-->

Cara Menyimpan Kontak DiHp Agar Tidak Mudah Hilang

Cara Menyimpan Kontak DiHp Agar Tidak Mudah Hilang-ini saya buat karena mungkin dari sekian banyak pengguna Handphone android masih banyak yang belum paham fungsi dan kegunaan yang disediakan oleh Google ini. 

Kenapa saya sebutkan "yang disediakan oleh Google"? Begini: Android adalah nama dari sebuah Operasi Sistem milik Google yang diterapkan pada jenis smartphone yang berbasis OS. Android. 

Android merupakan sebuah sistem operasi dengan kernel Linux sebagai basisnya dan saat ini sedang dikembangkan terus oleh Google. 
                                Cara Menyimpan Kontak DiHp Agar Tidak Mudah Hilang
Android yang memiliki antarmuka pengguna yang fokus kepada direct manipulation ini diciptakan untuk perangkat mobile yang memfasilitasi layar sentuh seperti ponsel pintar, komputer tablet, televisi dengan antarmuka pengguna khusus seperti Android TV, mobil (Android Auto) dan kini jam tangan (Android Wear). 

Sejarah Android dimulai dengan berdirinya Android, Inc. di Palo Alto pada tahun 2003 dan terus berlanjut bahkan ketika dibeli oleh Google pada tahun 2005. Sampai sekarang Adroid ini sudah mencapai ke Versi 6.0 Android Marshmallow. 

Itu hanya sekedar informasi apa itu android buat yang belum mengerti betul dari asal dari android ini. Banyak sekali fitur yang ada pada handphone android yang kita pakai sebenarnya tanpa kita harus menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. 

Salah satunya adalah dengan menggunakan Sinkronasi Google Kontak. Dengan memanfaatkan Fitur sinkronisasi google kontak ini anda tidak perlu lagi susah payah menyimpan kontak teman anda pada notes seperti tempo dulu saat Ponsel Symbian berjaya.

Keuntungan Sinkronisasi google kontak 

Dengan menyinkronasi kontak teman teman diHp android anda, sekarang tidak perlu lagi khawatir kehilangan kontak teman teman anda bila suatu saat anda ingin mengganti Smartphonenya. 

Seperti yang saya alami dulu bila hendak ganti handphone maka sebelumnya saya harus menyalin/memindah kontak yang ada pada handphone saya ke SIM Cardnya dulu. 

Padahal kontak teman teman saya itu banyaknya hampir ribuan kontak, alhasil SIM Card yang saya pakai pun tidak mencukupi tempat penyimpanannya karena hanya tersedia kapasitas sekitar 200 kontak saja. 

Dengan cara lain akhirnya pada waktu itu saya menyimpan kontak teman saya menggunakan Laptop via transfer dari Handphone ke Laptop.

Sekarang dengan adanya handphone android memang terus terang banyak sekali membantu dan memberi kemudahan buat saya. Dengan hanya menSinkronisasi Kontak pada akun google diandroid kita, dapat dengan mudah cara mengembalikan kontak teman kita keHp yang baru.  

Dengan Catatan: Akun google yang anda pakai harus dalam mode auto sinkronisasi. Terkadang ada juga yang enggan mengunakan Auto Sinkronisasi google kontak pada smartphone yang dipakainya. 

Dengan alasan menyedot kuota internet terlalu banyak, memang saya akui juga benar demikian. Tapi sebenarnya kita juga dapat menghindari tersedotnya kuota internet yang kita pakai bila enggan menggunakan Auto Sinkronisasi kontak google kita dengan cara menjadwalkan sinkronisasinya. 

Misalnya setelah anda baru menambahkan kontak ke handphone, lakukan sinkronasisai kontak secara manual. Atau bila anda tidak mau repot melakukan hal demikian, lakukan sinkronisasi kontak secara manual sebulan sekali. Dengan demikian anda dapat menghandle pengeluaran kuota internet anda.

Baca juga: Daftar Handphone Termahal diDunia Yang bikin Jantungan

Cara Sinkronisasi Google Kontak

Sebenarnya pada saat anda login ke Handphone android menggunakan google (email google) pertama kali, maka mode Auto Sinkronisasi akan berjalan secara otomatis. 

Namun bagi yang belum tahu bagaimana cara menSinkronkan kontak anda ke akun google atau sekedar ingin mensinkronisasi secara manual saja, anda dapat mengikuti cara dibawah ini :

1. Buka Smarphone android anda dan langsung menuju ke Pengaturan(Sistem) lalu pilih Akun
google kontak 1
2. Setelah terbuka Menu akun pada layar android anda, ketuk saja pada Google untuk menuju fitur Sinkronisasi kontak google anda
google kontak 2
3. Silahkan ketuk pada Sinkr. Kontak seperti pada gambar, maka secara otomatis loading sinkronisasi kontak google akan berjalan.
google kontak 3
4. Done.

Dengan mengikuti cara diatas anda juga dapat mematikan auto sinkronisasi melalui tahapan yang tersedia pada gambar tadi. 

Tentu saja untuk melakukan auto sinkronisasi maupun manual, smartphone anda harus terkoneksi dengan internet. 
Catatan: Gambar diatas adalah gambar yang saya ambil menggunakan handphone android samsung J1 Mini Prime yang menggunakan Android 6.0 1 Marshmallow, jadi pasti berbeda dengan menu dan tampilannya.
Peran Penting Akun Gmail pada android kita

Hilangnya kontak pada android yang sering terjadi biasanya dikarenakan beberapa pengguna android yang sering melalaikan fungsi dari akun gmail yang kita gunakan pada smartphone android yang dipakainya. 

Contoh kasus yang paling sering saya jumpai adalah pengguna android yang hanya tahu menggunakan handphone untuk sekedar Vcall, Chatting atau bersosial media maupun yang menikmati hiburan yang tersedia pada smarphone androidnya.

Jadi mereka belum memahami betul fungsi dari akun google yang mereka pakai pada androidnya. Selain itu ada juga yang menganggap remeh mudahnya membuat akun gmail kita bila hendak mengganti handphonenya.

Salah satu kesalahan seperti itulah yang membuat mudahnya kehilangan kontak yang ada pada androidnya. Karena banyak yang tidak mau repot untuk menghafal maupun menyimpan email google yang kita pakai sebelumnya pada saat login pertama kali pada Hp android yang digunakannya. 

Kerugian lain yang paling fatal bila kita enggan menghafal atau mencatat akun google kita yang lain adalah bila handphone android kita mengalami Bootloop(Apa itu Bootloop baca disini). 

Dikarenakan anda lupa dengan akun google yang dipakai pada smartphone android yang bootloop tersebut. Bisa saja Smartphone anda itu terkena FRP lock dari security google android, dimana smartphone anda tidak akan dapat masuk ke Menu layar walaupun diHardreset atau diFlash ulang sekalipun. 

Perlu diketahui bahwa sejak tahun 2016 Sistem keamanan android telah dimaksimalkan sedemikian mungkin hingga tahun 2017 kedepannya. Mungkin pada Smartphone android keluaran Tahun 2014 kita bisa dengan mudah hanya melakukan flashing ulang android saja sudah beres, itu beda dengan sekarang. 

Untuk handphone samsung android keluaran tahun 2016 sudah menggunakan FRP dengan New Patch Google Security.

Baca: Cara Mengatasi Samsung Galaxy V2 J106B FRP Lock By Pass 2017

Lalu bagaimana untuk menghindarinya?

Untuk antisipasi agar tidak terjadi kejadian seperti diatas sebenarnya mudah saja, lakukan trik mode auto sinkronisasi kontak pada android yang anda gunakan atau bisa secara manual untuk seperti pada cara diatas tadi. 

Jangan lupa untuk menghafal akun gmail anda beserta Passwordnya. Anda dapat menyimpan kontak teman anda maupun kontak email teman teman anda sebanyak yang anda mau. 

Keuntungan menggunakan Google kontak, anda juga dapat mengimpor, memulihkan, atau melakukan backup kontak. Untuk lebih detailnya mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur tersebut silahkan anda baca disini=>Memulihkan, atau melakukan backup kontak

Sebanyak atau sesering anda berganti ganti Handphone, dengan melakukan cara diatas maka tidak sekalipun anda akan mengalami kehilangan kontak teman anda. Sekian dulu artikel tentang Cara Menyimpan Kontak DiHp Agar Tidak Mudah Hilang ini. Semoga apa yang saya tulis ini berguna buat anda sekalian dan terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel