Tutorial Flashing Dan Cara Downgrade Oppo A37f Tanpa Ribet!

Tutorial Flashing Dan Cara Downgrade Oppo A37f Tanpa Ribet!

Assalamu'alaikum Wr.Wb-Pada kesempatan kali ini, saya mencoba untuk memposting sebuah artikel yang mungkin agak jadul buat para pembaca online. Namun dikarenakan blog ini adalah blog yang tidak ada matinya maka tentu bukan hal yang aneh kalau postingan yang sudah cukup jadul baru saya hadirkan kali ini.

Kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana caranya Flashing smartphone Oppo A37f ataupun downgrade dengan menggunakan PC dan tentu saja sebuah Tool sebagai alat flash smartphone Oppo A37f ini.

Kenapa saya beri tambahan judul "Downgrade", karena pada dasarnya postingan ini ditujukan untuk downgrade firmware Oppo A37f yang sudah terlanjur menggunakan Room terbaru. Yaitu pada saat saya mengalami kesulitan melakukan Root Oppo A37f tersebut, yang pada akhirnya barulah berhasil setelah saya downgrade dengan Room bawaan Oppo A37 tersebut.

#Baca juga: Tutorial Terbaru Root Oppo A37f Terbukti Berhasil 100% Menggunakan Kingo ROOT PC#

Perlu untuk diketahui juga bahwa untuk melakukan Root pada smartphone Oppo A37f ini, tidak akan membuahkan hasil yang menggembirakan sama sekali apabila Oppo A37f belum kita downgrade. Maka dari itu, untuk anda yang sedang kesulitan menemukan tentang bagaimana cara Downgrade Oppo A37f, akan saya kupas tuntas disini.

Flashing (Instal Ulang Android)

Pengertian tentang apa itu Flashing pada smartphone android sebenarnya sama saja dengan istilah pada dunia komputasi yakni Instal ulang. Yang berarti menginput data sistem yang yang dikarenakan sudah rusak,corrupt ataupun alasan lainnya menjadi segar kembali. 

Selain daripada instal ulang pada handphone android, untuk memperbaiki sistem yang rusak pada android juga dapat kita atasi dengan cara Hardtreset dan juga Softreset dalam bahasa dunia Android

Untuk melakukan Hardreset pada smartphone android tentu saja dapat kita lakukan selama handphone android tersebut masih dalam keadaan hidup meskipun hanya bergetar saja. Dengan begitu kita masih dapat melakukan Hardreset untuk mengetahui kerusakan yang sebenarnya, apakah dari hardware atau dari Software itu sendiri.

Sedangkan untuk melakukan softreset dapat kita lakukan dengan mudah saja, yaitu pada saat kondisi handphone android dalam keadaan normal, namun sering kali sistem android menunjukan sesuatu yang janggal atau tidak biasa.

Misalkan saja smartphone android yang kita pakai sudah mulai lelet atau rusak pada aplikasi tertentu yang menyebabkan tidak bisa dibukanya suatu aplikasi didalam sistem android.

Maka cukup dengan melakukan softreset saja, smartphone android kita akan menjadi normal kembali seperti sedia kala tanpa melakukan hardreset ataupun instal ulang pada android kita. 

Cukup simple saja sebenarnya untuk memperbaiki keadaan sebuah smartphone android yang rusak bilamana anda mengalami kerusakan yang sudah saya sebutkan diatas tadi dengan cara seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Kemudian pada kasus Oppo A37f yang terjadi disini adalah tidak dapat saya Root dikarenakan sudah menggunakan Firmware terbaru untuk Oppo A37 yang mengharuskan untuk flash ulang firmware dengan firmware yang lama (Bawaan).

#Baca juga: Solusi Cara Mengatasi Oppo A37f Hanya Getar Setelah Flashing#

Dikarenakan itu sudah wajib harus downgrade, maka sekalian saja saya jabarkan disini tutorialnya bagaimana cara flashing Oppo A37f agar dapat diRoot sesuai dengan keinginan user itu sendiri.

Bahan Flash Oppo A37f

  • PC Komputer atau Laptop yang berbasis Windows 7 keatas
  • Kabel USB Data untuk menghubungkan Smartphone Oppo A37f anda dengan PC atau Laptop yang akan anda gunakan
  • Driver untuk Oppo A37f >Download<
  • Firmware Oppo A37f >Donwload<
Cara Flashing 

1. Download dan ekstrak kedua bahan yang sudah saya sediakan diatas tadi menggunakan Winrar. >Download Winrar

2. Instal terlebih dahulu driver untuk Oppo A37f sampai selesai.

3. Matikan Smartphone Oppo A37f apabila masih dalam keadaan normal atau masih dalam kondisi ON. Abaikan bila Smartphone Oppo A37f anda dalam keadaan Off.

4. Sambungkan Kabel data USB dari Smartphone Oppo A37f ke PC atau laptop sembari menekan tombol Volume + dan Volume - sampai PC atau laptop anda mendeteksi akan adanya Device (Perangkat) baru yang telah terkoneksi.

driver baru

5. Coba untuk mengetahui apakah antara Smartphone Oppo A37f dengan PC/Laptop anda sudah terhubung dengan baik melalui driver yang sudah anda instal tadi dengan cara cek pada Device manager maka akan tampak seperti pada gambar dibawah ini:

device manager
6. Cara untuk masuk ke dalam Device manager dapat anda lakukan dengan cara klik kanan pada icon Computer lalu pilih Properties dan klik pada Device manager. Bila smartphone Oppo A37f anda sudah terhubung dengan baik maka anda akan menpadapati sebuah driver baru yang terhubung dengan nama Qualcomm HS-USB QDloader 9008 (Comxx.)

7. Apabila belum mendapati driver dengan yang sudah saya sebutkan diatas, sebaiknya ulangi lagi penginstalan driver Oppo A37f, namun bila sudah terkoneksi dengan baik maka lanjut ke step berikutnya.

8. Buka folder hasil ekstrak Firmware Oppo A37f dan klik dua kali pada Msm8x39DownloadTool.exe yang berfungsi sebagai tool untuk media flashing Oppo A37f tersebut.

Folder firmware oppo a37f

9. Setelah Msm8x39DownloadTool.exe terbuka, silahkan anda pilih Start untuk memulai proses flashing.


Msm8x39DownloadTool.exeMsm8x39DownloadTool.exe
10. Apabila proses flashing telah selesai, maka Msm8x39DownloadTool.exe akan menunjukan telah terputusnya koneksi sebuah perangkat dengan PC atau Laptop yang telah anda gunakan, berganti dengan device baru yaitu Oppo A37f anda.

Msm8x39DownloadTool.exe sukses!

11. Done!

Selamat saya ucapkan buat yang sudah berhasil memflashing maupun downgrade smartphone Oppo A37f melalui cara cara yang sudah saya sebutkan diatas tadi.


Sekarang firmware Oppo A37f yang anda gunakan telah terisi dengan Stockroom bawaan, berarti sudah siap untuk mulai proses pengerootan. Alhamdulillah dalam tahap selanjutnya, saya sendiri tidak mengalami kendala apapun dalam melakukan proses Root terhadap Oppo A37f.

Demikian tadi kiranya yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga apa yang sudah saya tulis ini dapat bermanfaat buat para juragan sekalian. Mohon maaf yang sebesar besarnya bila dalam penuturan kata ataupun kalimat ada yang tidak berkenan dihati para pembaca sekalian. Terima kasih...

2 Responses to "Tutorial Flashing Dan Cara Downgrade Oppo A37f Tanpa Ribet!"

  1. Kak, adakah untuk oppo F7 seri 6GB, yg tipe CPH1821 ? Mau saya downgrade...

    ReplyDelete