Tutorial Cara Root dan Pasang TWRP Andromax A (A16C3H) Terbaru 2018

Tutorial Cara Root dan Pasang TWRP Andromax A (A16C3H) Terbaru 2017

Tutorial Cara Root dan Pasang TWRP Andromax A (A16C3H) Terbaru 2018- Ini saya posting untuk menyempurnakan artikel saya kemarin yang berjudul " Merubah Internet CDMA LTE Menjadi GSM 4G Pada Andromax A (A16C3H)". 

Pada artikel tersebut menjelaskan bahwa untuk melakukan proses unlock CDMA ke GSM pada smartphone Andromax A dibutuhkan akses Root dan juga pasang TWRP. Selain untuk instal file zip dari TWRP juga bisa untuk backup atau restore. Dianjurkan untuk backup sistem Andromax A tersebut agar suatu saat anda dapat mengembalikai kekondisi awal menggunakan Sim Card CDMA

Nah, pada kesempatan kali ini saya kembali akan share bagaimana cara memasang TWRP dan juga bagaimana cara Rooting Andromax A (16C3H) ini. Bagi dunia opreker android pasti sudah paham sekali apa itu Root dan TWRP, namun bagi orang awam pasti agak kurang paham yang namanya Root dan TWRP. Saya akan jelaskan sedikit tentang apa itu Root, TWRP dan CWM.

Perbedaan TWRP dan CWM

TWRP adalah kepanjangan dari Tim Win Recovery Project. TWRP pada Android merupakan recovery open-source yang sudah support menggunakan layar sentuh/touchscreen,namun fungsi keseluruhan sama saja dengan CWM hanya saja tampilannya yang berbeda. 

Perbedaan dari TWRP dan CWM pada umumnya fungsinya yang sama namun yang lebih familiar adalah CWM dibandingkan TWRP. Karena semakin populernya istilah kata CWM,hingga ada beberapa sumber situs yang mengatakan kalau recovery yang mereka gunakan adalah CWM padahal nyatanya yang ia gunakan adalah TWRP. 

Namun pada umumnya pengguna Android lebih banyak yang menggunakan recovery CWM dibandingkan dengan TWRP, kecuali pengguna smartphone China lainya yang memang mayoritas menggunakan TWRP. 

CWM dan TWRP perbedaanya hanya terletak pada cara penggunaannya saja, fungsi dan fiturnya tetap sama antara lain untuk backup, restore instal file yang berformat sip dan lain lain. Pada CWM masih menggunakan tombol Min atau Plus dan pada TWRP sudah mendukung Touch screen, dengan kata lain TWRP adalah penyempurnaan dari CWM.

Root

Rooting atau Root adalah nama dasar yang mana kita menjadi Administrator yang mempunyai hak akses penuh mengolah dan mengembangkan sebuah sistem data pada Operasi sistem android atau Operasi sistem lainnya. 

Dengan hak yang istimewa setelah hp android kita di root, kita bisa mengotak atik sistem android semau kita dan hal ini tentu sangat menyenangkan bagi orang yang hobi otak atik android. 

Jika dalam IOS apple, Root sama dengan Jailbraik yang sama diberi keistimewaan tanpa batas untuk mengakses sampai ke dasar sistem. Banyak sekali keuntungan yang lain kalau saja anda menguasai bahasa pemrograman sebuah sistem android dan Operasi sistem yang lain dari situ anda bisa dikatakan sebagai Developer. 

Untuk bahasa mudahnya adalah dengan root kita bebas, mengubah, menghapus, memodifikasi, menambah, bahkan merusak system android sekalipun, dengan akses Root kita diberi kekuasaan mutlak jika kita me rooting hp android kita. 

Dengan melakukan Root pada sebuah handphone android, dibutuhkan dulu CWM atau TWRP kemudian barulah kita dapat merooting android kita. Langkah langkah untuk Root pada Andromax A (A16C3H) akan saya uraikan segera dibawah ini.
Catatan; Perlu diketahui bahwa dengan me Root Andromax A anda, akan menjadikan smartphone Andromax A anda menjadi hilang garansi tokonya, jadi pertimbangkan dulu untuk melangkah ke proses Root ini. Setelah anda mantap barulah anda mengikuti Tutorial cara root dan pasang TWRP Andromax A (A16C3H).
Bahan Bahan Root Andromax A


Download dulu bahan bahan untuk Root Andromax A (A16C3H) dan simpan dulu pada folder PC anda, karena untuk pemasangan TWRP ini kita membutuhkan PC atau Laptop. 

Seperti yang sudah saya tulis diatas, untuk memulai Root pada Android kita sebelumnya kita haarus memasang TWRP dulu kemudian barulah kita meRoot Andromax A (A16C3H) ini.

Cara Pasang TWRP
  • Ekstrak file TWRP yang telah anda download tadi, setelah diekstrak akan muncul folder sdimage
  • Pindahkan folder sdimage ke memory card. "Pastikan anda meletakkan folder sdimage bukan didalam folder lain (SD Card/Memory Card)".
  • Masukkan memory card berisi folder sdimage tersebut ke Hp Andromax A anda
  • Nyalakan kembali Hp Andromax A dengan menekan tombol power
  • Pemasangan berlangsung secara otomatis, jika langkah anda benar akan ada kotak warna biru di layar (bisa juga warna lain) dan setelah selesai akan berubah menjadi warna kuning (bisa juga warna lain)
  • Kemudian cabut baterai Hp Andromax A anda dan lepas memory cardnya.
  • Buka memory card di PC, laptop atau sejenisnya dan hapus folder sdimage yang ada di memory card, setelah itu pasang kembali memory card di Hp Andromax A anda
  • Langkah selanjutnya tekan tombol Volume Up dan Tombol Power secara bersamaan, kemudian lepaskan.
  • Tunggu sebentar, jika anda dibawa ke mode recovery TWRP berarti langkah anda telah sukses dan jika gagal coba ulangi langkah-langkah diatas dengan teliti agar tidak mengalami kegagalan lagi.
Setelah anda berhasil pasang TWRP pada Andromax A (A16C3H) anda, maka kita akan memulai tahap selanjutnya yaitu tahap Root Andromax A
Baca juga artikel terkait: Cara Simple melewati ByPass Akun Google Andromax A (A16C3H) Work 100% Tanpa PC
Memperbaiki Andromax ES C46b2g Yang Bootloop Work 100% 
Cara Root Andromax A (A16C3H)
  • Letakkan file UPDATE-SuperSU-v2.65-20151226141550.zip (Super User) pada memory card. Saya ingatkan kembali juga jangan didalam folder!
  • Masuk ke mode TWRP dengan cara menekan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan
  • Setelah masuk menu TWRP lalu pilih install
  • Pilih File UPDATE-SuperSU.zip yang sudah anda masukkan tadi
  • Pilih Swipe > finish
  • Silahkan reboot/restart smartphone Andromax A anda
  • Root selesai
Untuk memastikan Andromax A anda sudah dalam kondisi Root atau belum, anda dapat menggunakan aplikasi Root Checker atau sebagainya. Sesudah anda berhasil root Andromax A anda maka kini anda sudah dapat membuat Internet CDMAnya menjadi dual GSM dengan internet jaringan 4G. 

#Baca juga: Cara Unlock GSM GSM Andromax R2 I56D2G 100% Sukses#

Dengan demikian maka saya akhiri postingan saya kali ini semoga anda dapat membantu anda meringankan pekerjaan anda. Terima kasih buat yang sudah berkenan sudi mengunjungi dan membaca artikel ini.