Cara Memperbaiki Masalah Printer Canon IP 2770 Error 5B00 Yang Tidak Bisa Masuk Service Mode

Printer Canon Ip 2770 Error 5B00-Printer merupakan sarana yang penting untuk para pekerja kantoran dan juga para pelajar ataupun mahasiswa sekarang ini. Tak jarang kita juga sering kali melihat pada beberapa toko maupun konter hp yang menggunakan alat cetak printer tersebut.

Berbeda dengan beberapa tahun silam yang belum banyak orang mengenal apa itu printer. Mungkin dikarenakan kebutuhannyalah yang mewajibkan untuk kita mencetak maka harus memiliki yang namanya Printer ini.

Menurut saya sendiri printer yang paling sering digunakan adalah printer dengan merk Canon lah yang banyak dan paling laris. Hal tersebut dikarenakan printer Canon relevan dengan harga yang murah.
Canon Ip2770 adalah salah satu tipe printer yang sering saya lihat pada kantor kantor maupun instansi daerah yang memang diperuntukan untuk mencetak hanya beberapa dokumen saja.

Baca juga: Tutorial Cara Mengisi Tinta Printer Epson L3110 Black & Color Yang Benar Untuk Pemula

Berbeda dengan kantor kantor yang hampir tiap hari mengharuskan atau menggunakan printer sebagai pencetak digital diatas 100 lembar. Saya sarankan untuk membeli printer merk lainnya saja.

Printer Canon Rawan Sekali Rusak

Bukanlah sesuatu yang aneh kalau Canon Ip2770 ini sering sekali mengalami yang namanya rusak. Selain harga yang murah, printer Canon Ip2770 ini memang tidak bisa untuk bekerja keras yang harus mencetak ratusan lembar kertas tiap hari.

Kerusakan yang umum terjadi pada printer Canon Ip2770 adalah pada cartridge dan juga pada sensor kertasnya yang sering sekali dipaksa untuk bekerja di luar kemampuan printer Canon itu sendiri.

Mungkin kalau hanya untuk mencetak beberapa lembar saja setiap hari, akan sangat jarang sekali pinter Canon Ip2770 ini mengalami kerusakan meskipun memiliki kapasitas tray 100 lembar.

Canon Ip2770 yang rusak karena masalah Cartridge inilah yang menurut saya paling sangat menjengkelkan sekali. Masalahnya untuk harga 2 Cartridge Canon Ip2770 hitam dan warna ini, nyaris sama dengan harga baru printer canon Ip2770.

Baca juga: Cara Terlengkap Memperbaiki Epson L210, L110, L350 Dan L355 Lampu Indikator Berkedip (Blinking)

Dan apabila kita sudah mengganti cartridge canon Ip2770 yang baru kadang tidak akan berlaku lama. Bila pemakaian yang wajar mungkin agak sedikit lama, namun kalau untuk bekerja secara maksimal biasanya hanya beberapa bulan saja kerusakan yang sama akan terjadi lagi.

Canon Ip2770 Error B500

Error pada printer canon Ip2770 memiliki kode sendiri sendiri memiliki arti, salah satunya adalah yang sedang kita bahas sekarang ini. Error dengan kode B500 ini merupakan kerusakan yang cukup rumit buat saya.

Pasalnya meskipun sudah kita reset menggunakan tool reset untuk canon Ip2770, namun tidak juga mengalami keberhasilan untuk printer canon Ip2770 ini dapat normal lagi.

Itu berlaku untuk printer canon Ip2770 milik saya, mungkin akan berbeda untuk priter canon milik anda yang bisa normal dengan hanya melakukan reset saja. 

Dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara memperbaiki Printer Canon dengan kode Error B500 via Service Mode menggunakan Reseter.

Langkah Langkah:

1. Download tool untuk reset Canon Ip2770 melalui link berikut dibawah ini:
    ►Download Resetter Canon Ip2770

2. Matikan Printer Canon Ip2770 terlebih dahulu jika masih dalam keadaan hidup.

3. Lepaskan dahulu kabel power printer untuk mamaksimalkan bahwa sudah tidak ada arus listrik yang masuk ke Printer kemudian sambungkan lagi.

4. Setelah itu tekan tombol RESUME dan tahan beberapa detik, kemudian tekan tombol power. Sambil menekan tombol POWER, tekan tombol RESUME 5 kali. Led akan menyala bergantian orange hijau dengan nyala terakhir orange.

5. Lepaskan kedua tombol secara bersamaan dan Led akan blinking sebentar kemudian akan menyala Hijau. Dan pada komputer akan mendeteksi adanya hardware baru, abaikan saja.

