Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan DownloadTool Dan Firmware Terbaru

Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan DownloadTool Dan Firmware Terbaru
Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan DownloadTool Dan Firmware Terbaru-Salam sukses selalu buat para pembaca sekalian dan terkhusus buat yang sedang mencari cara sebuah tutorial tentang bagaimana cara menginstal ulang smartphone Oppo F7 CPH1819. Alhamdulillah pada kesempatan kali ini, saya kembali dapat memposting sebuah tutorial yang sedang anda baca sekarang ini.

Smartphone Oppo F7 CPH1819 ini merupakan jenis ponsel pintar yang masih tergolong baru kemarin hari. Dengan spesifikasi yang mumpuni tak heran bila penjualan smartphone Oppo F7 CPH1819  didaerah saya ini cukup lumayan laris manis meskipun. 

Pesaing dari smartphone Oppo sendiri adalah Xiaomi yaitu ponsel sejuta umat yang masih satu rumpun dari kebangsaan cina. Meskipun penjualannya masih kalah dari smartphone Xiaomi akan tetapi smartphone dengan merk Oppo ini tidak kalah elegan bila dilihat pada tampilan dan desain yang ada pada smartphone Oppo F7 ini.

Namun kali ini saya tidak perlu berpanjang lebar menulis tentang informasi seputar smartphone Oppo dan juga smartphone Xiaomi, yang dikarenakan pada artikel Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan MsmsDownloadTool Dan Firmware Terbaru ini akan sangat banyak memakan waktu untuk menulis.

Jadi secara singkat akan saya langsungkan saja tutorial tentang bagaimana cara mengeFlash smartphone Oppo F7 CPH1819 dengan menggunan aplikasi DownloadTool terbaru yang akan saya bagikan link unduhannya nanti pada tutorial dibawah.

Tutorial flash Oppo F7 CPH1819 Menggunakan DownloadTool 

Untuk cara menggunakan aplikasi DownloadTool ini juga sudah pernah saya bahas diBlog Bekha Tekno ini sebelumnya pada artikel cara flash Oppo F3 dan juga cara flash Oppo A37f. Yang mana pada saat melakukan flashing smartphone Oppo A37f dan juga Oppo F3 kadang ada saja masalah yang terjadi pada saat proses flashing dengan DownloadTool.

#Baca artikel: Cara Memperbaiki Kesalahan Pada Saat Flashing Oppo A37 Dan Oppo F3#

Sama juga dengan pada saat hendak melakukan flashing pada smartphone Oppo F7 ini, yaitu ketika admin membuka aplikasi DownloadTool Oppo terbaru muncul sebuah pesan "CmDongle runtime system is not installed!". Meskipun dengan cara klik kanan kemudian Run as administrator tetap saja tidak mau terbuka meskipun sudah terinstal driver PDAnet.

Namun setelah googling dengan pencarian diGoogle "Gagal Membuka MsmDownloadTool Oppo F7" barulah saya mendapatkan solusi untuk mengatasi masalah tidak bisa dibukanya DownloadTool versi terbaru pada saat hendak menginstal ulang smartphone Oppo F7 CPH1819.

Masalah Error Pada Saat Membuka MsmDownloadTool Oppo Terbaru

Masalah error yang muncul pada saat membuka aplikasi DownloadTool terbaru ketika hendak mem-Flash smartphone Oppo F5 CPH1819 dengan pesan "CmDongle runtime system is not installed!" adalah dikarenakan pada PC/Laptop kita belum terinstal Cerificate Codementer.
Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan DownloadTool Dan Firmware Terbaru
Jadi meskipun kita sudah menginstal driver pendukung PDAnet tetap tidak akan dapat kita buka sama sekali dan tetap akan muncul pesan error dari DownloadTool tersebut. Kemudian setelah saya menginstal tool yang bernama CodeMeterRuntime, maka masalah itupun kelar sudah. Selanjutnya untuk tahap flashing Oppo F7 CPH1819 milik user pun membuahkan hasil yang menggembirakan.

Untuk dapat menginstal tool CodeMeterRuntime pada PC/Laptop dapat anda download nanti pada tutorial cara flashing Oppo F7 CPH1819 yang sudah admin jadikan satu paket dengan aplikasi DownloadTool agar lebih simple dan juga menghemat kuota internet saya sendiri. 

Atau anda juga dapat mendownloadnya langsung melalui link resmi dari CodeMeterRuntime itu sendiri. Klik Disini: >Download CodeMeterRuntime<

Pada link resmi CodeMeterRuntime tadi silahkan anda pilih tool CodeMeterRuntime yang paling baru. Dan untuk cara instalasinya sama saja dengan kita menginstal sebuah driver ataupun aplikasi pada umumnya.

Ikuti saja setiap wizard antar muka pada saat proses penginstalan tool CodeMeterRuntime berlangsung hingga selesai.

Hard Reset Oppo F7 CPH1819 

Setelah anda selesai menginstal tool pendukung untuk MSMDonwloadTool Oppo terbaru tadi, sekarang kita mulai saja tutorial tentang bagaimana cara flashing smartphone Oppo F7 CPH1819 pada artikel kali ini. 

Namun ada baiknya sebelum anda melakukan flashing Oppo F7 CPH1918 milik anda lebih baik cobalah dahulu untuk melakukan hard reset Oppo F7 CPH1918. Lakukan Wipe data dan Wipe chace pada mode ColorOS Recovery Oppo F7 CPH1918 dengan cara sebagai berikut ini:

1. Masuk ke Recovery Mode (ColorOS Recovery) dengan cara tekan tombol Volume Down + Power secara bersamaan, tahan sampai ponsel bergetar dan muncul logo Oppo di layar kemudian lepaskan.

2. Pilih bahasa yang akan digunakan di recovery mode. Dalam hal ini silahkan pilih English.

3. Pilih Wipe data untuk melakukan reset, kemudian konfirmasi pilihan dengan menekan tombol power.

4. Jika proses wiping sudah selesai, maka Anda akan kembali ke menu ColorOs Recovery, pilih Reboot.

5. Tunggu hingga smartphone Oppo F7 CPH1819 anda selesai booting. Setelah hidup silahkan anda setting smartphone Oppo F7 CPH1918 sesuai dengan bahasa yang anda inginkan untuk memulai starUp.

6. Done.

Bila ponsel smartphone Oppo F7 CPH1819 anda sudah berhasil normal dari sebelumnya yang mengalami sistem crash ataupun bootloop, maka untuk melakukan metode flashing lebih baik diabaikan saja. 

Namun apabila smartphone Oppo F7 CPH1819 anda masih bermasalah dengan penyakit yang Oppo F7 CPH1819 anda alami, silahkan lanjut ke tahap berikutnya.

Flash Oppo F7 CPH1819 Menggunakan MSMDownloadTool Terbaru

Penyebab dari smartphone Oppo F7 CPH1819 yang hendak kita flashing ini tentu terjadi masalah yang serius. Misalkan saja Oppo F7 CPH1819 milik user saya kemarin hari dikarenakan ponsel tidak bisa masuk ke tampilan menu ColorOS yang tanpa sebab sama sekali.

Menurut saya itu hal yang lumrah untuk smartphone dari produsen tirai bambu yang paling sering mengalami masalah kerusakan utama pada software. Berbeda jauh dengan ponsel android dengan merk Samsung atau iPhone yang jarang mengalami kerusakan pada sistem androidnya kecuali telah dioprek oleh penggunanya sendiri.

#Baca juga:Tutorial Terbaru Flash Oppo F5 CPH1732 4Gb-32Gb Via Flashtool Sampai Sukses!
#

Sebelumnya persiapkan dahulu beberapa bahan dan alat sebagai sarana dan prosedur utama untuk flashing Oppo F7 CPH1819 tersebut agar berhasil dengan baik. Saran saya simak baik baik dan cermati step by step tutorial flashing Oppo F7 CPH1819 karena buat saya pribadi memang cukup ribet.

Disamping itu proses download firmware untuk Oppo F7 CPH1819 tersebut juga lumayan cukup besar dibandingkan dengan firmware smartphone android lainnya yang hanya memiliki ukuran file 1,3GB saja. Namun untuk firmware smartphone android Oppo F7 CPH1819 ini memiliki ukuran file yakni sebesar 3GBan lebih, hampir sama dengan file OS. Windows atau Game PC .

Bahan bahan:
  • Perangkat PC/Laptop 
  • Sebuah kabel USB data android
  • Download Driver untuk Oppo F7 CPH1819 >Download driver<
  • MsmDownloadTool terbaru dan CodeMeterRuntime beserta file pendukungnya juga >Download tool<
Langkah langkah:

1. Ekstrak dahulu semua driver untuk Oppo F7 CPH1819 dan juga tool pendukungnya menggunakan aplikasi Winrar atau Winzip. >Download Winrar<>Download Winzip<. 

2. Kemudian ekstrak juga file firmware untuk Oppo F7 CPH1819 dan jadikan satu folder bersama dengan file MsmDownloadTool beserta file pendukungnya tadi.

3. Instal driver Oppo terlebih dahulu sampai selesai dilanjutkan dengan menginstal driver PDAnet.

3. Selanjutnya bila anda belum menginstal tool CodeMeterRuntime, saatnya sekarang untuk menginstal aplikasi tersebut sampai selesai.

4. Setelah CodeMeterRuntime sudah anda instal, masukkan License WIBU CM remote update file (.WibuCmRaU) yang ada didalam folder DownloadTool_v172831 dengan cara klik double pada file license. Atau melalui ikon CodeMeter Control Center yang berada ditaskbar kanan bawah, kemudian pilih File/Import License dan arahkan ke file License WIBU CM remote.
Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan DownloadTool Dan Firmware Terbaru
5. Langkah selanjutnya adalah eksekusi file Enable.exe kemudian pada aplikasi tersebut klik Enable seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan DownloadTool Dan Firmware Terbaru
6. Bila sudah berjalan dengan sempurna silahkan anda buka aplikasi MsmDownloadTool terbaru yang tadi anda downlod bersama dengan CodeMeterRuntime.exe tadi dengan cara klik kanan pada mouse lalu pilih Run as administrator.
Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan DownloadTool Dan Firmware Terbaru
7. Pada tahap selanjutnya ambil smartphone Oppo F7 CPH1819 anda yang dalam keadaan mati dan sambungkan kabel USB data yang tadi sudah anda persiapkan dari Oppo F7 ke PC/Laptop sembari menekan tombol Volume atas dan Volume bawah.

8. Bila anda ingin memformat semua sistem dan data Oppo F7 CPH1819 dengan memilih menu Format download, maka masukkan kode password yang berada pada file .txt didalam folder DownloadTool_v172831 tadi.

9. Pada studi flashing smartphone Oppo F7 CPH1819 yang saya lakukan hanya Upgrade download saja karena user masih hafal dengan password dan akun googlenya. 

10. Klik Star All pada aplikasi MsmDownloadTool terbarunya untuk memulai flash pada Oppo F7 tersebut dan tunggu hingga selesai. 
Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan DownloadTool Dan Firmware Terbaru
11. Proses flashing berjalan sekitar 7 menitan, namun spesifikasi PC/Laptop yang anda gunakan juga menjadi faktor penentu cepat lambatnya CPU anda bekerja.
Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan DownloadTool Dan Firmware Terbaru
12. Flashing berakhir apabila PC/Laptop yang sedang anda gunakan mendeteksi adanya perangkat baru yang terhubung (Oppo F7 CPH1819). Lalu pada MsmDownloadTool menampilkan DL ChkSum OK 100%.
Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan DownloadTool Dan Firmware Terbaru
13. Cabut smartphone Oppo F7 CPH1819 anda dari PC/Laptop kemudian setting sesuai dengan bahasa dan wilayah masing masing pada wizard awal antar muka ColorOS Oppo F7.

14. Done.

Demikian tadi artikel tentang Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan DownloadTool Dan Firmware Terbaru yang semoga dapat bermanfaat buat anda semua.

Terima kasih buat yang sudah berkunjung hadir kesini dan mohon maaf apa bila ada tutur kata dalam penyampaian kalimat yang tidak berkenan dihati par pmebaca sekalian. 

6 Responses to "Cara flash Oppo F7 CPH1819 Terlengkap Menggunakan DownloadTool Dan Firmware Terbaru"

  1. Gan ini flashtool nya sudah fix tested?

    ReplyDelete
  2. Gan, kok ada warning incorrect scatter
    Mohon pencerahan nya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikuti tutorial step by step khusus untuk file pendukungnya gan. Setelah di Enable, biarkan sja jgn ditutup enable .exenya.

      Delete
  3. Saya mau coba gan kalo gitu mudah2n work dari kemaren gagal terus ,, windows 7 64/32 bit bsa work??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pake 64bit, sy sendiri belum nyoba gan..

      Delete