Cara Terlengkap Memperbaiki Epson L210, L110, L350 Dan L355 Lampu Indikator Berkedip (Blinking)

Cara Terlengkap Memperbaiki Epson L210, L110, L350 Dan L355 Lampu Indikator Berkedip (Blinking)


Sebagai pengguna yang selalu aktif menggunakan komputer, pasti akan dihadapkan dengan berbagai masalah dengan komputasi. Salah satunya adalah dengan Printer, perangkat yang juga harus ada dimeja komputer kita. 

Masalah yang sering terjadi pada printer pada umumnya adalah error dengan ditandai adanya kode error itu sendiri ketika sedang melakukan aktivitas ngeprint file dokumen. Seperti  milik sebuah instansi didaerah saya yang mengalami kerusakan pada mesin cetaknya. 

Printer Epson L210, itu adalah nama dari merk Perusahaan elektronik terkenal didunia yang sudah lama hadir dikancah bisnis Elektronika. Dengan produk produk hasil buatannya Epson mampu menduduki tingkat atas didunia elektronik dengan produk printernya yang sangat bagus dan diminati banyak orang. 

Kualitas printer Epson memang lah bagus dan saya sendiri menganjurkan untuk anda yang ingin memiliki perangkat printer dirumah atau kantor anda, sebaiknya menggunakan printer Epson. Tidak masalah dengan harganya yang cukup tinggi dibandingkan dengan printer merk lainnya namun kerap mengalami kerusakan pada Cartridenya. 

Untuk harga Cartride printer merk lain sendiri bukanlah harga yang murah buat saya, berbeda dengan printer Epson bila mengalami kerusakan pada Cartride harganyapun cukup murah dibandingkan dengan printer merk lain tersebut. Dan itu jarang sekali terjadi pada printer Epson yang mengalami kerusakan pada Cartride, hampir tidak pernah saya jumpai malah akhir akhir ini.

Epson L210


Salah satu printer yang sering saya jumpai adalah Printer Epson L210 yang memang mempunyai banyak keunggulan yang tidak jauh berbeda dengan printer Epson lainnya. 


Dengan adanya Scanner kita dapat menscan dokumen atau foto yang kita inginkan lalu kita dapat kita simpan kedalam drive PC kita. Selain fungsi dari untuk scanner, dapat juga kita gunakan untuk pengCopyan file dokumen. 

Printer Epson L210 ini juga sudah terpasang infus langsung dari pabrik, jadi akan lebih nyaman menggunakannya. Untuk harga yang ditawarkan perangkat ini tidaklah mahal mengingat kualitas dan fitur yang ada pada printer Epson ini. Dengan kata lain bahwa printer Epson L210 lebih murah biaya perawatannya dibandingkan dengan printer merk lain. 

Indikator berkedip pada Epson L210


Kerusakan yang umum yang kerap terjadi pada sebuah perangkat printer adalah sudah maksimalnya target untuk Print yang dihasilkan pada mesin printer. Kerusakan seperti ini akan ditandai dengan berkedipnya lampu Led pada Epson L210. 


Ada 2 Jenis Blinking pada Printer yang pertama adalah Blinking General atau Blinking yang disebabkan karena Printer mendeteksi adanya kerusakan yang terjadi pada Sparepart Printer, dan yang kedua adalah Blinking Non General yang disebabkan karena memang pada dasarnya meskipun tidak Rusak, Printer akan tetap menunjukkan blinking dengan ditandai status pada monitor yang akan kita hadapi. 

Kedua Status blinking tersebut yang terdapat pada layar monitor yaitu "It's nearly time to reset ink levels, dan A printer's ink pad is at the end of its service life. Please contact Epson Support. Please contact Epson Support"

Kedua Jenis Blink tersebutlah yang paling sering muncul  ketika kita Menggunakan Epson L210 dan biasanya jika blink tersebut muncul, maka seketika itu juga Peringatan pada Status monitor menunjukkan jenis error blink yang kita hadapi.

Untuk mengatasi hal tersebut sangatlah mudah, kita hanya perlu mereset saja printer Epson L210 ini untuk mengembalikan posisinya ke 0 lagi. Kasus ini bukanlah kasus kerusakan yang fatal melainkan kasus yang umum atau biasa pada sebuah printer. 

Jadi tentu saja hal ini juga pasti akan terjadi pada Printer Epson L210 ini. Untuk cara mengatasinya pun tidaklah sulit, yang penting kenali dulu status monitor printer pada layar PC anda. 

Disini akan saya bahas bagaimana cara memperbaikinya secara manual ataupun menggunakan sebuah software resetter untuk mengosongkan kembali data dari IC Eeprom pada board printer Epson L210.
 

Cara Reset Epson L210,  L110, L350 Dan L355 Secara Manual

Bagaimana cara reset secara manual Printer Epson L210 bukanlah perkara yang sulit jika kita mau mempraktekannya, toh ini juga tidak akan merusak Printer Epson L210 milik anda. Selain tidak keluar duit  untuk bayar service Printer, tentu anda akan lebih hemat dan juga bertambah lagi ilmu yang anda dapatkan. 

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi untuk cara reset manual ini sebelumnya anda lihat dulu status monitor pada Layar PC anda. Bila status monitor yang anda dapatkan menunjukkan "It's nearly time to reset ink levels" berarti cara memperbaikinya dapat dilakukan secara manual. 

It's nearly time to reset ink levels
Gambar diatas menunjukan bahwa error yang terjadi adalah "It's nearly time to reset ink levels" untuk memperbaiki error tersebut lakukan trik dibawah ini :
  1. Matikan printer dan lepas kabelnya sampai kurang lebih 5 menit
  2. Setelah itu hidupkan printer, jika masih mengalami error anda bisa melakukan ke tahap selanjutnya
  3. Tahan atau tekan tombol resume dengan jari telunjuk tahan selama 5 detik kemudian lepaskan
  4. Tekan lagi, tahan selama 3 detik dan tekan dengan cepat (Pastikan saat menekan tombol jangan sampai ada jeda)
  5. Selanjutnya printer melakukan reset secara manual dan biarkan tunggu sampai proses selesai
  6. Lakukan uji coba dengan print test atau cetak dokumen
Status "A printer's ink pad is at the end of its service life. Please contact Epson Support"

Pada Status monitor yang kedua yakni "A printer's ink pad is at the end of its service life. Please contact Epson Support" kalimat tersebut kalau di terjemahkan dalam bahasa indonesia kira-kira makna peringatan tersebut seperti ini: Ink Pad pada printer telah melampaui masa servis, silahkan kontak epson support. 

Hal ini terjadi karena sistem pada printer menganggap bahwa Ink Pad penuh. Ink Pad merupakan busa yang ada di bagian bawah printer yang berfungsi menampung tinta pembuangan. 

Produsen printer epson memang sengaja menambahkan fasilitas peringatan tersebut supaya jika ink pad sudah penuh, maka tinta tidak meluber dan membuat rangkaian elektronik konslet.

A printer's ink pad is at the end of its service life. Please contact Epson Support

Contoh gambar diatas dengan status monitor yang error pada ink Pad yang menandakan busa pembuangan tinta pada printer epson sudah hampir penuh. Untuk mengatasi error tersebut, maka kita harus mereset Waste Ink Pad Counter dengan program resetter. 


Apabila anda sudah mengatasinya dengan software resetter yang akan saya bahas dibawah ini, namun tidak juga membuahkan hasil yang maksimal, berarti memang sudah layaknya anda mengganti busa tempat pembuangan sisa tinta hasil cetak tersebut. 

Anda bisa mendapatkan busa pembuangan tinta dengan membelinya pada Toko sparepart printer ataupun via Online yang sekarang sudah banyak yang menyediakan di beberapa Online Shop terkemuka di Indonesia.

Baca artikel terkait:
Untuk cara memperbaiki error tersebut menggunakan software resetter silahkan anda ikuti tutorial cara memperbaiki epson yang blinking bergantian merah/orange dengan status monitor seperti pada gambar diatas, simak tipsnya dibawah ini.

Cara Reset Epson L210 Menggunakan Software

Untuk Software resetter ini dapat anda gunakan juga untuk Printer Epson dengan tipe lain diantaranya tipe Epson L110, L350 dan L355. Sekarang kita mulai saja bagaimana menggunakan Software tersebut untuk mereset printer Epson L210, L110, L350 dan L355


Namun disini saya hanya mencontohkan pada printer Epson L210 saja, karena yang pada saat ini yang hendak saya service adalah printer dengan tipe L210. Selain itu pada dasarnya sama saja bila anda ingin mempraktekan software ini pada contoh printer yang sudah saya sebutkan diatas tadi. 

Bagaimana menggunakan software resetter  AdjProg V .1.0.0 tersebut silahkan anda simak baik baik dengan teliti agar printer Epson L210, L110, L350 dan L355 milik anda dapat digunakan seperti sedia kala. 

Sebelumnya anda download dulu software resetter AdjProg V. 1.0.0 ini melalui link yang sudah saya sediakan untuk anda dibawah ini. Petunjuk cara reset printer Epson L210 :

1. Pastikan driver printer sudah terinstal di komputer anda, nyalakan printer, hubungkan kabel USB ke printer anda.


2. Download resetter epson L210, L210, L350 dan L355 di sini>Download Resetter.


3. Download dan jalankan software resetter Adjprogcracked.exe, matikan program antivirus anda terlebih dahulu karena resetter ini terdeteksi sebagai virus. Lakukan langkah-langkah sebagai berikut :


AdjProg V .1.0.0 1

4. Pilih type printer dengan cara klik tombol Select.



AdjProg V .1.0.0 2


5. Tentukan tipe printer epson yang akan anda reset lalu pada Port biarkan secara Auto selection dan klik OK


AdjProg V .1.0.0 3



6. Selanjutnya klik pada Particular adjustment mode


AdjProg V .1.0.0 4


7. Pilih Waste ink pad counter dengan cara klik 2 kali pada mouse untuk menuju langkah selanjutnya


AdjProg V .1.0.0 5

8. Klik pada Check lalu centang pada Main pad counter dan klik pada box Initialization kemudian klik Finish

AdjProg V .1.0.0 6


9. Silahkan matikan printer anda dengan menekan tombol powernya lalu klik OK

Sekarang lihat apakah printer Epson L210 masih berkedip lampu indikatornya? Bila tidak, saya ucapkan selamat printer Epson L210 anda sudah dapat digunakan kembali dengan normal dan cobalah untuk mencetak beberapa dokumen dulu untuk memastikan apakah sudah normal atau belum. 

Untuk beberapa kasus diatas apa bila tidak berhasil menggunakan software resetter cobalah untuk membongkar printer epson L210 milik anda dan coba periksa apakah memang ada benda atau terdapat tinta yang belepotan sana sini pada komponen printer epson L210 didalamnya.

Tips merawat printer

Sekedar untuk berbagi saja bahwa bukan hanya mobil atau motor saja yang perlu kita rawat, sama juga halnya dengan barang lainnya sebuah printer juga perlu perawatan agar terhindar dari kerusakan kerusakan yang sering terjadi pada printer. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan anda ikuti tips tips dari saya:


1. Matikan printer bila sudah tidak digunakan dan cabut kabel power printer dari listrik agar komponen printer tidak cepat rusak terutama pada Board mesin printer. Karena setiap komponen luar printer selalu terhubung dengan Power supply(sumber tenaga listrik).

TIPS DAN TRIK EPSON L210


2. Gunakan fungsi tutup buka jalur tinta pada infuse Epson L210

saat anda tidak sedang menggunakannya agar tinta yang keluar dapat selalu stabil dan juga untuk menjaga filter pembuangan dari banjirnya tinta. Selain itu tinta yang belepotan didalam komponen printer juga pasti akan mengakibatkan kerusakan pada komponen printer. 

3. Rutin membersihkan debu secara berkala, anda dapat menggunakan kuas atau bahan lainnya untuk membersihkan kotoran dari debu yang melekat pada printer Epson L210. Debu yang masuk kedalam printer juga dapat menyebabkan kerusakan printer yang umumnya terjadi adalah tersumbatnya Sensor kertas karena erhalang oleh debu. Kerusakan pada sensor kertas penyebabnya adalah tidak dapat masuknya kertas yang ditandai dengan kode error pada printer. Bersihkan secara berkala atau bila perlu buat jadwal sebulan sekali untuk membersihkan printer.

4. Bila printer jarang sekali digunakan, jangan berharap bahwa printer anda tidak akan mengalami kerusakan. Contoh kasus bila anda tidak pernah mengoperasikan printer anda adalah, terjadinya penyumbatan pada head cartride tempat keluarnya tinta yang disebabkan oleh tinta yang kering karena jarang sekali dipakai. Kecuali bila memang printer epson anda belum terisi tinta sama sekali pada tank infusnya.


Itulah tadi kiranya yang dapat saya sampaikan kali ini mengenai artikel yang berjudul cara memperbaiki Epson L210 lampu indicator berkedip atau cara reset Epson L210. 


Agar tidak mengalami kerusakan kerusakan lain yang fatal saya himbau agar anda juga melakukan tips yang sudah saya tulis untuk anda untuk menjaga keawetan perangkat printer anda. 

Terima kasih buat yang sudah mengunjungi blog ini dan semoga apa yang sudah saya tulis disini dapat berguna untuk para pembaca sekalian.