6. Ekstrak dahulu tool untuk Reset canon Ip2770 diatas tadi menggunakan winrar.

7. Masukkan kertas pada Canon ip2770, kemudian jalankan Resetter canon ip2770 yang telah anda ekstraks tadi.

8. Klik MAIN pada Resetter maka printer akan memproses dan mencetak satu halaman dengan tulisan "D=000.0".
Cara Memperbaiki Masalah Printer Canon IP 2770 Error 5B00 Yang Tidak Bisa Masuk Service Mode
9. Kemudian klik EEPROM Clear dan klik EEPROM, dan printer akan mencetak hasil Resetter Canon Ip2770 . Contoh barisnya adalah sebagai berikut: "TPAGE(TTL=00000 )".
Cara Memperbaiki Masalah Printer Canon IP 2770 Error 5B00 Yang Tidak Bisa Masuk Service Mode
10. Lebih lanjut silahkan anda lihat pada gambar di bawah ini sebagai acuan mereset Canon Ip2770 menggunakan Resetter via Service Mode/Safe Mode.
Cara Memperbaiki Masalah Printer Canon IP 2770 Error 5B00 Yang Tidak Bisa Masuk Service Mode
11. Setelah selesai matikan printer seperti biasa.

12. Done.

Itulah artikel tentang bagaimana cara memperbaiki printer Canon Ip2770 yang mengalami kerusakan dengan kode error B500 dengan menggunakan tool Resetter.

Baca juga: Cara Sharing Printer Pada Windows 7/8/10 Melalui Lan dan Wifi

Mungkin dengan langkah langkah di atas ada yang sudah berhasil dan dapat menggunakan printer canon ip2770 dengan normal kembali. Untuk itu saya ucapkan selamat.

Canon Ip2770 Tidak Bisa Masuk Service Mode

Namun pada printer Canon Ip2770 milik saya ini, dengan menggunakan langkah langkah seperti diatas ternyata masih belum berhasil juga. Karena ternyata pada Canon Ip2770 milik saya ini tidak dapat masuk ke service mode.

Jadi solusi untuk memperbaiki Printer Canon dengan Error kode B500 milik saya adalah dengan cara membongkar printer dan mengganti komponen pada mainboard Canon Ip2770 tersebut.

Canon Ip2770 dengan kode Error B500 ini adalah karena sudah penuhnya kuota pembuangan tinta. Jadi memang harus kita reset dari awal lagi. Akan tetapi untuk melakukan Reset counter pada Canon Ip2770 mewajibkan harus melalui Service Mode.

Sedangkan printer canon ip2770 yang sedang saya hadapi ternyata tidak dapat masuk ke service mode sama sekali. 

Meskipun pada PC/Laptop menampilkan adanya hardware baru yang terhubung, tapi pada Printer tetap saja masih ada blinking yang kalau tidak salah waktu itu ngeblink sekitar 5x.

Sedangkan untuk Pinter canon ip2770 yang normal pada Service mode adalah menunjukkan tidak ada blinking sama sekali. Jadi ketika kita lakukan reset dengan menggunakan Tool Resetter, maka printer akan langsung melakukan cetak sesuai perintah tool resetter.

Dan pada Printer Canon Ip2770 yang tidak dapat masuk ke Service Mode maka tool resetter akan ngehang alias tidak dapat di jalankan sama sekali.

Oke langsung saja untuk memperbaiki Masalah Printer Canon Ip2770 Error B500 yang tidak dapat masuk ke Service Mode dengan menggunakan tool Resetter adalah sebagai berikut ini.

Langkah Langkah:

1. Bongkar kasing printer menggunakan Obeng dengan hati hati sampai terlihat mainboardnya lalu lepas dari dudukannya.

2. Cari Resistor R301 atau agar lebih mudah dapat anda lihat pada gambar berikut ini:
Cara Memperbaiki Masalah Printer Canon IP 2770 Error 5B00 Yang Tidak Bisa Masuk Service Mode
3. Silahkan anda ganti dengan yang baru atau dengan yang bekas juga bisa yang penting memiliki nilai xx2.

4. Dalam kasus ini yaitu Printer Canon Ip2770 tidak dapat masuk ke Service mode atau Safe mode pada printer milik saya ternyata berhasil masuk ke Safe mode dan dapat direset dengan sangat mudah dengan cara mengganti Resistor tersebut.

5. Done.

Perlu saya tekankan bahwa kerusakan dengan kode error B500 pada Printer Canon Ip2770 permasalahannya bukan hanya pada komponen Mainboardnya. 

Baca juga: Cara Mengisi Tinta Printer Canon Yang Benar

Seperti Resistor ataupun ic counternya yang mempunyai kaki 8, namun juga dapat terjadi pada komponen lain selain pada Mainboard.

Jadi untuk analisa yang lebih maksimal, periksalah printer dengan seksama. Namun yang pasti bongkar printer agar lebih tepat dalam manganalisa kerusakan printer yang menyebabkan Canon Ip2770 tidak dapat direset dengan tool resetter.

Apabila didalam komponen Printer ternyata tidak ada yang mengganjal sama sekali barulah kita ambil kesimpulan bahwa kerusakkan printer Canon Ip2770 dengan kode error B500 dapat saja terjadi karena kerusakan pada komponen Mainboardnya.

Demikian tadi artikel yang mungkin saja dapat bermanfaat buat anda semua, semoga berhasil dan terima kasih untuk yang sudah berkunjung ke sini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel