-->

Cara memperbaiki (Mengatasi) Hardisk Dengan HDD Low Level Format Terbaru

Cara memperbaiki Hardisk Menggunakan HDD Low Level Format Terbaru - Salah satu Software yang paling banyak dipakai oleh para teknisi komputer, sebut saja HDD Low Level Format Tool. Saya sendiripun juga mempercayakan kepada software ini, khususnya dalam hal memformat hardisk.

Hdd Low level format mampu memperbaiki Hard disk jenis apapun yang mengalami kerusakan. Dari hardisk SATA, IDE sampai SSD sekalipun, tool yang satu ini mampu bekerja dengan baik sekali. 

HDD low level format juga dapat bekerja dengan baik pada USB Flashdisk ataupun Memory Card. Banyak keunggulan lain yang yang dimiliki oleh tool ini. Dan pastinya software ini dapat kita download secara gratis pada situs resminya.
                                Cara-memperbaiki-Hardisk-Menggunakan-HDD-Low-Level-Format
Selain gratis HDD low level format ini mempunyai ukuran file yang kecil, tidak kurang dari 3MB saja. Namun meskipun kecil akan tetapi kemampuan dari software ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kerusakan HDD Yang Dapat Diperbaiki Dengan HDD Low Level Format

Jenis Kerusakan Hardisk yang dapat diatasi menggunakan tool ini tidak jauh berbeda dengan software repair hardisk lainnya. Jika hardisk hanya mengalami kerusakan pada software maka tool ini akan bekerja dengan sangat sempurna.

Namun bila kerusakan yang dialami oleh hardisk terdapat pada fisiknya, tool ini tidak mampu memperbaiki secara sempurna. Bukan hanya HDD low level format yang tidak mampu memperbaiki HDD yang rusak karena fisik, saya rasa tidak ada satupun yang mampu memperbaikinya.

Fungsi dari HDD low level format ini adalah menghapus atau memformat drive dengan permanen semua data dan partisi dari HDD tersebut. Jadi tool ini akan dapat bekerja dengan sempurna apabila hardisk yang rusak masih dapat terdeteksi oleh PC/Laptop. 

Kerusakan seperti pada software atau yang dinamakan Bad block inilah yang dmasih dapat diselamatkan menggunakan HDD low level format.

Artikel terkait yang dapat anda baca: Cara Menggunakan Hard Disk Sentinel

Dapatakah HDD Bad Sector Diperbaiki Dengan HDD Low Level Format?

Bad sector Ini yang menurut saya paling menjengkelkan di banding kerusakan yang lain seperti diatas tadi yang saya sebutkan. 

Bad sector yang umum terjadi itu biasanya hardisk masih terdeteksi, dan hardisk mengeluarkan bunyi seperti tek-tek-tek didalam badan si hardisk.

Biasanya penyakit seperti itu disebabkan oleh jarum yang ada didalam piringan hardisk tersebut sudah tidak bisa parkir dengan benar alias rusak. 

Untuk mengatasi kasus seperti itu, tidak bisa diperbaiki menggunakan software repair HDD apapun, termasuk HDD low level format. 

Kasus berat lainnya Hardisk tidak terdeteksi di Komputer kita dan itu biasanya disebabkan oleh Dioda pada board PCB Hardisk yang sudah mati. 

Atau lebih banyak ke matinya ic regulator yang ada pada PCB hardisk tersebut. 

Tentu saja masalah ini juga tidak dapat diperbaiki menggunakan HDD low level format. Namun bila anda mau ganti saja salah satu komponen pada PCB hardisk yang menyebabkan terjadinya Bad sector.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop/Komputer Lemot Dan Penyebabnya

Cara Menggunakan HDD Low Level Format

Untuk mengatasi hardisk yang Bad block menggunakan software HDD low level format ini sangat mudah dan sederhana sekali. Simak tahap demi tahap langkah memperbaiki hardisk dengan menggunakan HDD low level format dibawah ini:

1.Download dulu software low level format pada situ resminya agar anda mendapatkan tool tersebut dengan versi yang paling baru dibawah ini
Download

2. Instal sampai selesai tool HDD low level format pada PC anda.

3. Pilih pada Hardisk atau flashdisk yang ingin anda wipe atau format kemudian klik Continue.
Wipe-hdd
4. Setelah tampil halaman berikutnya pilih pada tab Low-Level Format.
Format-this-device
5. Bila anda hanya sekedar ingin memformat partisi dan MBR(Master Boot Record) dari hardisk tersebut, anda dapat mencentang pada Perform quick wipe. Namun bila memang hardisk tersebut sudah mengalami Bad block, saya sarankan anda mengabaikan pilihan itu dengan tidak memberikan centang pada kotak pilihan.

6. Tunggu sampai selesai proses formating yang dilakukan HDD low level format. Lama atau tidaknya tergantung pada pilhan yang anda berikan tadi dan juga besar kecilnya kapasitas dari hardisk yang sedang anda repair.

7. Bila sudah selesai proses formatnya, restart PC anda kemudian akan ada notifikasi dari PC pada taskbar kanan bawah diwindows dengan terdeteksinya penambahan hardware baru pada perangkat PC yang sedang digunakan.

8. Bila PC tidak mendeteksi adanya hardware baru yang terpasang, anda dapat mengaksesnya pada Computer Management melalui Control panel/Administrative Tools/Computer Management/Disk Management.

9. Sampai disitu secara otomatis windows biasanya akan menampilkan jendela baru yang berarti hardisk sudah terdeteksi di PC anda. 

10. Selanjutnya silahkan anda tampilkan hardisk yang belum terdeteksi tadi pada menu Explorer PC dengan mengikuti langkah langkah yang dianjurkan oleh sistem windows.

Baca yang lain: Cara Membagi Koneksi Internet ke Komputer/Laptop Lain

Itulah tadi bagaimana cara memperbaiki hardisk menggunakan Hdd low level format. Semoga artikel ini dapat menjadi pelajaran yang berguna untuk kita semua dalam dunia komputasi.

Sebagai tambahan bahwa dari kebanyakan kasus kasus kerusakan hardisk yang saya sebutkan di atas paling banyak terjadi itu karena faktor usia hardisk tersebut yang memang sudah lama. 

Oleh karena itu buatlah cadangan data kita yang penting ke hardisk eksternal atau Hardisk lain induk lainnya selagi masih sempat...Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel