Membuat Bootable Usb Windows XP/7/8/8.1/10 Dengan Flashdisk Menggunakan Rufus Terbaru


Membuat Bootable Windows XP/7/8/8.1/10 Dengan Flashdisk Menggunakan Rufus

Membuat Bootable Windows XP/7/8/8.1/10 Dengan Flashdisk Menggunakan Rufus -Ada banyak cara membuat bootable windows menggunakan media flashdisk, tapi saya hanya akan menunjukan bagaimana cara membuat bootable window dengan aplikasi yang bernama Rufus. Karena aplikasi ini yang membuat bootable secara yang paling cepat.

Rufus adalah sebuah aplikasi portable yang berguna untuk membuat bootable USB bagi Windows atau Linux, cara penggunaanya hampir mirip dengan YUMI. Dengan menggunakan aplikasi mini ini, anda bisa menginstall Windows melalui USB flashdisk apabila perangkat laptop/PC anda tidak memiliki CD/DVD-ROM.

Cara ini adalah cara yang paling efektif buat kalian yang malas burning file ISO Windows XP kedalam CD/DVD. Cara ini bisa digunakan untuk membuat bootable Windows XP, 7, 8/8.1 dan juga Windows 10. Rufus juga support untuk membuat bootable DLC Boot atau Boot Sergei Strelec.

Sebelum membuat Windows USB Bootable kedalam FlashDisk, ada beberapa hal yang harus kalian siapkan diantaranya :

  • FlashDisk kosong minimal 8GB
  • File ISO Windows XP atau Windows 7,8,10 yang anda miliki.
  • Aplikasi Rufus.
Perhatikan baik baik tutorial yang akan saya sampaikan dibawah ini, bila sudah berhasil langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menginstal windows. 

Nah, bagi anda yang belum tahu bagaimana cara menginstal windows pada laptop atau komputer saya sudah menyiapkan juga tutorialnya pada artikel saya kemarin. Klik pada tautan link berikut: Cara menginstal Windows 7 menggunakan flashdisk terbaru atau cara menginstal windows 8/8.1 terbaru

Tutorial membuat bootable USB Windows XP kedalam FlashDisk
1. Download terlebih dahulu aplikasi rufus melalui situs resminya disini. Atau download pada link berikut: >Download Rufus Portable<

2. Jalankan Rufus sebagai admin dengan cara klik kanan pada mouse lalu pilih pada Run as administrator

3. Dalam tutorial kali ini saya menggunakan flashdisk berukuran 8GB. Ada beberapa menu yang bisa anda lihat dibawah, diantaranya adalah:
  • Device-menunjukan nama FlashDisk.
  • Paritition Scheme & Target System Type-Menu-ini menunjukan jenis partisi apa yang akan anda install Windows dengan Rufus. Apakah PC kalian support BIOS / UEFI.
  • File System-Jenis sistem file yang digunakan pada flashdisk. Flashdisk biasanya memiliki file System FAT32, namun saya memilih NTFS (bebas)

                            tampilan rufus

3. Setelah itu kalian cari file Windows yang berformat ISO yang ingin kalian buat bootable. Dalam tutorial ini saya ingin membuat bootable Windows XP. Klik pada gambar DVD-ROM seperti dibawah ini.

                           rufus DVD-ROM

4. Tunggu sementara, karena Rufus sedang mengecek file ISO yang anda gunakan.

                            step 2

5. Saya melakukan settingan terhadap Flashdisk saya seperti gambar dibawah ini, dan jika sudah ok, selanjutnya klik Start.

                                    step 3

6. Pesan pada contoh gambar dibawah ini muncul karena pada langkah ke-5 saya memilih pilihan Quick Format. 
Pilihan tersebut akan menghapus seluruh data yang ada didalam Flashdisk. Jadi pastikan dulu sebelumnya bahwa flashdisk yang kalian gunakan untuk media bootable windows sudah benar-benar tidak ada data data penting yang tersimpan didalamnya. 

                 quick format


7. Kemudian klik OK untuk memulai proses pembuatan bootable USB Flashdisk. Proses menggunakan rufus ini tidak memakan waktu yang lama, sekitar 10 sampai 20 menit tergantung dari besarnya ukuran file ISO Windows Xp milik anda dan juga spesifikasi laptop atau PC yaung anda gunakan.

bootable windows menggunakan rufus

9. Jika sudah, maka flashdisk anda sudah siap digunakan untuk menginstal laptop atau komputer. 

10. Selesai!

Aplikasi Rufus ini bukan hanya dapat menjadikan sebagai bootable windows Xp saja, namun dapat juga untuk Windows yang lain asalkan system windows mempunyai format ISO. Study case diatas yang saya tulis hanyalah sebagai bahan contoh saja. 

Jadi sebelum anda ingin membuat bootable windows pada flashdisk dengan bantuan aplikasi Rufus sebagai media pembuatan bootablenya, buat dulu file windows anda menjadi format ISO dengan menggunakan software seperti Ultra ISO

Bagaimana cara menggunakan aplikasi UltraISO dan cara membuat file windows menjadi formatr ISO, silahkan anda baca pada artikel yang sudah saya buat. Klik saja pada tautan link dibawah ini yang sudah saya sertakan agar lebih mudah anda menuju halaman yang dimaksud.


Menggunakan bahasa Indonesia pada Rufus

Anda juga bisa mengubah bahasa pada software Rufus ini menjadi Bahasa Indonesia, dengan cara klik pada gambar Globe di pojok kanan atas Rufus dan pilih Bahasa Indonesia(Indonesian).

pilihan bahasa rufus

Dibawah ini contoh tampilan Rufus yang menggunakan Bahasa Indonesia. 

tampilan bahasa indonesia rufus

#Baca juga: Membuat Multi Bootable Windows 10, 8/7, XP, Linux Menggunakan Yumi#

Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada tutorial video cara membuat bootable Usb Flashdisk Windows dengan menggunakan aplikasi Rufus di bawah ini:

Demikian artikel tentang cara membuat bootable windows menggunakan flashdisk untuk instal ulang xp/7/8/10 menggunakan Rufus. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua. 

Maaf bilamana ada kalimat yang atau tutur kata yang tidak sopan dan sesuatu yang menyinggung anda sekalian. Semata mata blog ini saya buat hanya untuk belajar...Matur suwun.

1 Response to "Membuat Bootable Usb Windows XP/7/8/8.1/10 Dengan Flashdisk Menggunakan Rufus Terbaru "

  1. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT!
    cobain open source project rancangan ane mas bro >

    IT Tools Pack Solution

    (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

    #SalamSatuTeknologi

    ReplyDelete