20 Tips Ringan Mencegah Kerusakan Laptop Agar Lebih Awet

Tips Mencegah Kerusakan Laptop Agar Lebih Awet - Hampir rata rata semua barang Elektronik seperti PC atau Laptop pasti akan mengalami yang namanya rusak. Bahkan bukan hanya Laptop dengan Merk apapun saja melainkan jenis elektronik lain Televisi Handphone dan lain lain pasti akan mengalami kerusakan.

Atau kadang pernah juga user yang merasa kesal dengan laptop yang baru saja di belinya secara tiba tiba mendadak rusak bahkan mati total. Hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak aneh sama sekali.

Meskipun Laptop atau PC dan handphone sekalipun pasti 99% ada yang namanya gagal produk. Jadi jangan heran jika anda pernah mengalami atau mendapat barang baru namun cepat rusak. Dan solusinya adalah Garansikan ke toko tempat anda membelui barang tersebut.
cara-merawat-laptop-agar-tidak-lemot-laptop-gaming-acer-asus-samsung-toshiba-apel-hp
Solusi lainnya agar Laptop atau PC yang masih baru dapat bertahan lebih lama dapat anda lihat pada ulasan berikut ini yang semoga saja dapat membantu anda agar laptop anda lebih awet.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot Dan Penyebabnya

20 Tips Mencegah Kerusakan Laptop Lebih Dini

01. Jauhkan laptop anda dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yang ekstrim.

02. Hindari sinar matahari langsung dan pastikan laptop selalu diletakkan pada permukaan yang rata.

03. Menurut survei, kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada harddisk dan LCD display/layar. Kerusakan harddisk diakibatkan benturan atau terjatuh. Kerusakan LCD biasanya karena terpapar sinar matahari dan tekanan fisik.

04. Rapikanlah kabel-kabel adaptor atau kabel lain yang sedang terhubung dengan laptop anda, jangan sampai membuat orang lain tersandung.

05. Selain kerusakan harddisk dan LCD, tumpahan cairan adalah penyebab kerusakan laptop yang paling umum. Kami tidak perlu untuk terus mengingat kan pengguna laptop untuk menjauhkan bahan cair, karena jika peringatan tersebut tidak praktis untuk anda, mungkin anda akan tertarik untuk membeli selembar film-transparan yang disebut 'keyboard protector'.

06. Getaran adalah musuh laptop yang lain. Jauhkan laptop anda dari alat pengeras suara, misalnya loudspeaker, mesin/kendaraan berat, dan sumber getaran lainnya.

07. Hindarkan laptop anda dari sinar x-ray di airport.

08. Jaga kebersihan laptop anda - lap dengan kain bersih agar bebas debu.

09. Lindungi modem laptop anda. Gunakan modem yang mempunyai fitur digital-line guard. Karena fitur ini akan menjaga modem anda dari kerusakan jika secara tidak sengaja anda mencolokkan kabel modem ke jack telpon digital PABX atau jalur ISDN. Dan berhati-hatilah ketika akan mencolokkan kabel telepon ke laptop karena kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok.

10. Dalam iklim Asia, suhu yang lembab bisa jadi masalah besar untuk laptops yang dirancang di Amerika Serikat. Untuk mengurangi kemungkinan masalah, pastikan laptop anda tersimpan di tempat yang kering dan sejuk. Jika laptop tidak digunakan untuk waktu yang lama, simpanlah laptop dalam wadah yang rapat dan masukkan silica gel . Silica gel ini biasanya terdapat dalam botol obat, kemasan barang2 elektronik (kalau anda beli komputer, TV, radio tape baru, biasanya disertakan dalam sebuah bungkusan kecil bertuliskan'Dessicant Silica Gel'). Atau bisa anda beli di toko bahan kimia.Silica gel ini merupakan bahan kimia yg bersifat Higroskopis (menyerap uap air / kelembaban).

11. Listrik padam dan gangguan tegangan dapat terjadi sewaktu-waktu, di rumah anda, di kamar hotel atau di kantor. Jika memungkinkan, gunakanlah 'surge-protector' jika sedang menggunakan AC outlet. Dan... jangan lupa membuat back-up data secara rutin.

12. Gunakanlah selalu tas laptop ketika sedang bepergian.
13. Jika anda ingin membungkus laptop untuk dikirim atau untuk keperluan lain, gunakanlah kotak pelindung yang kuat, dan bungkuslah dengan busa atau spons yang dapat menyerap getaran.

14. Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat di atas laptop.

15. Jika laptop anda kebetulan bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri laptop anda. Sebaiknya serahkan ke teknisi atau service-center terdekat. Karena mungkin saja kerusakan malah akan menjadi semakin berat. Khusus untuk laptop yang masih dalam masa garansi - membongkar laptop dapat merusak sticker garansi (warranty seal) yang masih melekat pada laptop.

16. Ketika akan mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display/layar, angkatlah pada bagian bawah/keyboard.

17. Untuk menggunakan CD-ROM/DVD-ROM saat memasukkan atau mengeluarkan disk, jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Anda harus memegang compact-disc pada bagian pinggir, bukan pada permukaan disk.

18. Jangan mencolokkan kabel modem laptop pada PBX (private branch exchange) atau saluran telpon digital. Laptop anda hanya dapat menggunakan saluran PSTN (public-switched telephone network). Penggunaan saluran telpon selain PSTN dapat merusak modem laptop.

19. Jauhkan laptop dari anak kecil.

20. Rawatlah baterai laptop anda jangan sampai bocor karena dapat merusak slot baterai.

Baca juga: Tutorial Lengkap Cara Memperbaiki Laptop Mati Total 

Silahkan anda gunakan cara cara di atas tadi untuk merawat Laptop anda agar dapat awet atau tidak mudah mengalami kerusakan lebih dini. 

Demiakian tadi artikel tentang 20 Tips Ringan Mencegah Kerusakan Laptop Agar Lebih Awet yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel