Cara Mudah Membuat Sitemap di Webmaster Google Terbaru

Cara Mudah Membuat Sitemap di Webmaster Google Terbaru
Sitemap atau peta situs adalah sebuah file xml yang berisi URL blog, file ini sangat membantu bagi bot crawler untuk menemukan dan merayapi semua url blog. 

Secara singkat sebuah sitemap adalah indexs secara lengkap untuk blog dan untuk robot google merayapi situs atau melihat blog anda. 

Dalam kata sederhana, file sitemap ini berisi semua URL di blog dan membiarkan bot search engine  untuk mengikuti file sitemap blog dan mengindeks situs blog atau web anda secara keseluruhan.

Sama halnya dengan website pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah. 

Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools sangatlah mudah. Anda hanya perlu membuat URL sitemap karena untuk blogspot harus menggunakan URL khusus, berbeda dengan wordpress yang bisa langsung mengsubmit URL feed tanpa harus melakukan perubahan.

Karena keutamaannya itu, makanya penting situs atau blog kita didaftarkan ke Google Webmaster Tools agar cepat terindex google, dan tentu ini adalah Tips SEO paling murah dan ampuh. 

#Baca juga: Tutorial Terlengkap Membuat Label/Kategori Pada Blog Terbaru 2017#

Anda dapat memanfaatkan layanan Sitemap Generator yang memang banyak ditemui, ketikkan keyword pada pencarian Google ‘Sitemap Generator‘. Namun, agar mudahnya, Anda dapat mengkuti langkah-langkah pada tutorial dibawah ini:

1. Pertama anda Login atau masuk ke Google Webmaster Tools https://www.google.com/webmasters/tools/

2. Kemudian klik link website/blog Anda


3. Lalu anda klik tombol “Sitemaps”, pilih “Add/Test Sitemap”, Nah pada saat dikolom yang telah mucul, isikan kode-kode dibawah ini lalu klik Submit Sitemap (Anda juga bisa mengetesnya terlebih dahulu).

  •  feeds/posts/default?orderby=updated
  •  sitemap.xml


 








Jika Anda ingin menggunakan lebih dari satu sitemap silahkan masukkan juga sitemap di bawah ini satu per satu sebagaimana langkah-langkah di atas :


atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

Sedikit penjelasan untuk jenis sitemap yang terakhir di atas adalah untuk blog yang jumlah postingannya masih di bawah 500, jika blog Anda telah memiliki lebih dari 500 postingan, maka tambahkan lagi sitemap di bawah ini :
 

atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

Saya rasa dengan menggunakan tiga jenis sitemap itu sudah lebih dari cukup untuk mempercepat pengindeksan blog Anda di google meskipun masih ada jenis sitemap lainnya. 


Setelah anda selesai mengcopy kode tersebut, untuk mengakhiri, tekan tombol “Submit Sitemap”.

Pada saat loading submit sitemap selesai, jika Anda melakukan semua langkah ini dengan benar, maka Anda tinggal refresh dan lihat hasil submit sitemap Anda akan terlihat.


Selamat Anda telah berhasil submit/daftar Sitemap ke Google Webmaster Tools. 


Untuk sitemap ada beberapa jenis yg perlu kalian ketahui :

1. sitemap.xml

 
Berguna untuk merayapi artikel yang akan di index webmaster dan tampil di search engine


2. sitemap.image.xml

 
berguna untuk merayapi pada bagian gambar di isi posting yg akan di tampilkan di google pencari gambar


3. sitemap.mobile.xml

 
Berguna untuk merayapi keseluruhan yg akan di tampilkan di ponsel (mungkin termasuk responsif). 


Selanjutnya seperti sitemap.gif.xml dan lainnya tidak begitu di perlukan.Saat mensubmit sitemap statusnya masih akan terlihat Tertunda, jangka waktunya bisa beberapa menit atau jam dan bahkan bisa lebih dari sehari, sitemap Anda akan di-crawl oleh googlebots dan akan terlihat jumlah URL yang telah berhasil diindex. 

Waktunya kurang lebih 24 jam sejak disubmit. Namun dari pengalaman penulis, jika jumlah artikel kurang dari seratus, waktu yang dibutuhkan paling lama hanya enam jam.

2 Responses to "Cara Mudah Membuat Sitemap di Webmaster Google Terbaru"

  1. Terimakasih gan, sudah saya praktekkan di webmaster, owh iya tadi sya coba test untuk sitemap yang mobile ada notif error, itu kenapa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edit sitemapnya untuk mobile biar lebih responsif gan

      Delete