Tutorial Cara Flash Samsung Galaxy J1 Ace SM-J110G dan SM-J111F via Odin

Galaxy J1 Ace

Sama seperti samsung galaxy yang lain lainnya, cara flashing samsung galaxy j1 ace ini juga menggunakan Software Odin. Cara flash smartphone android Samsung sebenarnya cukup mudah, apalagi jika sobat sudah pernah sebelumnya. Namun bagi sobat yang belum pernah melakukan flash Samsung J1 Ace bisa mencoba dengan cara yang akan di bahas di artikel ini. 

Sebelum kita melakukan flashing, perhatikan dulu tipe dari samsung j1 ini, kalau benar benar memang sudah tidak bisa hidup lagi cobalah anda lihat pada cassing belakang batere samsung J1 apakah kode yang tertera SM- J110G atau SM-J111F. Karena ada 2 Firmware yang disediakan untuk flash samsung J1 ini. 

Dengan melakukan flashing pada semua smartphone android, kita harus tahu dan paham ketentuan resiko yang harus ditanggung. Melakukan flash di HP Samsung Galaxy J1 Ace bisa saja mengalami kegagalan, walaupun kerusakan sama seperti yang disebutkan diatas, tidak menutup kemungkinan bisa gagal. Karena kerusakan yang disebabkan faktor lain, misalnya EMMC yang sudah rusak.

Baca juga: Memperbaiki layar blank putih pada android

Bahan Bahan Untuk Flashing
  • Firmware samsung galaxy J1 untuk SM-J110G/J110GDXU0APB1 Kitkat download melalui link ini
  • Firmware samsung galaxy J1 SM-J111F/ J111FXXU0APJ4 Lolipop Download 
  • Driver untuk samsung galaxy J1 downloadnya di sini
  • Download juga Tool Odinnya di sini 
Pastikan dulu bahwa baterai samsung J1 Ace yang akan diflash minimal diatas 50% agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. 

Cara melakukan Flashing Samsung Galaxy J1 Ace SM-J110G dan SM-J111F

1. Ekstrak file yang sudah didownload tadi menggunakan Winrar

2. Instal dulu driver samsungnya sampai selesai

3. Masuk download mode samsung dengan cara sebagai berikut: Samsung Galaxy J1 ace dalam keadaan mati, tekan ketiga tombol secara bersamaan ( Volume bawah + Power dan Tombol Home). Setelah muncul notifikasi Warning!, tekan tombol Volume atas untuk masuk download mode.


Download mode

4. Konek Samsung Galaxy J1 ace ke PC dengan menggunakan kabel USB, tunggu beberapa saat sampai HP terdeteksi oleh PC secara sempurna.

5. Buka Odin 3.07, secara otomatis pada bagian ID:COM akan berwarna biru yang menandakan HP telah terbaca oleh PC.

odin

6. Langkah selanjutnya klik pada bagian PDA.

7. Masukkan firmware Samsung Galaxy J1 ace yang sebelumnya sudah kita ekstrak. Tunggu beberapa saat sampai Odin berhasil melakukan load firmware secara sempurna.

Odin 2

8. Setelah itu, klik start dan tunggu proses flashing sampai selesai.

9. Done!

Dalam beberapa saat pemakaian ponsel android apapun, biasanya kita jengah atau mengalami titik jenuh dimana kita ingin mencoba hal yang baru dan ingin sekali mengopreck android kita. 

Tentu saja untuk mengopreck ponsel yang berbasis android kita memerlukan akses rooting. Nah, pada artikel selanjutnya saya juga sudah memposting tentang bagaimana cara me-root android samsung J1 Ace yang sedang kita bahas kali ini.


Sampai disini anda sudah berhasil melakukan flashing pada Hp Samsung J1 Ace, tapi perlu diingat bahwa setiap booting pertama kali akan memakan waktu yang cukup lama. Sambil menunggu Booting selesai anda baca baca dulu artikel saya yang lainnya tentang Tips Tips Seputar Android diBlog saya ini. Terima kasih...