2 Cara Ampuh Melindungi Flashdisk Dari Virus Shortcut Tanpa Ribet

2 Cara Ampuh Melindungi Flashdisk Dari Virus Shortcut Tanpa Ribet-USB Flashdisk merupakan sarana penting untuk kita dijaman yang serba teknologi  sekarang ini. Dengan banyaknya data data penting yang kita punya tak pelak membuat kita kesulitan untuk membackup data penting kita. 

Dengan adanya media flashdisk tentunya akan sangat berguna sekali untuk membuat cadangan ataupun sebagai direktori penyimpanan lain dan tak perlu lagi menggunakan media CD blank seperti tempo doeloe. 

Seperti saya contohnya yang kala itu masih jarang ada flashdisk, kalaupun ada ya paling cuma berkapasitas 512Mb saja. Sedangkan saya mempunyai banyak sekali file dan software untuk PC. Jadi kesimpulanya bahwa flashdisk merupakan media penyimpanan yang harus ada buat saya pribadi.

Sekarang ini ada banyak sekali USB flashdisk dengan berbagai macam merk dan semakin besar ruang kapasitas yang tersedia pada setiap merk flashdisk. Hingga kini flashdisk yang paling besar kapasitasnya mencapai ukuran 128GB. 

Mungkin kedepannya lagi peningkatan pada USB Flashdisk khususnya ruang kapasitasnya akan terus ditingkatkan mengingat semakin pentingnya kebutuhan flashdisk sebagai media penyimpanan utama dan semakin banyaknya minat orang untuk memiliki flashdisk.

2 Cara Ampuh Melindungi Flashdisk Dari Virus Autorun Tanpa Ribet
Semakin sering kita menggunakan flashdisk pada komputer lain selain komputer kita sendiri, tentu saja akan semakin mudah flashdisk kita akan terinfeksi oleh virus. Walaupun kita sendiri sudah yakin dengan kekebalan Anti Virus pada PC/Laptop kita, namun ada baiknya anda memproteksi Flashdisk kita menggunakan tips dan trik saya kali ini. 

Melalui artikel yang saya buat kali ini, kita akan membuat data data penting yang ada pada flashdisk kita akan lebih aman dari virus Autorun maupun virus lain seperti Malware, trojan, Worm, Shortcut dan lain lain yang membahayakan file kita.

2 Cara Ampuh Melindungi Flashdisk Dari Virus Shortcut Tanpa Ribet merupakan trik yang paling ampuh untuk menghindari virus yang menyerang pada flashdisk kita. 

Sebagai contoh virus yang akan kita bahas adalah virus Autorun. Tentu buat kalian sudah mengenal sekali jenis virus yang 1 ini. Memang Virus ini tidak membahayakan buat file/data kita pada flashdisk, namun akan sangat menjengkelkan sekali bila flashdisk kita sudah terinfeksi virus tersebut. 

Meskipun sudah anda hapus dengan cara apapun akan sangat sulit sekali, dan yang paling lebih menjengkelkan adalah virus ini dapat berkembang dan menularkan pada PC melalui port USB yang tersambung dengan flashdisk yang sudah terinfeksi virus Autorun.

Proteksi Flashdisk menggunakan Anti Virus Smadav

Anti virus smadav merupakan anti virus ringan buatan anak bangsa (Kalimantan Tengah) yang khusus untuk mengahalau virus flashdisk. Saya menyarankan untuk menginstal anti virus smadav ini berdampingan dengan anti virus international agar PC/Laptop anda lebih kebal. 

Banyak yang belum tahu bagaimana menggunakan fitur anti virus smadav pada flashdisk agar lebih kebal dari virus. Tak jarang dari sekian banyak pengguna PC hanya tahu anti virus smadav ini digunakan untuk PC atau laptop saja.

#Baca juga:Cara merubah smadav free menjadi Pro secara paten versi terbaru#

Pada anti virus Smadav ini banyak fitur fitur yang mencakup untuk proteksi keamanan pada PC anda, salah satunya adalah Smad-Lock (Pengebalan). Dari namanya saja sudah dapat kita ketahui bahwa fitur yang satu ini berfungsi untuk pengebalan pada data anda dari serangan virus yang mebahayakan. 

Selain dapat digunakan pada drive PC Smad-Lock ini juga sebenarnya berfungsi untuk pengebalan pada flashdisk kita.

Untuk membuat flashdisk kita lebih kebal dari virus dengan menggunakan fitur Smad-Lock ini caranya cukup mudah sekali yang paling penting tentu saja PC anda sudah terpasang anti virus Smadav ini. Bila belum menggunakan anti virus Smadav silahkan download dulu pada situs resmi smadav melalui link dibawah ini:

>Download anti virus Smadav terbaru<

Silahkan anda download dulu Anti virus smadav dari link yang sudah saya sediakan diatas dan instal saja langsung pada PC/Laptop anda. 

Selanjutnya kita akan kembali membahas bagaimana caranya membuat flashdisk kita lebih kebal dari Virus Shortcut menggunakan Smad-Lock. 

1. Silahkan anda masukkan dulu USB Flashdisk anda kePort USB PC/Laptop

2. Buka anti virus smadavnya dan klik langsung pada Tool 

3. Pilih pada tab Smad-Lock (Pengebalan) dan centang pada drive usb flashdisk anda lalu kemudian klik pada Lock


Smadav terbaru

4. Silahkan cek pada direktori flashdisk anda untuk memastikan apakah ada sebuah folder "Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ" 


Smadav terbaru 2


 5. Pada gambar diatas menunjukan falshdisk yang saya gunakan sudah terproteksi dengan Smad-Lock dengan adanya folder "Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ" didalam flashdisk saya.

Catatan: 
  • Folder Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ ini adalah folder teraman dari infeksi virus karena virus hampir tidak mungkin dapat memasuki folder ini. Jadi, semua file yang Anda taruh dalam folder ini sangat aman dari infeksi virus.
  • Anda tidak boleh me-rename nama folder ini sedikitpun.
  • Folder ini dapat diisi dengan file office berjenis DOC, XLS, PPT, dan semua file office sejenisnya. file-file yang ada di dalam folder ini hanya dapat dibuka oleh semua program buatan Microsoft dan beberapa program tertentu lainnya.
  • Untuk file yang bukan berjenis dokumen office, anda masih dapat mengisinya ke dalam folder ini, tapi jika file itu gagal dibuka dari dalam folder ini, itu artinya jenis file tersebut memang tidak bisa dibuka langsung dari dalam folder Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ, Untuk membukanya, anda dapat memindahkan file tersebut keluar folder ini terlebih dahulu sebelum membukanya.
Silahkan anda pindahkan semua data data yang ada pada flashdisk tersebut kedalam folder Smad-Lock. Dengan begitu file penting didalam flashdisk akan lebih aman dan dijamin tidak ada virus yang mampu masuk kedalam folder tersebut.

Agar lebih terjamin keamanan data data anda pada flashdisk, lakukan trik yang kedua dibawah ini. Cara seperti ini benar benar sangat ampuh dan terbukti tidak ada satupun virus yang berhasil masuk ke semua  falshdisk milik saya. 

Sebut saja nama software yang kedua ini namanya USB Immunizer yang akan kita gunakan untuk memproteksi dari ancaman virus yang membahayakan flashdisk kita.
Baca juga:
Menggunakan USB Immunizer 

Virus autorun biasanya tersimpan di dalam sebuah file ‘autorun.inf.’ dalam file tersebut bisa tersimpan beragam data, dan salah satunya adalah data corrupted yang dapat merusak komputer. 

Cara kerja USB Immunizer adalah memproses file ‘autorun.inf’ tersebut, kemudian mengubahnya menjadi folder-folder yang tidak berbahaya.


Lanjut dengan bagaimana cara membuat flashdisk kita aman dari serangan virus yang kedua yakni menggunakan software yang juga khusus untuk memproteksi USB flashdisk. Jarang sekali orang yang belum mengenali software yang satu ini. 

BDUSBImmunizerLauncher.exe adalah tool gratis yang juga berfungsi untuk melindungi flashdisk dari bahayanya virus yang mengancam data kita. USB Immunizer dapat menonaktifkan ancaman diflashdisk sebelum dapat mengakses komputer. anda juga dapat mengatur agar USB Immunizer secara otomatis mengimunisasi setiap perangkat USB yang dihubungkan ke PC atau Laptop

Tool USB Immunizer ini dapat anda download secara gratis dan tidak ada dibutuhkan licensi ataupun crack karena benar benar Freeware. Berbeda dengan anti virus smadav yang dibutuhkan serial number untuk dapat menggunakan fitur Smadav Pro. Cara menggunakannya pun sangat simple sekali dan kita tidak perlu menginstalnya pada PC atau laptop kita karena bersifat portable.

Untuk lebih memudahkan proses download USB Immunizer, sudah saya persiapkan link untuk mendownload tool tersebut pada Google drive saya. Silahkan anda download melalui link dibawah ini:

 download


Bagaimana cara menggunakan USB Immunizer ini untuk dapat memproteksi USB Flashdisk anda tidak sulit. Karena seperti yang sudah saya tulis diatas, bahwa tool ini bersifat portable, yang mana anda tidak perlu melakukan penginstalan. 

Untuk dapat membuat flashdisk anda lebih kebal dari virus menggunakan USB Immunizer simak tutorialnya seperti dibawah ini:

1. Download dahulu software USB Immunizer melalui link diatas tadi

2. Colokkan dulu USB flashdisk anda kePort PC atau komputer milik anda

3. Klik dua kali pada BDUSBImmunizerLauncher Application, pada lokasi penyimpanan tool USB Immunizer yang anda download barusan

4. Setelah muncul aplikasi USB Immunizer klik saja pada icon kepala USB flashdisk yang berbackground merah (Sebagai tanda Flashdisk belum diproteksi)

software USB Immunizer

5. Pada contoh gambar diatas Flashdisk pada PC saya terdeteksi sebagai drive (K). Bila Flashdisk anda sudah terproteksi dengan dengan USB Immunizer, icon kepala USB Flashdisk akan berubah background warnanya menjadi hijau


software USB Immunizer 2

6. Cek pada direktori flashdisk anda untuk memastikan bahwa flashdisk anda sudah dalam perlindungan tool USB Immunizer dengan adanya sebuah file yang bernamana "autorun.inf_backup"

software USB Immunizer 3


Sangat mudah bukan cara menggunakan tool tersebut. Dan sekarang anda tidak perlu lagi khawatir flashdisk anda keluar masuk Port USB dengan berbeda beda PC atau Laptop. 

Bila anda melakukan metode 2 Cara Ampuh Melindungi Flashdisk Dari Virus Shortcut Tanpa Ribet ini, saya yakin flashdisk kita akan kebal terhadap jenis virus apapun.
 
Kita tidak akan tahu seberapa kuat dan cepat peningkatan Virus yang akan kita hadapi kedepannya, maka dari itu saya sarankan untuk melindungi data penting anda didalam flashdisk menggunakan dua trik diatas tadi. 

Sama halnya dengan sebuah barang, Virus juga dibuat oleh manusia yang pastinya akan terus ada dan bekembang peningkatannya dari masa ke masa.

Nah, dengan begitu sekarang data data yang berada didalam flashdisk anda akan lebih aman dan dijamin virus tidak akan dapat masuk kedalam flashdisk anda. Terapkan juga Tips dan trik ini pada flashdisk anda yang lain agar lebih terjamin keamanannya.