-->

√ Cara Unlock Bootloader (UBL) Sony Xperia E3 D2203 Lengkap Dengan Gambar

Cara Unlock Bootloader Sony Xperia E3 D2203 Lengkap Dengan Gambar - Postingan ini sebenarnya adalah meneruskan artikel saya pada bagian pertama kemarin yang berjudul : Cara Mengatasi Gagal Flash Sony Xperia E3 D2203 Menggunakan Flashtool Terbaru.

Dimana Sony Xperia E3 D2203 yang saya instal ulang mengalami kegagalan dengan hanya mentok pada saat loader data fimware menggunakan Flashtool Sony terbaru. 

Sudah berulang kali saya mengulangi flash Xperia tersebut dengan aplikasi Flashtool yang terbaru maupun versi yang sebelumnya, namun tetap saja hasilnya nihil
Cara-Unlock-Bootloader-Sony-Xperia-E3-D2203
Unlock Bootloader (UBL) Sony Xperia E3 D2203
Sampai saya pun berfikiran, " Wah, jangan jangan nih Hp dah kena ic EMMCnya". 

Tetapi saya tidak langsung mengklaim bahwa Android Sony Xperia E3 D2203 yang saya flash mengalami kegagalan itu dikarenakan ic emmcnya.

Ciri Ciri Ponsel Bermasalah Di IC Emmc

Perlu diketahui dulu bahwa android yang sudah kena ic emmcnya salah satu ciri cirinya adalah mengalami hang pada saat android Star Up

Selain itu kerusakan pada ic Emmc juga dapat menyebabkan ponsel Android mati total meskipun ada yang masih dapat terbaca pada PC.

Untuk memperbaiki ic emmc yang sudah rusak penanganannya adalah ganti ic emmc dengan yang baru dan telah diisi firmware

Adapun untuk cara melepas ic emmc tersebut anda dapat menggunakan mesin uap atau disebut juga Blower yang sudah kita panaskan. 

Sampai disini saya hanya dapat memberikan info memperbaiki ic emmc android sedikit saja. 

Cara Mengetahui Sony Experia Belum UBL

Lanjut ke tema tutorial mendapatkan Kode UnlockBootLoader Sony Xperia E3 D2203 yang sudah saya siapkan gambar gambarnya untk mempermudah anda mempelajari bagaimana cara mendapatkan kode Unlock yang bisa kita dapatkan secara gratis pada Situs Sony sendiri. 

Sebelumnya saya akan ceritakan dulu kronologisnya bagaimana saya dapat mengetahui bahwa Sony Xperia E3 D2203 ini mengalami Unlock Booltloader sebagai bahan tambahan ilmu bila mana anda sedang mengalami hal yang sama dengan saya.

Bisa dibilang saya mengetahui bahwa Xperia e3 d2203 terkena unlock bootloader ini secara tidak sengaja. Tapi itulah yang dinamakan buah dari kerja keras kita bila kita terus berusaha mandapatkan sesuatu yang kita inginkan tanpa mengenal putus asa, maka hasil yang kita dapatkan pasti kesuksesan. 

Seperti halnya yang sudah saya lakukan kemarin pada saat saya mengalami kegagalan menginstal ulang android Xperia E3 d2203 ini saya terus berusaha juga browsing ke Simbah Google bagaimana supaya saya dapat menghidupkan kembali secara normal Smartphone yang satu ini. 

Singkatnya, saya menginstal ulang Experia E3 ini menggunakan Flashtool, yang mana aplikasi flashtool yang kita gunakan adalah metode cara instal ulang android Sony via Off line. 

Nah, dari situlah kemudian saya berfikiran bagaimana kalau Xperia ini saya instal dengan via Online. 

Lantas sayapun kemudian browsing dengan pencarian pada google dengan kalimat "Instal Sony Xperia Via Online". Hasil browsing yang saya dapatkan adalah menggunakan aplikasi Flash tool Emma dari situs Sonymobile sendiri. 

Cara menggunakan Aplikasi Flash tool Emma dapat anda baca secara detail diartikel saya yang berikut ini: Trik Memperbaiki Gagal Flash Semua Sony Xperia Via Online

Setelah saya download dan menginstal aplikasi Flash tool (Emma) tersebut, baru saya tahu kegagalan saya melakukan flashing pada Sony Xperia E3 D2203 itu dikarenakan Device Xperia e3 harus Unlock Bootloader

Jadi sampai kapanpun bila Sony Xperia itu belum kita unlock maka kita tidak akan dapat menginstal Firmware pada semua Sony Xperia yang Possible dengan Unlock Bootloader.

Cara Mendapatkan Key UBL

Untuk mendapatkan kode unlock tersebut kita persiapkan dulu email kita untuk Verifikasi agar mendapatkan Key dari Sony Webnya dengan cara sebagai berikut ini:

1. Masuk ke Situs Web Sony lewat sini

2. Gulir kebawah untuk memlih device Sony Xperia yang anda gunakan lalu klik Continue. Lihat pada gambar dibawah ini.

Pilih-Device-Sony-Xperia
3. Masukkan Email yang sudah kalian siapkan, jangan lupa beri centang pada nomer dua dan nomer 3. Setelah itu klik pada Submit, seperti pada gambar.
Masukkan-Email-Google
4. Setelah itu pihak dari Web Sony akan memberitahukan kepada anda untuk mengecek email yang sudah anda daftarkan tadi untuk konfirmasi ketersediaan anda mendapatkan layanan yang diberikan oleh Web Sony tersebut.
Email-Verification
5. Login ke Email yang sudah didaftarkan tadi dan cek email masuk dari Web Sony dan klik link yang tersedia di email anda.
Email-Web-Sony
6. Lihat imei dengan membuka kasing belakang Sony Xperia E3 D2203 dan masukan kedalam kotak isian yang tersedia. (Untuk Sony Xperia E3 yang menggunakan dual sim cukup 1 imei saja yang perlu dimasukkan yaitu No. imei yang pertama saja). 

Tapi digit imei yang terakhir jangan dimasukkan. Nomer imei yang pada Android Sony Xperia E3 D2203 yang saya perbaiki adalah xxxx90064797218. Nah, angka terakhir yaitu 8 saya tidak masukkan. Lebih detailnya lihat pada gambar dibawah ini.
Masukkan-no-imei-sony
7. Copy Key Unlock Bootloader yang diberikan oleh Sony pada ke Notepad agar mudah untuk memasukkannya nanti pada saat akan proses unlocknya.
Key-Unlock-Bootloader-Sony

8. Selesai.

Cara diatas adalah cara untuk mendapatkan Key Unlock Bootloader Sony Xperia E3 D2203 yang dapat anda dapatkan secara gratis melalui Link Sony

Lalu bagaimana cara untuk memasukan key unlock booltloadernya? Mari kita menuju ke langkah langkah selanjutnya.

Baca juga : Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus diHp

Cara Unlock Bootloader Menggunakan Flashtool

Setelah anda mendapatkan key untuk unlocknya, sekarang anda dapat membuka kuncian bootloader menggunakan aplikasi Flashtool dengan cara sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi Flashtool untuk Sony Xperianya yang terdapat pada drive C:\Flashtool. Sesuaikan dengan versi Windows yang Anda gunakan. 
Flashtool-Sony-Xperia
2. Pilih pada Icon BLU pada tab atas aplikasi Flashtool.
Memulai-UBL-Sony-Xperia-E3
3. Akan muncul popup Wait for flashmode seperti gambar dibawah ini tekan tombol Volume bawah (-), sambil hubungkan Xperia E3 menggunakan kabel USB ke laptop atau PC anda.
Wait-for-flashmode
4. Dan muncul kembali popup Wait for fastboot lalu cabut kabel USB sambil menekan tombol Volume Atas (+), hubungkan kembali Sony Xperia E3 D2203 anda via kabel USB ke komputer.
Wait-for-fastboot
5. Copy key unlock bootloadernya yang tadi anda simpan pada notepad kemudian paste pada kotak isian Unlock Code kemudian klik Unlock.
Unlock-Sony-Xperia-E3
6. Proses selanjutnya hanya memakan waktu beberapa detik saja sampai muncul keterangan yang saya beri kotak hijau seperti gambar dibawah ini, berarti Anda sudah berhasil membuka Kunci bootloader pada Sony Xperia E3 D2203 tersebut.
Sukses-UBL-Sony-Xperia-E3
7.  Cabut Usb kabel dari port usb laptop/PC anda.

8. Tamat!

Pada tahap selanjutnya kemudian saya mulai menginstal ulang Android Sony Xperia E3 D2203 menggunakan Flashtool terbaru seperti biasanya pada artikel yang sebelumnya yaitu : Cara Mengatasi Gagal Flash Sony Xperia E3 D2203 Menggunakan Flashtool Terbaru

Alhamdulillahi Rabbil 'alamiiin tidak terjadi kendala apapun pada saat saya memflashing ulang Sony Xperia E3 D2203 ini. 

Penampakan hasil sukses flash Xperia E3 D2203 menggunakan flashtool secara offline pada adalah seperti ini :
Sukses-flashing-sony-xperia-e3-d2203
Dan kerja keras sayapun terbayar sudah plus membuahkan nota bayar.
sony-xperia-e3-d2203
Demikian Postingan sambungan dari Tutorial Cara Mengatasi Gagal Flash Sony Xperia E3 D2203 Menggunakan Flashtool Terbaru kemarin yang sempat tertunda karena waktu yang tidak memungkinkan. 

Maka selesai sudah pengalaman yang cukup melelahkan ini, semoga kita dapat mengambil hikmah dari kejadian yang saya alami disini. Dan  jangan cepat menyerah dalam menghadapi berbagai kesulitan apapun. 

Karena setiap perjuangan pasti akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang kita perjuangkan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel