Tutorial Terlengkap Memperbaiki Vivo V5 Yang Bootloop Dijamin Sukses

Tutorial Terlengkap Memperbaiki Vivo V5 Yang Bootloop Dijamin Sukses-Handphone Android Vivo V5 merupakan smartphone besutan dari negeri tirai bambu yang kini sedang mencuat drastis penjualannya dengan tajam. Dengan spesifikasi yang tinggi harga Vivo V5 dibandrol dengan harga yang cukup murah bila melihat dari specknya. 

Dengan Tag-linenya yaitu "Selfie Expert" Vivo mampu mengalahkan para pendahulunya dalam hal menggaet para pengguna smartphone Android. 

Sekilas memang nama Vivo adalah nama yang agak asing bagi telinga kita, namun siapa sangka Vivo ternyata mampu menduduki peringkat 5 terbaik sebagai penjual smartphone terlaris didunia. 

Dengan Kamera utama yang beresolusi 20 Mega Pixel serta didukung dengan memory RAM sebesar 4GB tentu saja sesuatu yang sangat diinginkan oleh para pengguna android. Mengingat kepada aplikasi aplikasi android dan Operasi sistem yang semakin ditingkatkan terus, tentunya kita sebagai user akan sangat membutuhkan sekali spesifikasi seperti Vivo V5 ini. 

Untuk spesifikasi hardware yang mumpuni itu, Vivo hanya menjual perproduknya sekitar 3,1 Jutaan saja untuk dapat anda miliki. 


Vivo v5 bootloop
Vivo V5 Bootloop

Namun tentu saja sehebat apapun dan sekuat apapun benda maupun barang yang ada didunia ini pasti akan mengalami yang namanya rusak. Apalagi barang ciptaan manusia, ciptaan yang maha kuasa saja dapat rusak kok! Ya tetep juga yang merusak itu manusianya. 

Sama halnya dengan barang elektroni yang satu ini, Vivo V5 yang digadang gadang bakal paling handal juga tetap akan mengalami kerusakan dan penurunan pada bisnis didunia gadget. 

Bukan hanya Vivo V5 saja yang dapat mengalami botloop, semua handphone berbasis android pasti akan mengalami bootloop. Ciri ciri dari android yang bootloop adalah dimana saat kita menyalakan ponsel smartphone kita, OS android tidak dapat mengakses ke menu layar utama. 

Dalam kasus lain juga banyak disebutkan smartphone yang mengalami bootloop hanya dapat masuk ke Logo Merk ponsel tersebut kemudian android akan mati lagi.

Apa yang menyebabkan Android dapat terjadi Bootloop?

Android yang mengalami bootloop lebih sering disebabkan oleh si penggunanya sendiri yang kadang suka sekali meng-oprek Hp androidnya yang mungkin bosan atau juga ingin mendapatkan sesuatu yang baru. 

Contoh yang kerap terjadi adalah sering berganti ganti dengan Stock Rom android yang lain untuk agar dapat berpenampilan menarik pada smartphone androidnya. 

Selain itu ada juga ponsel android yang terkena bootloop walaupun smartphone android tidak kita apa apakan. Hal itu lebih dikarenakan peruntungan nasib saja mungkin, hehehehe. Ada juga kok barang yang baru beli kemarin sekarang sudah rusak. 

Namun yang pasti penyakit bootloop bukanlah disebabkan oleh kerusakan hardware pada ponsel android tersebut melainkan kerusakan pada OS android yang mengalami crash pada sistemnya. Jadi anda tidak perlu merasa khawatir dan takut bila android Vivo V5 anda mengalami bootloop.

Nah buat anda yang sedang mengalami hal yang serupa seperti yang sudah saya sebutkan diatas, kali ini saya memberikan tutorial bagaimana cara memperbaiki Hp Vivo V5 yang bootloop.

Hard reset Vivo V5

Dengan sedikit penjelasan diatas, saya kira anda sudah paham apa itu Bootloop, dan hal pertama yang harus kita lakukan untuk merepair android Vivo V5 yaitu dengan cara menggunakan metode Hardreset. 

Kita menggunakan metode hardreset tak lain dan tak bukan adalah karena kita tidak bisa masuk ke menu untuk melakukan softreset. Jadi cara yang pertama tentu saja kita menggunakan metode hardreset. 

Sebelum melakukan hardreset pada Vivo V5 anda yang bootloop hal pertama yang anda siapkan adalah mengisi baterai anda dengan daya power baterai minimal 50%. Kecuali bila anda sudah yakin bahwa baterai Vivo V5 anda sudah penuh, anda tidak perlu repot melakukan hal itu.

Fungsi dari hardreset adalah mengembalikan sistem android kita ke awal lagi, dimana sistem operasi android pada smartphone kita akan memulihkan diri dari awal pertama kali dibuat. 

Cara melakukan hardreset tidaklah sesulit yang anda bayangkan, orang awam pun dapat melakukannya sendiri. Kuncinya adalah anda mau berusaha sendiri untuk melakukannya dan menyimak baik baik cara melakukan hardreset pada android Vivo V5 dibawah ini.

Metode Hardreset

1. Saya ingatkan kembali daya baterai minimal 50% untuk berjaga jaga agar nanti tidak berhenti ditengah jalan saat proses hardreset sedang berlangsung.

2. Setelah anda mantap untuk melakukan hardreset silahkan anda tekan dan tahan tombol volume down (-) dan tombol Power sampai beberapa detik muncul logo Vivo V5 lalu lepaskan tombol power

3. Masuk recovery mode Vivo V5 kemudian select Boot

4. Gunakanlah tombol volume disamping untuk navigasi dan tombol power untuk konfirmasi pilihan

5. Arahkan navigasi ke wipe data/factory reset kemudian konfirmasi dengan menekan tombol power

6. Selanjutnya pilih lagi Yes, delete All user data kemudian tekan lagi dengan tombol power untuk konfirmasi

7. Tunggu beberapa detik hingga proses wipe data sistem Vivo V5 selesai

8. Bila sudah selesai silahkan anda pilih Reboot System untuk menyelasikan proses hardreset

9. Vivo V5 anda akan restart dengan sendirinya, setelah restart silahkan anda lakukan setting pada hp android Vivo V5nya sesuai dengan keinginan anda.

10 Selesai!

Baca juga:
Seharusnya dengan melakukan metode hardreset handphone Vivo V5 anda sudah dapat sembuh kembali dari penyakit bootloop. Namun bila android Vivo V5 anda belum  juga membuahkan hasil tutorial yang kedua adalah melakukan instal ulang pada Vivo V5 anda. 

Instal ulang atau bahasa teknisinya adalah flashing yaitu memasukkan firmware baru pada ponsel android dengan menggunakan media PC atau laptop sebagai media induk untuk transfer data sistem kedalam android. 

Selain itu anda juga membutuhkan koneksi internet untuk mendownload aplikasi dan juga firmware untuk Vivo V5 yang bootloop. 

Siapkan dahulu bahan bahan yang diperlukan untuk melakukan instal ulang Vivo V5 yang mengalami Bootloop dan download sesuai dengan apa yang tertera dibawah ini:

Bahan Flashing
1. PC atau Laptop
2. Kabel USB Data atau kabel charger android
3. Aplikasi SP_Flashtool v5.1516.00. > Download
4. MT65.xx USB Driver Vivo V5.> Download
5. USB Vcom Auto Installer. >Download
6. Stockrom/Firmware Vivo V5. >Download 
Cara Flashing Vivo V5 menggunakan Sp Flashtool

1. Silahkan anda download bahan bahan pentingnya seperti SP_Flashtool dan firmware Vivo V5 dan juga Usb driver agar PC atau laptop anda dapat mengenali perangkat android Vivo V5 pada laptop yang digunakan

2. Ekstrak semua file hasil downloadan tadi simpan kedalam folder yang anda inginkan

3. Instal semua Usb driver Vivo V5 kedalam PC anda, atau lakukan secara manual melalui Device Manager dengan cara klik kanan pada My Computer/ Property/Device Manager/Action/Add legacy hardware/Next/pilih pada "Instal the hardware that i manually"/Next/Next lagi/Have Disk/Browse dan tujukan kedalam folder Driver Usb Vcom yang sudah diekstrak tadi berada/pilih sesuai dengan windows yang anda gunakan/Next/OK

Driver usb mtk
 
4. Buka folder SP_falshtool lalu klik 2 kali pada flash_tool.exe

5. Pada Scatter loading file browse ke folder Firmware/Stockrom Vivo V5 tadi yang sudah anda simpan lalu pilih MT6750_Android_scatter.txt

6. Langkah selanjutnya klik pada tab Download lalu sambungkan Vivo V5 anda menggunakan kabel usb yang sudah anda siapkan sebelumnya

7. Sambil menghubungkan Vivo V5 anda tekan tombol Volume Up atau Volume Down agar PC dapat mendeteksi perangkat yang masuk

8. Bila Driver Usb Mediatek sudah terpasang dengan benar, pasti proses loading data akan berjalan secara otomatis pada aplikasi SP_Flashtoolnya. Dibawah ini adalah contoh gambar proses loading data pada smartphone yang menggunakan Chipset Mediatek MT6735M (pada dasarnya semua sama proses flashing menggunakan SP_Flashtool pada ponsel android yang menggunakan Chipset Mediatek)


flash android vivo v5
9. Bila proses flashing android Vivo V5 selesai akan ditandai dengan tanda centang seperti gambar dibawah ini

flash android vivo v5 2
10. Bila terjadi error pada saat proses download data, silahkan anda pilih "Upgrade" lalu klik Download kembali

10. Silahkan anda lepas USB kabel data anda dari PC atau laptop kemudian coba hidupkan android Vivo V5 anda dengan menekan tombol power. 


11. Tunggu beberapa menit hingga proses star up android Vivo V5 anda masuk ke layar Welcome

12. Selesai!

Saya rasa dengan melakukan flashing pada android Vivo V5 yang bootloop akan dapat memebuahkan hasil yang baik. Namun bila cara diatas belum juga menyembuhkan android Vivo V5 anda dari Bootloop, yang perlu anda lakukan adalah bawa ke teknisi Handphone. 

Atau bila android Vivo V5 anda masih bergaransi, alangkah lebih baiknya anda segera lakukan klaim garansi ke toko anda membeli Android Vivo V5. 

Saya rasa hanya demikian saja yang dapat saya bagikan Tutorial terlengkap memperbaiki Vivo V5 yang bootloop kepada anda sekalian. Terima kasih dan jangan lupa baca artikel artikel saya yang lain di Blog Bekha Tekno ini.