Google Luncurkan OS Android 12 Beta Dengan Fitur Terbaru

Google kabarnya akan merilis Android 12 tahap awal versi beta dan Developer Preview pada akhir bulan ini sehingga tampilan dan fitur-fitur baru dari sistem operasi itu bakal diketahui dengan lebih jelas dalam waktu dekat.

Menjelang rilis stabil, Google membagikan dokumentasi dan kode sumber dengan mitra utamanya untuk memberi mereka waktu untuk mempersiapkan rilis. 

Android 12 beta, android 12, android terbaru, versi 12, android versi baru

Hari ini, dugaan draf awal dokumen yang dibuat Google untuk merangkum perubahan di Android 12 bocor secara online, dan tangkapan layar yang menampilkan UI baru dan perubahan fungsional diekstraksi dari dokumen tersebut. 

Meskipun kami tidak dapat sepenuhnya memastikan keaslian tangkapan layar ini, kami telah melihat bukti bahwa dokumen yang dipermasalahkan adalah nyata, dan lebih jauh lagi bahwa tangkapan layar ini memang berasal dari dokumen tersebut. Dengan mengingat hal itu, inilah yang kami lihat sekarang.

Salah satu tangkapan layar Android 12 yang diduga menampilkan UI panel notifikasi baru. Transparansi hilang dan diganti dengan latar belakang krem ​​terang buram, meskipun warnanya mungkin tergantung pada tema saat ini dan / atau apakah Mode Gelap diaktifkan atau tidak. 

Pemisahan antara bagian "percakapan" dengan notifikasi lainnya masih ada, dan sudut membulat dari setiap notifikasi sekarang lebih terlihat. 

Jumlah ubin Pengaturan Cepat yang ditampilkan saat panel notifikasi diperluas sebagian telah dikurangi dari 6 menjadi 4, menyebabkan setiap ikon menjadi lebih besar. Posisi tanggal dan jam telah ditukar, sementara ada juga indikator privasi baru di pojok kanan atas.

Bocoran Fitur Android 12

Dikutip dari Android Central, baru-baru ini tim teknik Android mengadakan AMA (tanya apapun padaku) di Reddit. AMA dibuat untuk menjawab semua pertanyaan teknis seputar pembaruan Android. 

Tim Android memang tidak mengungkapkan informasi baru soal Android 11. Tapi mereka justru menawarkan beberapa info soal versi dan fitur Android masa depan (Android 12).

Android 12 disinyalir akan membawa beberapa fitur-fitur anyar seperti fitur auto-rotate baru, mode gaming bawaan, serta toggle pengaturan cepat untuk mengurangi kecerahan layar smartphone. 

Sebagaimana dihimpun dari GSM Arena, fitur auto-rotate baru ini kabarnya akan mengandalkan kamera depan perangkat pengguna untuk mendeteksi aktivitas pengguna saat beralih dari mode vertikal ke horizontal. 

Saat ini, fitur rotasi otomatis masih mengandakan data gabungan dari sensor akselerometer dan giroskop ponsel. Data dari dua sensor ini disebut kurang akurat ketika mendeteksi mode yang sedang digunakan pengguna. 

Sistem backup cloud Google memang terlihat baik-baik saja. Walau begitu, tim Android mengatakan kalau masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan. Terutama untuk pengguna yang punya banyak perangkat.

Di Android 12, pengguna Android bisa menelusuri detail perangkat mana yang mereka cadangkan. Pengguna juga bisa mencari perangkat sesuai urutan terbaru, dan masih banyak lagi.

Kemudian ada pula fitur GameManager. Dengan fitur ini pengguna dapat mengatur tingkat kecerahan, suara, hingga adanya mode "dont disturb". Fitur ini kemungkinan akan dapat menyala secara otomatis ketika pengguna mulai menjalankan game.

Selain itu Android 12 Beta terbaru kabarnya juga akan menampilkan tombol toggle untuk mengurangi kecerahan layar ponsel dengan kapasitas tertentu yang telah disediakan. Tujuannya sebagai cara pintas menyesuaikan kecerahan layar ponsel.

Launcher / peluncur pihak ketiga adalah cara terbaik untuk menyesuaikan ponsel Android. Sayangnya di Android 10, peluncur pihak ketiga dirasa kurang hebat. Terutama saat dipakai bersama gesture navigasi.

Tim Android mengungkapkan bahwa mereka telah membuat beberapa peningkatan di Android 11. Tim juga bakal meningkatkan lagi performa dan tampilan launcher pihak ketiga di Android masa depan. 

Tampilan OS Android 12 Beta

Awalnya, fitur scrolling screenshot dirumorkan bakal ada di Android 11. Tapi rumor ini terbantahkan saat Google mengatakan kalau mereka masih mengembangkan fitur tersebut.

Tim Android mengatakan kalau mereka ingin membuat fitur scrolling screenshot bisa disambungkan ke aplikasi apapun. Tim juga mengatakan, kerangka kerja fitur ini sudah bisa dilihat di sumber AOSP.

Sebenarnya tidak perlu menunggu lama untuk merasakan fitur ini. Karena perusahaan seperti Samsung dan OnePlus telah menawarkan fitur ini selama bertahun-tahun. Tapi siapa tahu Google ingin menyajikan hal yang berbeda.

Warna status bar di sisi atas yang memuat jam, indikator sinyal, dan baterai tampak lebih sederhana, yaitu hanya menampilkan satu warna solid. Letaknya pun diubah, posisi jam kini berada di sisi pojok kiri atas, bukan di kanan atas seperti sebelumnya.

Uniknya lagi, Android 12 bisa menampilkan indikator privasi baru berupa ikon kamera dan mikrofon. Pengguna pun akan diingatkan setiap kali ada aplikasi yang akan memakai kamera atau mikrofon di perangkat.

Dari bocoran gambar terlihat bahwa (UI) Android 12 didesain lebih simple dengan perpaduan warna solid. Menariknya, ada widget baru yang akan menampilkan isi obrolan dan notifikasi lain dari lawan bicara di aplikasi perpesanan. 
Android 12 beta, android 12, android terbaru, versi 12, android versi baru
Selain di menu pull-down notifikasi, isi percakapan juga dapat ditampilkan di home screen melalui widget tersebut. Area notifikasi sendiri kini tak lagi transparan, diganti warna beige solid, tapi ini mungkin nantinya bisa berubah tergantung themes atau dark mode.

Warna status bar di sisi atas yang memuat jam, indikator sinyal, dan baterai tampak lebih sederhana, yaitu hanya menampilkan satu warna solid. Letaknya pun diubah, posisi jam kini berada di sisi pojok kiri atas, bukan di kanan atas seperti sebelumnya. 

Uniknya lagi, Android 12 bisa menampilkan indikator privasi baru berupa ikon kamera dan mikrofon. Pengguna pun akan diingatkan setiap kali ada aplikasi yang akan memakai kamera atau mikrofon di perangkat.

Jadwal Rilis Android 12 Beta

Untuk informasi kapan pastinya akan diluncurkan OS Android 12 pada tahun 2021 ini, kabarnya 
mengutip dari PhoneArena.com, Android 12 dikabarkan rilis pada tanggal 2 September 2021 mendatang. Sementara itu versi developer preview dari Android 12 telah tersedia sejak 17 Februari lalu.

Versi developer preview ini bakal terus dikembangkan hingga versi finalnya rilis kelak. Jadi kita belum bisa mengetahui apakah fitur-fitur serta tampilan yang kita lihat saat ini bakal mengalami perubahan nantinya.

Meskipun Android 12 telah diumumkan, belum tentu produsen smartphone bakal langsung merilis OS tersebut ke ponsel rilisannya. Produsen smartphone setidaknya membutuhkan waktu untuk mengembangkan Android 12 menyesuaikan smartphone rilisannya.

Berikut jadwal perilisan Android 12 untuk beberapa merek HP Android:
  • Samsung: Oktober versi beta, Desember 2021 versi stabil
  • LG: mulai Januari 2022
  • OnePlus: September versi beta, Oktober 2021 versi stabil
  • Motorola: September versi beta, Januari 2022 versi stabil
  • Nokia: mulai Oktober 2021
  • Oppo, vivo, Realme: Q4 (Kuartal 4) 2021
  • Sony: Desember 2021
Masih cukup lama ternyata untuk menikmati Android 12, setidaknya kita harus menunggu sampai akhir tahun. Meski demikian, Google pastinya bakal membawa Android 12 untuk pertama kalinya di ponsel rilisannya, yakni Google Pixel.

0 Response to "Google Luncurkan OS Android 12 Beta Dengan Fitur Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel