Tutorial Mengatasi Gagal Flash Rom Miui Lewat Fashboot

Tutorial Mengatasi Gagal Flash Rom Miui Lewat Fashboot

Bukan satu dua kali saya mengalami yang namanya gagal flash dan menyebabkan Andoid yang kita Flashing malah mengalami Bootloop bahkan pernah juga sampai Hardbrick. 

Seperti pada saat saya memperbaiki Advan i5c yang benar benar membuat saya hampir pasrah tapi pada akhirnya berhasil juga saya hidupkan kembali. Baca Tutorial memperbaiki Advan i5c yang Bootloop

Nah, pada kesempatan kali ini saya berbagi juga bagaimana mengatasi gagal Flash Rom Miui lewat Fashboot dan muncul error pada MIflash. Tutorial yang akan saya share ini juga hasil pencarian diGoogle jadi sebelumnya saya ucapkan terima kasih buat Blog (slaranesi.com) yang membantu saya menuntaskan pekerjaan saya. Sebelum kita melangkah ketahap inti dari artikel ini saya akan menerangkan sedikit apa itu Rom MIUI.

Pengembangan

Semakin banyak sekali pengguna Smartphone Xiaomi keluaran dari negeri tirai bambu di negeri kita ini sobat. Bukan tidak wajar bila penjualan Smartphone Android buatan negeri chinese ini begitu pesat, dari harga yang murah kita sudah dapat menikmati HP yang mempunyai spesifikasi tinggi yang sejajar dengan Brand Brand ternama seperti Samsung,Sony dan lainnya. 

MIUI adalah perangkat tegar stok dan alternatif yang dikembangkan oleh Xiaomi untuk telepon cerdas dan komputer tablet yang berbasis pada perangkat lunak bebas sistem operasi Android. Antarmuka ini mirip dengan dan bersaing dengan antarmuka iOS milik Apple dan TouchWiz milik Samsung. 

MIUI mencakup berbagai fitur yang tidak tersedia dalam stok Android termasuk dukungan tema. Bahasa Tiongkok oleh perusahaan Tiongkok Xiaomi. Xiaomi menambahkan beberapa aplikasi pendukung; Termasuk Notes (catatan), Backup (cadangan), Musik, and Galeri.

#Baca juga: Sukses flashing Xiaomi Note 3 Pro menggunakan Windows 7 32bit#

Selalu Update Rom

Pembaharuan perangkat lunak biasanya berlangsung pada hari jumat setiap minggunya. MIUI diterjemahkan dan diporting kedalam versi tidak resmi dalam bahasa lain oleh pengembang independen dan kelompok penggemar. Melalui post di forum MIUI, kalian bisa mengunduh file firmware MIUI 8 Global Stable ROM, namun hanya untuk beberapa smartphone saja. 


Khususnya, pengguna Xiaomi Mi 2 dan Mi 2S, Redmi 1S, Xiaomi Mi 4i, Redmi Note 4G, dan Redmi Note 3G. Kemudian tidak semua pengguna Redmi Note 2 dan Redmi 2 mendapatkannya mulai tanggal 24 Juli tahun lalu, sedangkan semuanya bakal mendapatkan notifikasi untuk update mulai tanggal 25 Agustus 2016. 

Xiaomi memastikan tipe tersebut bakal mendapatkan firmware update MIUI 8 Global Stable yang banyak ditunggu karena adanya opsi bahasa Indonesia ini secara OTA, atau over-the-air. 

Pengguna bakal mendapatkan notifikasi jika update MIUI 8 Global Stable ini siap diunduh langsung ke perangkat mereka. Anda dapat secara langsung mengunduh pembaruan Rom lagsung dari handphone sobat menggunakan Wifi karena filenya cukup besar. 

Atau bila ditempat anda koneksinya stabil dan kuota anda cukup untuk mendownload filenya, ya silahkan saja download menggunakan Kartu internet anda.

Nah, sekarang mari kita mulai cara memperbaiki gagal flash ROM MIUI lewat Fashboot.

Muncul error ketika flash ROM lewat Fashboot

Perhatikan step by step cara memperbaiki muncul error ketika flash ROM lewat Fashboot, berikut tutorialnya :

Download full ROM Fastboot dengan jenis device kita di web resmi xiaomi (www.en.miui.com). Harus diingat lho,Rom Fashboot
  • Download dan instal MI Flash Toolnya di sini 
  • Download dan Instal juga MI PC Suite di link ini 
Setelah semua bahan siap, lakukan flashing seperti biasa via fastboot seperti biasa dengan cara sebagai berikut :
  • Masuk ke fastboot mode, tekan tombol power dan volume bawah bersamaan 
  • Hubungkan hp dengan PC 
  • Ekstrak file zip fastboot anda, kemudian copykan seluruh isi folder images ke direktori penginstalan mi flash tool anda. Biasanya di C:/Program Files / xiaomi / MiPhone / Google / Android. Nah copykan disini. Jangan sampai salah copy ya. Jangan pula sampai salah download ROM. 
  • Kalau sudah, tekan tombil shift dan klik kanan bersamaan di tempat tersebut, kemudian pilih OPEN COMMAND WINDOW HERE. 
  • Kemudian tuliskan kode – kode di bawah ini satu per satu sampai selesai (satu kode di enter begitu seterusnya)
Copy Code dibawah ini

       fastboot flash tz tz.mbn
     fastboot flash dbi sdi.mbn
     fastboot flash sbl1 sbl1.mbn
     fastboot flash rpm rpm.mbn
     fastboot flash aboot emmc_appsboot.mbn
     fastboot erase boot
     fastboot flash misc misc.img
     fastboot flash modem NON-HLOS.bin
     fastboot flash system system.img
     fastboot flash cache cache.img
     fastboot flash userdata userdata.img
     fastboot flash recovery recovery.img
     fastboot flash boot boot.img
     fastboot reboot

 

Hp akan restart sendiri setelah kode terakhir dan hp anda kan hidup lagi
Untuk perangkat keluaran terbaru, atau yang mempunyai lock bootloader hati – hati, jangan sembarangan flash dengan cara ini, bisa berakibat mati total. Pelajari cara unlock bootloader terlebih dahulu.

Setelah reboot biasanya agak lama untuk hidup, jadi bersabarlah.  Ingat ya DWYOR ( Do With Your Own Risk ) ,jadi berhati – hati ya sobat semua. Ini berdasarkan pengalaman saya, boleh jadi di type HH tertentu akan berbeda hasilnya. Bisa jadi berhasil, bisa jadi juga tidak berhasil.Semoga berhasil.