Tutorial Cara Flashing Sony Xperia Neo L MT25i

Sony MT25i
Baru saja saya mendapatkan servisan sebuah handphone android lama yaitu Sony Xperia Neo L MT25i. Smartphone ini keluar pada tahun 2012 yang lalu, jadul memang bila dibandingkan dengan ponsel android Sony zaman sekarang yang sudah meluncurkan banyak jenis dan tipe dari sony itu sendiri. 

Contoh saja Sony Xperia Z5 Premium Dual atau Sony Xperia Z3 dan lain lain.
Sebelum saya kasih tutorial bagaimana cara flash sony xperia Neo mt25i ini, sebelumunya kita akan review dulu kelebihan dan kekurangan dari ponsel yang akan saya bahas kali ini.

Sony Xperia neo L atau yang dikenal dengan sebutan Sony MT25i merupakan salah satu smartphone buatan sony yang dirancang khusus kelas mengengah ke bawah. Sama seperti smartphone sony lainnya, yang menjadi kelebihan utama pada Sony Xperia neo L ini adalah terletak pada kameranya. 

Berbekal kamera 5 MP lengkap dengan LED flash dan autofocus, mampu menghasilkan gambar yang jernih memungkinkan para penggunanya untuk mengabadikan semua moment. 

Desain stylish di lengkapi dengan fasilitas dan fitur canggih gadget ini menjadi incaran para konsumen di tahun 2012 hingga 2014 kemarin. Kehadiran gadget ini memperketat persaingan di dunia smartphone. Dengan hanya mengusung single-core dengan kecepatan 1 GHz mampu menggoda para konsumen pecinta gadget.

Kelebihan Sony Neo LMT25i

Xperia neo L tersedia dalam dua warna yaitu hitam dan putih, mampu meberikan perfoma yang mantap mendukung dalam berbagai aktiftas. 

Kapasitas memory internal yang minim dinilai menjadi kelemahan utama product ini, tapi masih bisa mengandalkan memory external (MicroSD) hingga 32 GB. Sony Xperia Neo L MT25i telah mendukung jaringan 3G HSDPA sehingga memungkinkan akses internet yang cepat di jaringan 3G. 

Ukuran yang cukup ringkas yaitu  121 x 61,1 x 12,2 mm dengan layar yang cukupan  yaitu 4 inci. Dengan ukuran ini pengguna cukup leluasa melakukan navigasi menu menu di layar. 

Telah disediakan fitur WIfi Hotspot sehingga selain bisa digunakan untuk akses internet via wifi, xperia Neo L ini bisa juga digunakan untuk akses poin sehingga bisa berbagi koneksi internet. 

Ditambah dengan adanya Bluetooth meskipun hanya versi 2.1 namun tertutupi oleh kesempurnaan dari Ponsel ini bila dibandingkan dengan ponsel android dikelasnya.

Kamera dan Operasi system

Kamera dengan resolusi yang cukup mumpuni untuk kategori smartphon menengah ke bawah, yaitu 5 MP dengan resolusi maksimum 2592х1944 pixels, dilengkapi dengan fitur autofocus dan juga lampu LED flash.

Kamera mampu melakukan perekaman video HD pada 720p@30 fps. Sementara itu kamera depan hanya masih menggunakan VGA.
Sistem operasi yang cukup relevan untuk saat itu, yaitu Android ice cream sandwich, v 4.0.4.

Disediakan adobe flash player sehingga bisa memutar format file flash ketika melakukan browsing dan disertakan juga dengan  adanya GPS yang bisa menentukan koordinat penggunanya dengan tepat.

Kekurangan Sony Neo L MT25i

Kapasitas ram yang hanya 512 Mb dan tidak tersedia fitur Radio sehingga tidak bisa mendengarkan siaran berita atau musik dari stasiun radio terdekat.Tidak tersedia juga port video out put sehingga tidak bisa menampilkan gambar atau video dari handphone pada layar tv atau monitor. Kapasitas baterai yang biasa saja yaitu 1500 mAh.

Kapasitas penyimpanan internal hanya 1 GB itupun hanya 300 mb yang tersedia untuk pengguna. Layar masih menggunakan jenis LED-backlit LCD, akan lebih baik jika Amoled. Dan terakhir bobot yang cukup berat yaitu 131,5 gram. Akan tetapi semua kelemahan yang dimiliki gadget cantik ini ditutupi oleh banyaknya fasilitas dan fitur canggih yag dimilikinya.

Tahap Flashing

Itulah kelebihan dan kekurangan yang di miliki oleh Sony Neo L MT25i ini. Untuk harga bekasnya menurut penulusuran saya hanya di bandrol dengan harga yang cukup murah yaitu Rp. 500.000,00 saja.

Ok, sekarang kita mulai ke tahap inti yaitu cara untuk flash ulang Sony Neo L MT25i menggunakan Flashtool. Pada awalnya Ponsel yang saya flash ini mengalami bootloop, sama sekali tidak bisa menampilkan menu pada layar selayaknya android yang normal. 

Saya sudah coba untuk hard reset Sony Neo LMT25i ini akan tetapi tidak tetap hanya mentok pada logo Sony saja, setelah itu akan restart dengan sendirinya. Anda bisa melakukan hard reset atau reset factory android Sony Xperia Neo L Mt25i dengan cara sebagai berikut ini: 

1. Tekan dan Tahan Tombol Volume atas + tombol Power selama beberapa detik

2. Lepaskan semua tombol saat Anda melihat menu Layanan di layar

3. Pilih Factory Reset (Atur Ulang Pabrik) dengan menggunakan tombol volume

4. Tekan pada Tombol Power untuk konfirmasi

5. Ponsel akan diatur ulang kemudian Reboot

Bila dengan cara diatas smartphone android Sony Xperia Neo L MT25i anda tidak berhasil hidup dengan normal juga seperti saya, maka langkah terakhir adalah flash ulang.

Sekarang mari kita mulai bagaimana cara melakukan Sebelum anda melakukan flash pada ponsel Sony MT25i ini,download dulu bahan bahan di bawah ini :

#Baca juga: Meringankan beban memory Ram pada android#

Bahan Flahsing 
  • Sediakan Laptop dan Kabel usb Sony untuk media flashing bisa juga menggunakan kabel yang di pakai untuk mencharger Ponsel Android.
  • Download Flashtool terlebih dahulu melalui link ini
  • Download Firmware/Stockroom tft untuk Sony Neo L MT25i di sini 

Cara Flashing

1. Instal flashtool Xperianya sampai selesai

2. Instal drivernya, cari di localdisk C >Flashtool >Driver, lalu instal Flashtool-drivers.exe. Centang pada Flashmode Drivers dan Fashboot Mode seperti pada gambar berikut :

Driver


3. Copy firmware yang anda download tadi ke C >flashtool >firmwares (firmware berformat .ftf)


Folder
4. Buka flashtool.exe dengan cara klik dua kali pada mouse ataupun touchpad bila anda menggunakan laptop

5. Setelah flashtool terbuka lalu klik pada logo petir lalu akan muncul pop up bootmode chooser dan cek list pada flashmode
                            Cara flash sony xperia

6. Kemudian pilih firmware yang telah anda copy sebelumya lalu klik flash dipojok kanan bawah

7. Pastikan batrei sobat diatas 50%

8. Tunggu beberapa detik hingga muncul pop up gmbar HP

9. Tekan dan tahan tombol kembali sambil menancapkan kabel usb ke komputer, akan nyala indikator hijau


10. Tunggu hingga proses selesai,lalu coba hidupkan sony xperia neo L anda dengan menekan tombol power

11. Done!

Dibawah ini adalah penampakan Sony Neo L MT25i yang sukses saya flash menggunakan Flashtool

Sukses

#Baca juga: Memperbaiki layar blank putih pada android#

Ikuti semua langkah langkah di atas dengan benar Insya Allah pasti berhasil bila mengikuti tahap demi tahap.

Sekian dulu Artikel tentang Cara Flash Sony MT25i ini, semoga bermanfaat buat anda semua...Terima kasih.

0 Response to "Tutorial Cara Flashing Sony Xperia Neo L MT25i"

Post a Comment