-->

Teknik Belajar Mengetik Cepat Menggunakan 10 Jari Dalam Waktu 1 Minggu Saja

Teknik Belajar Mengetik Cepat Menggunakan 10 Jari Dalam Waktu 1 Minggu Saja - memang bukanlah perkara yang mudah, namun apa bila kita mau dengan tekun belajar, apasih yang tidak bisa? Semuanya pasti bisa asalkan kita mau rajin belajar dan telaten. 

Disini saya akan memberikan tips bagaimana caranya kita belajar mengoperasikan 10 jari kita untuk mengetik pada papan keyboard komputer kita. 

Secara prinsip, cara mengetik cepat dengan sepuluh jari itu mudah dimengerti. Namun, pada prakteknya keterampilan ini memerlukan latihan yang tekun untuk dapat menguasainya dengan baik. 
Keyboard Dan aspek penting dari mengetik cepat menggunakan sepuluh jari adalah bahwa dengan keterampilan ini, Anda mengetik tanpa harus melihat keyboard. Selain itu, semua jari tangan Anda berperan dalam pekerjaan mengetik. 

Dengan demikian, kecepatan dan akurasi mengetik Anda dapat meningkat berlipat ganda dibandingkan bila Anda tidak memiliki keterampilan mengetik sepuluh jari. 

Untuk dapat melakukan teknik mengetik dengan cepat ada beberapa metode dari saya yang mungkin berguna buat anda.

Metode Menggunakan 10 Jari

Meletakkan jari pada posisi baris Awal yang mana baris tombol keyboard yang merupakan posisi awal jari-jari. Baris Awal terletak pada barisan di tengah keyboard, yaitu baris yang memuat tombol a s d f, dan seterusnya. Baris Awal merupakan posisi yang menjadi patokan bagi posisi tombol-tombol lainnya. 

Acuan pada keyboard yang dapat membantu menentukan posisi tombol adalah tonjolan pada tombol f dan j. Tombol f dan j adalah posisi jari-jari telunjuk pada Baris Awal.  

Penting untuk ditekankan bahwa setelah jari bergerak menekan tombol yang diperlukan, jari itu harus kembali ke posisinya semula di Baris Awal. Dalam hal menekan, setiap jari memiliki kelompok tombol masing-masing. Setiap tombol pada keyboard ditekan oleh satu jari tertentu. 

Dengan pembagian tugas seperti ini, kerja dapat didistribuskan secara optimal ke setiap jari. Pada awalnya, Anda harus menghafal posisi setiap tombol keyboard dan jari apa yang menekannya. 

Hal ini mungkin terlihat sulit di awal, namun lama kelamaan, jari Anda akan mengingat juga posisi tombolnya dan pekerjaan mengetik akan menjadi lebih mudah.

Baca juga: Download Aplikasi Karaoke Video Gratis Untuk PC/Laptop Terbaru 2017

Posisi Jari Tangan Kita

Posisikan jari tangan kanan kita pada deretan keyboard yang dimulai dari Tombol Capslock yaitu baris awal yang dinamakan "Home Raw". Kita mulai sebagai berikut ini :

Jari tangan kiri
  • Pada jari Telunjuk kita tempatkan pada tombol  huruf "F" dan "G"
  • Lalu pada Jari tengah  posisikan pada tombol huruf "D"
  • Jari manis tombol huruf "S"
  • Dan Kelingking pada tombol furuf  "A" dan "Shift"

Jari tangan kanan

  • Pada Telunjuk kanan kita posisikan  ketombol  huruf  "H" dan "J"
  • Jari tengah  pada tombol huruf "K"
  • Jari manis tombol huruf  "L"
  • Untuk Kelingking posisinya pada tombol " ; "
  • Dan Jempol pada "Spacebar"
Belajar Mengetik 10 Jari Menggunakan Software

Cobalah belajar mengetik menggunakan Notepad atau MS. Office dengan cara memposisikan jari jari tangan kita dengan langkah langkah diatas. Lakukan berulang ulang agar jari jari tangan kita cepat beradaptasi dan menghafal letak letak huruf pada papan keyboard. 

Untuk lebih mempercepat metode belajar mengetik menggunakan 10 jari kita gunakan saja Software RapidTyping. Berikut tampilan softwarenya :
                             

Software ini memang khusus untuk kita berlatih menggunakan 10 jari kita agar dapat bekerja semuanya. Feature yang disediakan oleh sofware ini antara lain, kita akan mendapatkan score kecepatan kita dalam mengetik dan ada juga format dalam bahasa Indonesia.
Silahkan download software RapidTyping pada link saya dibawah ini :


Download


Tips Belajar Mengetik Dengan Cepat

Menekan tombol tanpa melihat Keyboard bila perlu cobalah latihan mengetik dengan mata tertutup. Jangan putus asa! Bila Anda merasa belajar mengetik itu sulit, teruslah latihan maka lama-kelamaan mengetik akan terasa mudah. 

Berlatihlah dengan variasi-variasi huruf-huruf/karakter-karakter lain sesuai keperluan Anda.

Bila Anda sudah menguasai latihan dengan huruf-huruf dan kata-kata, cobalah berlatih dengan teks-teks lain yang Anda pilih sendiri.
Berlatihlah juga menekan tombol huruf dan angka bersamaan dengan tombol Ctrl dan Alt. 


Penguasaan tombol Ctrl dan Alt akan mempercepat pekerjaan dengan komputer karena banyak dipakai sebagai jalan pintas (shortcut) ke perintah-perintah tertentu. Berlatihlah dengan variasi-variasi huruf-huruf/karakter-karakter lain sesuai keperluan Anda.

Bila sudah menguasai latihan dengan huruf-huruf dan kata-kata, cobalah berlatih dengan teks-teks lain yang anda pilih sendiri.
Berlatihlah juga menekan tombol huruf dan angka bersamaan dengan tombol Ctrl dan Alt. 


Demikian tipas yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga dapat berguna dan bermanfaat buat para pembaca sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel