membeli PC Endless. 

Anda dapat menginstal OS. Endless berdampingan dengan Operasi sistem lainnya seperti OS Windows pada PC atau Laptop yang kita gunakan. 

Meskipun tidak terhubung ke internet, OS Endless dapat dipakai layaknya sedang berselancar dengan internet. 

Dengan adanya 100 Aplikasi yang tertanam didalamnya pengguna akan dimudahkan untuk dapat memaksimalkan apa yang diinginkan pengguna dengan keterbasan jaringan internet. 

Konten yang terdapat pada sistem aplikasi didalamnya mencakup kategori Office suite, Kesehatan, Hiburan, Wikipedia, Kurikulum, Pendidikan, Bisnis, dan juga game game edukasi untuk anak. 

Baca juga: Cara Downgrade Dari Windows 10 Ke Windows 8/7

Operasi sistem yang beginilah yang sangat dibutuhkan bagi kalangan umum yang ingin belajar dan ingin mengenal lebih jauh seputar teknologi Komputer. Sama halnya dengan Ubuntu atau Linux, OS Endless merupakan distro Linux namun dengan desktop Gnome yang telah dimodifikasi full.

Versi OS Endless

File installer yang saya gunakan ialah versi 3.3.15 yang terbaru yang telah saya download pada situs Endless. Untuk mendownload OS Endless terdapat dua pilihan, diantaranya adalah Endless OS Basic dan Endless OS Full.

1. Endless 3.3.15 OS Basic-ini memiliki ukuran file sebesar 5.8Gb yang telah dipangkas dari versi Full sehingga terbatas untuk aplikasi maupun program didalamnya. 

Namun jangan berkecil hati dulu, anda tetap sanggup menikmati semua aplikasinya dengan cara menginstalnya melalui App Store saat PC anda terhubung dengan koneksi internet.  

OS Endless versi 3.3.15 ini pun sudah mendukung berbagai bahasa diantaranya adalah: English, Arabic (العربية),Bangla (বাংলা),German,Spanish,French,Hindi (हिन्दी),Bahasa Indonesia,Portuguese Brazilian (Português do Brasil),Romanian (Română),Thai (ไทย),Vietnamese (,iếng Việt),Chinese Simplified (简体中文),Chinese Traditional (正體中文), jadi saya rasa tidak akan sulit untuk menginstal OS Endless pada PC/Laptop anda.  

Beberapa konten yang ada dalam versi basic ini diantaranya adalah Aplikasi Office seperti Word, Internet Browser, Pemutar Musik dan didukung dengan Utilitas yang lain. 

2. Endless 3.3.15 OS Full-sudah dilengkapi dengan 100+ aplikasi menyerupai yang sudah saya sebutkan diatas tadi. Untuk sanggup mendownload EOS Full dibutuhkan kapasitas flashdisk lebih dari 21.2Gb. 

OS Endless versi full ini lebih disarankan karena memiliki keunggulan lain terutama bagi pengguna yang terbatas dengan jaringan internet.

Beberapa aplikasi yang sudah terinstal didalamnya mencakup Pemutar Video, Audio Player, Editor Foto + Editor Video, Word, Game, Aplikasi Sreadsheet, Ensiklopedia dan 100 aplikasi lainnya. 

Baca juga: Cara Hapus File Sampah Yang Tersisa Dan Bandel Di Laptop/PC


Diantara 2 versi diatas itu saya sarankan Versi OS Basic merupakan pilihan yang sempurna bila anda hanya sekedar untuk mencoba dulu sebelum anda yakin menginstal pada PC atau Laptop anda. 

Spesifikasi Hardware Yang dibutuhkan

Sebelum anda menginstal OS Endless sebaiknya anda ketahui dulu spesifikasi dari Hardware PC atau Laptop yang anda gunakan dengan mengunjungi link ini ►https://support.endlessm.com/hc/id/articles/210526863-Apakah-Endless-OS-bisa-digunakan-di-komputer-saya-. 

Pada link tersebut anda akan mengetahui apa dan bagaimana perangkat komputer yang cocok untuk penginstalan OS Endless. 
Time of this report
24/12/2019, 07:44:00
Machine name
SERVER
Operating System
Windows 7 Ultimate 32-bit (6.1, Build 7600) (7600.win7_rtm.090713-1255)
Language
Indonesian (Regional Setting: Indonesian)
System Manufacturer
INTEL_
System Model
DH61WW__
BIOS
BIOS Date: 01/10/12 16:53:10 Ver: 04.06.04
Processor
Intel(R) Pentium(R) CPU G2020 @ 2.90GHz (2 CPUs), 2.9GHz
Memory
4096MB RAM
Available OS Memory
3494MB RAM
Page File
2408MB used, 4579MB available
Windows Dir
C:\Windows
DX Setup Parameters
Not found
User DPI Setting
Using System DPI
System DPI Setting
96 DPI (100 percent)
DWM DPI Scaling
Disabled
DxDiag Version
6.01.7600.16385 32bit Unicode

Di situs resmi OS. Endless menyampaikan bahwa OS Endless tidak sanggup dijalankankan pada Sistem PC 32-bit. Namun sesudah saya coba sendiri pada PC yang memakai Spesifikasi Dual Core dengan Windows 32bit, saya tidak mengalami hambatan apapun. 



Tapi saya sendiri tidak menjamin penuh, berhasil atau tidakkah apabila anda sendiri ingin sekali menginstal OS Endless dengan sistem PC 32bit milik anda. 

Sesudah anda mantap untuk mencoba Operasi sistem terbaru dari Endless versi 3.3.15, selanjutnya kita akan melangkah pada tahap pengistalannya.

Namun ada baiknya anda menyiapkan bahan bahannya terlebih dahulu sebagai syarat utama menginstal OS. Endless dengan menggunakan USB Flashdisk.

Bahan Bahan:

1. Flashdisk: Tentu saja perangkat utama yang dibutuhkan untuk menginstal OS Endless terbaru ini ialah sebuah USB Flashdisk. Pada pilihan yang sudah saya sebutkan diatas tadi saya menganjurkan kepada anda, untuk menentukan OS Endless dengan versi Basic. 

Dan untuk kapasitas Flashdisk yang dibutuhkan untuk mendownload Endless 3.3.15 OS Basic minimal adalah 8Gb yang sudah anda format. Bila anda memiliki file penting yang terdapat pada USB Flashdisk anda, silahkan anda backup dulu file anda kedalam PC atau Laptop anda. 

2. Koneksi Internet Yang Stabil: Saya sendiri untuk mendownload OS Endless versi 3.3.15 basic memakai jaringan internet speedy, alasannya takut bilamana terjadi koneksi yang tidak stabil bila memakai modem. 

Namun apabila memang meyakinkan jaringan provider internet yang tersedia didaerah anda, tidak ada salahnya untuk dicoba. Yang penting anda sudah paham berapa kuota internet yang dibutuhkan untuk mendownload OS Endless tersebut.


3. Download OS Endless: Silahkan anda download OS. Endless terbaru OS Basic melalui link download dari Endless berikut ini ►https://endlessos.com/id/unduh-gratis◄ dan simpan file endless-installer.exe kedalam drive PC anda. 

Metode yang saya gunakan Adalah instalasi menggunakan Image File OS Endless. Ukuran file endless-installer.exe ialah sekitar 3.15 Mb. File exe itulah yang nanti akan kita gunakan untuk media mendownload Image File OS Endless kedalam USB Flashdisk yang akan kita gunakan sebagai Endless USB Stick Installer. 


Langkah Langkah:

1. Saya asumsikan bahwa anda sudah memenuhi syarat diatas. Lalu silahkan anda buka endless-installer.exe yang telah anda download tadi.

2. Pada gambar dibawah ini terdapat pilihan "Download dan instal pada komputer ini". Namun bila anda hanya ingin mencicipi saja OS Endlessnya maka klik saja pada pilihan " Click here" untuk membuat installer memakai USB Flashdisk.
Download-os-endless
3.  Pilih saja pada Create Endless USB Stick seperti pada gambar dibawah ini untuk menuju proses selanjutnya.
Create-Endless-USB

4. Klik pada Download OS Basic untuk menuju ke proses selanjutnya.
Download-OS-Basic
5. Endless-installer.exe akan otomatis mendeteksi perangkat USB Flashdisk milik anda yang akan anda gunakan untuk Install OS Endless. Kemudian jangan lupa untuk mencentang pada I understand that this will erase all files on the USB device. Kemudian klik Next.
Usb-installer-endless
6. Proses download akan berjalan seperti pada gambar dibawah ini. Lama download tergantung pada kecepatan internet dan spesifikasi PC yang anda gunakan. 
Proses-download
7. Setelah anda selesai mendownload Endless 3.3.15 OS Basic, cabut USB Flashdisk tadi, kemudian pasang kembali ke PC anda agar PC mendeteksi kembali Flashdisk Endless USB Stick Installer milik anda.

8. Copy file file yang berada didalam USB Flashdisk tadi kedalam drive PC anda pada folder didalam disk PC anda. File yang terdapat dalam USB Flashdisk anda diantaranya sebagai berikut : 
File-installer-os-endless
9. Done


Cara Install OS. Endless Pada PC

Langkah selanjutnya menginstal Endless 3.1.8 OS Basic pada PC menggunakan Image file OS Endless yang sudah anda simpan ke dalam drive PC anda tadi. 

Metode instal dengan menggunakan Image File yang sudah kita download ini, buat saya dirasa lebih gampang dari pada instal memakai Flashdisk sebagai media bootablenya.  

Kecuali bila anda memang sudah mantap menggunakan OS Endless sebagai Operasi Sistem utama pada PC anda, maka silahkan saja anda gunakan metode instal menggunakan Flashdisk yang sudah dijadikan bootable OS Endless tadi.  

Untuk instal eksklusif dari flashdisk juga bekerjsama tidak jauh berbeda dengan cara yang akan saya bahas kali ini. Hanya saja perbedaanya ialah kita perlu merestart dulu PC kita lalu merubah booting awalnya memakai OS Endless yang ada pada USB Flashdisk tadi. 

Pada saat saya memakai metode seperti yang saya sebutkan diatas tadi, saya mengalami kegagalan dengan notifikasi " Tidak dapat meload Image File".

Karena saya memang sangat ingin mencicipi OS Endless ini segera, maka saya memakai metode Instal Endless OS dengan Image File yang sudah saya unduh dari endlessos.com dengan USB Flashdisk sebagai perangkat untuk mendapatkan Image filenya.

Langkah Langkah:

1. Buka file endless-installer.exe didrive hasil copy dari USB Flashdisk anda dengan cara klik dua kali pada mouse, sama seperti anda hendak mendownload Image File OS Endless.

2.  Klik pada "Click here" untuk untuk melangkah pada proses instalasi.
Proses-instal-os-endless
3. Pilih pada Create Endless USB Stick.
Create-Endless-USB-Stick
4. Pilih pada Endless OS 3.3.15 Basic - 5.8 Gb kemudian klik Next.
Update Tutorial Lengkap Cara Instal OS Endless Via Flashdisk Menggunakan Image File Terbaru
5. Pilih berapa kapasitas hardisk yang ingin anda gunakan untuk sistem OS Endless pada PC anda. Bila dibutuhkan backup dulu file penting dalam OS Windows anda, untuk antisipasi bilamana terjadi sesuatu yang tidak diinginkan". Direkomendasikan anda menyediakan ruang 16Gb kemudian klik saja Next.
Minimal-Kapasitas-Hdd
6. Proses instalasi Endless 3.3.15 Basic akan berjalan dimulai dengan verifikasi step pertama. Silahkan tunggu hingga selesai ke Step selanjutnya. 

7. Proses untuk Verifikasi penginstalan yang dibutuhkan tidaklah lama.

8. Silahkan anda Close bila Endless OS sudah berhasil anda install kedalam PC anda, kemudian Restart PC.
Finish-install
9. Setelah restart anda tidak perlu menekan tombol apapun pada keyboard anda, karena OS Endless akan secara otomatis menuju kelangkah selanjutnya untuk menyelesaikan proses instalasi.
Wizard-endless
10. Pilih pada bahasa yang anda inginkan. Saya sendiri tidak mempedulikan hal itu. Namun bagi anda yang ingin mencoba instalasi memakai Bahasa Indonesia silahkan saja kemudian klik Next lagi .

11. Karena saya hanya ingin mencicipi OS Endless ini maka pilihan saya jatuh pada Try It! Kecuali jika kita sudah mantap dengan OS Endless barulah kita Reformat. 
Try-it
12. Biarkan saja tetap tercentang pada English (US) untuk menentukan layout keyboard yang akan digunakan.
layout-keyboard
13. Klik Accept and continue sebagai tanda kita mengerti dan menyetujui ketentuan yang diberlakukan.  
Disclaimer-Endless
14. Karena saya hanya ingin mencoba maka saya centang pada skip Wifi setup kemudian saya Next lagi.
Wifi-setup
15. Kemudian anda pilih Star using Endless untuk memulai memakai OS Endless pada PC anda.
Star-using-Endless

16. Setelah itu anda akan dihadapkan pada tutorial memakai OS Endless untuk pertama kalinya.

17. Selamat anda sudah sanggup merasakan Endless 3.3.15 OS Basic.


Bila anda sudah yakin dan mantap pada OS. Endless pada PC anda, dilayar desktop Endless ada pilihan untuk anda bila ingin tetap memakai OS. Endless sebagai Operasi sistem PC anda. 

Pilih saja pada icon Reformat untuk memulai proses instalasi OS. Endless anda dengan memasukkan user nama password pada tahap instalasinya. 

Tetapi bila anda belum yakin untuk memakai fitur itu, anda dapat kembali memakai OS Windows anda dengan merestart PC anda dan memulai booting kembali memakai OS Windows yang anda gunakan semula.

Mengatasi Masalah Tidak Bisa Booting ke Windows

Untuk kembali ke Windows 7 pada PC yang saya gunakan, ada beberapa kesulitan ketika pertama kali ingin memakai OS Windowsnya kembali. 

Yaitu tidak tampilnya GRUB bootloader untuk menentukan akan memakai OS Endless atau OS Windows 7. 

Namun akibatnya saya sanggup kembali masuk ke Windows 7 saya kembali dengan cara sebagai berikut :

1. Restart PC anda.  

2. Tekan tombol F10 pada keyboard PC anda untuk masuk ke Menu Boot.      

3. Disitu akan ada pilihan menu boot yang tersedia diantaranya boot memakai perangkat Hardisk utama saya (ST3320310CS), kedua (ST3160812AS), dan pada pilihan terakhir ialah OS Endless.

4. Karena saya ingin kembali memakai Windows 7 saya maka saya pilih boot dengan hardisk utama saya dan sukses!.

Catatan:
Pada tabel spesifikasi hardware diatas saya sudah menerangkan bahwa sistem PC yang saya gunakan adalah Windows 7 32bit dengan sistem model Motherboard DH61WW.  

Bila hardware yang anda gunakan berbeda dengan milik saya, kemungkinan akan berbeda pula ketika ingin masuk ke boot menu. Tergantung pada settingan BIOS Motherboard PC anda.  

Setting BIOS pada beberapa Motherboard berbeda beda, namun dari kebanyakan model dan jenis Motherboard PC untuk masuk ke BIOS, anda dapat mencoba tekan keyboard pada tombol f2 atau Del

Atau pada saat star up coba tekan tombol f10 pada keyboard PC anda untuk masuk ke boot menu. Kemudian anda pilih pada perangkat yang tersedia pada daftar bootnya. 

Untuk lebih jelasnya bila anda ingin mengetahui bagaimana petunjuk dan prosedur yang saat anda ingin menginstal OS Endless berdampingan dengan OS Windows pada PC anda, silahkan masuk ke situs resminya. 

Untuk lebih mudahnya silahkan anda klik link berikut ini untuk langsung menuju ke menu bantuan seputar OS. Endless. ►Klik disini

Cara Uninstal Os. Endless

Perubahan yang terjadi pada pada sistem Windows anda yakni, akan adanya installer Endless pada Drive C dengan nama folder "Endless" yang didalamnya terdapat beberapa file dan folder diantaranya folder grub, file disc image endless os.img dan aplikasi uninstaller.  

Bilamana anda berniat untuk meng-uninstal OS. Endless pada PC yang anda gunakan, pilih saja pada aplikasi Uninstaller.exe difolder endless tersebut. Maka secara otomatis OS. Endless akan hilang pada drive C anda. 

Notes: Anda masih dapat memakai USB Flashdisk yang sudah ada file installer endless 3.3.15 OS Basic sebagai media bootable untuk PC.  

Demikian tadi artikel yang berjudul Update Cara Instal OS Endless Image File Via  Flashdisk Terbaru yang sudah saya buat ini semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel