-->

Flash Samsung Galaxy Grand Prime 4G VE SM-G531Y,G531H,G531F Softbrick

Cara Flash Samsung Galaxy Grand Prime 4G VE SM-G531Y, G531H, G531F Softbrick Via Odin3 - Berawal dari rencana unlock FRP akun Google Samsung Galaxy Prime Value Edition dengan seri G531Y menggunakan tool Frp HiJacker by Hagard yang sudah pernah saya posting pada artikel dengan judul "Tutorial Unlock Frp Akun Google Android Samsung All Tipe Terbaru 2018".

Setelah saya pahami secara detail ternyata tool Frp Hijacker by Hagard tersebut hanya dapat diberlakukan untuk smartphone samsung yang terpasang Chipset Qualcomm dan Exynos saja. Sedangkan untuk Samsung Galaxy Grand Prime Value Edition dengan serial SM-G531Y ini mempunyai Chipset Marvel. 

Sudah dapat dipastikan dengan menggunakan tool Frp Hijacker by Hagard tidak mungkin akan tembus... Alhasil Samsung Galaxy Prime VE G531y tersebut pun saya cabut dengan paksa dikarenakan tool Frp Hijacker by hagard tidak meresponds sama sekali ketika sedang berlangsung me-Remove Frp akun google dari Samsung Galaxy Prime tadi.
Flash Samsung Galaxy Grand Prime 4G VE,SM-G531Y,G531H,G531F,Softbrick Karena saya cabut dengan paksa maka hasilnya adalah, Galaxy Prime VE G531Y tersebut mengalami softbrick yang hanya dapat dinormalisasikan dengan tool Odin dan samsung Kies saja. 

Ada juga beberapa tool yang dapat membuat smartphone Samsung kembali normal apabila mengalami Softbrick, namun untuk tool yang paling sering digunakan adalah Odin sendiri.

Baca juga: Cara Flash Samsung A7 ( A700F, A710FD, A720F, A720S) Via Odin 2020 100% Sukses!

Flash Smartphone Samsung Menggunakan Odin

Maka dari itu disini saya akan memberikan sebuah tutorial tentang bagaimana cara memperbaiki samsung galaxy prime VE SM-G531Y yang mengalami softbrick dengan menggunakan tool Odin3. 

Kemudian mengenai judul artikel diatas "Cara Flash Samsung Galaxy Grand Prime 4G VE SM-G531Y, G531H, G531F Softbrick Via Odin3", kenapa saya sertakan samsung galaxy prime seri lainnya (VE SM-G531H dan VE SM-G531F) itu dikarenakan untuk tutorial flashing tidak jauh berbeda dengan samsung lainnya.

Yang membedakan adalah firmware dari masing masing tipe dan jenis smartphone Samsung android yang beredar dipasaran. Jadi silahkan anda download firmware sesuai dengan tipe masing masing samsung galaxy prime anda.

Adapun flash dengan menggunakan Odin bukan hanya untuk memperbaiki smartphone samsung yang mengalami kerusakan seperti Softbrick saja, melainkan dapat juga memperbaiki smartphone samsung yang mengalami Crash atau gagal booting dan penyakit software lainnya.

Selain untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh software, dengan menggunakan tool odin juga dapat meng-Upgrade Operasi Sistem Android ke yang lebih tinggi dari sebelumnya. Bukan hanya itu saja, tool odin ini dapat dipakai untuk memasang Cwm recovery TWRP buat yang suka mengopreck androidnya.

Baca juga: Cara Bypass FRP Akun Google Samsung Galaxy Grand Prime VE (Value Edtion) SM-G531Y Tested!

Untuk kasus seperti yang sedang saya alami disini yaitu softbrick pada smartphone samsung Galaxy Prime Value Edition SM-G531Y akan saya perbaiki juga dengan menggunakan Odin 3.9. 

Untuk cara caranya dapat anda ikuti pada langkah langkah dibawah ini. Yang pertama tentu persiapkan dahulu bahan bahan yang harus ada sebagai prosedur untuk melakukan Flash pada Android Samsung.

Bahan bahan:

1. PC/Laptop

2. Kabel data USB Android yang bagus tentunya

3. Driver untuk smartphone samsung ►Download Driver Samsung

4. Tool Odin3 ►Download Odin3

5. Firmware Samsung Galaxy Grand Prime VE SM-G531Y ►VE SM-G531Y | VE SM-G531H | VE SM-G531F

Langkah Langkah:

1. Ekstraks dahulu semua file yang sudah anda download tadi menggunakan Winrar atau Winzip. 

2. Instal terlebih dahulu driver samsung sampai selesai

3. Matikan Samsung Galaxy Grand Prime Value Edition SM-G531Y, G531F, G531H milik anda bila masih dalam keadaan hidup.

4. Masuk ke download mode odin dengan cara tekan tombol kombinasi yaitu tombol Volume Atas, Home dan tombol Power secara bersamaan dan lepaskan tombol power pada saat ponsel bergetar.

5. Kemudian tekan sekali tombol Volume Atas untuk masuk ke Download mode Odin dan hubungkan smartphone samsung galaxy prime anda ke port PC/Laptop menggunakan kabel USB data yang sudah anda persiapkan sebelumnya.

6. Buka tool odin3.exe yang tadi anda download dengan cara klik kanan lalu pilih Run as adiministrator.

7. Pastikan pada tool odin menampilkan ada sebuah perangkat yang terhubung yang terlihat pada tab kiri atas pada ID:COM seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Flash Samsung Galaxy Grand Prime 4G VE,SM-G531Y,G531H,G531F,Softbrick
8. Langkah selanjutnya klik pada menu AP lalu browse ke file firmware yang berformat .tar dengan asumsi sudah anda ekstraks sebelumnya menggunakan winrar.

9. Tunggu hingga tool odin3 tidak hang setelah proses pemuatan firmware tadi. Kemudian tekan Start untuk memulai Flash bila sudah.
Flash Samsung Galaxy Grand Prime 4G VE,SM-G531Y,G531H,G531F,Softbrick
10. Proses flashing akan berjalan secara otomatis dan jangan melakukan apapun pada saat proses flashing berlangsung.
Flash Samsung Galaxy Grand Prime 4G VE,SM-G531Y,G531H,G531F,Softbrick
11. Setelah tool Odin menampilkan pesan Reset dengan backgroud berwarna biru dan samsung galaxy grand prime anda restart dengan sendirinya, berarti proses flashing telah berhasil.
Flash Samsung Galaxy Grand Prime 4G VE,SM-G531Y,G531H,G531F,Softbrick
12. Tunggu hingga Odin3 menampilkan status pesan Pass pada tab kiri atas dengan background berwarna hijau, dengan begitu anda dapat mencabut kabel data USB pada plug in samsung android galaxy prime atau pada port PC/Laptop.
Flash Samsung Galaxy Grand Prime 4G VE,SM-G531Y,G531H,G531F,Softbrick
13. Selesai.

Baca juga: Sukses Cara Flash Samsung J7 Prime SM-G610F Marshmallow 6.0.1 Via Odin Terbaru

Silahkan anda setting dari awal kembali sesuai dengan lokasi dan bahasa yang anda tempati dan jangan lupa masukkan Akun Google yang sebelumnya sudah login ke Samsung Galaxy Prime VE SM-G531Y, G531H atau G531F milik anda.

Demikian tadi artikel tentang Seputar Android yang sudah saya posting disini dan semoga saja apa yang telah saya tulis dapat bermanfaat anda semua. Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih buat yang sudah berkenan mampir ke blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel