-->

Trik Baru Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak Dengan Mudah Dan Simple

Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak-Judul di atas saya buat dari pengalaman saya sendiri yang beberapa kali memperbaiki keyboard laptop atapun komputer dengan kerusakan yang berbeda beda.

"Tidak ada yang sempurna di dunia ini" mungkin itu kalimat yang pantas untuk kerusakan kerusakan yang terjadi pada beberapa merk laptop. 

Walaupun mereka mempunyai banyak keunggulan dan kelebihan dari beberapa merk laptop yang mereka tawarkan pasti semuanya akan ada kekurangannya juga. 
Trik Baru Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak
Kenapa saya bilang begitu? karena saya pernah mencoba semuanya dari yang jadul sampai yang terbaru di tahun 2017 ini. Sumpah bukan sombong, tapi karena pekerjaan saya sendiri harus menuntut itu. 

Jadi pernah ngerasain satu persatu laptop yang dari beberapa orang mengatakan bahwa "laptop ini paling bagus,laptop itu yang paling bagus kok!". 

Sebenarnya semua laptop itu bagus,cuman apakah kita mau memaintenance atau merawatnya dengan rutin? 
Baca juga : Cara aktivasi windows 8.1 all edition permanent!
Juga saran saya menggunakan laptop jangan terlalu berlebihan bila sudah selasai mengerjakan tugas maka sebaiknya matikan saja melalui fitur shut down yang ada pada windows jangan lagsung lewat tombol power. Kecuali anda memang orang kaya,habis pakai lagsung lipat laptopnya. 

Nah seperti yang di alami oleh user yang mempunyai keluhan dengan masalah tombol keyboard banyak yang tidak berfungsi. Tapi tenang saja, disini saya akan menerangkan sedikit solusi untuk mengatasi permasalahan yang kerap terjadi pada keyboard laptop yang kita gunakan. 

Saya mulai dengan fitur yang disediakan oleh Operasi sistem Windows 7 pada P/laptop kita yakni:

On-Screen Keyboard Windows

Sebenarnya kita bisa mengakali kerusakan keyboard dengan menggunakan fitur yang di sediakan oleh Windows sendiri,yaitu On-Screen Keyboard. Contoh pada Windows 7 kita bisa mengakses melalui Star>All Programs>Accessories>Ease of Acces lalu pilih On-Screen Keyboard maka akan muncul halaman seperti di bawah ini :


On screen k.
Atau menggunakan fitur pencarian pada windows kalian lalu ketik On-Screen Keyboard . Namun apakah kita akan betah dengan terus terusan menggunakan fitur itu? Tentu tidak bukan. 

Nah buat kalian yang sedang minim budgetnya saya akan memberikan trik cara memperbaiki Keyboard laptop yang error di bawah ini dengan beberapa macam macam kerusakan yang di alami oleh keyboard itu sendiri.

Beberapa Kerusakan Keyboard

Kerusakan pada keyboard laptop ataupun komputer pc ada banyak permasalahan yang di alami dan bermacam-macam kategori tentang kerusakan pada keyboard laptop yang di alami pada keyboard. 

Mari kita bahas satu persatu dan saya akan memberikan solusi bagaimana memperbaiki kerusakan pada keyboard tersebut sesuai dengan kategorinya. Untuk mengetahui tombol mana yang rusak kita bisa menggunakan sebuah software yang bernama PassMark KeyboardTest. 
Dengan software ini anda bisa dengan cepat memeriksa semua tombol pada keyboard komputer atau laptop bilamana masih berfungsi dengan baik atau tidak, memeriksa keyboard LED, lihat scan codes internal yang dihasilkan oleh keyboard dan mengukur kecepatan mengetik. 

Baca juga : Memperbaiki Keyboard Asus T100 chi Tidak berfungsi

Software PassMark KeyboardTess ini bersifat Portable jadi tidak perlu diinstal.
Untuk dapat memiliki software Passmark KeyboardTest, silahkan anda download pada link Google Drive dibawah ini yang sudah saya sediakan.

Download PassMark KeyboardTest

Tombol Keyboard Kacau

Kejadian seperti ini sangat mengganggu sekali saat kita sedang mengerjakan tugas pengetikan diMicrosoft office Word,excel atau lainnya. 

Pada saat kita kita tidak melakukan apa apa dalam arti tidak menekan satu tombolpun,akan tetapi terlihat pada layar laptop bahwa keyboard kita telah menekan terus huruf atau angka yang itu itu saja secara berulang ulang dan terus menerus. 

Itu terjadi karena didalm tuts keyboard itu ada  kotoran yang membandel,bisa juga karena suatu sebab kejahilan teman anda yang mengakibatkan tombol itu menekan terus.

Solusi : Kita lepas tombol yang tidak berfungsi tersebut dengan cara mencongkelnya tapi berhati hati agar tidak patah rangkaian pengait pada bagian bawah tombol. Setelah berhasil terlepas, kita melihat sebuah tuts yang terbuat dari karet. 

Nah, coba anda lepas dulu karet tersebut tapi lepas juga rangkaian pengaitnya dulu agar tidak ada kendala dalam membersihkan bagian pada sudut tombol. 

Kemudian bersihkan bagian dalam karet yaitu lapisan yang berbentuk lingkaran dan terbuat dari karbon menggunakan cotton bud bila perlu kasih alkohol cotton bud tersebut agar maksimal bersihnya. 

Bersihkan jalur bagian dalam dari plastiknya dengan cara kita kupas. Namun harus sangat hati hati agar tidak sobek plastiknya bersihkan diantara kedua lapisan karbon tersebut dengan cutter itu, dengan cara menggesek-geseknya, tapi jangan terlalu keras, sekedar hanya menghilangkan kotoran diantara kedua lapisan karbon tersebut. 

Kalau terlalu keras dikhawatirkan lapisan karbon ikut hilang. Untuk lebih leluasa membersihkan jalur pada bagian dalam plastik kita lepas juga tombol tombol yang berdekatan dengan tombol keyboard yang rusak.
Baca juga:Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot Dan Penyebabnya
Anti virus Avast gratis dan serial numbernya
Download Aplikasi Karaoke Video Gratis Untuk PC/Laptop Terbaru 2017
Layar Blank Putih Pada Android
Tombol tidak berfungsi

Beberapa tombol atau salah satu tombol tidak berfungsi misalnya tombol angka (1) huruf (q) (a) atau (z) dan yang lain. Bila kita tekan tombol tersebut sama sekali tidak mau merespons dan menampilkan apa apa sama sekali. 

Itu bisa terjadi karena putus jalur yang di sebabkan karena tertumpah cairan atau memang korosi pada ujung jalur keyboard yang tertekan pengait pada socketnya agar tidak mudah lepas.

Solusi : Lakukan dulu solusi di atas untuk menentukan benar tidaknya ada jalur yang putus bila kerusakan hanya terjadi pada satu atau dua tombol.
Bila tidak berhasil menggunakan cara diatas berarti memang benar ada jalur yang putus maka yang kita lakukan adalah menyambung jalur yang putus tersebut dengan pensil karbon (silver conductive). 

Tapi karena saya tidak mempunyai alat itu maka saya menyambungnya dengan sehelai serabut kabel.

Saya asumsikan bahwa anda sudah melepas semua tombol tombol keyboard seluruhnya hingga tersisa plastik dengan jalur keyboard didalamnya.

Ambil sehelai serabut kabel, potong sesuai jalur keyboard yang putus. Letakkan serabut kabel pada jalur yang putus menggunakan pinset lalu tutupi dengan solasi double tape. 

Tutup kembali lembaran plastik tadi. Tata kembali tuts seperti semula, jangan memasang tombolnya dulu karena kita hanya mencoba saja. Lalu tancapkan kembali pada board, nyalakan laptop.

Bila memang sudah berfungsi normal seperti biasanya maka kita tinggal merangkai dan memasang keyboard tersebut pada asalnya.

Tombol Tertukar Huruf

Seringkali ketika selesai pakai keyboard eksternal, setelah keyboard kita cabut dan kita guna kan keyboard bawaan laptop ada yang berubah: ketika kita tekan tombol m, j, k, l, u, I, o yang muncul adalah angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6. kok bisa ya..? 

Biasanya ini terjadi pertukaran tombol fungsi Fn. Tombol Fn ini memang hanya ada pada keyboard di notebook atau laptop.

Solusi :cara mengatasi fungsi tombol Fn yang terbalik secara tak sengaja tekan aja tombol Fn tahan dan jangan dilepas, lalu tekan tombol fungsi numeric.Tombol numeric ini kalau di laptop biasanya berada di deretan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12, bertuliskan Insert dan NumLocK.

Setelah itu lepaskan kedua tombol tersebut. Sekarang coba tekan tombol u, kalau masih muncul angka 4 berarti belum berhasil, ulangi sekali lagi.
Pada intinya fungsi tombol ini mirip tombol caps lock, ditekan sekali berubah menjadi huruf capital, ditekan lagi tombol capslock berubah kembali ke huruf kecil.

Itulah beberapa masalah yang sering terjadi pada keyboard laptop dan cara memperbaikinya. Sekian dulu tips yang saya buat dan jangan lupa baca trik trik yang lain dari blog ini, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel