Fix Cara Memperbaiki Samsung S3 I9305 E: failed to mount /efs (invalid argument)

Fix Cara Memperbaiki Samsung S3 I9305 E: failed to mount /efs (invalid argument)-Samsung S III dengan seri i9305 ini terus terang saya pribadi baru mengetahui secara langsung. 

Meskipun seri ini agak lumayan lama, namun ternyata sudah mendukung jaringan 4G. Hanya saja tidak didukung dengan dual SIM alias masih single SIM.

Pada dapur pacunya Samsung SIII GT-I9305 ini menggunakan CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A9 yang memang diakui cukup mumpuni hingga sekarang. 
                       Fix Cara Memperbaiki Samsung S3 I9305 E: failed to mount /efs (invalid argument)
Apalagi sudah ditanamkan memory RAM sebesar 2GB dan juga mempunyai memory internal hingga 16GB. Jadi wajar saja pada masa itu harganya masih selangit jika dibandingkan dengan sekarang. 

Kekurangan yang lain jika dibandingkan dengan ponsel android tahun 2017 saat ini yaitu terletak pada sisi kamera utama yang hanya mempunyai resolusi sebesar 8MP saja. 

Ditahun ini rata rata untuk ponsel yang mempunyai memory RAM sebesar 2GB  sudah mengusung kamera utama dengan resolusi sampai 13MP.

Untuk Operasi sistem pada Samsung galaxy SIII i9305 masih menggunakan OS Jelly Bean namun ada yang bilang bisa upgrade ke KitKat. Tapi entah kenapa samsung SIII yang kemarin saya garap ini tidak ada atau tidak bisa sama sekali untuk upgrade OS ke KitKat. 

Atau mungkin saja karena Samsung SIII GT-I9305 yang saya garap ini tidak bukan berasal dari Negara Indonesia melainkan beli dari negara lain

Samsung GT-I9305 Lafleur

Yap, ponsel android Samsung Galaxy SIII GT-I9305 dengan booting awal hanya muncul logo samsung diikuti dengan tampilan logo Lafleur, namun mentok pada logo tersebut. Setelah itu tidak bisa diapa apakan sama sekali meskipun sudah dilepas pasang baterai ponselnya.

Hingga kemudian saya mencoba untuk hard reset Samsung SIII tersebut dengan menggunakan metode 3 jari, yaitu dengan menekan tombol kombinasi antara Vol+Home dan Power. Namun tidak membuahkan hasil yang menggembirakan sama sekali.

Sampai akhirnya saya mengetahui pada saat gagal melakukan factory reset didalam menu recovery terdapat notifikasi "E: failed to mount /efs (invalid argument)" yang berarti saya harus mengembalikan file .efs yang corrupt atau rusak pada Samsung SIII tersebut. 

Dan Alhamdulillah berhasil 100% meskipun banyak sekali kendala dari sulitnya mendapatkan file .efs yang berformat .tar sampai terjebak dalam mode factory, dimana layar ponsel tertutup dengan kotak informasi dari spesifikasi Samsung SIII tersebut.

Fix Cara Memperbaiki Samsung S3 I9305 E: failed to mount /efs (invalid argument)

Pada kesempatan yang berbahagia ini sekali lagi saya akan memposting sebuah tutorial yang cukup jadul saya rasa, namun tidak ada salahnya bila saya share tutorial ini dan semoga saja dapat bermanfaat buat anda para pembaca sekalian.

Singkat saja untuk cara memperbaiki sebuah kesalahan E: failed to mount /efs (invalid argument) yang sudah saya sebutkan tadi. Yaitu pada saat melakukan proses Hard reset dengan point kita sudah melakukan Wipe data/factory reset namun tidak membuahkan hasil dan ada keterangan E: failed to mount /efs (invalid argument).

Tanpa pikir panjang sayapun melakukan jurus andalan yaitu Flash ulang dengan firmware asli bawaan Samsung SIII GT-I9305 menggunakan Odin3. 

Setelah berhasil flashing Samsung SIII menggunakan Odin3, namun tetap juga tidak dapat masuk ke menu layar utama Samsung SIII, yaitu tetap mentok pada logo Samsung saja.

Dan sampai pada akhirnya saya berhasil juga menyelesaikan pekerjaan yang cukup melelahkan ini. 

Baca juga: Trik Memperbaiki Gagal Flash Samsung Galaxy S3 GT-I9305 MD5 Error! Binary is Invalid

Nah, sekarang mari kita mulai bagaimana cara mengatasi Samsung SIII GT-I9305 yang mendapati pesan E: failed to mount /efs (invalid argument) pada saat dilakukan Wipe data/factory reset didalam menu Recovery.

Siapkan dulu file .efs dari Samsung Galaxy GT-I9100 dan beberapa file lainnya yang sudah saya sediakan untuk anda sekalian. Kenapa file efsnya dari samsung GT-I9100? Karena saya sendiri tidak mempunyai file .efs dari samsung dengan seri GT-I9305 tersebut dan juga sangat susah sekali untuk mendapatkannya.

Alat dan Bahan Download:
Langkah langkah:

1. Ekstrak menggunakan winrar semua file yang sudah anda download tadi dan simpan difolder yang mudah untuk anda ingat.

2. Instal dahulu USB Driver Samsungnya sampai selesai, setelah itu instal Odin3.

3. Matikan Samsung Galaxy SIII GT-I9305 dan sambungkan ke Laptop/PC Menggunakan Kabel data USB yang sudah anda persiapkan tadi.

4. Tekan kombinasi tombol antara tombol Vol-(Min) Home dan Power secara bersamaan dan lepaskan tombol power ketika Samsung GT- I9305 bergetar sementara tombol Vol- (Min) dan Home masih dalam keadaan ditekan.

5. Anda akan dihadapkan pada layar yang menunjukkan perintah untuk menekan tombol Volume atas untuk lanjut ke mode download via Odin, klik saja tombol Volume atas tersebut.

6. Buka aplikasi Odin3 setelah terbuka secara otomatis Samsung SIII GT- I9305 anda akan terdeteksi pada PC/Laptop bila driver sudah anda instal dengan benar seperti pada gambar yang saya tandai dibawah ini.
dirver odin3
7. Biarkan tercentang secara default pada Auto Reboot dan F. Reset Time kemudian tekan pada tab BL untuk memasukkan file EFS_I9100XXKH3_CL479037_REV02_user_low_ship.tar.md5 yang sudah anda ekstrak tadi. Setelah terisi lanjut dengan klik Start.
Odin start
8. Tunggu beberapa saat hingga selesai proses penginputan file .efs ke Samsung SIII anda. Waktu berjalan biasanya hanya beberapa detik saja dan otomatis ponsel akan restart dengan sendirinya dengan ditandai tulisan Reset pada tab kanan atas.
Odin reset
9. Tunggu dulu sampai Odin memunculkan pesan Pass dengan background hijau pada tab kanan atas lalu cabut Samsung SIII dari PC/Laptop. 
Odin Pass
10. Bila tidak lekas muncul pesan Pass seperti pada gambar diatas silahkan anda cabut Kabel USBnya secara manual.

11. Done.

Pada kasus tertentu Samsung SIII GT-I9305 akan booting dengan normal kembali seperti biasanya. Namun pada kasus saya disini, setelah saya memasukkan file .efs tersebut, Samsung SIII GT-I9305 tersebut ternyata masuk ke Mode Factory dan sesekali menutupi layar.
Meskipun dapat otomatis hilang pada layar ketika kita menekan salah satu menu aplikasi di Samsung SIII, namun kerap saja muncul dan sangat menggangu pemandangan mata saya.

Bagaimana cara mengatasi masalah demikian? Baca pada artikel selanjutnya di link berikut: Bagaimana Cara Keluar Dari Factory Mode Samsung Galaxy S3 GT-I9305

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel