-->

2 Cara Flashing Oppo F1 Plus (X9009) Tanpa PC Dan Via PC Terbaru

2 Cara Flashing Oppo F1 Plus (X9009) Tanpa PC Dan Via PC Terbaru - Kali ini saya memberikan 2 cara menginstal smartphone android Oppo F1 Plus (X9009) dengan menggunakan PC/Laptop dan tanpa menggunakan PC. 

Tutorial ini sengaja saya hadirkan untuk anda yang sedang kesulitan memperbaiki smartphone Oppo F1 plus yang sedang mengalami kerusakan seperti Bootloop dan lain lain yang menyebabkan hp Oppo F1 plus anda harus diflash ulang.

Dari sekian banyak kerusakan yang menyebabkan smartphone harus diinstal ulang, bukan hanya smartphone android yang mengalami bootloop saja. 
                                 2-Cara-Flashing-Oppo-F1-Plus-X9009-Tanpa-PC-Dan-Via-PC-Terbaru
Kerusakan pada sistem yang mengakibatkan terhentinya aplikasi dari bawaan handphone pun kadang wajib kita instal ulang, dengan asumsi sebelumnya sudah kita lakukan hardreset namun tetap tidak merubah apapun.

2 Cara Flashing Oppo F1 plus (X9009) Tanpa PC Dan Via PC ini sengaja saya posting untuk mempermudah cara flashing pada Oppo F1 plus. 

Jadi apabila dengan menggunakan SD Card (Memory Card) melalui Recovery tidak mampu memperbaikinya, maka jalan terakhir adalah dengan menggunakan SP Flashtool via PC atau via Laptop.

Adapun hasil dari flashing sebuah smartphone android terutama Oppo F1 plus yang sedang kita bahas ini, keuntungannya akan membuat handphone kita menjadi fresh dan baru lagi pada sistem androidnya seperti saat pertama kali menggunakan Oppo F1 plus. 

Dan kerugiannya melakukan falshing pada smartphone android Oppo F1 plus yakni kita akan kehilangan aplikasi aplikasi yang sudah kita download pada Play Store. Selain itu data data yang ada pada memory internal juga akan ikut hilang.

Baca juga: Tutorial Terlengkap Remove Akun Google Oppo F1s Dan Cara Bypass (FRP)

Maka dari itu sebelum kita ketahap inti dari tutorial ini, sebaiknya backup dulu data penting anda ke Memory Card atau Flashdisk apabila masih mungkin. 

Atau anda dapat juga menyalin data data penting anda ke PC/Laptop menggunakan kabel data atau kabel charger Oppo F1 plus dengan menghubungkannya kedalam Port usb pada Laptop atau PC.

Namun apabila smartphone android Oppo F1 plusnya sudah tidak mampu masuk ke menu home pada layar Oppo F1 plus, maka tidak ada cara lain selain langsung mulai melakukan tahap flashing. 

Metode yang pertama untuk melakukan flashing pada smartphone Oppo F1 plus pada tutuorial kali ini, akan saya mulai dengan menggunakan mode Recovery.

Bahan Bahan:
  • Kartu Memory atau SD Card dengan kapasitas 4GB(Disarankan 4GB keatas) 
  • Kondisi Baterai diatas daya 50% agar tidak berhenti ditengah jalan 
  • Download firmware Oppo F1 plus yang berformat zip disitus resmi Oppo lewat link ini >Download Firmware Oppo F1 plus(X9009)< 
  • Doa dan niat kemantapan melakukan flashing sendiri
Langkah Langkah:

1. Pindahkan firmware Oppo F1 plus(X9009) yang berformat .zip ke dalam Memory Card Oppo F1 plus anda

2. Matikan dahulu smartphone Oppo F1 plus anda bila masih dalam keadaan hidup

3. Masuk ke dalam menu Recovery Oppo F1 plus dengan cara menekan tombol kombinasi antara tombol Power dan tombol Vol-Bawah (Down)secara bersamaan

4. Lepaskan tombol power apabila sudah muncul logo Oppo sementara tombol bawah tetap dalam posisi ditekan hingga muncul mode Recovery dengan pilihan bahasa(Select language)

5. Dalam tahap ini saya memilih bahasa English untuk memudahkan tutorial flashing Oppo F1 plus menggunakan Memory Card Via Recovery

6. Lakukan Wipe data and Chace dulu agar tahap pengisian firmware tidak memakan waktu lama

7. Setelah melakukan Wipe data and chace selanjutnya pilih pada Instal from SD Card dan arahkan pada firmware yang sudah anda salin tadi kedalam Memory Card

8. Tunggu hingga proses flashing Oppo F1 plus anda selesai

9. Setelah selesai silahkan "Reboot" smartphone Oppo F1 plus anda

10. Proses restart biasanya akan memakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan Restart handphone pada saat kojndisi normal. Biasanya perlu memakan waktu sekitar 5 hingga 10 menit untuk memulai proses Upgrade

11. Tamat!

Bila anda melakukan langkah langkah diatas dengan benar, saya rasa kemungkinan besar 99% berhasil. Dengan pengecualian kerusakan Oppo F1 plus hanya [ada softwarenya. 

Kerusakan yang diakibatkan oleh hardware tidak akan mampu dilakukan dengan metode flashing pada Oppo F1 plus. Bukan saja pada Oppo F1 plus ini, namun pada semua jenis ponsel juga tidak akan mampu memperbaiki dengan cara flashing apabila ponsel rusak karena hardware.

Flashing Oppo F1 Plus Menggunakan SP Flashtool

Sekarang kita akan lanjut ketahap kedua dengan metode menggunakan PC dengan tool khusus untuk melakukan flashing pada smartphone yang berchipset Mediatek. 

Apa saja langkah langkah dan bahan yang kita butuhkan untuk flashing menggunakan aplikasi SP Falshtool ini? Simak baik baik step by step langkah flashing smartphone Oppo F1 plus menggunakan Sp Flashtool dibawah ini.

Baca juga: 100% Berhasil Flash Oppo F3 Plus Via SD Card Dengan Mudah

Langkah Langkah:
  • Kabel USB data smartphone android yang biasa kita gunakan untuk charger 
  • PC atau Laptop 
  • Download dulu SP_Flash_Tool_v5.1628 pada link berikut ►Download
  • Download MediaTek USB VCOM MT6577 drivers ►Download
  • Download Firmware Oppo F1 plus (X9009) ►Download
Langkah Langkah:

1. Ekstrak semua file yang sudah didownload tadi menggunakan Winrar.

2. Tempatkan pada satu folder agar mudah diingat atau berfungsi juga sebagai bahan baku saat nanti kita membutuhkannya lagi

3. Instal dahulu drivers USB VCOM auto installer untuk Mediatek MT6577 tadi

4. Setelah selesai buka aplikasi SP Flashtool.exe yang sudah diekstrak tadi

5. Setelah Sp FlashTool terbuka klik pada scatter-loading kemudian cari file MT6577_Android_scatter_emmc yang ada di folder hasil ekstrak firmware Oppo F1 plus

6. Kemudian pada Preloader jangan dicentang apabila smartphone mengalami bootloop, namun bila hanya getar, silahkan anda centang

7. Selanjutnya klik pada "Download" untuk memulai proses flashing

8. Dalam keadaan mati sambungkan smartphone Oppo F1 plus menggunakan kabel USB data sembari menekan tombol Vol-Bawah(Down) atau Vol-Atas(Up) sampai PC mendeteksi adanya hardware baru yang masuk

9. Bila PC tidak dapat mendukung adanya hardware baru, ulangi langkah instalasi driver USB VCOM sampai selesai kemudian restart PC

10. Bila driver sudah terbaca dengan baik oleh PC, maka SP Flashtool akan otomatis melakukan flashing

11. Proses flashing Oppo F1 plus selesai dengan adanya notifikasi dengan tanda centang hijau pada lingkaran seperti gambar dibawah ini:

SP-Flashtool-Done
12. Cabut kabel USB data dari PC/Laptop dan coba hidupkan dengan menekan tombol power smartphone Oppo F1 plus anda

13. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas tadi bahwa proses boot pertama kali pada smartphone android setelah difalsh akan memakan waktu lebih lama dari biasanya

14. Tamat!
 
Demikianlah artikel mengenai 2 cara flashing samrtphone android Oppo F1 plus (X9009) tanpa PC dan Via PC terbaru yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. 

Semoga tutorial diatas dapat bermanfaat untuk anda yang sedang mencari cari trik bagaimana menghidupkan kembali smartphone android Oppo F1 plus yang mengalami Bootloop maupun kerusakan pada sistem.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel