Teknologi PC Super Mini Seukuran Flashdisk Intel Compute Stick


Teknologi PC Super Mini Seukuran Flashdisk Intel Compute Stick
Teknologi PC Super Mini Seukuran Flashdisk Intel Compute Stick-Merupakan terbosan baru didunia komputasi yang sebenarnya sudah agak alama diluncurkan namun baru 2 tahun lalu resmi diperjual belikan
dinegara kita ini. 

Seperti pada judul diatas PC mini stick ini diciptakan oleh perusahan komputer Intel terbesar dengan spesifikasi yang tidak bisa dikatakan mini. Didalam tubuhnya yang kecil telah disematkan sumber otak yang setara dengan kotak besar(CPU)yang biasa kita lihat dimeja meja ruang kerja. 

Intel Compute Stick ini sudah terpasang memory RAM 2 GB DDR3L yang yang telah didukung dengan dapur pacu Processor Intel Atom Z3735F yang berkecepatan 1,33GHz dengan turbo hingga 1,83GHz. 

Nah, ini saya ada sedikit informasi tentang mengapa Processor Intel atom terpasang pada Komputer mini ini. Intel Atom adalah prosesor ultra low power baru dari Intel dengan kode produksi Diamondville, merupakan prosesor paling hemat energi saat ini untuk PC desktop, prosesor ini hanya membutuhkan daya sebesar 1 – 2,5 Watt atau hanya sekitar 3% dari daya yang dibutuhkan oleh Prosesor Intel Core 2 Duo (65 Watt), namun dapat memberikan kemampuan desktop PC X86 seutuhnya, untuk menggenjot fungsi multimedia.


 Intel Compute Stick
Jadi kita tidak heran bila PC sekecil itu dipadukan dengan otak Processor Inte Atom agar daya supply yang dihasilkan tidak over. Meskipun begitu tetap saja pada bodi dalamnya tetap terpasang sebuah kipas yang menempel didalamnya agar panas yang dihasilkan oleh Processor itu tetap stabil dan merata pada motherboardnya. 

Kinerja yang dihasilkan dari Komputer mini ini sudah dapat mencukupi berbagai kebutuhan pekerjaan kita. Dari editing photo, MS Office, menjalankan aplikasi browser serta bermain game cassual.

Jadi walaupun mini namun mempunyai kinerja yang yang tidak kalah dengan PC desktop. Komputer seukuran flashdisk ini mempunyai memori penyimpanan hingga 32 GB sampai 64 GB eMMC yang terpasang pada motherboard. 

Tersedia 2 Varian Operasi Sistem

Banyak keuntungan yang kita dapatkan bila mempunyai Intel Compute Stick ini, selain sudah mempunyai spesifikasi yang tinggi namun juga dapat kita bawa kemana mana dengan keluar masuk kantong. Teknologi pada zaman sekarang memang sudah semakin maju dan tidak bisa kita pungkiri dan kita hindari. 

Meskipun smartphone juga selalu menunjukan inovasi dalam dunia teknologinya, namun sebenarnya jauh sebelumnya Komputerlah yang selalu terdepan. Intel Compute Stick ini tersedia dalam dua varian yang berbeda Operasi Sistem juga spesifikasi dalam tubuhnya yang mini itu. 

Diantara 2 varian Intel Compute Stcik diantaranya yaitu:

Intel Compute Stick OS Windows: Untuk harga Intel Compute Stick yang ber OS Windows 8.1 ini ditawarkan dengan harga berkisar Rp. 1,9 jutaan dan dapat diupgrade ke Windows 10. Pada spesifikasi Intel Compute Stick Windows mempunyai penyimpanan internal 32GB eMMC Soldered Down dan dilengkapi dengan slot Micro SD /SDHC/SDXC Reader Slot. 

Pada otaknya juga sudah ditenagai dengan Processor Intel Atom Quad-core Z3735F berkecepatan 1.33Ghz. Untuk lebih lengkapnya lihat spesifikasi Intel Compute Stick dibawah
Processor
Intel Atom Z3735F (4C/4T; Base 1,33 GHz/Burst 1.83 GHz)
Memory
2 GB @1333 MHz (Single Channel)
Graphics
IGP: Intel HD Graphics “Gen7”
Storage
32 GB eMMC
Wireless
WiFi 802.11 b/g/n & Bluetooth 4.0
USB 2.0/1.1
1
USB 3.0/2.0
0
eSATA/USB Combo
0
Display Port
0
HDMI
1 (v1.4a)
DVI
0
D-Sub
0
Ethernet/RJ-45
0
Audio In/Out
0
Optical Drive
0
Operating System Support
Windows 8.1 with Bing 32-bit (Pre-Installed)
Dimensions (mm)
103.4 x 37.6 x 12.5 (Width x Depth x Height)
Power
5V, 2A Wall-Mount AC-DC Power Adapter
Sekarang kita lihat pada tabel diatas yang pertama yaitu pada tab Processor. Yang dimaksud disini adalah kecepatan dapat dinaikkan dengan turbo burzt sampai dengan 1,83 GHz. 

Secara lebih jelasnya adalah Prosesor tersebut memiliki nilai base clock speed sebesar 1,33 GHz dan dapat naik lebih tinggi lagi hingga mencapai 1,83 GHz berkat Burst Technology. 

Nilai Burst clock tersebut dapat dicapai pada saat sejumlah kondisi terpenuhi seperti temperatur, penggunaan daya, beserta jumlah penggunaan thread.

#Baca juga: Daftar Handphone Termahal Didunia Yang Bikin Jantungan# 

Intel Compute Stick OS Linux: menggunakan distro Ubuntu 14.04.2 LTS 64-bit dan Spesifikasi yang terdapat pada Intel Compute Stick yang menggunakan Operasi sistem Linux ini sayangnya lebih kecil dibandingkan dengan yang Intel Compute Stick yang berbasis Windows

Pada Memory RAM untuk yang menggunakan OS Linux hanya berkapasitas 1GB DDR3L saja dan pada memory internalnya terdapat 8GB model eMMC yang Soldered dan menempel pada motherboardnya. 

Saya pikir wajar saja sih bila sebuah perangkat PC yang berbasis Linux tidak perlu menggunakan spesifikasi yang besar, meskipun dengan spesifikasi yang agak kecil tetap saja untuk kinerjanya tetap akan lebih stabil apalagi dengan dukungan dari otak processor Intel atom Z3735F quad-core yang mempunyai kecepatan 1,33GHz dengan turbo hingga 1,83GHz. 

Sama halnya dengan Intel Compute Stick yang membedakan cuma pada Memory RAM dan Memory penyimpanannya saja. Lalu untuk harga yang ditawarkan untuk satu stick pc mini ini hanya dibandrol dengan harga kisaran Rp. 1,3jutaan. 
Processor
Intel Atom Z3735F (4C/4T; Base 1,33 GHz/Burst 1.83 GHz)
Memory
1 GB @1333 MHz (Single Channel)
Graphics
IGP: Intel HD Graphics “Gen7”
Storage
8 GB eMMC
Wireless
WiFi 802.11 b/g/n & Bluetooth 4.0
USB 2.0/1.1
1
USB 3.0/2.0
0
eSATA/USB Combo
0
Display Port
0
HDMI
1 (v1.4a)
DVI
0
D-Sub
0
Ethernet/RJ-45
0
Audio In/Out
0
Optical Drive
0
Operating System
Linux Ubuntu 14.04.2 LTS 64-bit(Pre-Installed)
Dimensions (mm)
103.4 x 37.6 x 12.5 (Width x Depth x Height)
Power
5V, 2A Wall-Mount AC-DC Power Adapter
 Intel Compute Stick 2

Dengan hadirnya Intel Compute Stick mini yang tersedia dalam dua varian tentu saja akan memudahkan kita sebagai user yang selalu bergelut dengan dunia komputasi. 

Meskipun berbeda spesifikasi pada tiap tiap OSnya, namun untuk kualitas grafis sama sama menggunakna Intel HD Graphics yang akan membuat mata kita nyaman nampak lebih alami pada gambar yang ditampilkan.

Cara pemasangan Intel Compute Stick

Bagaimana cara pengoperasian menggunakan Intel Compute Stick ini? untuk lebih detailnya alangkah lebih baik bila saya menggunakan gambar saja agar lebih mudah dipahami. 

Cara pemasangan Intel Compute Stick
Cara pemasangan Intel Compute Stick 1

Cara pemasangan Intel Compute Stick 2