100% Berhasil Flash Oppo F3 Plus Via SD Card Dengan Mudah


Assalamu'alaikum Wr. Wb.-Dengan melakukan Flashing atau instal ulang pada Hp android Oppo F3 Plus kita pasti sudah tahu bahwa metode flash adalah jalan terakhir yang kita lakukan untuk memperbaiki smartphone android yang mengalami kerusakan pada sistem. 

Dengan melakukan flash pada smartphone android Oppo F3 Plus, bukan hanya membuat handphone android Oppo F3 Plus ini kembali normal seperti sedia kala, namun juga dapat meng-Upgrade OS Android ke versi yang lebih tinggi dari sebelumnya. 

Untuk cara flashing smartphone android Oppo F3 Plus, kita akan menggunakan SD Card sebagai media penginstalan firmware ke smartphone android Oppo F3 Plus ini. Metode Flash Oppo F3 Plus menggunakan SD Card adalah cara yang termudah dan paling aman. 

Bukan hanya untuk smartphone Oppo F3 Plus saja yang bila kita flash via SD Card akan mudah dan aman, namun cara seperti ini juga berlaku buat smartphone android lainnya.

Dalam penginstalan smartphone android Oppo F3 Plus menggunakan SD Card, yang terpenting adalah besarnya kapasitas memory pada SD Card. Besarnya kapasitas pada SD Card mempunyai peran penting yang berfungsi sebagai tempat untung menampung file firmware Oppo F3 Plus ini. Karena sudah dipastikan bahwa firmware yang akan didownload pastinya mempunyai ukuran file yang cukup besar. 

#Baca juga: Cara Flashing Oppo F3 Dengan Mudah Menggunakan SP Flashtool Terbaru# 

Berbeda dengan firmware pada masa dulu yang paling banter hanya mempunyai ukuran file sebesar 300-400MB saja. Sekarang hampir rata rata semua OS android sudah menggunakan versi yang lebih tinggi, tentu saja besaran kapasitas pada firmware android lebih mempengaruhi. 

Saya sarankan gunakan MMC atau SD Card minimal mempunyai kapasitas 4GB untuk melakukan flash pada smartphone android Oppo F3 Plus ini. Selain itu apa sajakah bahan dan syarat untuk flashing Oppo F3 Plus ini? Baca terus sampai habis postingan saya kali ini dengan pembahasan seputar smartphone Oppo F3 Plus yang akan kita instal ulang.

Cara Flash Oppo F3 Plus Via SD Card 

Sebelum anda melakukan flashing pada smartphone android Oppo F3 Plus, alangkah baiknya anda mencoba untuk menggunakan metode hardreset. Barulah kita lakukan flashing pada smartphone Oppo F3 Plus jikalau smartphone Oppo F3 Plus ini sudah tidak bisa lagi mengakses ke Recovery mode. 

Fungsi dari hardreset tersebut itu sendiri adalah untuk memperbaiki sistem yang sudah rusak ataupun corupt. Selain dari fungsi tersebut, dengan menggunakan metode hardreset juga dapat  memulihkan smartphone android yang mengalami Bootloop maupun stuck pada logo android. 

Arti bootloop sendiri adalah rusaknya sistem Booting pada OS android dengan ditandai dengan smartphone android yang tidak dapat masuk ke menu pada layar handphone android dan hanya merestart terus dengan sendirinya. 

Setelah anda paham apa itu bootloop maupun stuck pada logo android, silahkan anda coba dulu untuk melakukan hardreset pada smartphone android Oppo F3 Plus tersebut. 

Agar lebih mudah bagaimana cara menggunakan metode hardreset untuk memperbaiki smartphone android Oppo F3 Plus yang mengalami bootloop, silahkan anda baca pada artikel saya yang berjudul: [Sukses] Cara Hardreset Yang Benar Oppo F3 Dan Oppo F3 Plus

Namun bila dengan melakukan hardreset pada smartphone Oppo F3 Plus anda tidak berhasil dan tidak mendapatkan hasil yang baik, barulah kita menggunakan jalan terakhir yakni flash atau instal ulang smartphone android Oppo F3 Plus ini.

Cara Flashing Oppo F3 Plus Tanpa PC

1. Download dulu Firmware terbaru Oppo F3 Plus dari situs resminya melalui link berikut > Download 

2. Salin firmware Oppo F3 Plus yang dalam format zip tersebut ke dalam memory eksternal atau SD Card Oppo,( ingat! jangan letakan didalam folder, taruh saja diluar folder)

3. Setelah selesai anda menyalin firmware atau ROM untu Oppo F3 Plus kedalam memory eksternal, bila posisi android Oppo anda sedang dalam keadaan bootloop, tekan dan tahan Tombol Power dan Tombol Down untuk masuk ke dalam Recovery mode Oppo F3 Plus

4. Didalam Recovery mode tersebut silahkan anda Wipe data dulu dengan memilih pada menu Wipe data and cache dan konfirmasikan dengan memilih Yes

5. Selanjutnya pilih Instal from sdcard lalu cari firmware Oppo F3 Plus yang sudah anda simpan didalam memory eksternal tadi lalu pilih Yes instal rom

6. Tunggu beberapa saat proses memasukkan firmware kedalam smartpone android Oppo F3 Plus ini berlangsung sampai sukses

7. Sembari menunggu proses flashing berjalan, tidak ada salahnya kok, anda membaca artikel yang ini:  
Merubah Internet CDMA LTE Menjadi GSM 4G Pada Andromax A (A16C3H) 
Cara Unlock GSM GSM Andromax R2 I56D2G 100% Sukses

8. Bila proses flashing smartphone Oppo F3 Plus telah selesai , secara otomatis Oppo F3 Plus akan restart dengan sendirinya

9. Selesai!

Demikian tadi trik cara flash Oppo F3 Plus menggunakan SD Card yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga artikel ini berguna buat anda dan dapat membantu anda untuk memperbaiki Oppo F3 Plus yang sedang mengalami bootloop maupun stuck pada logo. 


Jangan lupa baca tips dan trik lainnya seputar gadget android yang dapat anda jadikan sebagai bahan dasar informasi dan pembelajaran pada dunia elektronik khususnya smartphone dan seputar komputasi. 

Tidak lupa saya ucapkan selamat dan sukses bila anda sudah berhasil menghidupkan kembali smartphone android Oppo F3 Plus milik anda. Dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih buat yang sudah berkenan mengunjungi blog Bekha Tekno ini yang masih perlu banyak pembenahan. Akhir kata Wassalamu 'alaikum Warrahmatullaahi Wabarakatuuhu...