Bagaimana Cara Keluar Dari Factory Mode Samsung Galaxy S3 GT-I9305

Bagaimana Cara Keluar Dari Factory Mode Samsung Galaxy S3 GT-I9305-Kembali lagi disini saya akan memposting atau share sebuah artikel yang semoga saja bermanfaat buat kalian semua para pembaca yang gemar sekali berkecimppung dalam dunia android.

Sebenarnya postingan yang saya buat ini adalah meneruskan artikel kemarin yang saya beri judul, "Fix Cara Memperbaiki Samsung S3 I9305 E: failed to mount /efs (invalid argument)". 

Dikarenakan tidak mungkin saya untuk saya membuat artikel dengan satu tema yang sama, maka saya buat secara berurutan dengan judul yang berbeda beda meskipun masih seputar ponsel yang itu itu saja.
Bagiamana Cara Keluar Dari Factory Mode Samsung Galaxy S3 GT-I9305 Pengalaman memperbaiki masalah smartphone androis Samsung SIII GT-I9305 yang masuk ke dalam Factory Mode merupakan pengalaman yang pertama kalinya saya alami.

Dengan itu, tidak ada salahnya jika disini saya share sekalian pengalaman yang saya rasakan dan juga cukup unik ini ke dalam blog Bekha Tekno ini.

Kenapa saya bilang cukup unik? Memang cukup unik buat saya dan juga sangat melelahkan tentunya. Karena bukan hanya kegagalan sekali yang alami, namun berkali kali  saya mengalami kegagalan dalam memperbaiki ponsel Samsung yang satu ini.

Bermula dari kerusakan yang saya anggap sepele menurut saya, namun ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Samsung SIII GT-I9305 tersebut berawal dari gagalnya masuk ke layar utama dan hanya mentok pada logo Samsung Flafeur saja, hingga beberapa kali melakukan kegagalan, sampai akhirnya dapat terselesaikan dengan sempurna.

Baca artikel sebelumnya: Trik Memperbaiki Gagal Flash Samsung Galaxy S3 GT-I9305 MD5 Error! Binary is Invalid

Factory Mode Samsung Galaxy

Apa yang dimaksud dengan Factory Mode pada smartphone dengan merk Samsung yang sudah terkenal ini? Factory Mode adalah fitur yang otomatis ada pada suatu Sistem OS. Android yang muncul pada saat Sistem mendeteksi adanya sebuah file .efs yang berbeda dengan jenis ponsel tersebut.

Diantaranya adalah file .efs yang hasil dari backupan smartphone android dengan seri yang sama namun mempunyai beda tipe. Hal tersebut akan memicu munculnya layar hitam yang transparan dan sesekali menutup layar menu pada tampilan Samsung android tersebut.

Pada kotak hitam yang transparan tersebut berisi dengan informasi data dan spesifikasi dari ponsel Samsung android yang memang cukup menjengkelkan sekali karena sangat menggangu pandangan mata kita.

Factory Mode dapat lenyap dengan sendirinya apa bila kita berpindah pada program aplikasi satu ke aplikasi lainnya, namun tentu saja hanya beberapa menit saja. Dan itu akan terus menerus muncul meskipun kita sudah berulang kali memformat ataupun melakukan metode hard reset smartphone kita.

Bagaimana cara Keluar Dari Factory Mode

Nah, disini saya akan membahas bagaimana cara kita menghilangkan mode tersebut agar tidak muncul lagi. Perlu diketahu juga bahwa Factory Mode ini terjadi bukan hanya pada Samsung Galaxy SIII, namun dapat terjadi juga pada Samsung Galaxy yang lain.

Dengan begitu artikel yang saya buat ini semoga saja dapat menjadi acuan bahan utama saat kita mendapati sebuah ponsel dengan merk Samsung yang berbasis Sistem Android.

Cara agar Samsung SIII GT-I9305 tersebut dapat keluar dari Factory Mode adalah dengan melakukan perubahan pada Root direktori sistem android Samsung SIII. Yaitu mengaktifkan atau meng-ON-kan kembali Factory Mode yang yang sudah dalam posisi Off.

Jadi sudah bisa dipastikan untuk dapat melakukan perubahan tersebut ialah, smartphone android Samsung SIII kita harus sudah dalam keadaan ter-Root. Dengan begitu anda akan dengan mudah menghilangkan Factory Mode pada Samsung SIII anda yang sudah terlanjur terjebak pada fase tersebut.

Untuk dapat me-Root Samsung SIII dengan tipe GT-i9305 saya rasa cukup mudah karena masih menggunakan aplikasi Odin3, jadi kalau yang terbiasa menggunakan Odin pasti tidak akan mengalami kesulitan sama sekali.

Namun sebelum Rooting, Samsung SIII kita harus sudah terpasang CWM, karena sudah menjadi kewajiban untuk dapat memasukkan Super User kedalam Sistem android Samsung SIII GT-I9305. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda baca tutorial dibawah ini.

Baca artikel tentang: Cara Root Dan Pasang CWM Samsung S3 i9305 Dengan Mudah Menggunakan PC

Sekarang mari kita mulai saja pembahasan tentang bagaimana cara smartphone android Samsung kita yang sudah terlanjur masuk ke Factory mode dapat keluar? 

Disini saya asumsikan dulu bahwa Samsung SIII anda sudah dalam posisi ter-Root, bagi yang belum Root silahkan melakukan Root dulu pada artikel yang sudah saya kasih link diatas tadi.

1. Download dulu aplikasi Root Eksplorer diGoogle play melalui Samsung SIII anda atau dapat juga melalui link ini ►Download Root Eksplorer

2. Setelah terinstal silahkan anda buka aplikasi Root eksplorernya

3. Bila baru pertama kali anda membuka aplikasi Root Eksplorer, maka Superuser akan otomatis permintaan izin akses. Pilih saja pada menu Grant, seperti gambar dibawah ini:
Request super user
4. Kemudian tekan pada file efs
efs
5. Setelah terbuka file tersebut, maka akan terbuka tab baru lagi. Kemudian pilih pada FactoryApp dan tekan
FactoryApp
6. Tekan lagi pada file Factorymode untuk membuka file tersebut
Factorymode
7. Ditab selanjutnya anda akan dihadapkan pada pilihan menu aplikasi apa yang anda inginkan untuk membuka file Factorymode. Tekan saja pada Text Editor untuk membuka dan mengedit file tersebut didalamnya
Text Editor
7. Akan terbuka sebuah halaman Text yang yang berisikan sebuah kalimat dengan tulisan OFF. Rubah kata OFF menjadi ON dengan mengetik pada keyboard yang disediakan. Lihat gambar:
factory mode On Off
8. Bila sudah dirubah silahkan anda simpan perubahan tersebut dengan cara menekan tombol Back atau tombol kembali pada Samsung SIII anda. Seketika akan ada notifikasi pesan yang menyuruh kita untuk memilih perubahan tersebut. Tekan saja Yes untuk menyimpan file yang sudah kita rubah
Yes
9. Setelah itu silahkan anda matikan Samsung SIII GT-I9305 anda dengan cara menekan tombol power, karena dalam masa Factory Mode Samsung SIII ini tidak ada pilihan untuk restart.

10. Selesai.

Baca juga: Sukses Cara Flash Samsung J7 Prime SM-G610F Marshmallow 6.0.1 Via Odin Terbaru

Bila Samsung SIII GT-I9305 anda baru saja diFlash ulang, maka pada booting pertama kali kita akan dihadapkan pada settingan awal android seperti awal beli meskipun dalam mode factory.

Sampai disitu saya ucapkan beribu ribu Syukur kehadirat Allah SWT. yang sudah memberikan saya petunjuk memperbaiki Samsung SIII GT-I9305 sampai berhasil. Karena tanpa restuNYA tidak akan mungkin berhasil meskipun dengan berbagai cara yang sudah kita lakukan. 

Demikian tadi ulasan tentang bagaimana caranya agar Samsung S3 yang sudah terjebak dalam Mode Factory dapat keluar dari mode tersebut dan dapat digunakan kembali dengan normal seperti biasanya.

Terima kasih tidak lupa saya ucapkan buaat yang sudah berkenan hadir mengunjungi blog yang sangat sederhana sekali ini. Saya ucapkan selamat bagi yang sudah berhasil menghilangkan Mode Factory pada smartphone android Samsung S3 dengan mengikuti cara yang sudah saya kupas diatas.

Saya rasa metode diatas juga berlaku juga untuk smartphone dengan merk Samsung lainnya meskipun berbeda seri maupun tipe, asalkan masalahnya hanya pada file efsnya saja. Terima kasih..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel