Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Menggunakan Mi Flash Tool Via Fastboot Dengan Rom Global Terbaru

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Menggunkan Mi Flash Tool Via Fastboot Dengan Rom Global Terbaru-Pada kesempatan kali saya akan membagikan sebuah tutorial flashing salah satu smartphone yang sudah tidak asing lagi dinegara kita ini. 

Adalah Xiaomi Redmi 5A yang sudah sukses menggantikan Xiaomi Redmi 4a versi sebelumnya yang juga tidak kalah sukses dipasaran ponsel pintar. 

Sekilas tentang Xiaomi Redmi 5a ini tidak jauh berbeda dengan smartphone Xiaomi lainnya dalam hal spesifikasi yang mumpuni namun dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. 

Untuk harga yang dibanderol untuk Xiaomi Redmi 5a ini dipasaran berkisar antara 1juta-1,3juta Rupiah saja. Dengan spesifikasi yang tinggi antara lain Memory 2Gb dan untuk memory internalnya diberikan ruang kapasitas sebesar 16Gb dan sudah mendukung Micro SD up to hingga 256Gb.

Sedangkan pada sisi kamera belakang sudah ditanamkan kamera sebesar 16Mp yang tidak jauh berbeda dengan ponsel ponsel pintar cina yang ada dipasaran Indonesia ini. Untuk kamera depan juga sama saja dengan smartphone zaman sekarang ini pada umumnya yaitu sudah disematkannya kamera dengan pixel sebesar 5MP.

Dari segi baterai inilah yang paling banyak disukai oleh MiFans. Kebanyakan smartphone Xiaomi pasti mempunyai daya baterai dengan kapasitas yang menurut saya cukup besar dibandingkan dengan smartphone lainnya. Untuk Xiamoi Redmi 5a ini juga diberikan kapasitas penampungan daya baterai sebesar 3000mAh.

Baca juga: Free Cara Bypass FRP Akun Mi Cloud Redmi 5A Riva Tested Tanpa Password

Itu tadi sepintas info tentang spesifikasi dan harga yang saya dapat dari berbagai sumber yang dapat dipercaya. Selanjutnya yaitu tentang bagaimana cara flashing smartphone Xiaomi Redmi 5a dengan atau menggunakan MiFlash tool yang sudah tidak asing lagi ditelinga para teknisi handphone maupun para opreker smartphone.

Cara Flash Xiaomi Redmi 5A 

Ada beberapa masalah yang mengharuskan sebuah ponsel pintar harus kita flash atau instal ulang, contoh dari dari yang paling banyak dan yang paling sering kita saya jumpai adalah smartphone mengalami penyakit Bootloop.

Penyakit Bootloop pada ponsel pintar ini sudah menjadi hal yang wajar dialami oleh semua smartphone tidak hanya Xiaomi Redmi 5a yang sedang kita bahas sekarang ini, namun hampir semua smartphone yang berbasis Android.

Selain mengalami bootloop untuk smartphone yang mana kita ingin melakukan tindakan flashing adalah dikarenakan perangkat smartphone yang sedang kita pakai ini dirasa sudah lelet sekali. Karena crash pada sistem ataupun beban berat pada memori penyimpanan karena terlalu banyaknya file sampah dan lain lain yang menyebabkan ponsel loading lama.

Nah, buat anda yang baru membeli smartphone Xiaomi Redmi 5a ini juga sebenarnya rom atau firmware yang dipakai pada perangkat Xiaomi Redmi 5a sebenarnya masih menggunakan rom abal abal.

Saya katakan abal abal karena pada rom tersebut banya iklan iklan yang seliweran pada saat smartphone Xiaomi Redmi 5a ini sedang terkoneksi dengan jaringan internet. Dari produsen Xiaomi sendiri memang sengaja melakukan demikian tiada lain dan tiada bukan adalah karena materi.

Untuk saya pribadi sendiri jengah sekali dengan iklan iklan yang ditampilkan oleh smartphone Xiaomi Redmi 5a bila saja masih menggunakan firmware dari bawaan tersebut. Maka dari itu dengan tidak membutuhkan waktu yang lama, segera saja saya flashing smartphone Xiaomi Redmi 5a ini dengan firmware Global.  

Kelebihan menginstal ulang Xiaomi Redmi 5a dengan menggunakan firmware Global adalah tidak adanya iklan yang selalu muncul pada saat terkoneksi dengan jaringan internet, berbeda sekali dengan rom yang masih bawaan.

Selain itu pada rom bawaan kita tidak bisa menggunakan bahasa Indonesia, namun setelah kita flashing perangkat Xiaomi Redmi 5a ini maka kita akan melihat semua bahasa dari beberapa negara yang kita inginkan. 

Baca juga: Free Cara Bypass/Remove Mi Account Xiaomi Redmi Note 5A (UGGLITE) Seri MDG6 MIUI 9 Work!

Buat anda yang sedang kesulitan mencari cari sebuah tutorial tentang bagaimana cara flashing Xiaomi Redmi 5a dengan firmware global, silahkan simak tutorialnya yang akan saya kupas melalui artikel dibawah.

Bahan Yang Wajib Dibutuhkan:
  • Smartphone Xiaomi Redmi 5a harus dalam posisi Unlock Bootloader. Untuk yang mau unlock Xiaomi anda silahkn klik link ini ║Unlock Mi
  • PC atau Laptop
  • Kabel data USB
Langkah Langkah Flashing:

Pastikan dulu semuanya sudah dipersiapkan segala sesuatunya dan yang paling terpenting adalah smartphone Xiaomi Redmi 5a sudah dalam kondisi Unlock Bootloader. 

Kalau tidak dalam posisi Unlock bootloader (UBL) maka sudah dipastikan ponsel Xiaomi Redmi 5a anda tidak akan dapat diflash ulang,kalau tidak dengan cara mode Test Point untuk melakukan instal ulang Xiaomi Redmi 5a anda.

Bila semua bahan yang saya sebutkan diatas tadi suah anda persiapkan, mari kita mulai saja ke langkah selanjutnya dengan mengikuti semua Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Via Mi Flash Tool Rom Global Terbaru.

1. Ekstrak dahulu driver Xiaomi Redmi 5a anda yang masih didalam format Rar dengan menggunakan bantuan aplikasi untuk mengekstrak file Rar dan Zip yaitu aplikasi Winrar. Download Winrar disini >Download<. Download Winzip disini >Download<.

2. Instal semua Driver pendukung Xiaomi Redmi 5a sampai selesai. Bila perlu restart PC/Laptop anda.

3. Ekstrak juga MiFlash Tool terbaru kemudian instal seperti biasa anda menginstal sebuah aplikasi pada umumnya.

4. Jangan lupa ekstrak juga Fastboot Rom Global Xiaomi Redmi 5a (Riva) yang berformat .tgz, kemudian ekstrak sekali lagi sampai anda menjumpai folder yang bernama image all .batdan tempatkan didalam folder yang anda inginkan.

5. Matikan dahulu smartphone Xiaomi Redmi 5a anda lalu hidupkan kembali untuk masuk ke dalam mode Fastboot dengan cara menekan tombol kombinasi yaitu tombol power dan tombol volume bawah agak lama.

6. Kemudian hubungkan smartphone Xiaomi Redmi 5a anda ke Port USB PC/Laptop menggunakan kabel Data USB yng sudah anda persiapkan tadi.

7. Secara otomatis PC/Laptop yang anda gunakan akan mendeteksi adanya sebuah perangkat baru yang terhubung. Bila sebelumnya anda sudah menginstal semua driver Xiaomi Redmi 5a, maka lanjut ke step berikutnya.

8. Bila sudah selesai semua yang telah saya instruksikan diatas, sekarang buka MiFlash yang berada didalam folder C:\XiaoMi\XiaoMiFlash. Kalau diPC/Laptop anda tidak ada, berarti ada didalam folder C:\Program Files\Xiaomi. 

9. Pada MiFlash tool klik pada menu Select dan arahkan ke dalam dalam folder dimana file Rom fastboot yang sudah anda ekstrak tadi berada.
Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Via Mi Flash Tool Rom Global Terbaru
10. Selanjutnya klik lagi pada pilihan Refresh. Ini berfungsi agar MiFlash tool mendeteksi sebuah perangkat yang telah terhubung dengan PC/Laptop anda. Lihat pada gambar yang saya contohkan dibawah ini.
Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Via Mi Flash Tool Rom Global Terbaru
11. Klik Flash untuk memulai proses instal ulang smartphone Xiaomi Redmi 5a anda dan tunggu hingga selesai.
Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Via Mi Flash Tool Rom Global Terbaru
12. Silahkan anda cabut ponsel Xiaomi Redmi 5a anda bila sudah ada notifikasi Success dari MiFlash didepan layar monitor anda.

13. Done!

Baca juga: Tutorial Flashing Xiomi Redmi 4X Santoni Via EDL (Test Point) Terbaru

Setelah smartphone Xiaomi Redmi 5a anda merestart, silahkan anda ikuti step by step untuk memulai penggunaan smartphone Xiaomi Redmi 5a anda dari awal sampai finish.

Jangan lupa untuk memasukkan lagi account google yang pernah gunakan sebelumnya dismartphone Xiaomi Redmi 5a anda. Untuk melakukan hal demikian, ponsel Xiaomi Redmi 5a anda harus terkoneksi dengan jaringan internet yang tersedia.

Cara melakukan flashing dengan menggunakan tutorial diatas tadi tergolong lebih mudah bila saja posisi Xiaomi Redmi 5a (Riva) anda masih dalam keadaan hidup. Berbeda dengan cara flashing yang bila Xiaomi Redmi 5a anda sudah dalam posisi bootloop.

Bila smartphone anda sudah mengalami yang namanya penyakit bootloop, sudah dipastikan anda tidak sempat melakukan yang namanya Unlock bootloader tentunya.

Dan jalan satu satunya untuk mengatasi hal demikian adalah dengan cara flashing menggunakan metode Test Point. Untuk flashing menggunakan metode Test Point bisa dikatakan cukup ribet karena harus membongkar ponsel Xiaomi Redmi 5a anda.

Maka dianjurkan oleh saya sebelum melakukan flashing dengan metode Test point alangkah baiknya anda membaca tutorial yang juga sudah saya sediakan untuk anda yang belum sempat melakukan Unlock bootloader terhadap ponsel pintar Xiaomi Redmi 5a milik anda tersebut.

0 Response to "Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Menggunakan Mi Flash Tool Via Fastboot Dengan Rom Global Terbaru"

Post a Comment