Cara Mengisi Tinta Printer Canon Yang Benar


Catridge

Dalam dunia komputerisasi, Printer merupakan sarana penting untuk mencetak sebuah dokumen ataupun file yang kita butuhkan. Printer adalah sebuah perangkat yang mampu mencetak ataupun mengcopy file atau gambar dengan kertas, bisa itu kertas foto ataupun folio. Perangkat printer yang kita ketahui ada beberapa jenis yang antara lain terbagi menjadi :
  • Printer dot matrix
  • Printer ink jet
  • Printer laser jet
Hasil cetakan yang bergaris atau putus-putus merupakan tanda bahwa printer anda sudah waktunya untuk Refill atau isi ulang tinta pada cartridge printer. 

Prosedur pengisian tinta yang benar akan saya kupas di sini jadi mohon perhatikan dengan seksama agar tidak salah dalam melakukan pengisian dan memperoleh hasil cetakan yang bagus.


Pilih Tinta yang bagus agar tidak merusak printer

Jangan sembarangan dalam memilih tinta untuk perangkat printer kita,di samping hasil cetakan yang kurang sempurna juga akan cepat merusak printer tersebut. Ini sudah saya bandingkan dari beberapa printer yang sudah pernah saya service. 

Tinta merupakan salah satu  penyebab utama terhadap masalah Head yang mampet, putus - putus bahkan bisa sampai merusak Head Printer anda jika anda memakai tinta yang tidak sesuai dengan printer anda.

Pada dasarnya tinta yang baik adalah tinta yang tidak terlalu kental juga tinta yang tidak terlalu encer, tinta yang sangat kental bisa beresiko menyumbat Nozzle pada Head sehingga tinta tidak bisa keluar dengan sempurna.

Bila menggunakan tinta yang terlalu encer juga mengakibatkan printer berlumuran tinta, apa jadinya bila kita mendapati printer kita banyak berlumuran tinta??

Logikanya adalah, tinta itu di buat dari bahan dasar air. Anda bisa menerka sendiri apabila sebuah komponen utama mesin di dalam printer tersebut berlumuran tinta. Tentu saja hal ini dapat menyebabkan korsleting pada komponen printer.
Baca Daftar harga printer Canon terbaru di sini
Baca Daftra harga printer epson terbaru di sini
Rekomondasi Tinta

Masing-masing cartridge sudah di desain dengan spesifikasi dan presisi yang tepat dan tentunya harus mendapatkan asupan tinta yang tepat juga. Dari beberapa teknisi khusus printer yang sudah handal mereka telah mencoba beberapa jenis atau merk tinta tersebut. Tinta refill Blue Print.

Menurut klaim para teknisi, tinta ini kandungan airnya lebih sedikit dibanding merk lainnya seperti E-Print dan Euro. Dengan menggunakan tinta ini, maka umur kartridge akan lebih tahan lama. Sedangkan untuk printer Epson Brother ada juga yang menganjurkan menggunakan tinta refill Raibow.

Kembali ke soal Bagaimana cara mengisi tinta printer canon yang benar.. Saya asumsikan bahwa anda telah mempunyai tinta yang saya sebutkan di atas. Mari kita lanjut!


Cara Mengisi Tinta Pada Cartridge

1. Jika Cartridge masih dalam keadaan tersegel atau belum pernah sama sekali anda isi tinta, pertama-tama anda harus memberi lubang terlebih dahulu, tapi yang perlu anda perhatikan sebaiknya jangan membuat lubang yang terlalu besar atau luas, yang penting ujung jarum tinta suntik sudah bisa masuk kedalam.

 

2. Setelah lubang berhasil anda buat silahkan masukkan tinta menggunakan suntik kurang lebih sekitar 5 ml, suntik kan tinta sampai habis, perhatikan gambar berikut

 

3. Untuk cartridge warna prosesnya tidak jauh berbeda dengan beberapa langkah di atas, yang membedakan hanyalah banyaknya tinta yang anda isi. 

4. Cartridge ini mempunyai 3 jenis warna yaitu : Cyan (biru), Magenta (Merah), Yellow (Kuning). Cyan letaknya berada di sebelah kiri, Magenta berada pada bagian tengah atas dan Yellow Berada pada bagian kanan.

5. 
Silakan anda isi dengan tinta sesuai dengan warna yang tertera, dengan takaran masing - masing 2 - 3 ml 

6. Ambil tissue lalu lakukan pengecekan dengan cara menempelkan tissu tersebut tepat pada bagian Nozzle Head


7. Bila cartridge sudah terisi dengan cukup, masukkan kembali cartridge pada posisi semula.
8. Langkah selanjutntya masuk ke Device and Printers lalu klik kanan pada printer canon yang digunakanan saat ini pilih Printer preferences contoh gambar di bawah saya menggunakan Canon ip MP237 :

9. Kemudian lakukan Cleaning pada printer anda untuk memaksimalkan pengisian tinta tersebut. 

10. Tes printer untuk mengetahui apakah hasil cetakan sudah sesuai dengan yang kita inginkan dengan mencetak sebuah dokumen atau melalui perintah Print Test Page.

11. Bila hasil cetakan anda sudah benar berarti anda sudah dapat mengisi tinta dengan baik dan benar. 

12. Lakukan langkah langkah ini pada saat anda mengisi tinta pada printer canon anda.

#Baca juga: 
Cara Sharing Printer Pada Windows 7/8/10#

Demikian tips yang sudah saya berikan kepada anda semoga dapat membantu pekerjaan anda dalam melakukan tugas atau setidaknya meringankan pekerjaan kita.

2 Responses to "Cara Mengisi Tinta Printer Canon Yang Benar"

  1. artikelnya menarik
    jangan lupa kunjungan balik ya gan
    http://widbell.blogspot.co.id/

    ReplyDelete