Tutorial Cara Pasang/Instal TWRP Dan ROOT Xiaomi Redmi 5A (Riva)

Tutorial Cara Pasang/Instal TWRP Dan ROOT Xiaomi Redmi 5A (Riva)



















Tutorial Cara Pasang/Instal TWRP Dan ROOT Xiaomi Redmi 5A (Riva)-Bosan dengan tampilan menu MIUI dan kepengin sesuatu yang beda? Jawabannya adalah memasang Custom rom. Itu merupakan salah satu alasan mengapa smartphone android kita harus dipasang TWRP dan mutalk harus diROOt. 

Karena untuk memasang sebuah custom room pada smartphone android tidak harus sembarangan, semuanya menggunakan prosedur yang harus dilewati. Jangan asal instal saja. 

Seperti misalnya Xiaomi redmi 5a (Riva) ini, apabila ingin menggunakan custom rom dari smartphone android lainnya tentu yang harus dilakukan adalah memasang TWRP dan pasang Super SU dulu. Bukan hanya menginstal TWRP dan ROOT dulu untuk smartphone 2017 keatas, masih ada tahapan lain untuk dapat kita instal TWRP dan me-Root samrtphone android tersebut.

Meng-Unlock Bootloader Xiaomi redmi 5a dulu barulah kita bisa menginstal TWRP bahkan me-ROOTnya. Nah, pada artikel disini saya akan membuat artikel dengan tema "Tutorial Cara Pasang/Instal TWRP Dan ROOT Xiaomi Redmi 5A (Riva)".

Sekilas Tentang Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5A resmi meluncur di pasar Indonesia, Rabu, 20 Desember 2017. Redmi 5A sebelumnya meluncur di pasar India pada Oktober lalu. Smartphone ini mengusung sistem operasi Android 7.1.2 Nougat. 

Untuk mendukung sistem operasi android yang ia gunakan, Xiaomi menyematkan CPU dengan chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 yang memiliki inti Quad-core Cortex-A53 atau memiliki 4 inti dengan kecepatan 1.4 GHz.

Di India, ponsel ini keluar dengan dua varian, yakni RAM 2GB dengan memori internal 16GB dan RAM 3GBdan memori internal 32GB. Di Indonesia hanya keluar varian RAM 2 gigabita dengan besaran memori internal 16GB.


Xiaomi redmi 5a (Riva) dibandrol dengan harga Rp.1,3jutaan dan pertama kali hadir secara online di Lazada sebagai Distributor resmi Xiaomi dan offline Mi Store pada 27 Desember 2017 yang lalu. 

Hingga kini smartphone xiaome redmi 5a masih laris manis terjual dibeberapa conter diIndonesia berdasarkan survey didaerah saya. Bagaimana tidak, dengan harga yang sangat terjangkau, kita dapat menikmati sebuah smartphone android yang bersepesifikasi tinggi menyamai smartphone dari produsen lain.

Smartphone ini masih memiliki desain yang tidak berbeda dengan seri Redmi sebelumnya, hanya saja sedikit lebih ringan. Ukurannya dimensinya 140.4 x 70.1 x 8.4 mm (tinggi x lebar x ketebalan) serta beratnya berkisar 131 gram. Untuk pilihan warna ada 3, yaitu gold, rose gold, dan dark grey.

Untuk fitur kameranya, Redmi 5A dibekali kamera utama 13 megapiksel dan kamera depan (selfie) 5 megapiksel. Disertai pula oleh LED Flash, dukungan PDAF dan lensa aparatur f/2.2. Dan untuk kamera depannya yang sebesar 5MP dengan aparatur f/2.0. Kamera belakangnya juga mampu merekam video 1080p pada video 30fps dan 720p pada 30fps.

#Baca juga: Cara Flash Xiaomi Redmi 5A Menggunakan Mi Flash Tool Via Fastboot Dengan Rom Global Terbaru#

Cara Pasang TWRP dan ROOT Xiaomi Redmi 5A (Riva)

Sekarang saatnya kita melangkah ke tahap pemasangan TWRP dan pemasangan ROOT pada smartphone Xiaomi redmi 5a setelah saya menulis sedikit info tentang spesifikasi dari xiaomi redmi 5a ini. 

Memasang TWRP dan me-ROOT Xiaomi Redmi 5a ini tergolong rada rada ribet, bukan susah tapi ribet karena melalui beberapa tahapan yang harus dilakukan, apalagi bila smartphone redmi 5a (Riva) anda tergolong masih perawan.

Tapi itu tidak jadi masalah asalkan ada niat dan usaha pasti berhasil dengan cara mengikuti tutorial dibawah ini:

Syarat Dan Bahan Wajib

Xiaomi Redmi 5a harus dalam posisi Unlock Bootloader (UBL). Untuk yang belum sempat melakukan Unlock Bootloader Xiaominya silahkan unlock dulu dengan mengklik link berikut ini >Unlock MI<.
  • Aktifkan Mode USB Debugging Redmi 5a dan OEM Unlocking pada Opsi Pengembang lewat Menu Pengaturan.
  • Kabel data USB android
  • PC atau Laptop

Langkah Langkah Install TWRP & ROOT Redmi 5A (Riva)

1. Saya ingatkan lagi bahwa redmi 5a anda sudah dalam posisi Unlock Bootloader, bila sudah ter-Unlock lanjut ke step selanjutnya.

2. Aktifkan USB Debugging dan OEM unlocking Xiaomi Melalui menu Pengaturan.

3. Ektraks dulu file Toolkit yang sudah anda download pada link yang sudah saya sediakan diatas tadi menggunakan Winrar atau Winzip. >Download Winrar<Download Winzip<

4. Simpan file AntiBootloop.zip dan SuperSU.zip ke dalam memory card (Memory eksternal)

5. Setelah bahan sudah pindah ke dalam memory card lanjut dengan mematikan smartphone Redmi 5a anda dahulu untuk masuk ke Fastboot mode.

6. Hidupkan kembali Redmi 5a anda dengan cara tekan tombol power dan tombol Volume bawah hingga masuk ke mode fastboot.

7. Sambungkan Redmi 5a (Riva) anda yang sedang dalam mode fastboot ke PC/Laptop melalui Port USB yang tersedia menggunakan kabel data yang sudah anda persiapkan sebelumnya.

8. Kemudian beralih ke PC dan buka folder hasil ekstraks tadi lalu eksekusi file toolkit.bat
Tutorial Cara Pasang/Instal TWRP Dan ROOT Xiaomi Redmi 5A (Riva)
9. Tekan angka 1 pada Keyboard diPC/Laptop untuk menginstal TWRP Recovery Official kemudian lanjut dengan tekan Enter 3x pada keyboard sampai smartphone xiaomi 5a anda masuk ke mode TWRP Recovery.

10. Pada tahap ini anda sudah berhasil memasang TWRP ke Xiaomi redmi 5a (Riva). Langkah selanjutnya adalah me-ROOT Xiaomi redmi 5a anda yang sudah dalam mode TWRP.

11. Pada layar Xiaomi redmi 5a mode TWRP Recovery, geser kekekanan sesuai dengan perintah "Swipe to Allow Modifications"

12. Pada menu utama TWRP tekan pada Instal lalu cari file Antibootlop_Riva.zip dimemory eksternal anda. Tekan lalu geser "Swipe to comfirm Flash"untuk konfirmasi tindakan yang akan dilakukan.
Tutorial Cara Pasang/Instal TWRP Dan ROOT Xiaomi Redmi 5A (Riva)
13. Kembali dimenu utama TWRP tekan pada pilihan Instal lalu cari file SuperSU-v2.82-201705271822.zip didalam memory card anda dan instal seperti diatas atau sesuai dengan contoh gambar dibawah ini:
Tutorial Cara Pasang/Instal TWRP Dan ROOT Xiaomi Redmi 5A (Riva)
14. Pada tahap terakhir pilih Reboot System dan tunggu hingga ponsel Xiaomi redmi 5a kembali restart.

15. Done!

#Baca juga: Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi Mi4c Work Tanpa Verifikasi Xiaomi#

Untuk mengetahui apakah smartphone xiaomi redmi 5a anda sudah dalam posisi ter-ROOT, anda dapat melihat pada icon SuperSU yang terinstal pada layar menu Xiaomi redmi 5a (Riva) anda.

Atau dengan cara download file Root Checker melalui link Google Play Store pada smartphone anda kemudian instal pada xiaomi redmi 5a lalu cek status ROOT pada aplikasi Root Checker tersebut.

Saya ucapkan selamat buat yang sudah berhasil menginstal TWRP Recovery pada Xiaomi redmi 5a dan juga sekalian me-ROOT smarthone tersebut dengan cara yang sudah saya tulis melalui artikel ini.

0 Response to "Tutorial Cara Pasang/Instal TWRP Dan ROOT Xiaomi Redmi 5A (Riva)"

Post a Comment