5 Cara Paling Mudah Mengatasi Android Yang Lemot Buat Orang Gaptek Jadi Pinter

5 Cara Paling Mudah Mengatasi Android Yang Lemot Buat Orang Gaptek Jadi Pinter
5 Cara Paling Mudah Mengatasi Android Yang Lemot Buat Orang Gaptek Jadi Pinter-Hal yang paling menjengkelkan bagi saya adalah "Menunggu". Apapun itu akan terasa sangat membosankan bila terjadi pada diri kita. 

Mungkin anda juga termasuk dengan saya bila kita sudah janjian dengan teman atau pun rekan kerja kita, pasti akan terasa sekali kekesalan kita bila terlalu lama menunggu.

Memang, untuk mengatasi hal tersebut kita cuma bisa bersabar, namun tentu saja kesabaran itu ada batasnya. Kita hanya manusia biasa yang hanya bisa berusaha, selanjutnya Allah lah yang menentukan Takdirnya. 

Kadang pun untuk melampiaskan kekesalan kita saat sedang menunggu tak jarang kita melakukan hal bodoh. Apa saja itu yang penting kekesalan kita dapat terlampiaskan.

Begitu juga dengan sebuah smartphone android kesayangan kita. Bila sudah mengalami yang namanya lelet atau Lola(Loading Lama). Namun untuk hal ini, kita tidak bisa menyalahkan siapa siapa, karena kita sendiri yang sebagai usernya. 

Banyak sekali dampak dari leletnya smartphone android kita bila tidak segera mengatasinya. Dari kebanyakan para pengguna Hp android yang sudah merasakan leletnya Hp android yang dipakainya, lebih ke Miss Communication dengan teman atau keluarga. 

Miss Communication ini termasuk salah satu dampak buruk dari akibat leletnya smartphone android kita yang menyebabkan lambat merespond komunikasi dari teman teman atau keluarga sekalipun. Dan salah satu dampak buruk yang lain yakni dapat merusak hardware smartphone android terutama Baterai ponsel.

#Baca juga: Cara Memperbaiki Layar Blank Putih Pada Android#


Saya sebutkan leletnya handphone android dapat merusak Baterai lebih kepada panas yang tidak umum dari biasanya. Anda sendiripun pasti merasakan itu bila smartphone android anda sudah lelet. Masih banyak dampak yang buruk lainnya yang disebabkan karena hp android yang lelet.

Sebenarnya banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut asalkan kita mau mencobanya. Mudah saja kok sebenarnya untuk mengatasinya dari pada membawa Ponsel android kita ke tukang service handphone atau minta tolong ke teman yang paham tentang ponsel android.

Tidak sedikit pula banyak yang memilih untuk menjual smartphone androidnya yang sudah lelet itu kemudian membeli yang baru. Tapi bagaimana bila hasil dari penjualan hp androidnya belum cukup uangnya untuk membeli handphone yang baru? Tentu akan lebih lama lagi kan kita mengumpulkan dana untuk membeli smartphone yang baru.

Masih mendingan bila ada kerjaan, lah buat yang masih nganggur kan ironis namanya. Uang hasil penjualan hp makin lama pasti kepakai dan hp android baru pun pasti tinggal impian. 

Nah untuk anda yang sedang merasakan betapa lolanya ponsel android yang anda gunakan, disini saya akan membagikan sedikit tips untuk mengatasi hal tersebut. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, anda tidak perlu bantuan orang lain untuk melakukan tips ini, cukup anda sendiri.

Stop Otomatis Update Aplikasi Dari Play Store

Perlu kita ketahui dulu bahwa saat pertama kali kita menggunakan smartphone android pasti akan dihadapkan dengan notifikasi dari sistem untuk automatis update.

Yang namanya automatis itu, sistem akan bekerja sendiri tanpa perlu kita menyuruh. Jadi tanpa anda sadari aplikasi aplikasi yang terpasang pada android anda akan semakin besar ukuran filenya.

Itu salah satu faktor yang menyebabkan lemotnya handphone android yang kita gunakan. Apa lagi bila banyak aplikasi dari Play Store yang terinstal pada ponsel android kita. 

Walaupun memory RAM yang terpasang pada smarphone android kita cukup besar, namun bila otomatis update aplikasi diaktifkan tentu saja akan mengurangi konsumsi dari memory RAM tersebut.
Untuk antisapasinya, ikuti caranya dibawah ini:

1. Buka Aplikasi Play Store pada hp android anda

2. Pilih pada menu dibagian kiri atas, tepatnya sebelah kiri didalam kotak pencarian

3. Tekan pada setelan atau setting 

4. Kemudian pilih pada menu Update aplikasi secara otomatis

5. Centang pada Jangan update aplikasi secara otomatis


update automatis
Dengan melakukan hal itu kita juga dapat memantau jika ada pemberi tahuan dari sistem bahwa ada aplikasi yang dapat diperbarui. Namun karena kita sudah me-Non aktifkan update aplikasinya, maka sistem tidak akan memperbarui kecuali kita inginkan.

#Baca artikel terbaru: Cara Instal BBM, Whatsapp, Game Android Dilaptop Menggunakan BlueStacks#

Periksa Penyimpanan Internal

Sama dengan PC atau laptop, smartphone android pun akan mengalami penumpukan file pada memory internalnya bila kita sudah menggunakan ponsel android dalam jangka waktu yang cukup lama. Saya sarankan bersihkan secara berkala agar sistem dapat bekerja dengan lancar dan leluasa.

Sebagian besar dari smartphone android menggunakan memory internalnya sebagai sistem OS android. Jadi bila banyak file yang menumpuk pada memory internal, tentu akan menghambat kinerja dari sistem android tersebut.

Didalam memory internal ponsel android akan secara otomatis terdapat beberapa folder penyimpanan yang bertujuan untuk memudahkan akses penyimpanan dari aplikasi saat sedang bekerja.

Beberapa folder yang ada pada memori internal diantaranya yaitu:

1. Folder Download: Saat kita mendownload sebuah file dari browser, Youtube maupun facebook dan aplikasi chatting lainnya, file tersebut akan secara otomatis tersimpan pada folder download.

 2. DCIM: Folder DCIM ini berfungsi sebagai folder penyimpanan media, khususnya file gambar yang dihasilkan dari jepretan kamera ponsel android kita.

3. Folder aplikasi Chatting dan Sosial Media: Bila kita memasang aplikasi yang kita download dari Play Store misalnya, BBM,WhatsApp,Line ataupun Facebook dan aplikasi lainnya, aplikasi tersebut akan menempatkan sebuah folder sebagai wadah untuk file media mereka.

Sebagai contoh disini saya sebutkan folder WhatsApp. Didalam folder ini pasti akan ada folder folder lainnya yang juga mempunyai fungsi sendiri sendiri. Misalkan saja folder Media yang terdapat didalam folder WhatsApp tersebut, bila kita lama tidak mengeceknya pasti akan banyak sekali file Gambar,Video dan Audio didalam folder Media.

Jadi bagi anda yang belum mengetahuinya saya sarankan silahkan anda hapus satu persatu file yang sudah usang dan file yang cukup besar. Atau dapat juga anda memindahkan ke Memory eksternal (Memory Card) file file yang yang sekiranya penting untuk anda.

Untuk dapat mengakses folder folder yang saya sebutkan tadi buka file manager (Explorer) didalam layar handphone android anda. Bila tidak ada File manager pada android anda, dapat juga mendownload aplikasi Explorer di Play Store secara gratis.

explorer

Hapus Chace Dengan Aplikasi Clean Master Lite

Fungsi dari Chace ini yaitu agar kita dapat dengan cepat membuka suatu aplikasi android yang sudah pernah anda gunakan. Chace bukan hanya ada pada smartphone android tapi terdapat juga pada PC/Laptop yang fungsinya sama seperti yang saya sebutkan tadi. 

Semakin kita sering membuka aplikasi tertentu yang kita suka, maka akan semakin menumpuk juga Chace tersebut. Misalkan saja Facebook, aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling sering kita buka setiap harinya. Bahkan banyak pula yang tiap menit membukanya walaupun sekedar mengintip saja.

Nah, tanpa kita sadari Chace akan semakin menguras memory penyimpanan telepon kita sehingga akan membuat smartphone android kita menjadi lemot. Walaupun satu aplikasi android Chacenya hanya berukuran sekitar 1-4MB saja, namun bila kita jumlahkan dengan aplikasi lainnya tentu akan semakin membengkak penyimpanan internalnya.

Kenapa saya menyarankan menggunakan aplikasi Clean Master Lite? Ini hanya untuk memudahkan anda untuk menghapus Chace tersebut dengan lebih mudah.  

Selain dapat menghapus Chace dari aplikasi yang terinstal pada smartphone android kita, aplikasi Clean master lite juga dapat melegakan memory RAM dan menghapus file file sampah sisa dari aplikasi yang sudah anda uninstal sebelumnya.

Cara menggunakan aplikasi Clean master lite sangatlah mudah dan tidak ribet sama sekali. Untuk ukuran dari aplikasi ini pun sangat kecil sekali, hanya 3,7MB saja. Berikut cara pengoperasian aplikasi Clean master lite:

1. Download Clean master lite melalui ponsel android anda diPlay Store atau lewat sini juga bisa> Download

2. Setelah terinstal buka aplikasi Clean master lite kemudian tekan pada Pindai.

3. Secara otomatis aplikasi Clean master lite akan memeriksa file file sampah pada smartphone android kita.

4.Bila sudah selesai pilih pada Bersihkan sesampahan yang berada dibagian paling bawah.

5. Setelah itu lanjutkan dengan mempercepat kinerja ponsel android anda dengan cara tekan pada menu Percepat Telephone yang ditandai dengan icon Rudal.

6. Centang pada kotak pilihan aplikasi yang ingin anda optimalkan agar ponsel android anda lebih lega lalu plih Optimalkan.  


Clean master lite





Aplikasi Clean master lite ini sangat simple dan sama sekali tidak membebani kinerja sistem android kita. Untuk mempercepat kinerja ponsel kita, Clean master lite pun menyediakan shortcut 1Tap Boost pada layar smartphone kita dengan sekali ketuk saja.

Non Aktifkan Auto Sync

Auto Sync Data juga yang merupakan salah satu penyebab lemotnya smartphone android kita. Karena fitur dari Auto Sync juga otomatis mensinkronkan data data kita dengan aplikasi Chatting dan juga server Google tak terkecuali email kita.

Keuntungan mematikan fitur auto Sync selain dapat mempercepat kinerja handphone, kuota internet kita juga lebih irit pastinya dibanding dengan menghidupkan fitur tersebut. Karena saat smartphone android melakukan Sinkronasi dibutuhkan koneksi internet untuk menyelaraskan akun data kita beserta email, kontak, kalender dan lain lain.

#Baca juga: Cara Unlock GSM GSM Andromax R2 I56D2G 100% Sukses#

Walaupun mematikan fitur auto Sync namun bukan berarti kita tidak dapat menggunakan menSinkronasikan data data kita maupun akun google milik kita dengan beragam fitur dari google yang kita sudah daftarkan. Sesekali kita juga dapat menSinkronasi secara manual khususnya kontak dan email yang perlu kita Sinkronkan agar kontak telephon kita dapat otomatis tersimpan pada email google kita.

Pentingnya kontak telephone yang perlu kita sinkronasi yakni bila suatu saat anda ingin mengganti hp androidnya dengan yang baru. Secara otomatis pada saat anda login ke hp android yang baru dengan akun google kita, kontak kontak telephone pada android yang lama akan muncul kembali. Baca artikel tentang keuntungan Sinkronasi Google kontak pada postingan saya yang berjudul (Cara Menyimpan Kontak diHp Android Agar Tidak Mudah Hilang).

Bagaimana cara me-Non aktifkan fitur auto Sync pada smartphone android kita dapat anda ikuti tahap demi tahap langkahnya dibawah ini:

1. Masuk kemenu Setting atau Setelan pada ponsel android anda.

2. Cari fitur yang bernama Akun (Account) didalam menu setelan. 

3. Setelah terbuka anda akan dihadapkan dengan aplikasi aplikasi Chatting yang anda instal pada smartphone anda.

4. Tekan pada simbol yang biasanya ditandai dengan 3 strip kecil atau biasanya 3 titik yang tersusun atas bawah pada sudut kanan atas layar smartphone anda.

5. Hilangkan centang pada kotak Auto-sync data atau dalam bahasa kita Sinkronasi data otomatis.


Auto-sync data
Kadang ada beberapa ponsel android baru yang sudah mematikan fitur Auto Sync tersebut, jadi kita tidak perlu repot repot me-Non aktifkannya.Pada smartphone android saya yang sedang saya gunakan pun sudah otomatis tidak ada centang pada pilihan untuk Auto-Sync data.

Factory data reset

Bila semua tips diatas tidak ada yang dapat mengatasi lemotnya hp android anda, maka tips terakhir ini saya jamin 100% hp android anda tidak akan lemot lagi. 

Mengembalikan sistem android ke pengaturan pabrik atau Factory data reset merupakan alternatif paling jitu untuk menormalkan kembali kinerja smartphone android anda seperti pertama kali anda membeli ponsel android tersebut.

Kerugian melakukan Factory data reset yaitu anda akan kehilangan aplikasi aplikasi yang sudah anda instal sebelumnya. Maka dari itu sebelum melakukan factory data reset backup data data penting anda kedalam memory card agar file yang berupa gambar, video dan data penting lainya tidak ikut terhapus.

Keuntungan melakukan Factory data reset lainnya selain dapat mengembalikan kecepatan ponsel android kita virus juga akan musnah bila sudah menyerang android kita. Dengan cara mengembalikan ke pengaturan pabrik, kita juga akan mendapatkan keuntungan tinggi bila mana kita hendak menjual ponsel android milik kita. 

Tentunya selain tampilan ponsel yang membuat orang akan lebih tertarik untuk membelinya, factory data reset lah yang menjadi poin utama untuk kita lakukan saat hendak menjualnya.

Untuk cara mengembalikan ponsel android anda ke pengaturan pabrik silahkan anda simak baik baik caranya dibawah ini:

1. Pindahkan data data penting anda dahulu agar tidak ikut terhapus melalui File manager atau Explorer seperti tips pertama diatas tadi.

2. Salin kedalam memory eksternal (SD Card,Memory Card)

3. Sinkronasikan kontak telephone anda dengan akun google milik anda saat ini sampai selesai. Seperti yang sudah saya bilang tadi, dengan men-Sinkronasikan kontak ke akun google milik kita, kita tidak akan kehilangan kontak telephone teman atau keluarga saat login pada smartphone android kita yang baru.

4. Setelah anda melakukan langkah langkah diatas, masuk kedalam menu Setelan atau Setting.

5. Gulir kebawah sampai anda menemukan menu Buat cadangan & setel ulang (Backup & reset).

6. setelah terbuka jendela baru Buat cadangan & setel ulang, anda tekan pada Kembalikan ke setelan pabrik.

7. Dan yang terakhir tekan saja pada pilihan Setel ulang Telephone dan tunggu hingga smartphone android anda restart dengan sendirinya.

8. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk proses pengembalian ponsel android anda untuk kembali kepengaturan pabrik. Sambli menunggu baca artikel tentang:

#Cara Mendapatkan Kuota Gratis Dari Cashtree diHp android#

9. Bila ponsel android anda sudah kembali hidup silahkan setting dan ikuti petunjuk yang ada pada layar handphone android, kemudian login dengan akun google (Email Google) milik anda. 


Factory data reset

Selain cara diatas anda juga dapat melakukan Factory data reset melalui Recovey mode. Namun untuk akses kedalam Recovery mode berbeda beda pada setiap ponsel android. Cara artikel diGoogle dengan kata kunci "Cara hardreset(Merk dan tipe android anda)"

Demikian tadi beberapa tips bagaimana cara mengatasi hp android yang lemot buat orang gaptek seperti saya. Semoga apa yang sudah saya tulis ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian yang sedang kesulitan mengatasi masalah handphone android yang lemot. 

Terima kasih tidak lupa saya ucapkan buat yang sudah berkunjung ke Blog yang sederhana ini..Good luck!

0 Response to "5 Cara Paling Mudah Mengatasi Android Yang Lemot Buat Orang Gaptek Jadi Pinter"

Post a Comment