Sukses! Cara Flashing Sony Xperia Z1 Docomo (SO-01F) Via Flashtool Dengan Firmware Sony Xperia Z1 (C6903)

Sukses! Cara Flashing Sony Xperia Z1 Docomo (SO-01F) Via Flashtool Dengan Firmware Sony Xperia Z1 (C6903)
Sukses! Cara Flashing Sony Xperia Z1 Docomo (SO-01F) Via FlashTool Dengan Firmware Sony Xperia Z1 (C6903)-Kembali lagi admin akan membagikan sebuah artikel yang masih seputar smartphone android. 

Kali ini yang akan saya bahas didalam artikel ini adalah smartphone dengan Xperia Z1 Docomo made in Jepang ya kawan, bukan yang global. Tapi saya rasa banyak kok yang sudah tahu tentang Sony Xperia Z1 Docomo ini.

Sony Xperia Z1 yang akan saya flshing ini banyak sekali menu yang sama sekali tidak penting buat saya, jadi akan saya lakukan perubahan pada layar menu tersebut agar enak dipandang mata. Untuk itulah saya install ulang smartphone tersebut dengan firmware smartphone sejenis namun beda versi.

Saya akan menggunakan firmware android V.5.1.1 Lollipop dari Sony Xperia Z1 dengan tipe C6903  yang sudah saya persiapkan dari awal dan memang tampilan menu dari Xperia tersebut enak dan nyaman dipandang mata. 

Untuk firmware bawaan dari Zony Xperia Z1 Docomo yang saya dapat masih menggunakan Rom bawaan yaitu masih di Android dengan versi 4.5 Jelly bean yang meskipun dapat diupgrade ke Lollipop versi .5.1, tapi saya memilih ke Flashing dengan seperti ini.

Xperia Z1 Docomo yang saya terima ini mempuyai spesifikasi yang cukup tinggi saya akui, dibanding dengan Zony Xperia yang global atau yang ada diIndonesia. Dengan layar yang cukup mantap dalam genggaman yaitu mempunyai ukuran sekitar 5 inc yang memang sudah menjadi trend sekarang ini.

Pada segi kamera Sony Xperia Z1 Docomo ini mempunyai kamera utama dengan pixel sebesar 20MP. Sementara untuk kamera depannya, smartphone produsen Sony ini memberikan kemampuan jepretannya dengan kejernihan sebesar 2MP saja.

Berpindah kejeroan Xperia Z1 Docomo tepatnya pada segi memory penyimpanan, untuk memory penyimpanan yang diberikan untuk Sony Xperia Z1 Docomo ini memang cukup besar yakni mempunyai kapasitas dengan ukuran ruang sebesar 32GB. 

Lalu untuk memory RAM dari Sony Xperia Z1 ini tentu saja juga sudah terup to date, dengan memory RAM sebesar 2GB tentu saja akan membuat Sony XPeria Z1 Docomo ini akan semakin kencang dalam menjalankan aplikasi sistemnya.

#Baca juga: Tutorial Terlengkap Root dan pasang TWRP Sony Xperia Z1 SO-01f Docomo Menggunakan Kingo Root Sampai Sukses#

Itulah sedikit informasi tentang spesifikasi yang diusung oleh Sony Xperia Z1 dengan tipe Docomo ini. Sekarang mari kita mulai saja ke inti dari artikel yang sedang saya buat ini, yaitu bagaimana caranya menginstal ulang smartphone Sony Xperia Z1 Docomo dengan menggunakan Flashtool.

Cara Flashing Sony Xperia Docomo Menggunakan Flashtool

Flashtool adalah sebuah aplikasi alat flashing yang khusus untuk smartphone dengan tipe Xperia yang memang sudah terbukti ampuh dan tidak sudah tidak diragukan lagi kemampuannya untuk menginstal ataupun mengoprek sistem dari smartphone Xperian tersebut.

Anda dapat memilikinya nanti dengan mendownload toolnya pada link yang nanti akan saya sediakan pada langkah langkah flashing Sony Xperia Z1 Docomo. 

Namun sebelum kita menuju ke tutorial langkah langkahnya, tentu saja sebelumnya mari kita siapkan dahulu beberapa bahan dan juga alat untuk flashing smartphone Sony Xperia Z1 Docomo ini.

Bahan Bahan Flashing:
  • Kabel data USB Sony atau smartphone dengan merk lain juga bisa yang penting dapat terhubung ke PC/Laptop dengan baik
  • Firmware untuk Sony Xperia Z1 C9603 V. 5.1.1 (Lollipop) >Download<

Langkah Langkah Flashing:

Setelah semua bahan yang saya tulis diatas sudah anda persiapkan, selanjutnya mari kita melangkah ke step berikutnya. Yang pertama anda lakukan adalah sebagai berikut ini:

1. Ekstrak file aplikasi Flashtool hasil download tadi yang masih berformat Rar menggunakan aplikasi Winrar atau aplikasi Winzip. Download Winrar disini >Winrar<. Untuk download Winzip disini >Winzip<.

2. Instal dahulu aplikasi Flashtoolnya sampai selesai.

3. Setelah anda selesai menginstal Flashtool, silahkan anda buka dahulu folder penginstalan aplikasi Flashtool tersebut yaitu di C:\Flashtool, untuk kita menginstal driver Sony Xperia Z1 Docomo selanjutnya.

4. Setelah anda menemukan folder hasil penginstalan aplikasi Flashtool yang saya instruksikan diatas, buka folder yang bernama drivers dan klik dua kali dengan mouse untuk menginstal drivernya.

5. Ikuti setiap wizard dari penginstalan driver tersebut dan centang pada Flashmode serta fastboot serta tipe android Sony yang akan kita flash bila diperlukan suatu waktu nanti.
Sukses! Cara Flashing Sony Xperia Z1 Docomo (SO-01F) Via Flashtool Dengan Firmware Sony Xperia Z1 (C6903)
6. Kemudian pada step selanjutnya setelah anda selesai menginstal driver untuk flashing Sony Xperia Z1 Docomo, ekstraks firmware Sony Z1 C6903 yang anda download tadi apabila berformat Rar atau Zip.

7. Untuk selanjutnya persiapkan dahulu kabel data USBnya lalu buka aplikasi Flashtool melalui Star/All program/Flashtool dan tunggu sampai proses sinkron selesai.
Sukses! Cara Flashing Sony Xperia Z1 Docomo (SO-01F) Via Flashtool Dengan Firmware Sony Xperia Z1 (C6903)

8. Setelah terbuka klik pada menu yang bertanda petir untuk memulai flashing Sony Xperia Z1 Docomo S0-01f.
Sukses! Cara Flashing Sony Xperia Z1 Docomo (SO-01F) Via Flashtool Dengan Firmware Sony Xperia Z1 (C6903)

9. Anda akan dihadapkan pada notifikasi untuk memilih apakah akan menggunakan Flash mode atau fastboot mode, pilih saja Flash mode dan klik OK.
Sukses! Cara Flashing Sony Xperia Z1 Docomo (SO-01F) Via Flashtool Dengan Firmware Sony Xperia Z1 (C6903)

10. Pada tahap selanjutnya silahkan anda masukkan firmware Sony Xperia Z1 C6903 yang anda simpan didalam folder Disk penyimpanan PC/Laptop yang anda gunakan. Atau ikuti saja seperti pada gambar dabwah ini.
Sukses! Cara Flashing Sony Xperia Z1 Docomo (SO-01F) Via Flashtool Dengan Firmware Sony Xperia Z1 (C6903)

11. Setelah siap, klik Flash untuk memulai proses flashing SonyXperia Z1 Docomo SO-01f.

12. Matikan smartphone Sony Xperia Z1 Docomo anda lalu tekan tombol Volume down sambil tancapkan kabel USB data ke port plugin Zony Z1 Docomo atau ikuti intruksi yang ditunjukan oleh flashtool dilayar PC/Laptop yang anda gunakan untuk lebih jelasnya.
Sukses! Cara Flashing Sony Xperia Z1 Docomo (SO-01F) Via Flashtool Dengan Firmware Sony Xperia Z1 (C6903)

13. Sementara proses flashing berjalan, anda dapat membaca baca artikel saya yang lain: Trik Memperbaiki Gagal Flash Semua Sony Xperia Via Online.

14. Silahkan anda cabut smartphone Sony Xperia Z1 Docomo dari kabel USB data yang anda gunakan sebagai media flashing setelah anda melihat tulisan seperti dibawah ini didalam Flashtool.

15. Done!

Demikian tadi tutorial tentang bagaimana cara flashing Sony Xperia Z1 Docomo SO-01f via Flashtool dengan firmware dari Sony Xperia Z1 C6903. Saya ucapkan selamat dan sukses buat yang sudah berhasil melakukan tutorial diatas.

Tapi buat saya ini ternyata belum berhasil dengan sempurna, bias dikatakan tidak berhasil dengan sempurna sama sekali. Apa itu??

Ternyata setelah saya berhasil masuk ke dalam menu layar Zony Xperia Z1 Docomo yang saya install menggunakan Firmware android dengan versi 5.1.1 Lollipop Sony Xperia Z1 C6903 ini ternyata berkurang memory internalnya. 

Yang sebelumnya adalah 32GB sekarang menjadi 16GB saja. Tentu saja saya merasa tidak puas sama sekali donk!

Berbagai cara pun saya googling untuk mengatasi masalah tersebut dan mengembalikan kembali kapasitas memory bawaanya yang sebesar 32GB tersebut. 

Dan Alhamdulillah saya berhasil memperbaiki kesalahan yang terjadi dan segera dapat diperbaiki kembali ke kapasitas penyimpanan yang sebesar 32GB, tanpa kembali ke Rom asalnya, yakni masih tetap diRom Sony Xperia Z1 Docomo SO-01f.

Bagaimana cara untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi pada saat pengeflashan Sony Xperia Z1 Docomo dengan firmware dari Zony Xperia Z1 C6903? Yang ternyata mengurangi kuota penyimpanan internal dari smartphone tersebut setelah kita flashing. 

Simak caranya lewat artikel yang akan saya tuliskan diblog Bekha Tekno ini untuk anda dengan judul: Cara Mengembalikan Kapasitas Memory Internal Zony Xperia Docomo SO-01F Dari 16GB Menjadi 32GB.

Dengan sangat rendah hati saya memohon maaf yang sebesar besarnya bilamana ada kalimat atau ucapan yang saya tulis lewat artikel ini, yang sekiranya salah ataupun menyinggung perasaan anda. 

Dan tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih buat pada pembaca yang sudi dan berkenan mampir ke blog yang saya buat hanya untuk pembelajaran dan sharing ilmu saja.