-->

3 Cara Membongkar Laptop Acer Dengan Cepat dan Akurat

3 Cara Membongkar Laptop Acer Dengan Cepat dan Akurat - Kali ini saya akan membahas bagaimana cara membongkar Laptop Acer.. Tapi perlu diketahui juga bahwa Cara membongkar laptop acer ini juga dapat menjadi acuan membongkar laptop jenis merk lain. Jadi bukan hanya untuk laptop acer saja. 

Pada dasarnya dari kebanyakan laptop itu cara membongkarnya hampir sama saja. Banyak orang awam yang belum tahu bagaimana membongkar laptopnya sendiri tanpa perlu kita membawa ke teknisi Laptop. 
                                cara-membongkar-laptop-acer
Disamping menghemat biaya juga menambah pengetahuan kita tentang Dunia Elektronik khususnya komputerisasi. Yang jadi pertanyaanya, kenapa kita musti membongkar laptop? Contoh beberapa alasan untuk membongkar laptop kita sendiri misalnya :
  • Kinerja laptop yang sudah melambat, sehinggga perlu membersihkan kotoran atau debu pada komponen mainboard laptop
  • Mengganti Thermal Pasta yang sudah kering karena pemakaian laptop sudah cukup lama
  • Sebagai tugas sekolah
  • Mengganti komponen sendiri misalnya kipas processor mati,ganti baterai CMOS dan lain lain.
Masalah diatas dapat kita tangani sendiri tanpa kita perlu membawa ke teknisi komputer, asalkan kita tahu dulu penyakit dan alasan yang menganjurkan kita untuk membongkar laptop kita. 

Nah, alat apa saja yang harus disediakan unttk membongkarnya? Tidak banyak kok, kita hanya mengandalkan sebuah obeng plus (+) yang kecil dan obeng min (-) saja. Sekarang kita mulai dari pertama yaitu membuka cover belakang pada cassing laptop.

1. Melepas semua baut cover cassing belakang 

Lepas dulu baterai laptop yang menempel dengan membuka kunci dengan menarik keatas atau kesamping( Lihat pada tanda yang berbentuk gembok terbuka dan terkunci ). 

Lepaskan dulu semua baut yang menempel pada tempatnya menggunakan obeng plus yang tadi sudah dipersiapkan, bila perlu pisahkan baut baut yang sudah terlepas agar tidak bingung saat memasangnya kembali. 

Baut baut yang terdapat pada cover belakang biasanya terdiri dari cassing penutup hardisk, penutup memory RAM. Pastikan semua baut yang menempel itu terlepas, lalu tarik keluar Dvd roomnya. 

Lepaskan komponen komponen seperti Hardisk,Memory RAM dan Wifi, terutama dua kabel wifi yang terhubung ke bagian LCD laptop itu juga harus dilepaskan untuk mempermudah pembongkaran laptop.

2. Melepas Keyboard Laptop

Setelah semua baut dan komponen pada cassing belakang laptop terlepas, selanjutnya kita membuka pada bagian keyboard laptop terlebih dahulu. Caranya : Tekan keyboard sambil menggeser kesamping agar pin pengunci keyboard pada bagian samping itu terlepas dari kuncian pin bagian samping. 

Kemudian tekan pada pin bagian atas sambil mencongkel pelan keyboard keatas lewat tepi samping yang sudah terbuka pinnya agar terlepas secara berurutan. Setelah keyboard berhasil terbuka, lepaskan jalur keyboard pada socketnya dengan melepas kunciannya dahulu. 

3. Membuka cassing depan 

Disini saya asumsikan bahwa anda sudah berhasil melepas keyboard laptop tersebut... Lepaskan beberapa baut yang ada pada bagian bawah tempat keyboard tadi menggunakan obeng plus. 

Jangan lupa lepaskan juga jalur jalur hardware lain misalnya jalur untuk Touchpad, jalur untuk power atau kadang ada juga jalur komponen lain seperti jalur kabel untuk audio, usb dan lain lain tergantung Merk laptop dan tipe tipe tertentu. 

Congkel pelan pelan tiap sisi cassing laptop dengan posisi miring menggunakan ujung kuku atau menggunakan benda tipis lainnya misalnya Stokel gitar, bisa juga membuat sendiri dari minuman gelas yang terbuat dari plastik. Potong bagian bawah gelas plastik yang tebal membentuk segi tiga seperti stokel gitar (Pengalaman pribadi). 

Cungkit perlahan lahan sampai terbuka sedikit lalu gunakan obeng min untuk memperlebar ruang saat terbuka. Lakukan secara pelan pelan agar tidak merusak tepi cassingnya.
Baca yang lain : Download 3 Aplikasi Kasir Untuk Toko Gratis 100% Berhasil
Teknik Belajar Mengetik Cepat Menggunakan 10 Jari
Cara Mengembalikan Data Yang Hilang di Flashdisk
Tutorial Membuat File ISO Menggunakan Ultra ISO Dan Winrar
Setelah berhasil terbuka semua angkat mainboard laptop anda agar terlepas dari tempatnya secara pelan pelan sambil memperhatikan apa apa saja kiranya yang masih dirasa janggal atau tersangkut saat melepas papan mainboard laptop. 

Lakukan dengan hati hati semua langkah diatas, InsyaAllah pasti dijamin berhasil. Yang penting adalah tekad dan kesabaran diri kita sendiri. 

Silahkan anda pasang kembali apa bila sudah anda sudah selesai melakukan pekerjaan anda yang saya sebutkan atau tidak disebutkan diatas melalui alasan alasan membongkar laptop sendiri. 

Untuk cara memasangnya kembali adalah lakukan secara urutan terbalik. Dimulai dari cara No. 3 ke No. 1 yaitu : Mamasang cassing depan, memasang keyboard laptop dan menutup cassing belakang sampai cover penutup Hardisk dan memory RAM. Yang pasti bautnya jangan sampai lupa, makanya disini tadi saya sampaikan " Pisahkan baut agar tidak lebih saat memasangnya kembali".

Oke, itulah tadi tips 3 cara membongkar laptop Acer dengan cepat dan akurat yang dapat saya posting malam ini. Semoga berguna buat anda sekalian.. Terima kasih dan jangan bosan untuk berkunjung ke blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel