-->

√ 5 Penyebab Komputer Selalu Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Komputer Selalu Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya - Mungkin ada dari beberapa pembaca yang sedang mengalami masalah Komputer atau PC dengan kendala selalu restart sendiri. Di sini saya akan mencoba beberapa tips atau trik cara mengatasi masalah PC selalu restart sendiri dengan berbagai penyebabnya.

Saya selalu pemain PC yang sudah cukup lama bergelut di bidang Komputasi sudah pasti mengalami yang namanya penyakit komputer selalu restart dengan sendirinya. 
cara-mengatasi-komputer-restart-sendiri
Dari PC dengan yang hidup beberapa menit kemudian mati ataupun PC yang hidup dengan beberapa detik saja kemudian mati dengan segera.

Dan untuk mengatasi masalah PC atau Komputer dengan masalah restart seperti yang sudah saya sebutkan di atas tadi itu adalah bermacam - macam penyebabnya. Tapi yang pasti masalah tersebut di karenakan ada Hardware yang mengalami trouble dan harus segera kita atasi.


Analisa Adanya Kerusakan Pada Hardware

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi bahwa masalah PC Restart dengan sendirinya adalah 100% di karenakan adanya kerusakan pada hardware. Namun yang untuk kepastiannya harus kita cek dan analisa terlebih dulu hardware atau perangkat apa yang membuat PC kita restart dengan sendirinya.

Ada banyak masalah dan penyebab umum PC mengalami kerusakan Restart sendiri, dan yang paling umum terjadi yakni di karenakan PC mengalami Overheat atau panas berlebih yang juga di sebabkan masalah hardware itu sendiri.

Tapi meskipun PC tidak mengalami Overhead jika memang ada komponen hardware yang mengalami cacat, tentu saja juga akan dapat membuat PC anda sering Restart sendiri bahkan mati meskipun tidak sampai mati total.

1. Headsink Fan Processor 
komputer restart terus,komputer restart sendiri,pc restart sendiri,restart terus,restart sendiri,pc,komputer,restart
Nah, salah satu yang menyebabkan PC selalu Restart dengan sendirinya dan merupakan masalah yang umum atau sering kali terjadi pada PC sering Restart adalah Overheat, yang mana PC akan terasa panas sekali bila kita rasa.

Biasanya masalah panas berlebih atau overheat tersebut terjadi di sebabkan oleh Headsink Fan Processor yang sudah mati alias tidak bisa berputar seperti biasa pada kipas headsink Processor tersebut.

Dengan keadaan yang demikian tentu saja akan membuat PC selalu restart dalam jangka waktu hanya beberapa detik saja. Untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat menggantinya dengan Headsink Fan Processor yang baru dengan jenis Mainboard atau Motherboard yang sama.

Ada baiknya agar PC tidak terlalu panas lebih baik tambahkan juga kipas pada kasing PC. Setelah itu jangan lupa juga untuk membersihkan semua komponen PC dari debu yang menempel pada komponen Mainboard PC.

2. Power Supply
komputer restart terus,komputer restart sendiri,pc restart sendiri,restart terus,restart sendiri,pc,komputer,restart
Masalah yang seringkali menyebabkan PC sering selalu Restart dengan sendirinya dalam beberapa detik saja juga banyak terjadi di karekana masalah pada kerusakan di unit Power Supply.

Power Supply merupakan komponen pertama dari CPU yang merupakan sumber listrik agar PC dapat hidup dan beroperasi. Jadi apa bila ada salah satu komponen yang berkurang catu dayanya maka akan membuat komputer tidak dapat beroperasi dengan normal.

Contoh beberapa yang dapat membuat PC menjadi selalu Restart dengan sendirinya yang di sebabkan oleh salah satu komponen Power Supply adalah ada Elco yang bocor dengan ciri ciri ada Elco atau kapasitor yang menggelembung.

Dapat berupa Elco yang besar ataupun Elco yang kecil yang berada pada bagian Primer yaitu jalur utama yang menghubungkan ke listrik.

Selain Elco dari komponen Power Supply, kipas Power Supply juga merupakan salah satu penyebab PC sering Restart sendiri jika kipas tersebut sudah mati atau tidak berputar sama sekali.

Indikasi PC sering Restart sendiri dengan ciri ciri kerusakan pada Power Supply adalah PC Restart setelah beberapa menit di pakai, dan biasanya akan hidup dengan sendirinya.

Untuk mengatasi masalah kerusakan pada komponen Power Supply, anda dapat menggantinya apa bila teridentifikasi ada kerusakan seperti yang sudah saya sebutkan tadi.

3. VGA Card
komputer restart terus,komputer restart sendiri,pc restart sendiri,restart terus,restart sendiri,pc,komputer,restart
Beberapa waktu yang lalu pelanggan saya juga pernah mengalami PC selalu restart dengan sendirinya hanya dalam sekitar 3-5 menitan saja dan langsung menyala kembali namun hanya beberapa saat saja langsung restart kembali.

Seperti yang sudah saya anjurkan untuk mengecek beberapa komponen di atas seperti Power Supplay atau mungkin kipas Headsink pada Processor sudah mengalami kerusakan bahkan sudah tidak berputar.

Namun setelah di amati ternyata semua perangkat tersebut masih berfungsi dengan baik alias normal tidak ada kendala sama sekali. Dan akhirnya saya pun berasumsi untuk segera langsung membantunya dengan menuju ke lokasi.

Setelah saya amati dengan lebih seksama lagi ternyata kerusakan terjadi ada pada VGA Card yang mungkin sudah cedera pada Chipsetnya atau bisa juga pada Memory dari VGA Card tersebut.

Untuk mengetahui penyebab PC sering Restart sendiri dengan kerusakan pada VGA Card caranya cukup mudah sekali. Anda hanya perlu menghidupkan PC tanpa menggunakan VGA Card itu sendiri.

Lepas VGA Card tersebut pada PCI Mainboard lalu hubungkan kabel monitor ke VGA Onboard langsung pada Mainboard lalu hidupkan seperti biasa. Jika ternyata PC dapat bekerja dengan baik maka sudah dapat di pastikan bahwa penyebab PC Restart sendiri adalah di karenakan VGA Card sudah rusak.

Untuk memperbaikinya anda dapat mengganti VGA Card tersebut dengan yang baru atau anda dapat juga mengoperasikan PC tanpa VGA Card juga bisa. Tapi itu tergantung dengan kebutuhan anda dalam menggunakan PC, apakah PC tersebut anda gunakan untuk Editing, Games atau hanya keperluan umum saja.

4. Memory Ram
komputer restart terus,komputer restart sendiri,pc restart sendiri,restart terus,restart sendiri,pc,komputer,restart
Selain komponen komponen hardware yang dapat menyebabkan PC Restart sendiri seperti yang sudah saya sebutkan di atas adalah Memory Ram. Yup, Memory Ram juga salah satu ciri penyebab PC sering mati dan juga Restart sendiri.

Bisa di bilang agak jarang untuk kelas Memory Ram PC ini dapat membuat PC Restart sendiri. Yang paling umum terjadi kerusakan Memory Ram pada PC ini membuat PC tidak dapat tampil Display pada monitor.

Akan tetapi saya sendiri pernah mengalami kasus serupa yakni PC selalu Restart dengan sendirinya setelah layar mengalami gejala seperti gambar yang acak pecah pecah serta ngadat kemudian mati dan hidup lagi.

Setelah itu saya mencoba untuk mengganti Memory Ram PC tersebut dengan Memory Ram yang masih bagus dan ternyata PC sudah normal kembali dan masih awet hingga sekarang masih dapat di gunakan dengan baik.

5. Motherboard 
komputer restart terus,komputer restart sendiri,pc restart sendiri,restart terus,restart sendiri,pc,komputer,restart
Berdasarkan pengalaman yang telah saya alami hingga sekarang ini saya masih bergelut di bidang Komputasi mengenai masalah PC sering Restart dengan sendirinya adalah di karenakan ada masalah pada Motherboard itu sendiri.

Sepengatahuan saya jika ada komponen Motherboard khususnya Elco atau kapasitor yang mengalami bocor dengan gejala atau ciri ciri elco menggelembung, juga dapat membuat PC dapat merestart sendiri.

Namun biasanya permasalahan pada Motherboard yang dapat mengalami kerusakan pada elco dengan gejala sudah menggelembung itu biasanya terjadi pada Motherboard DDR 2 dan juga DDR 3 dengan socket LGA.

Untuk seri Motherboard jaman sekarang agak jarang saya dapati di karenakan Elco atau kapasotir sudah menggunakan kaleng jadi terasa lebih kuat untuk terhindar dari kebocoran.

Adapun untuk cara menyelesaikan masalah PC Restart sendiri dengan asumsi di karenakan permasalahan pada Motherboard yang rusak pada kapasitor dapat anda ganti Elco atau kapasitornya saja dengan Elco yang seukuran.

Atau untuk lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan anda bilamana memang harus cepat maka silahkan ganti saja Motherboard tersebut dengan Motherboard yang baru.


Demikian tadi artikel tentang 5 Penyebab PC Selalu Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel