-->

Cara Root Dan Pasang CWM Samsung S3 i9305 Dengan Mudah Menggunakan PC

Cara Root Dan Pasang CWM Samsung S3 i9305 Dengan Mudah Menggunakan PC-Selamat pagi siang sore dan malam saya ucapkan dan tak lupa salam sejahtera buat para pengunjung yang sedang mencari tahu cara untuk memasang CWM dan me-Root ponsel kesayangannya. 

Artikel ini saya buat khusus untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana caranya Root serta memasang CWM pada Samsung android S3 dengan seri GT-i9305. 

Buat para opreker android tentu saja tidak asing dengan yang namanya Root dan CWM, namun katakan tidak buat yang cuma tahu menggunakan smartphone android. Bisa dikatakan Root atau CWM adalah sesuatu yang tabu dan mungkin enggan untuk tahu apalagi sampai melakukan hal ini. 
Cara Root Dan Pasang CWM Samsung S3 i9305 Dengan Mudah Menggunakan PC Tapi disini kita tidak perlu membahas tentang ego dan kepribadian para pengguna ponsel android. Tentu saja tidak afdol rasanya bila Blog yang mengulas tentang Tekno berbicara tentang kepribadian orang.

Baca juga: Download Dan Cara Instal Custom Rom MIUI 7 Di Samsung S4 Korean Version (SHV-E300K, E300L, E300S) Dengan Mudah

Fungsi CWM Dan Root

Akan banyak sekali bila kita membicarakan tentang kelebihan me-Root dan memasang CWM pada ponsel android yang kita gunakan. Selain untuk mengoprek dan lain lain keuntungan memasang CWM akan saya sebutkan beberapa saja.

Diantaranya adalah, dengan memasang CWM kita akan dapat membackup file penting berupa file sistem android yang ada pada direktori sistem yang tidak dapat kita jamah sebelum bila kita belum memasang CWM pada android kita.

Keuntungan lainnya yaitu pada saat kita ingin menginstal Rom yang bukan aslinya (Stock Rom) maka kita perlu membackup file sistemnya terlebih dahulu agar pada saat mengalami kegagalan dapat dengan mudah merestore kembali menggunakan CWM.

Kelebihan lain bila smartphone android kita sudah dalam keadaan ter-Root tentu saja akan lebih mudah mengakses direktori root atau sistem pada jeroan android kita.

Selain itu dengan ponsel kita sudah Rooting maka kita dapat dengan mudah mengakali aplikasi yang berbayar menjadi gratis tanpa mengeluarkan uang sepeserpun asalkan kita tahu caranya.

Pokoknya masih banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan apabila smartphone android kita sudah dalam posisi Rooting. 

Dan kerugian yang kita dapatkan bila ponsel android kita sudah diRoot adalah, tidak dapatnya mengklaim garansi ponsel android kita bila ponsel android kita masih dalam masa garansi toko maupun pabrik.

Jadi saya rasa kerugiannya hanya satu saja menurut saya pribadi, selain itu mungkin tidak ada sama sekali.

Baca juga: Trik Memperbaiki Gagal Flash Samsung Galaxy S3 GT-I9305 MD5 Error! Binary is Invalid

Nah, sekarang kita mulai kembali ke titik point pembahasan pada artikel saya tentang bagaimana Cara Root Dan Pasang CWM Samsung S3 i9305 Dengan Mudah Menggunakan PC. 

Yang pertama kita akan mulai dari memasang CWM dulu barulah kemudian kita dapat me-Root Smasung S3 GT-i9305, karena itu adalah prosedur utama untuk dapat melakukan Rooting pada smartphone Samsung android S3 ini.

Download dan siapkan dahulu bahan bahan penting untuk Root dan pasang CWM Samsung S3 GT-i9305 dibawah ini:
  • Kabel USB data
  • Perangkat PC/Laptop
  • Aplikasi Odin3 ►Download
  • Driver USB Samsung S3 GT-i9305 ►Download
  • CWM V.6 0 dalam format Rar ►Download
  • SuperUser untuk bahan Root ►Download
Cara Memasang CWM Samsung S3

1. Download dan ekstrak file Odin3 menggunakan aplikasi Winrar. 

2. Ekstrak juga file CWM dan Driver untuk Samsung S3 GT-i9305 dan tempatkan pada folder yang mudah anda ingat

3. Instal dahulu Samsung USB driver sampai selesai

4. Matikan smartphone Samsung S3 i9305 anda lalu masuk kedalam mode download dengan cara tekan tombol kombinasi antara Tombol Volume bawah (-), Home dan Tombol Power secara bersamaan

5. Lepaskan tombol Power apabila Samsung S3 mulai bergetar sementara tombol Home dan Volume bawah masih dalam keadaan tertekan

6. Setelah itu akan ada pesan yang berisi beberapa pilihan diantaranya untuk keluar dari mode tersebut dan pilihan untuk masuk kedalam mode download Odin.

7. Tekan saja Tombol Atas untuk masuk ke dalam mode download Odin

8. Buka aplikasi Odin3 yang sudah anda ekstrak tadi dan sambungkan Samsung S3 anda kedalam Port USB PC/Laptop yang tersedia

9. aplikasi Odin3 akan mendeteksi adanya perangkat baru yang terhubung dengan PC/Laptop dengan ditandai adanya ID:COMxxx pada kotak kiri atas aplikasi Odin3

10. Pilih pada menu AP dan browse kedalam folder penyimpanan file CWM V.6 0 yang sudah anda ekstrak tadi
Odin3
11. Bila sudah siap silahkan anda pilih Start untuk memulai proses memasang CWM pada Samsung S3 GT-i9305 anda

12. Proses akan berjalan dengan cepat dan tidak seperti melakukan instal ulang firmware yang dapat memakan waktu bermenit menit bahkan berjam jam tergantung besarnya file yang anda input kedalam perangkat android

13. Smartphone android Samsung S3 anda akan restart dengan sendirinya dengan ditandai sebuah pesan Reset dengan background berwarna biru pada tab kiri atas di Odin3
Odin reset
14. Done!

Silahkan anda cek apakah CWM sudah terpasang dengan benar pada smartphone Samsung S3 anda dengan cara sebagai berikut ini:

1. Tekan tombol Volume atas, Home dan Tombol Power secara bersamaan

2. Kemudian lepaskan tombol Power pada saat Samsung S3 anda mulai bergetar sementara kedua tombol antara tombol volume atas dan tombol Home masih dalam keadaan tertekan (jangan dilepaskan)

3. Pada saat itu kita akan melihat tampilan menu recovery yang berbeda dari sebelumnya
CWM Samsung S3
Sekarang kita akan memulai bagaimana cara proses Root kedalam ponsel Samsung S3 via CWM yang sudah kita pasang tadi. 

Tapi sebelum itu copy dan pastekan file Superuser yang masih dalam format Zip kedalam direktori penyimpanan internal Samsung S3 atau dapat juga pastekan kedalam memory card (memory eksternal ponsel).

Anda dapat mengcopy file UPDATE-SuperSU-v2.00.zip menggunakan Kabel USB data yang digunakan untuk Flash CWM tadi atau dapat menggunakan USB flashdisk dan hubungkan via OTG.

Baca juga: Fix Cara Memperbaiki Samsung S3 I9305 E: failed to mount /efs (invalid argument)

Rooting Samsung S3 i9305

1. Masuk kedalam menu CWM yang dengan cara seperti yang sudah saya beri contoh diatas

2. Gunakan tombol Volume bawah dan Volume atas sebagai Navigasi atau dapat juga tekan pada menu yang anda inginkan. Karena CMW tersebut sudah mendukung layar sentuh, jadi akan lebih mudah menggunakan CWM tersebut.

3. Tekan pada menu Install Zip 

4. Bila anda menyimpan file UPDATE-SuperSU-v2.00.zip tadi kedalam memory eksternal maka pilih pada Choose zip from memory/sdcard. Sebaliknya bila anda menyimpan file UPDATE-SuperSU-v2.00.zip pada memory internal maka pilih bawahnya yaitu: Choose zip from memory/storage/sdcard1

5. Arahkan ke file UPDATE-SuperSU-v2.00 lalu pilih -Yes-Install UPDATE-SuperSU-v2.00.zip

6. Tunggu hingga proses rooting selesai hanya beberapa detik saja

7. Pilih Go back dan tekan Reboot system now bila sudah berhasil terinstal Superusernya 

8. Tamat!

Baca juga: Cara Memperbaiki Samsung J7 SM-G610F Layar Sentuh Tidak Berfungsi Setelah Update Rom Terbaru

Setelah smartphone Samsung S3 GT-i9305 anda reboot, lihat apakah sudah ada aplikasi SuperSU didalam layar menu Samsung galaxy S3 anda. Bila sudah ada, saya ucapkan selamat dan bersiaplah untuk menjadi opreker android.

Demikianlah tadi artikel tentang Cara Root Dan Pasang CWM Samsung S3 i9305 Dengan Mudah Menggunakan PC yang telah saya buat. 

Semoga artikel ini bermanfaat buat anda sekalian yang seang kesulitan memahami atau sedang belajar bagaimana cara root maupun memasang CWM pada Samsung Galaxy S3 khususnya Samsung galaxy S3 dengan tipe GT-i9305.

Tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya buat yang sudah bersedia berkunjung maupun membaca artikel diBlog ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel