Tutorial Flashing Xperia Z3 D6653 Menggunakan Flashtool Terbaru

Sony Xperia Z3
Assalamu'alaikum Wr.Wb. dan selamat malam buat sobat blogger dimanapun anda berada. Kali ini saya akan share bagaimana cara flash android Sony Xperia Z3 menggunakan Flashtool. Bootloop adalah faktor utama kenapa saya melakukan flashing pada Xperia Z3 ini. Tidak tahu juga sebab muasal kenapa android Sony Xperia ini mengalami bootloop, karena tidak sempat saya tanyakan kepada user mengenai kejadian awal terjadinya bootloop. 

Sama halnya dengan ponsel android lainnya yaitu, untuk memperbaiki sebuah handphone android yang terkena masalah dengan yang namanya bootloop, prosedur pertama yang harus kita lakukan adalah masuk ke mode Recovery.

Menggunakan mode Recovery ini merupakan cara yang tepat untuk memperbaiki smartphone android yang mengalami bootloop dengan cara hardreset. Namun untuk masuk ke mode Recovery, kita harus mengetahui dulu apa saja kombinasi tombol yang digunakan untuk masuk ke menu Recovery.

Pada tiap merk dan tipe smartphone android, hampir rata rata menggunakan tombol kombinasi antara Tombol Vol + dan Volume - serta tombol power. Lalu bagaimana cara  masuk ke mode Recovery Xperia Z3 D6653 ini? Tidak jauh berbeda dengan merk dan tipe yang android seperti yang sudah saya sebutkan tadi.

Cara Masuk ke Menu Recovery Sony Xperia Z3 D6653 

1. Matikan dahulu Sony Xperia Z3 anda apabila masih dalam keadaan menyala, meskipun bootloop.

2. Lepaskan juga memory card/Kartu SD dari dalam Ponsel sony Xperia anda.

3. Tekan dan tahan Tombol Vol + dan Vol - diikuti dengan menekan juga tombol Power selama beberapa detik.

4. Seketika lepaskan tombol power pada saat muncul logo gambar android pada layar.

5. Kemudian tekan Tombol Kamera untuk dapat masuk ke menu Recovery Sony Xperia Z3 D6653.


Recovery Sony Xperia Z3 D6653

6. Gunakan tombol Vol - dan Vol + sebagai navigasi untuk naik turun memilih opsi yang diinginkan.

7. Karena tujuan kita adalah melakukan hardreset, maka pilih pada wipe data/factory reset dan tekan tombol power untuk konfirmasi

8. Pilih pada Yes — delete all user data disusul dengan menekan tombol power untuk konfirmasi lagi.

9. Tunggu hingga proses reset sistem selesai kemudian pilih reboot system now dan tekan tombol power kembali.

10. Ponsel akan restart dengan sendirinya. 

11. Perlu diketahui dulu, pada saat pertama kali booting setelah hardreset, akan memakan waktu lebih lama dibanding biasanya.

12. Selesai.

Tutorial diatas adalah cara untuk melakukan hardreset terhadap ponsel smartphone Sony Xperia Z3 D6653, dengan keterangan sebelumnya yang disebabkan ponsel mengalami bootloop.

Namun pada beberapa kasus ponsel yang terkena bootloop, banyak juga yang mengalami kegagalan setelah ponsel android diHardreset. Sama halnya dengan Sony Xperia Z3 D6653 yang sedang saya perbaiki ini.

Memperbaiki smartphone android yang mengalami bootloop dengan metode hardreset merupakan prosedur pertama yang harus kita lakukan sebelum ketahap instal ulang ponsel android tersebut. Setelah dirasa tidak membuahkan hasil yang memuaskan, barulah kita melangkah ketahap selanjutnya.

Tahapan selanjutnya yang saya maksdu disini adalah tahap melakukan instal ulang terhadap samrtphone Sony Xperia Z3 D6653. Tidak banyak kata mari kita siapkan bahan bahan untuk melakukan flashing pada android Sony Xperia Z3 D6653 ini.

#Baca juga: Cara mengatasi Sony Xperia Z3 Yang Panas Atau Overheat#

Bahan Flashing
  • Sediakan Laptop dan Kabel usb Sony untuk media flashing bisa juga menggunakan kabel yang di pakai untuk mencharger Ponsel Android.
  • Download Flashtool terlebih dahulu melalui link ini
  • Download Firmware untuk Sony Xperia Z3 D6653 di sini 
Cara Flashing
  • Instal flashtool Xperianya sampai selesai
  • Instal drivernya, cari di localdisk C >Flashtool >Driver, lalu instal Flashtool-drivers.exe. Centang pada Flashmode Drivers dan Fashboot Mode seperti pada gambar berikut :
                                      Driver
  • Copy firmware yang anda download tadi ke C >flashtool >firmwares
  • Buka flashtool.exe  dengan klik dua kali , atau pada windows 7 klik kanan lalu pilih Run as administrator
  • Setelah flashtool terbuka lalu klik pada logo petir lalu akan muncul pop up bootmode chooser dan cek list pada flashmode
                             Cara flash sony xperia
  • Kemudian pilih firmware yang telah anda copy sebelumya lalu klik flash dipojok kanan bawah
  • Pastikan batrei sobat diatas 50%
  • Tunggu beberapa detik hingga muncul pop up gmbar HP
  • Tekan dan tahan tombol volume down sambil menancapkan kabel usb ke komputer, akan nyala indikator hijau
Flashtool
  • Tunggu hingga proses selesai,lalu coba sobat nyalakan hp sobat 
  • Selesai
Dengan demikian android Sony Xperia Z3 ini sudah berhasil diperbaiki dan dapat digunakan dengan normal kembali. Selanjutnya tinggal pengisian akun google sebagai pengguna pertama smartphone tersebut. Dikarenakan juga empunya ponsel ini tahunya hanya asal pakai saja, jadi sekalian saja kita buatkan email google untuk login sebagai pengguna.



Sekian dulu apa yang saya sampaikan kali ini tentang bagaimana cara flash sony experia Z3 dan semoga bermanfaat dan berguna buat anda. Jangan lupa baca Tips saya tentang Android yang lain Teima kasih..