-->

Cara Memperbaiki Xiaomi Redmi 5a Riva [MCG3B] Kamera Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Xiaomi Redmi 5a Riva [MCG3B] Kamera Tidak Berfungsi - Pada malam ini kembali lagi di sini saya akan berbagi sebuah pengalaman yang terjadi pada ponsel milik teman sekaligus rekan kerja saya. Xiaomi Redmi 5a Riva merupakan ponsel android milik teman saya yang sehari hari di gunakan sebagai sarana untuk komunikasi.

Beliau mendapatkan ponsel tersebut adalah hasil dari kerja keras selama bekerja pada perusahaan karaoke yang ada di daerah tempat saya tinggal. Hingga pada suatu hari Xiaomi Redmi 5a Riva tersebut mengalami kerusakan pada kamera ponsel tersebut.

Yang mana Kamera Xiaomi Redmi 5a Riva tersebut tidak berfungsi sama sekali, entah itu kamera depan ataupun kamera belakang, semuanya tidak berfungsi sama sekali.
Usut punya usut setelah saya selidiki dari segi kamera untuk hardwarenya sama sekali tidak ada kerusakan yang berarti, dengan asumsi sudah saya coba untuk mengganti dengan kamera ponsel yang sejenis.

Alhasil saya berkesimpulan bahwa kamera tidak berfungsi pada Xiaomi Redmi 5a Riva tersebut mengalami kerusakan atau gagal beroperasi adalah di karenakan Xiaomi Redmi 5a Riva tersebut telah update ke MIUI 11 yang terbaru.

Meskipun belum saya coba waktu itu untuk segera melakukan downgrade ke versi MIUI yang sebelumnya, tapi saya sudah yakin sekali bahwa kamera Xiaomi Redmi 5a Riva tidak berfungsi di karenakan update ke MIUI 11.

Baca juga: Metode Baru Cara Ganti Font Oppo A9 2020 Dengan Mudah Tanpa Root - Di Jamin Berhasil

Mengatasi Kamera Xiaomi Redmi 5a Riva Tidak Berfungsi

Dalam tempo beberapa hari kemudian saya kembali lagi melakukan studi untuk memperbaiki kembali ponsel Xiaomi Redmi 5a Riva milik rekan saya tersebut, karena pada waktu sebelumnya masih belum ada waktu luang untuk segera di perbaiki.

Saya berniat untuk memperbaiki kamera Xiaomi Redmi 5a Riva tersebut dengan cara downgrade ke versi Miui sebelumnya yaitu Firmware MIUI 10 atau MIUI 9. 

Namun karena pada PC saya sudah ada firmware MIUI 9 yang waktu itu saya download, maka saya akan menggunakan firmare MIUI 9 tersebut untuk memperbaiki Xioami Redmi 5a Riva yang rusak pada kameranya.

Kebetulan saya juga pernah share tentang mengatasi akun Mi pada Xiaomi Redmi 5a Riva MCG3B dengan cara flashing menggunakan firmware khusus untuk mengatasi masalah akun Mi.

Jadi saya akan menggunakan firmware MIUI 9 tersebut untuk melakukan perbaikan pada Xiaomi Redmi 5a Riva MCG3B milik teman saya ini. Adapun langkah langkahnya dapat anda lihat pada ulasan di bawah ini.

Cara Downgrade Xiaomi Redmi 5a Riva Via MiFlashtool

Sebenarnya untuk cara atau melakukan downgrade pada Xiaomi Redmi 5a Riva MCG3B ini dari firmware MIUI 11 ke firmware MIUI 9, metodenya sama dengan flashing.

Yang membedakan adalah pada firmwarenya yang akan kita turunkan versi MIUInya, yaitu dari MIUI 11 ke MIUI 9. Sedangkan untuk firmware Xiaomi Redmi 5a Riva MCG3B MIUI 9 ini merupakan firmware yang memang khusus atau dapat membypass akun Mi pada ponsel tersebut.

Jadi kita akan mendapatkan dua keuntungan dengan cara downgrade ke firmware MIUI 9 yang dapat anda download secara gratis di sini, yaitu setelah ponsel di flash kita tidak perlu repot untuk memasukkan akun Mi sebelumnya yang pernah login ke Xiaomi Redmi 5a Riva anda.

Hanya saja untuk dapat melakukan downgrade dengan cara flashing pada Xiaomi Redmi 5a Riva ini kita harus menggunakan metode Test Point. Fungsi Test Point itu sendiri adalah untuk melewati Unlock Bootloader Xiaomi.

Flashing dengan menggunakan metode Test point menurut saya tidak ribet, yang di perlukan anda hanya membuka kasing belakang ponsel lalu lakukan Test Point dengan menghubungkan dua titik yang ada pada papan PCB Xiaomi Redmi 5a Riva tersebut.

Jika sudah paham dengan ulasan yang sudah saya tulis panjang lebar di atas, selanjutnya mari kita mulai saja langkah langkah cara downgrade Xiaomi Redmi 5a Riva dengan menggunakan MiFlashtool.

Dan sebelumnya pastikan terlebih dahulu anda mendownload semua file yang sudah saya sediakan secara gratis sebagai prosedur flashing pada ponsel Xiaomi Redmi 5a Riva anda.

Bahan Bahan:
  • PC/Laptop dan Kabel Data USB
  • Obeng kecil dan Pinset
  • File Bypass Mi Cloud Redmi 5A Riva ►Download
Langkah Langkah:

1. Download dan ekstraks semua file diatas menggunakan Winrar atau Winzip. Tempatkan ke dalam 1 folder agar tidak repot nantinya. Untuk firmware Xiaomi Redmi 5a Riva MCG3B silahkan anda ekstraks sampai 3x kalau tidak salah hingga muncul file lengkap Firmware Xiaomi Redmi 5a Riva.

2. Instal terlebih dahulu driver Qualcomm_Drivers_QDLoader sampai selesai dilanjutkan dengan menginstal Mi Flashtool terbaru.

3. Buka kasing belakang Xiaomi Redmi 5A Riva serta kaleng penutupnya dengan hati hati hingga menampilkan papan PCB mainboardnya dan lakukan Test Point dengan menggunakan pinset yang sudah anda persiapkan sebelumnya.

4. Hubungkan ke dua titik yang tertera seperti pada gambar berikut ini:
Fiq Xiaomi Redmi 5a Riva [MCG3B] Kamera Tidak Berfungsi Hanya Dengan Cara Begini
5. Tahan pinset agar tidak terlepas dan koneksikan ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel USB data yang masih bagus.

6. Lihat pada device manager PC/Laptop dengan cara klik kanan pada My Computer/Properties/device manager apakah sudah muncul sebuah perangkat baru yang yaitu Qualcomm HS-USB QDLoader 9008.
Fiq Xiaomi Redmi 5a Riva [MCG3B] Kamera Tidak Berfungsi Hanya Dengan Cara Begini
7. Silahkan anda lepaskan pinsetnya bila memang sudah yakin redmi 5A Riva anda sudah terkoneksi sebagai perangkat Qualcomm HS-USB QDLoader 9008 (Port xxx)

8. Buka MiFlashtool dilayar monitor anda yang sudah anda instal tadi lalu klik pada Select dan arahkan ke folder Xiaomi Redmi 5a Riva tadi yang sudah anda ekstraks sebelumnya.

9. Klik Refresh bila MiFlashtool belum menampilkan staus terhubung dengan perangkat Xiaomi Redmi 5A Riva lalu klik Flash untuk memulai flashing.
Fiq Xiaomi Redmi 5a Riva [MCG3B] Kamera Tidak Berfungsi Hanya Dengan Cara Begini
10. Tunggu beberapa saat hingga selesai. Cabut kabel data USB bila sudah muncul success pada monitor.

11. Done.

Baca juga: Download File Remove Mi Cloud & Frp Google Account Xiaomi Redmi Note 7 Lavender

Sekarang cobalah hidupkan Xiaomi Redmi 5a Riva anda dengan cara tekan pada tombol power seperti biasa, jika tidak dapat menyala silahkan lepas terlebih dahulu konektor baterai Xiaomi Redmi 5a Riva anda lalu hidupkan ulang.

Untuk Xiaomi Redmi 5a Riva setelah di lakukan flashing dengan cara menggunakna metode di atas, ponsel akan menyala cukup lama, jadi silahkan anda bersabar saja.

Nah, jika ponsel Xiaomi Redmi 5a Riva MCG3B anda sudah menyala denga normal selanjutnya silahkan anda ikuti saja semua wizard penyiapan ponsel pertama kalinya.

Jika di minta untuk memasukkan akun Google gmail, anda dapat membuat akun google gmail yang baru jika anda mau. Jika sudah lanjutkan test kamera Xiaomi Redmi 5a Riva anda, saya jamin kamera akan berfungsi dengan baik seperti semula.

Demikian tadi artikel tentang langkah langkah memperbaiki kamera Xiaomi Redmi 5a Riva MCg3B dengan cara downgrade dari MIUI 11 ke MIUI 9 dengan menggunakan Firmware khusus.

Terima kasih dan semoga bermanfaat apa yang sudah saya bagikan pada tutorial kali ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel