Cara Flash Oppo Joy R1001 Menggunakan Flashtool v3.1344.0.212


Oppo Joy R1001


Kali ini saya membagikan trik bagaimana cara flashing Oppo Joy R1001 menggunakan sp flashtool. Yap, SP-Flashtool adalah sebuah software yang digunakan untuk keperluan flashing firmware khusus untuk pengguna HP Android yang berchipset MediaTek (MTK) seperti Oppo Joy R1001 ini. 

Dengan software SP Flashtool Anda dapat mengatasi HP Android yang bermasalah karena gagal update firmware sehingga menyebabkan bootloop. Selain itu, ada beberapa fitur SP Flashtool yang harus Anda tau yaitu Flash Recovery, Memory Test, Parameter Setting, dan Format Device / Hard Reset. 

Nah, pada kesempatan kali ini oppo joy r1001 yang saya flash bukan karena bootloop atau matot(Mati Total), tetapi karena rusaknya sebuah system yang ada pada OS(Operasi System)androidnya. 

Entah kenapa tiba tiba Oppo r1001 yang dipakai oleh si user ini mengalami hank atau tidak bergerak sama sekali walaupun sudah di sentuh beberapa kali atau digeser geser layar handphonenya.

Recovery Mode Oppo R1001

Dengan adanya kejadian diatas tadi yang sudah diceritakan, saya tidak langsung memvonis bahwa Handphone si user harus saya flash, tetapi saya mencoba untuk lakukan  hardreset dulu melalui recovery mode pada oppo r1001 ini dengan menekan tombol power dan volume (-). Untuk lebih lengkapnya silahkan anda baca pada artikel saya kemarin dengan tema>Cara Hardreset Oppo Joy R1001<. 

Setelah berhasil masuk ke mode recovery oppo r1001 ini saya menuju ke Wipe data dan chace pada menu recovery. Kemudian setelah berhasil saya hardreset, tidak tahu kenapa juga oppo joy r1001 ini mengalami invalid emei. 

Sampai akhirnya saya berhasil juga mengembalikan imei yang hilang pada oppo r1001 ini. Anda bisa baca tipsnya >Cara Mengembalikan Invalid Imei Tanpa Root<pada Oppo Joy R1001 diblog ini.

Cara Flash Oppo R1001

Kembali lagi tentang bagaimana cara flashing oppo r1001 menggunakan SP-Flashtool yang sudah saya janjikan sesuai judul diatas. Sama dengan ponsel smartphone android lainnya yang menggunakan Chipset Mediatek seperti pada Tutorial saya tentang Cara Flash Advan i5c Yang Bootloop waktu itu, yakni tetap menggunakan software SP-Flashtool juga. Mari kita langsung menuju ke TKP!

Bahan Bahan:
  • Firmware Oppo R1001 => Disni ( Pass : oppomobile.vn )
  • Download SP Flashtool => Disni
  • Download MTK Driver USB => Disini
Langkah Langkah :

  • Jika semua bahan di atas sudah di download silahkan ekstrak terlebih dahulu Firmware dan SP Flash Toolnya agar lebih mudah dalam menggunakannya.
  • Install MTK Drivernya (Pilih Driver Sesuai Windows)
  • Selanjutnya buka Sp Flashtool Klik Kanan pilih Run As Administrator  dan Klik Yes
  • Pilih pada menu scatter loading
Flashtool v3.1344.0.212
  • Pada browse penyimpanan firmware Oppo Joy R1001 klik pada file MT6572_Android_scatter
MT6572_Android_scatter
  • Maka akan muncul data data di SP flashtool. tapi ada data yang bernama Uboot dan Usrdata yang tidak di centang. Untuk USRDATA biarkan saja tapi untuk UBOOT silahkan di centang dengan cara Klik 2 x pada UBOOT setelah itu isi dengan data UBOOT ( Lihat Gambar )

uboot
  • Selanjutnya silahkan sobat Klik Download dan hubungkan HH ( Tanpa Baterai ) dengan PC dengan kabel USB dan sambil tekan Volume UP seperti di gambar bawah
Download
  •  Bila muncul nofikasi seperti gambar di bawah ini, pilih yes saja
Sp flashtool
  • Tunggu hingga proses pemasangan firmware selesai 

  • Bila muncul tanda lingkaran hijau bertuliskan Download OK itu berarti anda sukses flashing oppo r1001
Sukses
  • Silahkan cabut usb yang yang tersambung dengan oppo r1001 kemudian pasang kembali baterai yang tadi dilepas lalu hidupkan seperti biasanya. SELESAI!
Baca Tutorial yang lain tentang seputar android sebagai bahan referensi untuk anda di kemudian hari. Sekian dulu dan tidak lupa terima kasih saya ucapkan buat anda,semoga Blog Bekha Tekno dapat bermanfaat buat anda.