Tutorial Cara Menambahkan Situs Url|Artikel Ke Webmaster Terbaru Agar Terindeks Di Google

Tutorial Cara Menambahkan Situs Url|Artikel Ke Webmaster Terbaru Agar Terindeks Di Google-Adsense blog sekarang ini bukan lagi sesuatu yang aneh atau asing khususnya ditahun 2019 sekarang. Bisa dibilang perkembangan dunia online Indonesia semakin berkembang pesat bila dibandingkan dengan tahun kemarin.

Maka dari itu tidak heran bila pihak Google semakin kesini semakin ketat sekali peraturan dan kebijakan yang dibuat olehnya. Jadi sudah dapat dipastikan akan semakin menguras otak juga untuk para blogger pemula seperti saya supaya blog dapat terus berkembang.

Disamping itu pula persaingan juga semakin banyak, apabila para publisher tidak jitu dalam membuat artikel, tak jarang pula blog akan semakin sepi. Mungkin dulu kita masih bisa share artikel ke Google+ setelah selesai memposting beberapa artikel, namun hal tersebut sudah tidak bisa kita lakukan lagi karena dari pihak google sendiri sudah meniadakan Google+.
Setelah tempo beberapa bulan disusul oleh bergantinya Webmaster lama yang mana menu Fetc as Google juga benar benar ditiadakan. Lalu bagaimanakah caranya postingan baru kita dapat ditelusuri oleh mesin pencarian google dengan Webmaster yang baru?

Memasukkan Artikel baru Ke Webmaster Baru

Kata kunci add url google, atau add site, sudah tidak berfungsi lagi. Padahal cara tersebut sangat memudahkan pengerjaan saya dalam melakukan submit url, yang tak lain bertujuan agar robotnya Google mau merayapi halaman dari website saya dan cepat muncul di hasil pencarian search engine Google.

Dengan itulah cara untuk mendapatkan artikel Anda terindeks oleh mesin pencari Google. Ada cara lain yang lebih mudah dan cepat untuk indek artikel Google, dan cara ini merupakan cara yang harus Anda terapkan dibanding cara lama.

Langkah Langkah:

1.Klik pada Use new Search Console atau Go to new Search Console untuk masuk ke Webmaster baru dengan fitur fitur yang terbaru juga.
Tutorial Cara Menambahkan Situs Url|Artikel Ke Webmaster Terbaru Agar Terindeks Di Google
2. Pada tool Webmaster baru kita tidak akan mendapati yang namanya Fetch as Google yang mana menu tersebut dapat kita manfaatkan untuk memasukkan sebuah artikel baru agar artikel dapat dengan cepat terindeks oleh Google. Sebagai gantinya anda klik pada menu Inspeksi URL. Maka akan tampil kotak pencarian untuk kita memasukkan alamat situs Url/artikel baru.
Tutorial Cara Menambahkan Situs Url|Artikel Ke Webmaster Terbaru Agar Terindeks Di Google
3. Kalau dulu kita hanya memasukkan bait terakhir setelah nama situs, Contoh "/2019/03/download-dan-cara-instal-aplikasi.html". Sekarang ini kita wajib mengcopy semua alamat Url beserta artikel yang baru kita buat sebelumnya setelah kita posting.

4. Selanjutnya pada kolom tersebut copy dan pastekan artikel yang akan anda submit ke kolom Inspeksi Url seperti  yang tertera pada gambar lalu tekan enter pada Keyboard.
Tutorial Cara Menambahkan Situs Url|Artikel Ke Webmaster Terbaru Agar Terindeks Di Google

















5. Biarkan Google merayapi URL Anda sampai menunjukkan hasil, jika artikel anda belum terindeks oleh Google maka status akan menunjukkan "URL is not on Google", dan jika sudah terindeks maka Google akan memberikan status "URL is on Google". Selanjutnya, klik tulisan "REQUEST INDEXING".
Tutorial Cara Menambahkan Situs Url|Artikel Ke Webmaster Terbaru Agar Terindeks Di Google
6. Anda juga bisa melakukan cara tersebut pada artikel lama yang sudah terindeks jika anda melakukan perubahan pada isi konten anda untuk meminta Google memperbarui halaman artikel baru anda.

7. Proses pengindeksan Google biasanya akan berlangsung sekitar sehari dan bahkan bisa lebih cepat. Tapi dengan cara ini artikel anda akan jauh lebih cepat diindeks dan muncul di mesin pencari dari pada menunggu Google secara otomatis mengindeks artikel anda.

8. Done.

Baca juga: Tutorial Lengkap Cara Membuat Blog Sendiri Di Hp Android Dengan Mudah Lengkap Dengan Gambar

Selanjutnya untuk mengecek apakah artikel baru anda sudah terindeks oleh mesin pencari Google adalah dengan cara copy URL artikel anda dan ketikkan Site: di kolom mesin pencarian Google dan letakkan URL artikel setelah tanda titik dua dan tekan enter. 

Jika artike Anda sudah terindeks oleh Google maka Google akan memunculkannya, tetapi jika belum maka artikel snipet anda tidak akan muncul. Dibawah ini contoh artikel yang sudah terindeks:
Tutorial Cara Menambahkan Situs Url|Artikel Ke Webmaster Terbaru Agar Terindeks Di Google


Contoh gambar diatas saya test ketika sudah beberapa hari telah saya indeks ke Google Webmaster terbaru. Sebab seperti yang sudah Google sebutkan pada saat ketika kita submit artikel baru, kita akan diberitahukan bahwa artikel tidak akan dapat langsung terindek karena masih dalam antrian crawl Google.

Demikian tadi artikel tentang Tutorial Cara Menambahkan Situs Url|Artikel Ke Webmaster Terbaru Agar Terindeks Di Google yang dapat saya tulis pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat.