Cara Flash Xiaomi Redmi 4A (Rolex) Menggunakan Mi Flash Tool Via Fastboot Dengan Rom Global Terbaru

Cara Flash Xiaomi Redmi 4A (Rolex) Menggunakan Mi Flash Tool Via Fastboot Dengan Rom Global Terbaru
Cara Flash Xiaomi Redmi 4A (Rolex) Menggunakan Mi Flash Tool Via Fastboot Dengan Rom Global Terbaru-Smartphone Xiaomi Redmi 4a (Rolex) ini merupakan smartphone android yang termasuk smartphone harganya bersahabat. 

Tapi meskipun smartphone android Xiaomi redmi 4a ini dibandrol dengan harga murah, tapi jangan salah, Xiaomi redmi 4a ini mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi disbanding dengan smartphone yang harganya mahal dari vendor yang sudah ternama sebelum Xiaomi muncul.

Alhasil smartphone android Xiaomi redmi 4a (Rolex) ini masuk kedalam jajaran ponsel android yang terlaris ditahun 2017 kemarin menyaingi xiaomi redmi note 5 yang kala itu hanya dihargai sekitar RP. 1,3jutaan saja tiap masing masing ponsel kalau tidak salah.

Semakin banyaknya pengguna smartphone xiaomi redmi 4a (Rolex)  tersebut, semakin banyak juga servisan yang masuk dengan tipe demikian meskipun berbeda beda kerusakannya. Ada yang Bootloop, ada yang mati total, bahkan ada juga 2 smartphone Xiaomi Redmi 4a (Rolex) berbeda user yang bermasalah karena kemasukkan air.

Dari semua kasus yang berbeda beda diatas tadi, tentu saja berbeda beda pula tiap penanganannya. Untuk smartphone yang mengalami Bootloop atau tidak bisa masuk ke menu MIUInya dapat diperbaiki dengan cara flash atau install ulang dengan firmware yang baru. Bagaimana cara flash smartphone xiaomi redmi 4a (Rolex) tersebut? 

Silahkan anda simak baik baik tutorial yang akan saya kupas melalui postingan kali ini.

Baca juga: Tutorial Flashing Xiomi Redmi 4X Santoni Via EDL (Test Point) Terbaru

Apa Itu Flash Pada Android

Hampir rata rata para pengguna smartphone pasti pernah mengalami tiba tiba smartphone anda tidak bisa masuk ke layar menu utama, atau tiba tiba ketika kita tekan tombol power smartphone yang terjadi adalah android mati hidup mati hidup dan sama sekali tidak bisa mau masuk ke layar menu utama juga. 

Semua masalah seperti itu bisa saja terjadi meskipun kita sama sekali tidak melakukan apapun terhadap smartphone yang mengalami penyakit demikian.  Wajar sih kalau buat saya smartphone android mengalami kasus bootloop ataupun crash pada sistemnya. Kalau tidak bootloop jangan memakai android, tapi iPhone, hehehe..

Flash pada smartphone android itu sama saja dengan install ulang OS yang sebelumnya sudah digunakan bahasa “Instal ulang” pada perangkat PC/Laptop. Flash itu berfungsi untuk memperbaiki operasi sistem yang rusak dan tidak bisa beroperasi sama sekali. 

Sehingga dengan kata lain smartphone tersebut harus kita install ulang lagi dengan firmware yang pas dengan firmware yang awalnya digunakan pada android tersebut.

Flash pada android adalah merupakan jalan terakhir ketika smartphone yang rusak tersebut sudah tidak bisa  masuk ke Recovery mode, jadi jalan terakhir adalah melakukan install ulang pada OS android agar dapat digunakan kembali dengan normal seperti sedia kala. 

Perbaikan sistem android yang rusak dengan metode masuk ke Recovery mode sendiri sebenarnya 90% mujarab sebelum melakukan flashing, akan tetapi apabila smartphone tersebut masih bisa mengakses menu Recovery mode android.  

Namun jika tidak bisa mengakses sama sekali ke mode Recovery, jalan terakhir adalah flas atau install ulang OS. Android. Itu merupakan alternatif terakhir dan dipastikan 100% keberhasilannya untuk hidup normal kembali. Kecuali kalau yang bikin bottloop itu dari hardware, itu beda lagi. Emmc misalnya, itu hanya bisa normal kembali dengan cara mengganti ic Emmc yang rusak dengan yang baru, bisa menggunakan alat blower atau dengan solder uap.

Cara Flash Xiaomi Redmi 4A (Rolex)

Sebagai jawaban untuk keterangan yang saya tulis diatas, disini saya akan membagikan sebuah tutorial tentang bagaiman cara flashing smartphone android Xiaomi Redmi 4a (Rolex) via fastboot dengan menggunakan aplikasi khusus untuk flash smartphone Xiaomi yaitu MiFlash tool.

MiFlash tool ini merupakan aplikasi untuk flashing smartphone android yang menggunakan chipset Qualcomm, karena dari kebanyakan smartphone Xiaomi ini menggunakan chipset Qualcomm. Sebelumnya saya anjurkan hendaknya menggunakan aplikasi MiFlash tool dengan versi yang paling terakhir atau versi yang paling baru.

Sebelum melakukan flashing yang perlu dan penting untuk anda ketahui adalah bahwa Xiaomi Redmi 4a (Rolex) anda sudah dalam keadaan Unlock Bootloader (UBL). Bila Xiaomi Redmi 4a anda belum ter-Unlock Bootloder, maka dipastikan smartphone Xiaomi Redmi 4a anda tidak akan bisa diflash menggunakan Rom Global. 

Untuk yang belum sempat Unlock Bootloader Xiaomi Redmi 4a (Rolex)nya, silahkan anda Unlock dulu melalui link ini ║Unlock Bootloader Xiaomi

Flash Xiaomi Redmi 4a (Rolex)Dengan Rom Global

Dari kebanyakan smartphone android Xiaomi apabila kita baru beli dari Distributor sudah dipastikan Rom yang dipakai adalah Rom abal abal. Dibilang Rom abal abal karena setiap saat muncul iklan yang entah dari mana datangnya iklan tersebut tiba tiba muncul saat kita sedang online. 

Jadi buat yang pertama kali membeli smartphone xiaomi, bukan hanya Xiaomi redmi 4a saja tapi semua android Xiaomi yang baru pertama kali membeli smartphone xiaomi. Bila saja tiba tiba xiaomi anda banyak iklan muncul yang mengganggu layar ponsel anda jangan dulu mengklaim bahwa ponsel xiaomi anda itu rusak atau terkena virus.

Iklan iklan yang muncul itu memang sengaja dari pembuat rom yang ingin meraup keuntungan sendiri dengan memasangkan iklan yang acap kali muncul pada saat smartphone xiaomi anda terkoneksi ke jaringan internet. 

Sebenarnya ada cara sendiri untuk menghilangkan iklan iklan yang menutup layar smartphone xiaomi anda sebenarnya tanpa harus kita flash ulang, namun kadang cara tersebut jarang yang berhasil. 

Yang pasti paling ampuh dan pasti dijamin berhasil 100% adalah dengan melakukan flashing menggunakan firmware global dari Xiaomi sendiri. Caranya adalah sebagai berikut ini:

Bahan Dan Syarat Yang Wajib Ada
  • Xiaomi Redmi 4a (Rolex) Sudah harus ter-Unlock Bootloader
  • Kabel data USB Android
Langkah Langkah Flashing

1. Ekstrack file yang sudah anda download melalui link yang sudah saya berikan diatas tadi, menggunakan aplikasi Winrar atau Winzip. >Download WinzipDownload Winrar.

2. Instal driver smartphone android Xiaomi Redmi 4a diPC/Laptop sampai finish anda terlebih dahulu.

3. Setelah itu install juga aplikasi untuk flashing smartphone Xiaomi yaitu MiFlash tool diPC?laptop anda sampai selesai.

4. Jangan lupa ekstrak juga Rom Global Xiaomi Redmi 4a (Rolex) yang berformat .tgz, kemudian ekstrak sekali lagi sampai anda menjumpai folder yang bernama image all .bat, dan tempatkan didalam folder yang anda inginkan.

5. Matikan dahulu smartphone Xiaomi Redmi 4a anda lalu hidupkan kembali untuk masuk ke dalam mode Fastboot dengan cara menekan tombol kombinasi yaitu tombol power dan tombol volume bawah agak lama.

6. Kemudian hubungkan smartphone Xiaomi Redmi 4a anda ke Port USB PC/Laptop menggunakan kabel Data USB yng sudah anda persiapkan tadi.

7. Secara otomatis PC/Laptop yang anda gunakan akan mendeteksi adanya sebuah perangkat baru yang terhubung. Bila sebelumnya anda sudah menginstal semua driver Xiaomi Redmi 4a, maka lanjut ke step berikutnya.

8. Bila sudah selesai semua yang telah saya instruksikan diatas, sekarang buka MiFlash yang berada didalam folder C:\XiaoMi\XiaoMiFlash. Kalau diPC/Laptop anda tidak ada, berarti ada didalam folder C:\Program Files\Xiaomi.

9. Pada MiFlash tool klik pada menu Select dan arahkan ke dalam dalam folder dimana file Firmware Xiaomi redmi 4a Rolex yang sudah anda ekstrak tadi berada.
Cara Flash Xiaomi Redmi 4A (Rolex) Menggunakan Mi Flash Tool Via Fastboot Dengan Rom Global Terbaru
10. Selanjutnya klik lagi pada pilihan Refresh. Ini berfungsi agar MiFlash tool mendeteksi sebuah perangkat yang telah terhubung dengan PC/Laptop anda. Lihat pada gambar yang saya contohkan dibawah ini.
Cara Flash Xiaomi Redmi 4A (Rolex) Menggunakan Mi Flash Tool Via Fastboot Dengan Rom Global Terbaru
11. Klik Flash untuk memulai proses instal ulang smartphone Xiaomi Redmi 4a (Rolex) anda dan tunggu hingga selesai.
Cara Flash Xiaomi Redmi 4A (Rolex) Menggunakan Mi Flash Tool Via Fastboot Dengan Rom Global Terbaru
12. Silahkan anda cabut ponsel Xiaomi Redmi 4a anda bila sudah ada notifikasi Success dari MiFlash didepan layar monitor anda.

13. Selesai.

Hidupkan ponsel Xiaomi redmi 4a (Rolex) anda dengan menekan tombol power dan setting dari awal lalu ikuti step by step wizard yang tampil dilayar smartphone xiaomi redmi 4a sampai masuk ke menu utama.

Demikian artikel tentang Cara Flash Xiaomi Redmi 4A (Rolex) Menggunakan Mi Flash Tool Via Fastboot Dengan Rom Global Terbaru yang semoga saja dapat berguna buata anda yang sedang kesulitan mencari tutorial flashing smartphone xiaomi redmi 4a (Rolex).

Terima kasih saya ucapkan buat yang sudah berkunjung dan tidak lupa saya mohon maaf yang sebesar besarnya bila ada tutur kata yang tidak sopan didalam penyampaian yang tertulis didalam artikel ini.

0 Response to "Cara Flash Xiaomi Redmi 4A (Rolex) Menggunakan Mi Flash Tool Via Fastboot Dengan Rom Global Terbaru"

Post a Comment