Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot Dan Penyebabnya


Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot Dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot Dan Penyebabnya-Kita pasti akan di bikin kesal bila berhadapan dengan Laptop atau komputer yang benar benar lambat atau lemot. Apalagi di saat kita dituntut untuk cepat cepat selesai dalam mengerjakan tugas yang harus segera dipersiapkan.

Seperti saya sendiripun bila berhadapan dengan laptop atau komputer yang lemot, kesal rasanya. Sangat di sayangkan memang karena bagi saya banyak waktu yang akan terbuang sia sia bila mengalami hal yang demikian.

Tapi coba bersabarlah dan dan cari tau dulu apa penyebab laptop atau komputer kita itu lemot. Karena dengan hanya kesal dan emosi itu tidak akan menyelesaikan masalah.

Ada banyak yang menyebabkan kenapa komputer atau laptop kita itu menjadi lemot, tidak seperti waktu pertama kali kita baru beli. Banyak yang menyebabkan laptop kita menjadi lemot bisa dari Software ataupun hardware.

Kalau dari software sih mungkin mudah ya bagi yang sudah berpengalaman, tapi kalau dari hardware itu yang paling bikin susah. Buat yang banyak duit sih gampang tinggal laptopnya di lem biru aja,(lempar ganti yang baru).

Aduh, kalau buat saya harus ganti nanti nanti dulu karena memang saya orang susah. Harus ngumpulin lama dulu baru bisa dapet, itupun belum untuk anggaran yang lain lain.

Makanya di sini saya akan kasih solusi dan apa yang menyebabkan laptop atau komputer kita menjadi lambat.

Pada artikel ini saya akan bagi menjadi dua bagian, yaitu software dan hardware. Seperti yang sudah saya asumsikan di atas bahwa banyak faktor yang menyebabkan laptop atau komputer kita menjadi lemot, bisa dari hardware maupun software. Nah, saya akan memulai pada category yang pertama yaitu:

Hardisk

Entah itu laptop ataupun komputer yang namanya hardisk kalau usia pemakaian kita sudah lama pasti akan mengalami kerusakan pada fisik hardisk tersebut. Kalau tidak percaya cek saja dengan sebuah software yang bernama Hard Disk Sentinel. Software tersebut bisa mendeteksi berapa persen kesehatan dari fisik hardisk tersebut.

Salah satu faktor kerusakan hardisk yang membuat laptop atau komputer kita lemot saat posisi star up windows, kita di hadapkan dengan fitur scan dsik otomatis dari bios pada layar atau monitor kita.

Solusi: Klik kanan pada setiap partisi hardisk kecuali drive C kita hanya mempunyai pilihan untuk membuat Schedule. Pilih Property kemudian pada tab Tools klik Check now.

Atau kalau mau kita cek hardisk menggunakan komputer lain, dengan begitu drive C bisa kita cek langsung juga. Kalau belum menyelesaikan masalah format secara keseluruhan.

Jangan lupa back up dulu data data yang penting kemudian instal ulang kembali. Atau silahkan di ganti saja dengan yang baru bila memang si hardisk yang menyebabkan laptop atau komputer kit a menjadi lambat.

Memory RAM (Random Access Memory)

Kinerja laptop akan menjadi lambat bila memory Ram pada komputer atau laptop kita kurang memadai. Contoh misalnya memory ram kita hanya 1gb dengan Windows 7 atau windows 8 dan di dalam laptop kita terinstal aplikasi atau software yang cukup besar.

Ada Ms Office,Corel atau Adobe Photosop belum lagi game game yang berukuran besar dan juga bermain game online. Windows xp pun akan menjadi lemot bila kita mengoperasikan dua saja dari software diatas sambil laptop kita terkoneksi dengan internet bila menggunakan ram dengan kapasitas 1gb.

#Baca juga: Hapus file sampah yang bandel pada laptop kita#

Solusi: Upgrade memory ram tersebut menjadi 2gb/4gb tapi perhatikan dulu Platform pada Motherboard tersebut. Untuk komputer sekarang banyak yang sudah mengunakan Dual Channel, yang artinya minimal terdapat dua keeping RAM identik pada satu motherboard. 1 keping RAM 4GB tetapi masih Single Channel, performanya akan kalah oleh 2 x 2GB RAM yang sudah menggunakan Dual Channel.

Tetapi bukan berarti kalau kita pasang 2x2GB RAM berarti kita telah menggunakan Dual Chanel. Dual Channel adalah kemampuan dari chipset motherboardnya. Untuk mengetahui RAM kita menggunakan single chanel atau dual channel, kita bisa menggunakan aplikasi CPU-Z.

Atau bila kita belum bisa mengupgrade ram tersebut kita bisa lakukan dengan cara menutup salah satu aplikasi yang sedang kita gunakan. Apabila komputer kita sedang terkoneksi internet misalnya, kita tutup dulu aplikasi lain yang sedang berjalan maka akan lebih cepat di bandingkan sebelumnya.

Hardware overheat

Hardware overheat baik itu terjadi pada Hardisk, VGA card, Processor atau CPU secara umum bisa menyebabkan menurunnya kinerja komputer yang pada akhirnya komputer menjadi hang, lambat atau bahkan sering restart.

Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik begitu juga pada fan (kipas angin) harus bersih dari debu agar dapat berputar dengan lancar. Anda bisa baca tips saya tentang (3 Cara membongkar laptop dengan cepat dan akurat)

Solusi: Periksalah hardware hardware yang saya sebutkan di atas misalnya processor coba ganti pasta apabila memang sudah kering ganti dengan pasta processor yang baru. Begitu juga dengan Vga tapi, ini saya contohkan hanya pada perangkat pc yang menggunakan Vga.

Bersihkan kipas dan ganti pasta pada ic chipsetnya. Atau bila memang VGAnya yang menjadi faktor utama penyebab komputer lambat upgrade saja Vga tersebut bila memang di perlukan.

Maksud di perlukan di sini adalah mengarah pada kebutuhan pekerjaan kita yang harus di tuntut untuk menggunakan komputer dengan specifikasi yang tinggi atau memadai.

Keterangan di atas adalah penyebab laptop atau komputer menjadi lambat yang di sebabkan oleh Hardware. Nah sekarang saya akan menjelaskan tentang apa apa saja software dan program yang menyebabkan laptop atau komputer kita menjadi lemot lagsung dengan triknya.

Baca juga : Download idm gratis Terbaru Tanpa RegistrasiCara Menghilangkan Iklan di Android Paling Ampuh Cara Mendapatkan Smule VIP Gratis Tanpa Root Work 100% Free Download Nero 8.1 Pro
Star up dan program yang terinstal

Menurut pengalaman saya pribadi banyak dari user yang menginstal banyak sekali software yang belum tentu kita gunakan sama sekali. Semakin banyak program yang terinstall, semakin banyak pula program dan service yang akan di jalankan ketika windows startup.

Solusi:Untuk menonaktifkan startup program dan service yang berjalan otomatis tersebut, masuklah ke System Configuration Utility dengan cara ketik:
msconfig pada menu run, kemudian pada tab service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan. 

msconfig

Lalu untuk melihat aplikasi yang berjalan kita bisa memeriksanya dengan Task Manager atau dengan tool Process Explorer . Periksalah program apa saja yang terinstall di komputer atau laptop dengan cara klik Add/Remove Program di Control Panel dan uninstall program-program yang hanya menjadi accesories tersebut.

Security program dan auto update

Security program seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer, tetapi janganlah terlalu berlebihan misalnya dengan menginstall 2-3 program antivirus sekaligus.

Pasang saja 2 Anti virus yang lokal dan internasional seperti Smadav anti virus lokal yang memang di khususkan untuk pengebalan pada komputer laptop kita terhadap flashdisk yang terinfeksi virus. Anti virus internasional bisa kita pasang saja yang ringan juga seperti Avast Anti virus yang menurut saya memang benar benar handal.

Untuk masalah security windows, kita boleh saja mengaktifkan windows firewall kita agar bisa mendeteksi program atau ancaman yang mencurigakan. Tapi yang kita bahas disini adalah cara mengatasi laptop atau komputer yang lemot.

Solusi: Didalam Control Panel matikan system auto update pada Sytem and Security Change setting lalu pilih Never check for updates (not recomanded). Auto update ini menurut saya memang membebani saja apalagi apa lagi komputer yang saya gunakan ini mempunyai speck yang biasa biasa saja. 

auto update

Terkecuali anda menggunkana komputer atau laptop yang mempunyai specifikasi tinggi dan cukup luas kapasitas hardisk yang di gunakan pada Operasi systemnya.

Virus Malware dan Spyware


Virus malware dan spyware adalah aplikasi atau software kecil yang merusak aplikasi lain pada program program berbasis teknologi. Karena virus bekerja secara otomatis menempatkan dirinya pada program.

Bila suatu program di jalankan maka virus akan berjalan juga mempunyai kemampuan untuk mereproduksi dengan melampirkan ke program lain kemudian mendatangkan kerusakan pada windows kita.

System Files ada yang corrupt atau bahkan hilang biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file-file yang terinfeksi tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus.


Solusi: Scan menggunakan anti virus Pro, baca dan download disini. Bila anti virus yang anda pakai sudah terinveksi oleh virus juga,lepas hardisk laptop atau komputer anda lalu scan menggunakan laptop lain.

anti virus Pro

Solusi lain adalah instalasi ulang windows kita kalau tidak mau repot. Baca Cara instal ulang windows 8 dan juga cara membuat bootable windows menggunakan flashdisk

Itulah tadi artikel tentang bagaimana cara mengatasi Laptop atau komputer yang lemot dan penyebabnya. Semoga apa yang sudah saya ulas diatas tadi dapat bermanfaat untuk anda yang sedang kesulitan mengalami permasalahan seperti tema pada postingan ini.

Saya rasa itu saja yang menyebabkan laptop atau komputer kita menjadi lambat. Maaf bila ada kekurangan kekurangan kata dari saya,karena blog ini saya tujukan hanya untuk belajar saja..Terima kasih.

1 Response to "Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot Dan Penyebabnya"